Ini Dia Tips Agar Balita Tidur Nyenyak Di Malam Hari

Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari sangat dibutuhkan oleh ibu yang baru saja memiliki anak. Hal ini berkaitan dengan pola tidur anak yang belum teratur. Sehingga ibu pun sering terganggu dan harus ikut bangun atau bahkan begadang semalaman. Pada dasarnya bayi sendiri belum bisa membedakan mana siang dan malam hari. Karena itulah pola tidurnya pun tidak teratur. Terkadang bayi lebih lama tidur di siang hari dan justru tetap terjaga di malam hari. 

 

Trik Tepat Menjadikan Bayi Tidur dengan Lelap

Untuk Anda yang ingin mengetahui bagaimana cara bayi agar tertidur dengan lelap. Ada baiknya jika Anda mengetahui waktu tidur bayi terlebih dahulu. Pada siang hari bayi akan tertidur selama 8 hingga 9 jam. Sedangkan pada malam hari, bayi akan tertidur selama 8 jam. 

Bayi sendiri memiliki siklus bangun dan tidur dalam beberapa jam. Umumnya mereka akan terbangun apabila merasa lapar, tidak nyaman karena popok basah atau merasa gerah. Sementara itu, jika Anda ingin menjaga agar mereka dapat tertidur dengan lelap. Pastikanlah untuk melakukan beberapa trik berikut ini :

 Menciptakan Kebiasaan Tidur dengan Rasa Nyaman 

Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari  - Tidur dengan nyaman

Untuk menciptakan kebiasaan tidur dengan rasa nyaman. Setiap ibu memiliki cara yang berbeda antara satu dengan lainnya. Hal terbukti dari beberapa tindakan yang dilakukan oleh ibu sebelumnya. Beberapa ibu umumnya akan memandikan bayi, menggantikan pakaian bayi dengan yang baru. Setelah itu baru mengajak bayi tertidur. Pasalnya dengan pakaian yang bersih serta popok yang baru diganti, bayi akan merasa lebih nyaman untuk tertidur. 

Selain tips agar balita tidur nyenyak di malam hari tersebut, ada pula ibu yang membiasakan untuk memberikan pijatan pada bayi. Hal ini dapat dilakukan dengan memberikan pijatan lembut sebelum bayi tidur. Dengan usapan yang lembut umumnya bayi akan merasa nyaman dan lebih cepat tidur. Dengan menciptakan suasana yang nyaman serta menjadikannya sebagai kebiasaan yang dilakukan rutin setiap hari. Tentunya bayi pun akan lebih mudah untuk tertidur. Bahkan mereka akan tertidur dengan lebih lelap dan nyenyak.

 (Baca Juga: Ini Dia 6 Manfaat Olahraga untuk Bayi)

Gendong Bayi Sebelum Tidur 

Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari - Menggendong bayi

Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari lainnya yang dapat Anda lakukan adalah menggendong bayi. Lakukan hal ini apabila Anda hendak menidurkan bayi. Namun jika bayi sudah mulai mengantuk, maka pastikan untuk segera menidurkannya di tempat tidur. Setelah itu biarkan ia tertidur dengan sendirinya. Hindari menggendong bayi hingga ia tertidur di pangkuan ibu. Pasalnya hal tersebut akan menyulitkan ibu ketika hendak memindahkannya ke tempat tidur. Bahkan dalam beberapa kasus hal tersebut akan membuatnya menjadi kebiasaan. Dengan demikian ibu pun akan sulit untuk melakukan aktivitas lainnya.

 

Mengiringi Tidur Bayi dengan Suara yang Stabil 

Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari  - Mengiringin dengan suara

Kebanyakan orang tua termasuk ibu ingin menghadirkan suasana yang nyaman untuk menjadikan bayi tertidur dengan lelap. Karena itulah mereka seringkali membuat suasana yang hening dan tanpa suara. Padahal bayi justru akan lebih nyaman ketika mendengarkan suara dengan nada yang stabil. Beberapa jenis suara yang dapat membuat bayi nyaman di antaranya adalah suara kipas angin, musik instrumental dan suara stabil lainnya. Selain membuat tubuh terasa lebih rileks. Suara tersebut juga dapat membuatnya merasa terjaga dari jenis suara keras lainnya. 

 

Tenangkan Bayi Ketika Menangis 

 Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari - Bayi Menangis

Apabila bayi Anda menangis dan mulai terbangun dari tidurnya yang lelap. Cobalah untuk menepuk-nepuk punggungnya secara lembut. Hal ini umumnya dapat membuat bayi tertidur kembali dengan mudah. Selain itu, hindari pula menyalakan lampu atau langsung menggendong bayi. Karena hal tersebut justru akan membuatnya semakin terjaga dan sulit untuk tidur kembali. 

Untuk menjadikan bayi Anda tenang. Anda Juga dapat mengucapkan kata-kata lembut pada bayi. Seperti menyatakan bahwa Anda ada di sampingnya sambil terus mengusap punggungnya. Selain menjadikan bayi lebih rileks, cara ini juga mampu membuat bayi merasa aman. 

 

Mengajak Bayi Untuk Lebih Aktif di Siang Hari 

 Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari - Mengajak Bayi Untuk Aktif di Siang Hari

Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari yang dapat membuat bayi tertidur dengan lelap adalah mengajak bayi atau si kecil agar lebih aktif di siang hari. Karena dengan lebih aktif di siang hari. Tentunya ketika malam ia pun akan merasa lelah dan mudah untuk beristirahat. 

Akan tetapi cara ini sebaiknya tidak dilakukan pada malam hari. Pasalnya jika si kecil atau bayi diajak untuk bermain pada malam hari. Tentunya hal tersebut akan membuatnya semakin sulit untuk tertidur. 

 

Membuat Posisi Kamar yang Nyaman 

 Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari - Membuat posisi tidur yang nyaman

Selain beberapa hal di bagian atas tadi posisi kamar juga cukup memberikan pengaruh pada  tips agar balita tidur nyenyak di malam hari. Ketika posisi tidur bayi tidak nyaman, tentunya ia pun akan sulit untuk tertidur dengan lelap. Berbeda halnya dengan ketika ia berada pada posisi yang nyaman. Untuk menghadirkan rasa nyaman, Anda dapat menghindari suara bising. Menjauhkan anak dari mainan dan juga mematikan lampu. Hal tersebut dapat Anda ganti dengan menggunakan lampu tidur yang lebih redup.

Selain itu, jika kondisi kamar terasa dingin. Anda dapat memakaikan bayi pakaian yang hangat . Kemudian lengkapi pula dengan selimut tebal agar ia tetap terjaga dengan rasa hangat selama tidurnya. Begitupun sebaliknya, jika ruangan terasa panas, Anda dapat memakaikan pakaian tidur yang tipis. Sehingga bayi pun dapat tertidur dengan lebih nyaman. 

(Baca Juga: Begini Cara Meningkatkan Imun Tubuh pada Bayi yang Tepat)

Mengatur Jadwal Tidur Anak 

 Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari - Mengatur Jadwal Tidur Anak

Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari yang dapat coba Anda lakukan adalah mengatur jadwal tidur. Hal ini sebaiknya dilakukan secara rutin setiap hari. Dengan demikian anak pun akan terbiasa dan tertidur dengan nyaman di waktu yang telah ditetapkan.

Sebagai contoh jika Anda mengajaknya untuk tidur siang hari pada pukul 13.00 hingga pukul 15.00. Untuk malam hari, maka Anda dapat mengatur jadwal pada pukul 21.00. Terapkan jadwal tidur yang sama setiap harinya, sehingga anak menjadi terbiasa.

 

Memberikan Minuman yang Membuat Anak Rileks 

Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari - Memberikan minuman yang membuat anak rileks

Tips agar balita tidur nyenyak di malam hari lainnya yang dapat coba Anda lakukan adalah memberikan minuman yang dapat membuat anak rileks. Seperti halnya segelas susu hangat sebelum tidur. Selain menjadikannya mengantuk dengan mudah. Konsumsi susu sebelum tidur juga dapat membantu pertumbuhan bayi dengan lebih cepat. 

Mengapa bayi lebih mudah mengantuk setelah minum susu? Hal tersebut berkaitan dengan suhu tubuhnya yang akan meningkat setelah minum susu hangat. Sehingga bayi pun akan merasa nyaman dan dapat tertidur dengan lelap.

 Selain itu, pastikan pula untuk menghindari memberikan minuman yang mengandung kafein. Pasalnya konsumsi kafein dapat memicu kinerja jantung untuk berfungsi dengan lebih aktif. Dengan demikian, anak pun bukan ingin tidur, ia justru dapat kembali aktif di malam hari. 

 

Dari penjelasan singkat di bagian atas tadi dapat Anda lihat bahwa ada banyak sekali tips agar balita tidur nyenyak di malam hari. Namun untuk mendapatkan hasil yang tepat, pastikan untuk menerapkan tips agar balita tidur nyenyak di malam hari tersebut secara disiplin. Dengan demikian, si kecil pun dapat tertidur dengan nyaman dan tidak mudah terganggu. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts