Tips Agar Bangun Tidur Badan Terasa Segar yang Mudah Dilakukan

Tidak sedikit orang yang merasakan lelah setelah bangun tidur untuk itu banyak yang mengandalkan tips agar bangun tidur badan terasa segar. Hal ini juga sering kali dirasakan oleh mereka yang memiliki pola tidur yang buruk karena sulit untuk tidur walaupun  sudah berusaha memejamkan mata lebih lama untuk dapat tidur. Sehingga pola tidur akan terganggu dan memberikan rasa ngantuk yang berlebih pada saat pagi harinya. 

Memiliki gangguan saat tidur membuat seseorang merasa kurang segar saat bangun di pagi hari walaupun sudah dirasa tidur dengan waktu yang cukup. Sehingga akan menimbulkan perasaan kurang segar, mudah lelah, dan juga tidak bisa lebih fokus dalam menjalankan aktivitas sehari-hari. Namun masalah tersebut umumnya bisa dengan mudah diatasi jika Anda memiliki kualitas tidur malam yang baik untuk bisa bangun lebih segar di pagi hari. 

Cara Terbaik untuk Merasa Segar Saat Bangun Tidur

Ada banyak hal yang dilakukan untuk menghilangkan rasa sulit tidur dan memperbaiki kualitas tidur Anda. Jika hal tersebut  dilakukan dengan tepat maka Anda akan merasa lebih segar ketika terbangun karena sudah memiliki kualitas tidur yang cukup. Adapun cara-cara yang dapat dilakukan sangat mudah untuk dilakukan, seperti halnya pada beberapa rangkaian tips di bawah ini. 

  • Ubah Suasana Kamar Tidur 

Tips agar bangun tidur badan terasa segar - Mengatur suasana kamar

Mengubah suasana kamar tidur Anda menjadi lingkungan tidur yang lebih nyaman dapat membuat Anda merasa lebih tenang. Pasalnya suasana kamar juga akan berpengaruh pada pola tidur dan istirahat Anda, yang bisa menyebabkan Anda sulit untuk beristirahat dengan baik. Hal tersebut dilihat dari banyaknya hal yang dapat mengganggu kualitas tidur Anda seperti halnya suara yang bising, ruangan yang berantakan, suku kamar dan sebagainya. 

Lingkungan kamar yang tenang dan juga sejuk akan membuat Anda tidur dengan mudah dan nyaman dan bisa menjadi tips agar bangun tidur badan terasa segar. Ada baiknya untuk Anda mulai mengatur suasana kamar mulai dari beberapa hal seperti mengatur suhu kamar menjadi lebih sejuk, menggunakan lampu tidur yang tepat, serta menciptakan suasana yang tenang tanpa kebisingan. 

(Baca Juga: 8 Tips Cara Bangun Pagi Meskipun Tidur di Malam Hari)

  • Hindari Makan Banyak Sebelum Tidur

Tips agar bangun tidur badan terasa segar - Makan malam sebelum tidur

Pada umumnya tidak ada larangan untuk makan sebelum tidur, namun Anda perlu membatasi dan memperhatikan kembali makanan yang Anda konsumsi sebelum tidur. Hal ini karena banyaknya makanan yang memiliki pengaruh buruk untuk kualitas tidur Anda di malam hari. Adapun makanan yang berpengaruh tersebut seperti pizza, cokelat, minuman berkafein, minuman bersoda dan jenis makanan lainnya. 

Mengkonsumsi makanan yang kurang tepat seperti yang disebutkan di atas juga akan membuat tubuh Anda untuk lebih fokus mencerna dibanding istirahat. Sehingga Anda akan lebih sulit untuk merasa ngantuk dan sulit tidur walaupun sudah berusaha tidur lebih awal. Jika ingin mengkonsumsinya ada baiknya dengan memberikan jeda waktu makan  yaitu pada saat dua jam sebelum tidur. Sehingga proses metabolisme tubuh Anda menjadi lebih lancar sebelum tidur. 

  • Olahraga Teratur 

Tips agar bangun tidur badan terasa segar - Olahraga teratur

Olahraga yang teratur merupakan salah satu cara untuk memperbaiki tidur malam Anda dan menjadi tips agar bangun tidur badan terasa segar. Cobalah untuk memulai olahraga ringan secara rutin setidaknya tiga hingga empat kali dalam seminggu sehingga Anda akan merasa lebih mudah untuk tidur. Adapun waktu untuk berolahraga yang tepat yaitu selama 30 menit setelah bangun tidur untuk merasakan tubuh yang lebih segar. 

Anda juga bisa melakukan olahraga pada saat sore hari dengan waktu yang telah ditentukan seperti di atas sehingga tidur malam Anda akan lebih baik dan bangun dengan segar. Akan tetapi jika Anda memilih untuk berolahraga malam maka sebaiknya lakukan dengan jarak dua jam sebelum tidur malam. Pasalnya jika Anda segera tidur maka peningkatan adrenalin saat olahraga akan mengganggu tidur Anda menjadi lebih sulit. 

  • Pilih Waktu Tidur yang Tepat dan Konsisten

Tips agar bangun tidur badan terasa segar - Pilih waktu tidur yang tepat

Tidur yang baik dan cukup akan membuat Anda merasakan segar setelah bangun dan dapat menghilangkan rasa lelah pada tubuh. Namun jika pola tidur salah dan buruk maka Anda justru akan merasa mudah lelah dan menjadi kurang fokus. Sehingga penting bagi Anda untuk mulai mengatur waktu tidur yang tepat agar Anda bisa lebih konsisten jika waktu tidur sudah datang, dengan begitu tidur Anda akan lebih mudah. 

Cobalah untuk mengatur waktu tidur dan waktu bangun yang sama setiap harinya, dengan cara menghidupkan alarm. Tips agar bangun tidur badan terasa segar yang satu ini akan sangat membantu karena tubuh akan terbiasa dengan aturan tersebut. Selain itu tubuh juga akan secara otomatis mampu menyesuaikan diri dengan merasa kantuk dan juga bangun pada waktu yang telah Anda tentukan di waktu yang sama. 

  • Buat Kebiasaan Sebelum Tidur Malam

Tips agar bangun tidur badan terasa segar - Kebiasaan sebelum tidur malam

Ada banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan sebelum tidur malam, yang mana aktivitas tersebut dapat membantu meningkatkan tidur Anda. Adapun kebiasaan tersebut dapat dilakukan dengan rutin sebelum waktu tidur tiba seperti membaca buku, meditasi, dan sebagainya. Bermeditasi sebelum tidur akan membuat tubuh Anda menjadi lebih tenang dan lebih relax sehingga tidur Anda menjadi lebih nyenyak. 

Membaca buku sebelum tidur juga bisa membantu Anda untuk tidur, pasalnya ketika mata mulai lelah maka Anda akan mengantuk dan beristirahat lebih cepat. Anda juga bisa melakukan beberapa hal lain dari tips agar bangun tidur badan terasa segar mungkin bisa membuat Anda merasa mengantuk lebih cepat. Namun hindari aktivitas yang berat sebelum tidur karena dapat membuat Anda sulit untuk istirahat. 

  • Matikan Lampu dan Elektronik 

Tips agar bangun tidur badan terasa segar - Matikan lampu dan elektronik

Tips agar bangun tidur badan terasa segar selanjutnya adalah dengan mematikan lampu ataupun barang elektronik saat tidur. Cahaya lampu kamar yang terlalu terang tidak baik untuk membantu memperbaiki kualitas tidur Anda pasalnya cahaya tersebut akan membuat Anda sulit tidur. Selain itu tidur dengan lampu yang gelap atau tidak terlalu terang akan membantu tubuh untuk melepaskan hormon melatonin. Adapun hormon tersebutlah yang akan membuat tidur Anda menjadi lebih nyenyak dan membuat Anda mudah terlelap. 

Anda juga bisa mematikan elektronik yang ada di kamar seperti TV, DVD, laptop  dan sebagainya untuk mencegah kebisingan saat tidur. Mematikan handphone dan laptop saat tidur juga akan membuat Anda terhindar dari cahaya blue right yang akan membuat Anda susah tidur. Pasalnya cahaya tersebut akan merangsang otak dan juga menghalangi tubuh memproduksi melatonin sehingga Anda akan lebih sulit tidur.

(Baca Juga: Tips Mengatasi Susah Tidur Untuk Kamu Yang Insomnia)

  • Minum Segelas Air Putih dan Sarapan Pagi

Tips agar bangun tidur badan terasa segar - Minum segelas air putih

Tips agar bangun tidur badan terasa segar yang mudah dilakukan  yaitu Anda perlu minum segelas air putih setelah bangun tidur untuk mengembalikan cairan tubuh yang berkurang. Selain baik untuk kesehatan tubuh, minum air putih di pagi hari juga akan membuat tubuh Anda merasa lebih segar dan membuat tubuh terhidrasi. Hal ini karena cairan tubuh Anda yang hilang saat tidur akan kembali terisi dan memberikan kesegaran untuk mulai beraktivitas. 

 

Sarapan pagi juga tidak boleh dilewatkan karena dapat memberikan energi untuk tubuh Anda, terlebih jika menu sarapan yang dipilih sangat tepat. Seperti yang telah diketahui sarapan akan membantu menutrisi tubuh setelah tidur semalaman dan membuat tubuh Anda menjadi lebih berenergi dan sehat. Sarapan yang sehat juga akan memberikan efek positif yang membantu mengontrol berat badan, serta meningkatkan konsentrasi Anda. 

  • Berjemur 

Tips agar bangun tidur badan terasa segar - Berjemur

Matahari pagi dipercaya memiliki segudang manfaat untuk tubuh, sehingga tidak heran jika berjemur juga menjadi tips agar bangun tidur badan terasa segar yang banyak dilakukan. Hal ini karena tubuh terdapat hormon melatonin yang berperan untuk mengatur rasa lelah pada tubuh Anda yang mana berpengaruh pada cahaya. 

Tubuh yang terkena cahaya lebih banyak seperti terkena cahaya matahari saat pagi hari akan menurunkan kadar melantonin. Sehingga rasa kantuk dan lelah Anda akan hilang serta mengubahnya menjadi energi karena rasa lelah akan menurun dan menjadi segar. sebab banyaknya manfaat cahaya matahari yang akan membuat tubuh lebih segar. 

  • Basuh Wajah dengan Air Dingin 

Tips agar bangun tidur badan terasa segar - Cuci muka

Membasuh muka menggunakan air dingin akan memberikan efek positif yang membuat Anda merasa lebih segar setelah bangun tidur. Selain itu tips agar bangun tidur badan terasa segar ini akan meningkatkan beberapa hormon yang memicu kerja jantung menjadi lebih baik. Serta membuat Anda lebih berenergi dan menurunkan hormon melatonin sebab rasa kantuk akan hilang.  

 

Itulah 11 tips agar bangun tidur badan terasa segar yang bisa kamu lakukan dirumah dan semoga bisa menjadi inspirasi. Selamat Membaca!

 

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts