Untuk Anda yang Ingin Punya Momongan, Ini Dia Tips Agar Cepat Hamil yang Efektif

tips agar cepat hamil

Setiap pasangan yang sudah menikah, pasti mengharapkan untuk mendapat keturunan. Ada beberapa tips agar cepat hamil, sehingga Anda dan pasangan tidak perlu menunggu terlalu lama agar cepat mendatangkan momongan.

Memang perlu usaha lebih agar kehamilan bisa cepat terjadi, setiap pasangan perlu memperhatikan kesehatan masing-masing, hubungan seksual yang baik hingga memperhatikan asupan serta olahraga agar meningkatkan peluang tersebut.

Menghitung tanggal kesuburan juga dianjurkan, sebab dengan begitu kita tau waktu yang cocok agar pembuahan bisa terjadi. Langkah satu ini menjadi salah satu tips agar cepat hamil, yang cukup sering berhasil.

Agar kehamilan bisa cepat terjadi dan tentunya sel telur nanti akan dibuahi juga sempurna, perlu diperhatikan makanan serta aktivitas yang dilakukan oleh setiap pasangan. Berikut kami akan memberikan apa saja tips ampuh agar kehamilan bisa cepat terjadi.

Tips Agar Cepat Hamil yang Wajib di Perhatikan

Untuk mempercepat kehamilan, bukan hanya wanita saja yang memiliki peran penting. Laki-laki juga perlu memperhatikan kesehatannya, sehingga proses pembuahan akan terjadi secara sempurna.

Memperhatikan Masa Subur

tips agar cepat hamil - memperhatikan masa subur

Biasanya wanita mengalami masa subur selama 2 hingga 5 hari sebelum terjadi ovulasi, sehingga waktu paling pas adalah saat 12 hingga 16 hari sebelum haid terjadi. 

Cara menghitung masa subur adalah dengan menghitung rata-rata siklus haid terjadi selama 3 bulan terakhir, biasanya masa subur terjadi 14 hari sebelum haid. Jadi saat hari ke-14 adalah waktu yang tepat bagi Anda dan pasangan untuk berhubungan.

Saat Anda melakukan hubungan seks bersama pasangan, sperma masuk ke dalam tubuh akan bertahan hingga 5 hari di dalam lendir serviks dan sel telur bisa bertahan hingga 24 jam setelah ovulasi.

Mencatat masa subur, bisa menjadi langkah yang baik untuk dilakukan. Sehingga Anda sudah tau sekiranya kapan waktu yang baik untuk berhubungan dan ini menjadi salah satu tips agar cepat hamil efektif.

(Baca Juga: Bunda, Simak Yuk Tips Cepat Hamil Secara Alami Tanpa Efek Samping)

Melakukan Hubungan Seks yang Sesuai

tips agar cepat hamil - melakukan hubungan seks yang sesuai

Setelah Anda dan pasangan sudah tau masa subur si wanita, maka hal yang perlu Anda perhatikan selanjutnya adalah melakukan hubungan seks dengan frekuensi yang sesuai. Tingkatkan hubungan seks agar meningkatkan peluang terjadinya pembuahan sempurna.

Usahakan untuk melakukan hubungan seks teratur, sehingga peluang untuk mendapatkan anak lebih besar. Jangan terlalu sering melakukan hubungan intim, sebab sperma yang terlalu sering keluar akan dalam keadaan belum matang.

Jarang melakukan hubungan seks juga tidak baik, sebab sperma yang berada di tubuh pria saat keluar dalam keadaan lemah karena sudah mati. Jadi usahakan untuk teratur berhubungan intim, dengan frekuensi yang sesuai.

Setelah berhubungan, ada baiknya agar wanita dalam posisi telentang dengan posisi paha lebih tinggi dari perut. Posisi ini agar sperma yang baru masuk bisa berenang ke arah tepat sehingga bertemu dengan sel telur.

Atau bisa juga dengan meletakkan bantal sebagai penyangga di bawah paha, sekitar 10 hingga 15 menit selesai berhubungan. Langkah ini menjadi salah satu tips agar hamil yang cukup efektif.

Melakukan Pemeriksaan ke Dokter

tips agar cepat hamil - melakukan pemeriksaan ke dokter

Tips agar cepat hamil selanjutnya berfungsi agar mengetahui bagaimana kondisi kesehatan organ reproduksi Anda dan pasangan, lebih baik periksalah ke dokter. Karena dengan begitu, kita jadi tau bagaimana kondisi organ reproduksi si wanita dan pria.

Apakah dalam keadaan sehat atau tidak, sehingga tidak menerka-nerka apabila susah mendapatkan keturunan. 

Olahraga yang Dapat Dilakukan Mempercepat Kehamilan

Dalam proses mendapatkan momongan, hal lain perlu diperhatikan adalah pola hidup sehat. Olahraga menjadi kunci agar tubuh kita menjadi sehat dan berat badan tetap ideal, berikut olahraga yang pas sebagai tips agar cepat hamil.

Yoga 

tips agar cepat hamil - Yoga

Olahraga satu ini terbilang cukup ampuh, sebab dapat membuat pikiran dan tubuh menjadi lebih rileks. Apabila pikiran kita terganggu atau stres maka bisa mengganggu masa kesuburan si wanita, dan hal ini dapat menghambat untuk mendapatkan keturunan.

Pose dan gerakan yang dilakukan saat yoga, bisa membuat tubuh rileks dan meningkatkan kesehatan serta kekuatan tubuh. Melakukan yoga bersama pasangan, juga dapat membuat hubungan menjadi lebih dekat dan hangat. 

Beberapa pose yoga juga bisa meningkatkan proses aliran darah di bagian pinggul, sehingga proses pembuahan lebih lancar sehabis berhubungan seks. Juga bisa merangsang pembentukan hormon agar memengaruhi masa subur.

Jogging

tips agar cepat hamil - Jogging

Apabila ingin melakukan olahraga ringan, Anda bisa melakukan jogging bersama pasangan. Luangkan waktu sekitar 30 menit setiap harinya, untuk jogging atau setidaknya 2-3 kali dalam seminggu. 

Apabila tubuh sehat, maka bisa mempengaruhi kesehatan organ reproduksi serta masa kesuburan juga. Dengan begitu peluang untuk mendapatkan keturunan bisa lebih besar Anda dapatkan.

Bersepeda 

tips agar cepat hamil - Bersepeda

Bersepeda bersama pasangan bisa menurunkan stres, juga mendekatkan hubungan dengan pasangan bila dilakukan bersama. Olahraga ini terbilang ringan, namun memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti memperkuat otot pada bagian pinggul, perut juga paha. Dan bagi pria apabila dilakukan dengan teratur, maka bisa meningkatkan kualitas sperma dan kesehatan tubuh. Namun akan lebih baik apabila dilakukan dengan durasi tidak lebih dari 40 menit. 

(Baca Juga: Tips Pengantin Baru Agar Langgeng untuk Hubungan Awet)

Makanan Bagi yang Melakukan Program Kehamilan

Tips agar cepat hamil adalah menjaga asupan makanan masuk ke dalam tubuh, juga menjadi pemicu sulit mendapatkan anak. Makanan bergizi juga penuh akan vitamin, akan sangat bermanfaat bagi tubuh juga sel telur dan sperma yang akan dihasilkan.

Yodium

Zat ini berfungsi sebagai penghasil hormon tiroid, yang gunanya agar mengontrol metabolisme tubuh. Kadar yodium pada tubuh Anda harus sesuai, karena bisa menyebabkan kondisi tubuh menjadi tidak sehat.

Biasanya zat yodium berada di makanan seperti produk olahan dari susu seperti keju dan yoghurt, lalu telur, daging sapi dan ayam, kacang-kacangan seperti almond, gandum, kedelai, serta makanan dari laut lainnya.

Asam Lemak

Kandungan makanan mengandung asam lemak, terbukti baik bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil. Manfaatnya untuk tips agar cepat hamil adalah bisa meningkatkan aliran darah di bagian organ reproduksi dan merangsang hormon pemicu ovulasi.

Makanan laut seperti ikan salmon, herring dan teri memiliki omega 3 yang bermanfaat bagi kesehatan. Kacang kenari, biji chia, serta minyak kanola juga menjadi sumber omega 3, Anda bisa mengonsumsinya dengan campuran smoothies agar rasanya lebih lezat.

Kalsium 

Kalsium biasanya terkandung di dalam produk olahan dari susu, zat ini bermanfaat agar sistem reproduksi berfungsi dengan lancar sehingga proses kehamilan bisa cepat terjadi. Zat ini juga baik bagi kesehatan tulang dan gigi, manfaatnya juga dirasakan setelah hamil.

Makanan mengandung kalsium sebagai tips agar cepat hamil diantaranya adalah susu kedelai, susu almond, yoghurt, keju mozarella, keju cheddar, keju cottage, lalu di sayuran seperti kol dan brokoli, sereal, roti, oatmeal dan masih banyak lagi.

Penyebab Susah Hamil yang Perlu Diketahui

Untuk melancarkan proses kehamilan, ada baiknya Anda dan pasangan tau apa saja penyebab yang dapat menghambat proses kehamilan bisa terjadi. Ada beberapa faktor yang dapat menghambatnya, diantaranya adalah.

Merokok

Rokok memang memiliki kandungan yang bisa merusak tubuh, seperti penyakit pada paru-paru, gangguan pada pikiran dan mental, serta penyakit paling parah bisa terjadi adalah kanker.

Risiko merokok pada kesehatan yang bisa ditimbulkan begitu besar, maka hal ini tentu saja memiliki pengaruh besar bagi pasangan yang sedang menjalani program hamil. Apabila tetap mengkonsumsinya maka dapat menghambat proses pembuahan.

Rokok mengandung racun yang bisa menyebabkan sel telur mengalami kelainan genetik, pria juga bisa menjadi penghambat proses pembuahan. Memperlambat laju renang sperma, menimbulkan kelainan pada sperma juga bisa terjadi akibat merokok.

Mengonsumsi Alkohol

Apabila sedang menjalani program hamil, ada baiknya menjauhi alkohol karena menjadi penghambat tips agar cepat hamil. Menurut riset, pasangan yang mengonsumsi alkohol lebih sulit hamil dibandingkan yang tidak mengkonsumsinya.

Alkohol bisa menyebabkan menstruasi terhambat, masa kesuburan dan ovulasi terganggu, meningkatkan risiko sindrom pada janin, menurunkan kualitas kesuburan sperma, menghambat proses pelepasan hormon estrogen dan progesteron.

Berat Badan Tidak Sesuai

Berat badan juga berpengaruh terhadap proses pembuahan, memiliki berat badan ideal ternyata juga penting untuk mempercepat proses kehamilan. Tubuh yang terlalu kurus dapat menyebabkan tubuh berhenti melakukan proses ovulasi.

Sedangkan tubuh yang terlalu gemuk, bisa menyebabkan siklus haid tidak teratur dan kelahiran dengan kondisi cacat. Agar mendapatkan kondisi tubuh ideal, Anda bisa mulai dengan berolahraga secara rutin, mengkonsumsi air putih, serta melakukan diet kesuburan.

Ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter, agar bisa mendapatkan saran terbaik bagi kesehatan tubuh Anda dan pasangan. Tips agar cepat hamil akan lebih efektif untuk dilakukan, apabila Anda dan pasangan memang sudah siap memiliki momongan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts