9 Tips Berpuasa Agar Tidak Lemas dan Tetap Fit Selama Ramadhan

Tips berpuasa agar tidak lemas

Saat ini dalam menyambut hari raya Idul Fitri 1442 H, begitu banyak umat Muslim di seluruh dunia bersukacita di bulan Ramadhan yang penuh berkah.  Tentunya bagi banyak umat Muslim khususnya di Indonesia, Ramadhan adalah waktu yang istimewa untuk mengisi hari-hari dengan perbuatan baik dengan diiringi doa-doa penuh keyakinan untuk memohon segala kebaikan dari Allah SWT. Kali ini kita akan membahas tips berpuasa agar tidak lemas  

Namun, bagi sebagian umat Muslim saat sebulan berpuasa pasti mengalami waktu tidur yang tidak cukup ataupun kekurangan nutrisi dan juga kurang terhidrasi yang diperlukan untuk membantu melewati hari-hari puasa, sehingga berdampak buruk pada kesehatan.  Untuk itu, jika kamu saat ini sedang berpuasa, alangkah baiknya mengambil langkah yang tepat agar Ramadhan kali ini akan lebih meningkatkan iman kamu tidak hanya secara spiritual, tetapi juga secara fisik.  

Dengan berpuasa sepanjang hari bisa menjadi pengalaman yang menantang bagi sebagian umat Muslim, tergantung gaya hidup dan kesehatan mereka.  Rasa lemas dan juga mudah lelah saat puasa adalah masalah yang paling umum dihadapi sebagian orang selama bulan Ramadhan.  Namun, jika kamu saat ini merasakan hal yang sama atau kamu gagal mengatasi rasa lemas saat berpuasa, maka kamu akan kesulitan untuk tetap beraktivitas di bulan suci Ramadhan.  

Oleh karena itu, berikut 9 tips berpuasa agar tidak lemas dan supaya kamu tetap fit agar kamu dapat menikmati bulan suci Ramadhan yang damai dan tenang:

Tak Hanya Air Untuk Membuatmu Tetap Terhidrasi 

Tips berpuasa agar tidak lemas - air minum

Memang benar air putih adalah cara terbaik untuk menghidrasi tubuh kamu ketika kamu harus lebih banyak menghidrasi diri agar bisa mengatasi rasa lemas saat sebulan penuh berpuasa.  Namun, tahukah kamu air putih bukan satu-satunya minuman yang cocok untuk membuatmu tetap terhidrasi dalam aktivitas puasa yang panjang!

Selain air putih biasa, air infus dari buah-buahan adalah juga cara yang menyenangkan dan tentunya menyegarkan untuk mengisi kembali vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh.  Sesungguhnya buah-buahan dan sayuran juga bisa menjadi sumber hidrasi yang sangat baik, khususnya selada, mentimun, seledri, semangka, tomat, jeruk bali, melon, dan stroberi memiliki banyak kandungan air yang bisa kamu jadikan selingan pengganti air putih dan juga minuman untuk air infus saat sahur dan berbuka puasa.

Selebihnya, jika kamu penyuka salad, hidangan beragam sayuran ini dapat membuat kamu kenyang, terutama jika kamu menambahkan sedikit protein ke dalamnya.  Kamu tinggal menambahkan dengan protein yang tepat seperti ayam panggang, kacang-kacangan, telur, ikan, dll. yang menjadi salah satu tips berpuasa agar tidak lemas yang gampang dan sekaligus menjadi makanan menghidrasi saat berbuka puasa.

(Baca Juga: Cara Menahan Haus Saat Puasa untuk Mencegah Haus Berlebih)

Selain itu, sup kaldu pun juga ideal untuk hidangan berbuka puasa, terutama jika dibuat dengan kaldu tulang ayam atau sapi.  Keunggulan memasak dengan bahan kaldu tulang selain membuat kamu tetap terhidrasi, yaitu kaldu tulang kaya akan mineral yang dapat meningkatkan kekebalan, serta membantu mengurangi peradangan usus.

Nah, jika kamu penyuka minuman dingin, jus smoothie juga sangat cocok untuk diminum saat sahur ataupun berbuka puasa.  Tergantung pada bahan-bahan yang ditambahkan, jus smoothie dapat juga memberikan cukup hidrasi, antioksidan, vitamin, mineral, dan bahkan protein, menjadikannya cara yang tepat dan mudah untuk membantu kamu menjalani puasa yang panjang.  Mulailah dengan bahan dasar seperti susu, yogurt atau air kelapa.  Tambahkan buah-buahan, sayuran, atau kacang-kacangan yang akan menggugah selera. 

Pilihan Makanan itu Penting

Tips berpuasa agar tidak lemas - Memilih makanan

Mengkonsumsi garam dan gula yang berlebihan saat bulan suci Ramadhan hanyalah membuat kamu semakin haus.  Untuk itu, memilih makanan yang tepat untuk mencegah rasa haus adalah sebuah tips berpuasa agar tidak lemas yang sangat penting kamu terapkan selama sebulan.

Hindari makanan tinggi lemak seperti gorengan, dan makanan instan lainnya karena kandungan natrium pada makanan tersebut sangat tinggi sehingga dapat menyebabkan hipertensi dan akan membuat kamu cepat merasa lemas dan lelah.  Jadi, kamu bisa menggantikan makanan asin seperti makanan kalengan, kacang asin, atau kerupuk dengan makanan segar dan sehat.  Selain itu, untuk minuman manis seperti soda, dan minuman dengan tambahan gula lainnya dengan susu dan buah-buahan.

Bangun Untuk Sahur

Tips berpuasa agar tidak lemas - makan untuk sahur

Jangan pernah melewatkan sahur adalah tips berpuasa agar tidak lemas berikutnya.  Melewatkan sahur sebenarnya akan menurunkan sistem kekebalan tubuh kamu.  Selain itu, makan saat sahur akan membantu meringankan rasa lapar serta akan menjaga pola metabolisme kamu agar bisa beraktivitas seperti biasanya.  Jika tidak, kamu akan cepat merasa lemas dan juga bisa mengalami sembelit di siang hari.  Jadi, pastikan untuk mengkonsumsi makanan kaya serat dan juga memperbanyak minum air putih agar kamu lebih semangat beraktivitas sebelum waktu buka puasa tiba.  

Hindari Porsi Makan Besar Saat Buka Puasa 

Tips berpuasa agar tidak lemas - porsi makan besar

Menjaga porsi makanan yang ringan dan seimbang (4 sehat 5 sempurna) selama kamu berpuasa adalah tips berpuasa agar tidak lemas yang juga tidak kalah pentingnya.  Pastikan kamu tidak terlalu kekenyangan dan cobalah untuk menghindari makanan yang mengandung zat tepung dan gula sebanyak mungkin untuk mengatasi rasa lelah saat berpuasa.

Usahakan Untuk Tidak Tidur Setelah Sahur dan Buka Puasa

Tips berpuasa agar tidak lemas - menahan tidur setelah sahur

Sebaiknya jangan langsung tidur setelah sahur dan berbuka puasa ya!  Tubuh kamu butuh waktu untuk mencerna makanan sebelum beristirahat.  

Hindari Berada di Luar Ruangan Untuk Waktu yang Lama

Tips berpuasa agar tidak lemas - luar ruangan

Intinya disini adalah berada dalam ruangan dengan temperatur sejuk.  Jika memungkinkan, hindari hawa panas berkepanjangan agar tidak menyebabkan dehidrasi parah karena akan membuat tubuh merasa cepat lelah. 

Lakukan Aktivitas Fisik Ringan Sebelum Buka Puasa Setiap Hari atau Dua Hari Sekali

Tips berpuasa agar tidak lemas - aktifitas fisik ringan

Jangan lupa untuk tetap aktif atau berolahraga yang ringan-ringan saja meskipun lagi berpuasa.  Karena, saat tubuh kamu beradaptasi dengan kondisi berpuasa, untuk beberapa hari pertama tingkat energi kamu kemungkinan akan mengalami penurunan.  Untuk tips berpuasa agar tidak lemas berikut ini, sertakan olahraga ringan ke dalam jadwal harian kamu.  Kamu bisa melakukan beberapa menit peregangan, jalan kaki yang singkat, atau beberapa latihan pernapasan sederhana yang dapat membantu merilekskan  dan menyegarkan tubuh kamu untuk siap berpuasa lagi keesokan harinya.

Belajar Mengatur Nafas

Tips berpuasa agar tidak lemas - belajar mengatur nafas

Tips berpuasa agar tidak lemas lainnya adalah dengan melatih pernapasan.  Mengapa?  Karena pernapasan yang baik akan mempengaruhi kualitas oksigen yang dimasukkan ke dalam sistem tubuh kamu.  Orang yang memiliki pernapasan pendek akan mudah merasa lemas dan akan mengalami kelelahan mental dan fisik.

Nah, jika kamu tidak bernafas dengan benar, lebih sedikit oksigen yang akan mencapai otak dan sel jantung kamu.  Ini menandakan bahwa kamu akan mengalami kesulitan untuk beraktivitas terutama pada saat berpuasa.  

Dengan beberapa rangkaian latihan pernapasan sederhana, akan membantu kamu mengelola stres dengan lebih efektif.  Meskipun mudah untuk dipelajari, sebagian orang tidak tahu cara bernapas dengan benar agar dapat menghirup oksigen secara maksimal.  Untuk belajar bernapas dengan benar, kamu dapat:

  • Menarik napas dalam-dalam melalui hidung,
  • Bernapas dengan diafragma atau melakukan pernapasan perut,
  • Melatih pernapasan yang lebih lambat. 

(Baca Juga: Tips Berpuasa saat Bekerja Agar Tetap Kuat Walau Pekerjaan Berat)

Istirahat yang Cukup

Tips berpuasa agar tidak lemas - istirahat yang cukup

Sangat penting bagi tubuh kamu untuk mendapatkan istirahat yang cukup agar dapat berfungsi dengan baik sepanjang bulan suci Ramadhan.  Gunakan waktu kamu dengan baik sepanjang hari untuk menghindari pekerjaan yang overloaded setelah selesai beraktivitas, agar kamu bisa tidur lebih nyenyak di malam hari.

Berikut kesimpulan paling penting dari tips berpuasa agar tidak lemas yang telah disebutkan diatas:

  • Saat sahur, perbanyak minum air tetapi sedikit demi sedikit karena jika minum banyak sekaligus akan mempengaruhi sistem kardiovaskuler dan ginjal kamu.
  • Awali hidangan sahur kamu dengan roti gandum, susu, yogurt, dan jangan lupa buah-buahan dan sayuran.  
  • Saat berbuka puasa, mulailah dengan minum air putih dan kurma, atau makanan yang ringan.  Yang terpenting, jangan makan berlebihan, ini akan membuatmu cepat merasa lemas dan tidak nyaman.

Jangan lupa istirahat atau tidur sebentar saja di siang hari.  Ini akan meningkatkan energi kamu setelah beberapa jam berpuasa di pagi harinya.  

Nah, itu dia 9 tips berpuasa agar tidak lemas dan menjaga tubuh kamu tetap fit selama bulan suci Ramadhan.  Jika kamu ingin mengakhiri rasa lemas berkepanjangan selama berpuasa, ikuti tips di atas dan jangan lupa untuk memiliki pola pikir bersyukur terkait dengan Ramadhan.  Selain itu, sangatlah penting untuk selalu menjaga sikap yang positif serta tetap terhubung dengan keluarga dan teman-teman kamu.   Semoga tips di atas bermanfaat ya!  Selamat menunaikan ibadah puasa. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts