Tips Mengatasi Susah Tidur Untuk Kamu Yang Insomnia

Tips Mengatasi Susah Tidur – Kondisi ketika mengalami susah tidur atau mendapatkan waktu tidur yang kurang berkualitas sering disebut dengan insomnia. Seseorang yang kesulitan untuk tidur biasanya sering terjaga atau tiba-tiba terbangun di malam hari. Apabila kondisi ini terus menerus berlanjut akan berpengaruh pada kesehatan.

Tidur menjadi kebutuhan alamiah yang baik untuk kesehatan tubuh. Jika seseorang mengalami kekurangan tidur akan menyebabkan tubuh mudah terkena penyakit. Bahkan kekurangan tidur bisa berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Maka dari itu sangat perlu memperhatikan pola tidur dengan baik.

Berikut Adalah Beberapa Tips Mengatasi Susah Tidur 

Susah tidur akibat insomnia bisa terjadi karena banyaknya aktivitas yang dilakukan secara berlebihan. Sering bekerja hingga larut malam bisa membuat tubuh mengalami gangguan ritme sirkadian yaitu jam biologis tubuh yang bekerja secara otomatis, misalnya saat malam hari tubuh akan siap untuk tidur.

Kondisi stress dan suasana hati yang buruk juga bisa menjadi penyebab susah tidur. Stress sering terjadi ketika banyaknya pekerjaan yang tak kunjung selesai atau kehilangan orang terdekat juga memicu kesulitan untuk tidur. Berikut inilah beberapa tips mengatasi susah tidur yang dapat diterapkan.

Segera tidur jika sudah mengantuk

Tips Mengatasi Susah Tidur

Tips mengatasi susah tidur yang pertama adalah segera tidur jia sudah mengantuk. Kondisi ketika tubuh merasa benar-benar mengantuk menjadi momen yang tepat untuk segera bersiap-siap tidur. Faktanya tidur lebih cepat pada pukul tujuh atau delapan malah hanya membuatmu berbaring saja dan sulit untuk memejamkan mata. Atau malah membuatmu semakin overthinking untuk hal-hal sepele.

Apabila kamu sering atau terbiasa tidur pukul sembilan malam, maka jangan bersiap-siap tidur pada pukul tujuh. Hal ini berpengaruh pada pola tidur yang kurang teratur sehingga menyebabkan kamu mengalami masalah susah tidur. Untuk itu cobalah bersiap-siap tidur ketika sudah mengantuk.

Langsung tidur di tempat tidur

Tips Mengatasi Susah Tidur

Jika kamu sering atau terbiasa tidur di sofa, maka cobalah untuk menghilangkan kebiasaan tersebut. Tidur di sofa membuat kualitas tidurmu kurang baik. Kamu akan sering terbangun di tengah malam dan tidak mendapat kenyenyakan saat tidur. Kemungkinan kamu akan tetap terjaga dan tidak bisa tertidur lagi.

Kebiasaan tidur di sofa ini bisa dihindari dengan mencoba untuk tidur di tempat tidur. Selain itu juga bisa melakukan aktivitas ringan sebelum tidur yang akan membantu tidur malam semakin nyenyak. Tentunya kebiasaan ini bisa dilakukan secara perlahan-lahan agar menjadi rutinitas.

(Baca Juga: Ikutin Yuk, Cara Memulai Pola Hidup Sehat Dimasa Pandemi)

Melatih pernapasan menggunakan teknik 4-7-8

Melatih pernapasan menggunakan teknik 4-7-8

Tips mengatasi susah tidur selanjutnya adalah melatih pernafasan selama beberapa kali. Dengan melakukan gerakan relaksasi, tubuh akan menjadi santai sehingga mudah untuk tertidur. Kemudian bisa dilanjutkan dengan menulis beberapa agenda yang harus segera diselesaikan.

Langkah-langkah untuk melatih pernapasan dengan teknik 4-7-8 adalah yang pertama tarif nafas dalam hitungan 1-4 melalui hidung. Kemudian tahan nafas selama tujuh hitungan. Dan yang terakhir hembuskan napas pada hitungan kedelapan melalui mulut. Ulangi sebanyak tiga kali.

Mengoptimalkan lingkungan di kamar tidur

Mengoptimalkan Lingkungan di kamar tidur

Tips mengatasi susah tidur yang yang selanjutnya adalah mengoptimalkan lingkungan kamar tidur. Lingkungan kamar yang kurang optimal bisa menjadi salah satu penyebab kesulitan tidur. Untuk itu perlu diterapkan kondisi yang optimal seperti memakai tempat tidur yang nyaman, sprei dan sarung bantal yang bersih dan wangi serta memperhatikan kebersihan kamar.

Kondisi kamar tidur yang nyaman akan meningkatkan mood atau suasana hati yang baik. Dengan begitu akan memudahkan untuk segera tidur dan mendapatkan kualitas tidur yang nyenyak. Kondisi seperti ini harus selalu dipertahankan agar pola tidur menjadi teratur.

Memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Tips Mengatasi Susah Tidur

Tips mengatasi susah tidur bisa dilakukan dengan memilih makanan dan minuman yang bergizi untuk dikonsumsi. Memilih makanan yang banyak mengandung vitamin B seperti sayuran hijau dan magnesium seperti kacang almond akan membantu meningkatkan kualitas tidur.

Sering mengkonsumsi makanan fast food seperti burger, pizza dan lainnya tidak baik untuk kesehatan. Hal ini akan berdampak pada masalah kesehatan dalam jangka panjang. Selain kondisi kesehatan yang menurun, pola tidur juga akan terganggu.

Menggunakan essential oil

Menggunakan Essential Oil

Tips mengatasi susah tidur yang berikutnya adalah dengan menggunakan Essential Oil. Essential oil bisa dimanfaatkan untuk membantu mengatasi kesulitan tidur. Memilih essential oil seperti lavender dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh. Sehingga kondisi tubuh akan lebih rileks dan akan mudah tertidur.

Essential oil bisa digunakan dengan menyemprotkan atau meneteskan pada permukaan bantal dan sprei. Wewangian ini akan membuat kualitas tidur semakin nyenyak. Atau juga bisa menggunakan lilin aromaterapi dengan aroma yang menenangkan.

Menghindari konsumsi kafein

 Tips Mengatasi Susah Tidur

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi akan semakin memperparah kondisi sulit tidur. Bahkan bisa membuat kamu terjaga semalaman hingga tidak tidur sama sekali. Kandungan kafein yang masuk ke dalam tubuh dapat bertahan selama delapan jam. Durasi ini bahkan lebih lama dari dugaan.

Memang sulit untuk menghindari mengonsumsi kafein bagi para pecinta kafein. Namun jika kebiasaan ini tidak segera dikurangi akan berdampak buruk bagi kesehatan. Tentunya akan mengganggu aktivitas tidur di malam hari dan mengakibatkan insomnia.

Membatasi penggunaan gadget di malam hari

Tips Mengatasi Susah Tidur

Di masa ini kebanyakan orang sudah kecanduan dengan yang namanya gadget. Bahkan anak kecil sudah banyak yang sulit lepas dengan gadget-nya. Penggunaan gadget yang berlebihan bisa membuat mata kelelahan. Cahaya biru dihasilkan juga dapat menghentikan produksi hormon pendorong tidur yaitu melatonin.

Mematikan handphone sebelum tidur minimal 30 menit akan menghindari mata terkena cahaya biru dari handphone. Sehingga kualitas tidur bisa tercipta dengan baik. Selain itu juga meningkatkan suasana hati yang mendorong munculnya perasaan bahagia.

Membatasi waktu tidur siang

Membatasi Waktu Tidur Siang

Aktivitas tidur siang juga perlu untuk dilakukan. Namun sebaiknya saat tidur siang harus memperhatikan durasi waktunya. Tidur siang baik dilakukan dalam batas waktu selama 30 menit saja dan disarankan untuk dilakukan sebelum pukul 3 sore. Tidur siang yang lebih lama akan mempengaruhi jam tidur di malam hari.

Seseorang yang merasa sulit mengendalikan tidurnya, kemungkinan sedang merasa cemas dan berpikir berlebihan. Sangat penting untuk mengendalikan pikiran agar tetap berfikir positif dan rileks sehingga akan mempengaruhi daya tahan tubuh yang stabil. 

Menghindari kebiasaan buruk sebelum tidur

Tips Mengatasi Susah Tidur

Tips mengatasi susah tidur yang terakhir adalah menghindari kebiasaan buruk sebelum tidur. Kebiasaan buruk yang dilakukan seperti merokok, dan mengkonsumsi alkohol sebelum tidur akan berdampak bagi kesehatan tubuh. Apabila aktivitas tersebut dilakukan secara terus menerus juga akan mempengaruhi waktu tidur yang tidak menentu. Bahkan bisa membuat seseorang terjaga semalaman.

Kebiasaan merokok dan mengkonsumsi alkohol secara berlebihan akan memperburuk kualitas tidur. Kebiasaan tersebut bisa membuat seseorang sering terbangun di tengah malam. Tentunya kondisi tubuh semakin hari juga akan semakin lemah. 

Itulah berbagai tips mengatasi sulit tidur di malam hari. Kebiasaan tidur yang teratur akan mencegah tubuh merasa lelah sepanjang hari. Sehingga bisa membuat kegiatan semakin produktif dan lebih bersemangat lagi. Oleh karena itu, aktivitas tidur yang cukup harus dipertahankan dengan sebaik mungkin.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts