Bunda, Inilah 10 Tips Menjalankan Ibadah Puasa Bagi Ibu Menyusui

Marhaban ya Ramadan, bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu umat Muslim sedunia pun akhirnya datang juga. Suka cita menyambut Ramadan dirasakan oleh semua umat Muslim di dunia ini. Ramadan pun menjadi bulan dimana umat Muslim diwajibkan untuk berpuasa, dan banyak-banyak menjalankan ibadah. Tak heran jika bulan Ramadan disebut sebagai bulan dimana umat Muslim berlomba-lomba menjalankan kebaikan dan memperbanyak pahala. pembahasan kali ini tentang tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui.

Seperti disinggung diatas, semua umat Islam yang sudah aqil baligh diwajibkan untuk berpuasa. Namun ada beberapa golongan yang mendapatkan keringan untuk tidak berpuasa di bulan Ramadhan, namun wajib menggantinya di bulan lainnya. Salah satunya adalah ibu-ibu yang sedang menyusui, dimana mereka memang diperbolehkan untuk tidak menjalani puasa selama Ramadhan.

Tips Berpuasa Untuk Ibu Menyusui

Namun meski begitu ada kalanya bunda merasa rindu ingin ikut berpuasa juga bersama dengan keluarga. Sebenarnya ibu yang sedang menyusui boleh saja kok menjalani puasa. Salah satunya jika bunda memang berniat sungguh-sungguh ingin berpuasa, bisa mencoba beberapa tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui ini.

Beberapa tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui ini akan sangat bermanfaat bagi bunda yang ingin sekali ikut berpuasa di bulan Ramadhan. Tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui akan membantu bunda untuk tetap fit selama Ramadan, dan tetap bisa memberikan ASI yang maksimal kepada buah hati. Namun meski begitu jangan terlalu dipaksakan, karena sejatinya wanita yang sedang menyusui memang diberikan keringan untuk tidak berpuasa.

Lalu apakah bunda benar-benar ingin ikut menjalankan puasa di bulan Ramadhan? Jika iya, maka beberapa tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui ini wajib loh untuk disimak, apa saja ya itu? Ini dia  10 tipsnya untuk bunda yang sedang menyusui:

  • Sangat disarankan bagi bunda untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui  - konsultasi ke dokter

Tips pertama sebelum bunda memutuskan untuk ikut berpuasa selama Ramadhan adalah berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter Anda. Tanyakan pada dokter apakah kondisi Anda memungkinkan untuk menjalani puasa sambil menyusui. Biasanya dokter akan menjalankan pemeriksaan ringan seperti tekanan darah, berat badan, kadar gula dan sebagainya untuk memastikan kondisi bunda siap dan fit untuk ikut berpuasa meskipun sedang menyusui buah hati.

(Baca Juga: Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Ini 10 Tips Aman Bagi Kandungan Anda)

  • Usahakan untuk tetap makan 3 kali 

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui - makan 3 kali sehari

Biasanya wanita yang sedang menyusui akan memiliki nafsu makan yang sangat tinggi. Ini karena nutrisi yang masuk ke tubuhnya juga akan dibagi dengan buah hati yang sedang menyusu pada ibunya. Karena tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui selanjutnya adalah selain di waktu sahur dan buka puasa, bunda juga menyempatkan diri untuk makan malam setelah sholat tarawih misalnya.

Meskipun dianjurkan untuk makan tiga kali, namun nutrisi dan vitamin serta porsi makanan juga harus dijaga ya bund. Bukan berarti bunda bebas mengkonsumsi apa saja, apalagi menjadi kalap saat buka puasa. Usahakan makanan yang bunda konsumsi sarat akan kandungan vitamin, mineral dan zat-zat penting yang dibutuhkan bunda dan buah hati. Pembagian nutrisi yang disarankan untuk ibu menyusui yaitu karbohidrat sebanyak 50%, protein 30% dan sisanya adalah lemak yakni sekitar 20% dari kebutuhan nutrisi harian Anda.

  • Pastikan tubuh untuk selalu terhidrasi ya bund

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui - minum air putih

Sejatinya memperbanyak mengkonsumsi air minum adalah salah satu hal yang sangat disarankan bagi siapa saja yang sedang berpuasa. Apalagi bagi ibu yang sedang menyusui. Pastikan untuk selalu terhidrasi dengan mengkonsumsi banyak air putih, selama waktu antara buka puasa dan sahur. Sangat disarankan bagi bunda untuk mengkonsumsi air putih yang banyak, alih-alih mengkonsumsi minuman manis seperti es buah, es campur atau es teh yang mungkin banyak terhidang selama waktu berbuka puasa. Meski sama-sama mengandung air, namun minuman diatas memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Selain air putih, bunda juga bisa menambahkan buah-buahan yang tinggi kandungan air seperti semangka, pepaya, jeruk dan melon; untuk memastikan tubuh mendapatkan cairan yang cukup dan selalu terhidrasi. 

  • Jangan sampai melewatkan waktu sahur

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui - sahur

Tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui berikutnya adalah untuk tidak melewatkan waktu makan sahur. Mungkin bunda sangat lelah setelah seharian mengurus baby, sehingga terlalu mengantuk untuk bangun makan sahur. Padahal wanita yang sedang menyusui dan ingin berpuasa, sangat dianjurkan untuk selalu makan sahur, dengan menu yang kaya gizi dan nutrisi. Sebisa mungkin, bangunlah untuk makan sahur karena selain berpahala, sahur dengan menu bernutrisi tinggi juga akan membantu bunda fit untuk menyusui di bulan Ramadhan.

  • Sebisa mungkin hindari aktivitas fisik yang menyita tenaga di siang hari

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui - aktivitas fisik di siang hari

Agar lebih fit menjalani puasa saat menyusui, sebaiknya bunda menghindari untuk melakukan aktivitas fisik yang berat terutama di siang hari. Aktivitas ini bisa berupa melakukan pekerjaan rumah yang membuat tenaga terkuras. Sebaiknya bagilah tugas dengan pasangan, sehingga bunda tidak harus melakukan aktivitas berat pada siang hari.

  • Istirahat yang cukup

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui - istirahat yang cukup

Istirahat cukup menjadi salah satu tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui yang tidak boleh untuk disepelekan. Menyusui dan mengasuh bayi bukanlah urusan mudah, perlu tenaga ekstra untuk melakukannya. Karena itu sebisa mungkin, luangkan waktu untuk istirahat, apalagi ketika bunda memutuskan untuk menyusui di bulan Ramadhan. Tidur siang bersama sang buah hati, bisa jadi alternatif istirahat yang tepat bagi bunda yang menyusui namun masih ingin tetap menjalani ibadah puasa.

  • Selalu disiplin memompa ASI

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui - memompa asi

Prinspinya semakin sering buah hati menyusui, maka ASI pun akan semakin lancar pula. Namun terkadang si kecil rewel dan menolak menyusu. Untuk itu, bunda bisa menyiasati untuk selalu melakukan pumping ASI secara rutin terutama di malam hari. Selain saat malam hari tenaga dan perut bunda sudah terisi lagi, melakukan pumping juga akan memperlancar ASI. Simpanlah ASI untuk diberikan pada buah hati di siang hari. Selain praktis, bunda juga bisa menjaga agar tubuh tetap berenergi karena bayi tidak menetek secara langsung saat siang hari.

  • Konsumsi makanan yang memperlancar ASI

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui - makananan yang memperlancar asi

Saat buka puasa, usahakan agar bunda mengkonsumsi makanan yang membantu untuk memperlancar ASI. Karena itu tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui berikutnya adalah mengkonsumsi makanan yang membantu meningkatkan produksi ASI. Beberapa jenis sayur mayur seperti daun katuk, wortel, bayam, brokoli dan kale; punya manfaat untuk meningkatkan produktivitas ASI. Selain itu lengkapi asupan nutrisi dengan mengkonsumsi protein yang didapat dari daging dan biji-bijian. Sup daging atau sup ayam hangat sangat disarankan untuk bunda konsumsi saat buka puasa. Selain itu jangan lupa pula untuk mengkonsumsi buah-buahan, susu dan juga air putih ya bunda.

  • Hindari mengkonsumsi makanan mengandung santan dan juga pedas

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui - makanan mengandung santan dan pedas

Saat berbuka puasa, mungkin bunda akan melihat berbagai hidangan dengan bahan santan atau memiliki cita rasa pedas. Namun jika bunda ingin tetap fit saat puasa dan menyusui, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi kedua jenis makanan ini. Makanan yang tinggi kandungan santan dan memiliki cita rasa pedas akan membuat tubuh bunda jadi gampang lelah. Kedua jenis makanan ini sangat mudah menyerap mineral dalam tubuh, sehingga bunda akan jadi gampang lelah dan dehidrasi. Selain santan dan pedas, hindari juga mengkonsumsi makanan yang digoreng dan memiliki kandungan gula terlalu banyak, baik saat sahur atau buka puasa.

(Baca Juga: 10 Manfaat Puasa Bagi Ibu Hamil dan Tips Menjalankannya Dengan Aman dan Nyaman)

  • Relaks dan tidak stress

tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui - relaks dan tidak stress

Berikutnya tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui adalah selalu menjaga mood bunda dalam keadaan stabil dan rileks. Stress menjadi salah satu penyebab ASI jadi kurang lancar. Umumnya wanita yang baru melahirkan atau memiliki bayi, rentan mengalami masalah baby blues, stress atau bahkan Postnatal depression atau depresi setelah melahirkan akibat adanya ketidak seimbangan zat-zat kimia di dalam otak. Hal ini bisa membuat produksi ASI terhambat loh  bunda. Karena itu usahakan untuk selalu rileks, dan menghindari hal-hal yang membuat Anda stress saat menyusui.

Itulah 10 tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui yang bermanfaat untuk bunda di rumah. Namun sejatinya tidak perlu memaksakan diri, dan segera batalkan puasa bunda saat merasa tubuh mulai lelah. Semoga 10 tips menjalankan ibadah puasa bagi ibu menyusui ini bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba! 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts