Ingin Berat Badan Ideal? Ini Dia 10 Tips Puasa Agar Turun Berat Badan

Siapa yang tidak ingin memiliki berat badan ideal? Selain dapat memperindah bentuk tubuh, memiliki berat badan ideal tentu dapat menjaga kesehatan tubuh dan mencegah datangnya berbagai penyakit. Jika biasanya menurunkan berat badan dilakukan dengan diet, maka kali ada beberapa tips puasa agar turun berat badan.

Menurut anggapan banyak orang, berpuasa saat bulan Ramadhan dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini memang tidak salah, namun agar mampu menurunkan berat badan secara efektif tentu ada beberapa strategi yang harus dijalankan saat berpuasa.

Tips dan Trik Berpuasa untuk Menurunkan Berat Badan

Berpuasa saat bulan Ramadhan memang dapat membantu menurunkan berat badan. Namun tentu godaan makanan saat berbuka juga bisa menjadi bumerang. Jika asal berpuasa, bukan berat badan ideal yang didapat melainkan kenaikan berat badan yang sangat signifikan. Oleh karena itu, agar berat badan dapat turun secara bertahap, ada beberapa tips puasa agar turun berat badan.

Tetap Makan Saat Sahur

Tips puasa agar turun berat badan - Tetap makan sahur

Banyak yang mengira melewatkan makan sahur dapat membantu mengurangi berat badan secara signifikan. Namun ternyata anggapan ini salah besar. Melewatkan makan sahur justru membuat perut akan semakin lapar sehingga saat berbuka puasa, tubuh cenderung ingin makan dengan porsi yang lebih banyak dibanding biasanya.

Oleh karena itu, tips puasa agar turun berat badan yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Saat sahur, tubuh akan mendapatkan energi yang cukup untuk berpuasa sehingga saat berbuka puasa tiba, perut tidak terlalu lapar dan makanan yang masuk kedalam tubuh dapat dikontrol dengan baik.

(Baca Juga: Ini Dia, 6 Macam Makanan Buka Puasa Untuk Diet)

Hindari Makanan dan Minuman yang Terlalu Manis

Tips puasa agar turun berat badan - Makanan dan minuman yang terlalu manis

Makanan manis memang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa karena dapat berguna sebagai sumber energi yang dapat menggantikan energi yang hilang saat berpuasa. Walaupun begitu, tetap hindari makanan yang terlalu manis atau memiliki kandungan gula tambahan.

Makanan manis memang dapat diubah menjadi energi oleh tubuh. Namun jika dikonsumsi terlalu banyak, sari-sari makanan ini akan berubah menjadi lemak dan disimpan oleh tubuh. Adanya timbunan lemak pada tubuh tentu akan membuat usaha untuk menurunkan berat badan menjadi sia-sia.

Konsumsi Lebih Banyak Air Putih

 Tips puasa agar turun berat badan - Air Putih

Saat berpuasa tubuh akan rentan dehidrasi. Sedangkan salah satu kunci utama tubuh ideal sendiri yaitu kebutuhan air yang cukup. Karena saat berpuasa, aktivitas minum sangat terbatas, usahakan untuk mengonsumsi lebih banyak air terutama saat sahur dan berbuka puasa. Hindari minum terlalu banyak di satu waktu namun bertahap di beberapa waktu.

Salah satu tips puasa agar turun berat badan yang harus dilakukan yaitu mengonsumsi air putih yang cukup sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh tetap terpenuhi. Kurangi konsumsi minuman berwarna atau mengandung kafein tinggi karena dapat memicu tubuh lebih haus saat berpuasa. Jika merasa malas minum, dekatkan gelas berisi air di dekat tempat tidur. Konsumsi air putih bisa dilakukan sebelum tidur dan ketika bangun saat sahur.

Jangan Berlebihan! Jaga Porsi Makan Normal

Tips puasa agar turun berat badan - Makan berlebihan

Walaupun sedang berpuasa, usahakan untuk tetap menjaga porsi makan pada batas normal. Makan berlebihan saat berpuasa justru dapat memicu peningkatan kadar gula gula yang berlebih pada tubuh. Karena saat berpuasa tubuh tidak memproduksi cukup insulin, maka gula akan diubah menjadi lemak dan menumpuk didalam tubuh.

Oleh karena itu tips puasa agar turun berat badan yang satu ini harus selalu dilakukan. Gunakan piring berukuran kecil sehingga porsi makanan yang diambil tetap normal dan tidak berlebihan. Jangan lupa untuk berhenti makan ketika perut sudah merasa kenyang.

Kurangi Makanan Berlemak

Tips puasa agar turun berat badan - Kurangi makanan berlemak

Berbuka puasa dengan gorengan tentu sangat nikmat. Namun untuk bisa mendapatkan berat badan yang ideal, sangat disarankan untuk mengurangi makanan gorengan yang mengandung banyak lemak. Gorengan sendiri banyak mengandung lemak jenuh yang dapat memicu peningkatan berat badan saat puasa.

Untuk memenuhi keinginan ngemil, gorengan bisa diganti dengan jenis makanan lain yang lebih menyehatkan seperti buah, sayur, dan kacang-kacangan. Selain tinggi protein dan vitamin, mengonsumsi jenis makanan ini juga dapat membantu penurunan berat badan sehingga berat badan lebih ideal.

Jangan Begadang

Tips puasa agar turun berat badan - Jangan begadang

Tidur yang cukup juga merupakan salah satu Tips puasa agar turun berat badan. Jika tubuh tidak cukup tidur, maka secara otomatis metabolisme tubuh akan terganggu sehingga lemak yang masuk kedalam tubuh akan terus menumpuk dan tidak dapat diserap dengan baik oleh tubuh.

Selain itu, jika tubuh kurang tidur akibat begadang, produksi hormon ghrelin yang dapat memicu peningkatan nafsu makan juga akan semakin meningkat sehingga keinginan untuk makan akan semakin tinggi. Untuk bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik, ada beberapa trik yang bisa dilakukan antara lain:

  • Hindari penggunaan gadget dan alat elektronik seperti smartphone, laptop, dan TV menjelang tidur.
  • Hindari konsumsi kopi, teh, atau minuman dengan kandungan kafein menjelang tidur.
  • Hindari tidur di tempat bising dan terang.

Pilih Makanan Sahur Kaya Protein dengan Kadar Garam Rendah

Tips puasa agar turun berat badan - Makanan kaya akan protein

Tips puasa agar turun berat badan lainnya yang bisa dicoba yaitu mengkonsumsi putih telur rebus atau makanan lain dengan garam yang rendah. Beberapa jenis makanan lain yang bisa dikonsumsi antara lain roti gandum, nasi merah, dan beberapa makanan dengan kandungan protein keju dan telur. Mengonsumsi putih telur rebus saat sahur juga bagus untuk tubuh dan dapat membantu penurunan berat badan secara signifikan sehingga tubuh menjadi lebih ideal. 

Selain mengonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi, makanan dengan kandungan kadar garam yang rendah juga dapat membantu penurunan berat badan secara signifikan. 

Tentukan Target Penurunan Berat Badan

Tips puasa agar turun berat badan - Target berat badan

Agar proses penurunan berat badan saat berpuasa dapat berjalan dengan lancar dan konsisten, ada baiknya untuk menetapkan berapa kilogram berat badan yang akan diturunkan. Tetapkan target normal dan jangan terlalu ekstrim. Salah satu tips puasa agar turun berat badan yang satu ini memang harus ditetapkan dari awal sehingga proses penurunan berat badan ini dapat dilakukan dengan konsisten.

Menurut Dokter Dion Haryadi selaku pemilik channel youtube The Doctor’s Diet, batas penurunan berat badan yang normal selama diet yaitu sekitar 2-4 kg per bulan. Karena tubuh tidak mendapat cukup energi saat berpuasa, penurunan berat badan yang drastis dan tiba-tiba tentu sangat berbahaya. Jika ingin menurunkan berat badan secara ekstrim hingga lebih dari 10 kg per bulan, maka menurunkan berat badan saat puasa bukanlah saat yang tepat. Pilihlah hari-hari di luar bulan puasa sehingga asupan nutrisi pengganti saat pagi dan siang bisa tetap terpenuhi.

(Baca Juga: Ini Dia 15 Manfaat Puasa Ramadhan Bagi Kesehatan)

Atur Menu Makanan yang Dikonsumsi Setiap Harinya

Tips puasa agar turun berat badan - Atur menu makanan

Tips puasa agar turun berat badan berikutnya adalah dengan mengatur menu makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Saat bulan puasa, aneka takjil dan makanan yang manis tentu lebih sering disajikan dibandingkan saat hari-hari biasa. Jika tidak bisa menahan diri, asupan makanan tinggi gula tersebut justru akan banyak dikonsumsi oleh tubuh. Mengonsumsi beragam takjil tanpa dikontrol tentu bisa membuat proses penurunan berat badan menjadi terhambat. Oleh karena itu, agar proses penurunan berat badan dapat berjalan dengan lancar, cobalah untuk mengatur menu harian makanan yang akan dikonsumsi setiap harinya mulai dari cemilan, takjil, hingga makanan berat. Ganti jenis makanan yang tinggi gula dan lemak, dengan makanan alternatif lain yang lebih menyehatkan.

Sering Berjalan Kaki

Tips puasa agar turun berat badan - Berjalan kaki

Sekilas memang terdengar simpel. Namun ternyata aktivitas jalan kaki dapat dilakukan sebagai salah satu bentuk olahraga ringan yang dapat membantu penurunan berat badan. Agar tidak berat, lakukan jalan sehat saat pagi atau sore hari sembari ngabuburit. Pilihlah rute perjalanan yang berbeda setiap harinya agar tidak bosan atau jenuh.

Berbeda dengan jalan kaki biasanya, untuk proses penurunan berat badan, pilih rute perjalanan yang memiliki tanjakan atau turunan sehingga energi yang dikeluarkan tubuh menjadi lebih besar. Selain itu membawa beberapa bekal berbuka puasa seperti air minum juga sangat penting sehingga tidak perlu repot-repot kembali ke rute awal ketika sudah datang waktu berbuka.

Beberapa tips puasa agar turun berat badan yang sudah dijelaskan sekilas memang mudah dilakukan. Namun agar prosesnya dapat berjalan dengan lancar, konsistensi tentu harus terus dilakukan. Jangan mudah tergoda untuk mengonsumsi beragam makanan yang dapat memicu pertambahan berat badan yang signifikan. Semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat. Selamat mencoba!

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts