Berbagai Pilihan Makanan Khas Jawa Barat yang Nikmat

Berbagai Pilihan Makanan Khas Jawa Barat yang Nikmat
Berbagai Pilihan Makanan Khas Jawa Barat yang Nikmat

Makanan khas Jawa Barat sepertinya wajib Anda coba ketika memiliki kesempatan untuk berkunjung ke provinsi yang berada di Pulau Jawa ini. Selain terkenal dengan keindahan alamnya, Jawa Barat juga memiliki wisata kuliner yang sangat nikmat.

Baca juga: Manfaat Kunyit untuk Kesehatan, Bumbu Dapur dengan Khasiat

Ketika berkunjung ke suatu tempat, salah satu hal yang mungkin tidak boleh dilewatkan yaitu adalah menikmati wisata kuliner. Tentunya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan, menikmati kuliner bersama orang-orang terkasih.

Makanan khas dari Jawa Barat dikenal memiliki cita rasa yang unik dan khas. Mungkin beberapa diantaranya sudah pernah Anda nikmati. Karena memang ada banyak sekali kuliner khas Jawa Barat yang sudah populer di berbagai macam daerah.

Daftar Makanan Khas Jawa Barat yang Cocok untuk Sarapan

Berbagai Pilihan Makanan Khas Jawa Barat yang Nikmat-Daftar Makanan Khas Jawa Barat yang Cocok untuk Sarapan
Berbagai Pilihan Makanan Khas Jawa Barat yang Nikmat_Daftar Makanan Khas Jawa Barat yang Cocok untuk Sarapan

Ketika Anda berkunjung ke Jawa Barat, ada banyak sekali makanan yang cocok untuk disantap di pagi hari. Berikut beberapa rekomendasi dari kami Jika Anda ingin sarapan di pagi hari sebelum beraktivitas di Provinsi Jawa Barat.

  • Karedok

Karedok adalah salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah sangat populer di Indonesia. Cita rasanya yang nikmat membuat makanan ini bisa menggoyang lidah Anda di pagi hari.

Karedok terbuat dari berbagai macam sayuran yang dicampur dengan sambal kacang. Jika dilihat sekilas, karedok sangat mirip dengan gado-gado. Akan tetapi, sayuran yang digunakan pada karedok merupakan sayuran mentah, sedangkan pada gado-gado merupakan sayuran yang sudah direbus.

  • Mie kocok

Bagi Anda yang suka dengan mie, sepertinya perlu mencoba mie kocok ketika berada di daerah Bandung. Bahan pembuatannya sendiri yaitu adalah mie kuning yang dicampur dengan kaldu sapi.

Salah satu hal yang sangat unik dari mie satu ini yaitu adalah cara pembuatannya. Jadi cara membuat mie kocok yaitu adalah dengan dicelupkan ke air panas secara berulang-ulang.

Penyajian mie kocok biasanya ditambahkan dengan berbagai macam bahan lainnya seperti misalnya tauge, bakso, kikil dan lain sebagainya. Ini merupakan makanan khas Jawa Barat yang sangat cocok disantap pagi hari ketika cuaca sedang dingin.

  • Lepet Kuningan

Sebagian masyarakat Indonesia sepertinya sudah tidak asing lagi dengan makanan bernama lepet. Bisa dikatakan jika lepet ini memiliki rasa yang sangat nikmat.

Bahan utama pembuatannya yaitu adalah ketan. Ini bisa menjadi pilihan yang tepat ketika Anda sedang mencari menu untuk sarapan di pagi hari.

  • Doclang

Makanan khas Jawa Barat yang cocok untuk dijadikan sebagai menu sarapan di pagi hari selanjutnya yaitu adalah doclang. Bahan utama pembuatan nya sendiri yaitu adalah ketan dan berbagai macam sayuran.

Makanan ini biasanya disajikan dengan telur dan juga tahu. Dengan ditambahkan sambal kacang membuat makanan ini terasa semakin nikmat. Anda tidak boleh melewatkan kesempatan untuk mencicipi kuliner satu ini ketika berkunjung ke provinsi Jawa Barat.

  • Lontong kari

Untuk masyarakat Jawa sepertinya sudah sangat tidak asing dengan makanan bernama lontong. Namun ada hal yang berbeda antara lontong kari dengan lontong lontong lainnya.

Salah satu hal yang membedakan yaitu adalah bumbu kari yang membuat rasanya semakin nikmat. Biasanya lontong kari disajikan dengan telur dan juga irisan bawang goreng.

Agar semakin nikmat, Anda bisa menyantap lontong kari dengan kerupuk. Makanan khas Jawa Barat satu ini bisa menjadi pilihan sempurna untuk dinikmati pada pagi hari.

  • Soto kuning

Soto adalah salah satu jenis makanan yang sepertinya sangat mudah ditemukan di berbagai macam kota di Indonesia. Ini merupakan jenis makanan yang sudah sangat populer dan sangat digemari oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu hal yang membedakan soto kuning khas Jawa Barat dengan soto lainnya yaitu adalah kuahnya yang berwarna kuning. Warna kuning tersebut didapatkan dari kunyit.

Soto kuning memiliki berbagai macam isian seperti misalnya daging sapi, daging ayam, atau babat. Bagi Anda yang suka dengan soto, sepertinya wajah untuk mencoba soto kuning.

  • Nasi Timbel

Makanan khas Jawa Barat terakhir yang sangat cocok untuk dinikmati di pagi hari yaitu adalah Nasi Timbel. Ini merupakan nasi yang dibungkus dengan daun pisang kemudian disajikan dengan berbagai macam lauk pauk seperti misalnya ikan asin dan lain sebagainya.

Dengan harga yang cukup terjangkau, Anda bisa menikmati makanan yang nikmat dan bisa membuat perut Anda merasa kenyang.

Daftar Makanan Khas Jawa Barat untuk Camilan

Ada berbagai macam camilan yang sangat nikmat di provinsi Jawa Barat. Jawa Barat dikenal menjadi salah satu provinsi yang sangat kaya akan wisata kuliner. Berikut beberapa camilan yang wajib Anda coba ketika berkunjung ke Jawa Barat.

  • Batagor

Batagor merupakan salah satu makanan khas Jawa Barat yang sudah sangat populer di berbagai macam daerah di Indonesia. Campuran bakso tahu dengan sambal kacang membuat banyak orang sangat menyukai makanan satu ini.

Apalagi batagor memiliki harga yang sangat ramah di kantong. Ini cocok dijadikan sebagai camilan Ketika Anda mengunjungi kota Jawa Barat bersama dengan teman-teman atau keluarga.

Biasanya Anda hanya perlu mengeluarkan uang Rp5.000 untuk membeli satu porsi batagor. Ini merupakan salah satu makanan yang sepertinya tidak boleh dilewatkan ketika Anda mengunjungi Jawa Barat.

  • Cireng

Aci digoreng atau cireng merupakan makanan khas Jawa Barat yang sangat cocok dijadikan sebagai camilan. Cireng juga merupakan camilan yang sudah sangat populer seperti halnya batagor. Untuk harganya sendiri juga bisa dikatakan masih sangat ramah di kantong. Rasanya yang sangat nikmat, sepertinya sayang untuk dilewatkan.

  • Serabi

Makanan yang terbuat dari adonan tepung beras ini memang memiliki cita rasa yang sangat khas. Hal tersebut dikarenakan, makanan ini masih dimasak dengan cara sederhana yaitu menggunakan kayu bakar dan juga tungku.

Saat ini sudah terdapat berbagai macam topping serabi. Anda bisa memilih topping dari mulai coklat, keju, selai kacang, dan masih banyak lagi lainnya.

  • Tahu Sumedang

Tahu Sumedang adalah salah satu makanan khas Jawa Barat dengan cita rasa yang sangat nikmat. Ini merupakan jenis tahu kopong yang dimasak dengan cara digoreng. Untuk harganya sendiri bisa dikatakan sangat murah. Anda wajib mencobanya ketika mengunjungi Jawa Barat khususnya Sumedang.

  • Combro

Combro merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar singkong. Untuk rasanya sendiri sudah tidak perlu diragukan lagi. Rasanya gurih dan nikmat akan membuat Anda merasa ketagihan ketika mencobanya.

Biasanya combro disajikan dengan tambahan sambal. Anda tidak boleh melewatkan kuliner satu ini, karena rasanya yang sangat menggugah selera.

Daftar Makanan Khas Jawa Barat untuk Oleh-Oleh

Berbagai Pilihan Makanan Khas Jawa Barat yang Nikmat_Daftar Makanan Khas Jawa Barat untuk Oleh-Oleh
Berbagai Pilihan Makanan Khas Jawa Barat yang Nikmat_Daftar Makanan Khas Jawa Barat untuk Oleh-Oleh

Ketika Anda pergi ke suatu tempat, tentunya tidak boleh melupakan orang orang yang ada di rumah. Orang-orang yang ada di rumah akan merasa sangat senang ketika mendapatkan oleh-oleh.

Di Jawa Barat sendiri ada banyak sekali pusat oleh-oleh. Berikut beberapa makanan yang mungkin cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

  • Dodol Garut

Dodol Garut merupakan makanan khas Jawa Barat yang sudah sangat populer. Anda bisa menemukan dodol Garut di berbagai macam tempat oleh-oleh di Provinsi Jawa Barat.

Citarasanya yang sangat khas dan nikmat membuat orang-orang sangat suka menyantap dodol Garut. Ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat untuk diberikan kepada orang-orang di rumah ketika pulang dari Jawa Barat.

  • Chocodot

Chocodot adalah makanan yang terbuat dari kombinasi dodol dan coklat. Makanan ini sebenarnya tidak sengaja ditemukan. Karena memiliki cita rasa yang nikmat akhirnya dijadikan sebagai oleh-oleh.

  • Opak

Makanan khas Jawa Barat yang cocok dijadikan sebagai oleh-oleh selanjutnya yaitu adalah opak. Ini merupakan makanan tradisional yang memiliki cita rasa gurih dan nikmat.

Makanan Khas dari Jawa Barat Memiliki Harga yang Ramah di Kantong

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan orang-orang ketika mengunjungi tempat untuk berlibur yaitu adalah uang yang harus dikeluarkan. Jika ingin berhemat, sangat penting untuk memilih tempat wisata yang memberikan fasilitas ramah di kantong.

Salah satu hal yang pastinya akan menguras dompet Anda ketika liburan yaitu adalah biaya makan. Namun, jika Anda mengunjungi provinsi Jawa Barat sepertinya tidak perlu takut akan mengeluarkan uang banyak untuk biaya makan.

Karena makanan yang ada di provinsi Jawa Barat kerja dikatakan memiliki harga yang sangat terjangkau. Oleh karena itu, Jawa Barat ini bisa menjadi pilihan untuk liburan yang sangat tepat dengan budget minimal.

Baca juga: Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan, Dijamin Manjur

Bisa menikmati keindahan provinsi Jawa Barat dan menikmati kulinernya bisa menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Anda harus mencoba makanan khas Jawa Barat paling tidak satu kali seumur hidup.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts