Ketahui Cara Makan Saat Buka Puasa dan Tetap Sehat Saat Puasa

Cara makan saat buka puasa seringkali diabaikan oleh banyak orang, karena biasanya orang akan kalap memakan berbagai makanan saat buka puasa. Sedangkan hal itu tidak baik bagi kesehatan. Sehingga Anda harus tetap sehat walaupun sedang berpuasa. Bukan hanya kalap, tapi banyak juga orang yang tidak memperhatikan porsi makan dan jumlah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh saat berbuka.

Padahal, pola makan baik saat buka maupun sahur itu harus diperhatikan dengan baik. Karena di siang hari kita tidak makan dan tidak minum, maka saat berbuka dan saat sahur kebutuhan nutrisi harus tetap terjaga. Cara makan saat buka puasa sangat berperan dalam menjaga kesehatan saat sedang puasa. Jangan sampai Anda melahap habis makanan saat berbuka, tanpa memikirkan porsi makan dan gizi dari makanan tersebut.

Cara Makan Saat Buka Puasa yang Baik dan Tetap Menyehatkan

Ikuti tips dan cara berikut dalam makan yang baik saat berbuka puasa dan tubuh tetap sehat:

1. Segeralah Berbuka Puasa

Cara Makan Saat Buka Puasa - Segeralah berbuka

Sebaiknya tidak menunda waktu buka puasa, sehingga saat adzan maghrib tiba Anda bisa langsung berbuka puasa. Awali buka puasa dengan minum air putih untuk mencegah dehidrasi, serta memberi pasokan cairan untuh tubuh yang telah berpuasa sehari penuh.

Anda juga bisa minum minuman segar seperti misalnya jus buah segar yang alami, atau sop buah segar. Bisa juga dengan minum susu untuk memenuhi asupan cairan dalam tubuh. Anda juga harus memperhatikan minuman manis apa yang mengandung gula dan kalori, yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat buka puasa. Namun yang lebih aman adalah konsumsi air putih saat mengawali berbuka puasa, karena lebih sehat.

Air menjadi kunci dari terpenuhinya kebutuhan cairan yang hilang saat berpuasa di siang hari. Untuk makanan/minuman manis saat baru berbuka juga sebaiknya dibatasi jumlahnya, jangan terlalu banyak.

(Baca Juga: 13 Ide Menu Hidangan Berbuka Puasa Sederhana Bagi Anda yang Sibuk)

2. Makan Kurma

Cara Makan Saat Buka Puasa - makan kurma

Setelah minum air putih atau minuman lainnya yang menyehatkan, Anda bisa memakan kurma karena makan kurma juga menjadi cara makan saat buka puasa yang baik dan sehat. Sebagai sumber gula yang alami, kurma juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Itulah sebabnya kurma bisa memenuhi kebutuhan energi ketika berbuka puasa.

Anda akan kembali bersemangat jika memakan kurma saat berbuka, setelah seharian penuh menahan lapar dan haus. Makan 3 buah kurma saat buka puasa bisa mengatasi gejala darah rendah. Dianjurkan untuk memakan kurma saat berbuka dalam jumlah ganjil.

3. Memilih Takjil yang Sehat dan Tepat

Cara Makan Saat Buka Puasa - memilih takjil yang tepat dan sehat

Memilih takjil yang sehat juga merupakan cara makan saat buka puasa yang benar. Jadi, jangan sembarangan memilih menu takjil atau asal manis dan enaknya saja. Sebaiknya pilih takjil yang berupa buah-buahan misalnya sari buah atau jus buah yang alami tanpa tambahan gula.

Boleh juga mengkonsumsi salad atau sop buah yang segar, asalkan tidak menggunakan pemanis buatan. Lebih baik menggunakan takjil dengan pemanis alami seperti madu, pada salad/sop buah yang Anda buat. Sehingga menu buka puasa Anda tetap menu yang menyehatkan tubuh.

Sebaiknya batasi asupan makanan yang tak sehat seperti camilan atau gorengan, karena makanan tersebut tidak sehat dan tak ada kandungan energinya. Sedangkan buah-buahan bisa mendorong energi serta hidrasi yang diperlukan oleh tubuh. Pilih jenis buah yang kadar gula serta nutrisinya cukup tinggi.

4. Mengkonsumsi Makanan yang Mengandung Karbohidrat yang Baik dan Sayur-sayuran

Cara Makan Saat Buka Puasa - makan nasi

Sebaiknya pilih menu makan berbuka yang mengandung karbohidrat, supaya Anda mengisi kembali energi di dalam tubuh setelah berpuasa seharian. Pilih juga makanan yang memiliki kandungan atau sumber karbohidrat yang kompleks seperti beras merah, gandum, kentang, dan sebagainya. Sumber energi tubuh pun akan menjadi lebih stabil dan memperoleh efek yang berkelanjutan.

Selain karbohidrat, pilih juga makanan sehat lainnya seperti sayuran untuk menu lauk pauknya. Sayuran mengandung vitamin, serat dan mineral yang baik untuk tubuh. Serta memiliki kandungan nutrisi dan membuat perut menjadi lebih cepat kenyang. Jumlah kandungan kalori dalam sayuran juga hanya sedikit.

5. Konsumsi Makanan yang Mengandung Protein

Cara Makan Saat Buka Puasa - konsumsi makanan berprotein

Kandungan protein tanpa lemak bisa menjadi pilihan menu makanan yang juga bagus saat berbuka puasa. Makanan yang mengandung protein ini sangat diperlukan tubuh dalam membangun massa otot serta mempertahankannya. Telur, daging sapi, ikan, daging ayam menjadi pilihan makanan berprotein yang sangat baik. Tapi jika Anda tidak terbiasa konsumsi makanan daging-dagingan, maka Anda bisa konsumsi biji-bijian atau kacang-kacangan yang juga berprotein tinggi.

Kandungan protein yang baik di suatu makanan akan membuat makanan itu lebih mudah dicerna. Apalagi jika ditambah kandungan asam amino esensial yang juga baik untuk tubuh. Ketika memilih makanan berat untuk berbuka sebaiknya selalu perhatikan bagaimana kandungan nutrisinya.

(Baca Juga: Dimana Beli Makanan Saat Berpuasa di Jakarta? Coba 12 Tempat Makan Enak Ini)

6. Tidak Makan Makanan yang Kandungan Lemaknya Tinggi

Cara Makan Saat Buka Puasa - makanan yang mengandung lemak tinggi

Makanan yang kandungan lemaknya tinggi, gula, dan juga garam adalah bahan makanan yang tak sehat untuk berbuka puasa. Sedangkan cara makan saat buka puasa ini harus dengan makanan yang sehat. Maka usahakanlah mengolah makanan yang tepat untuk berbuka, misalnya dengan merebus, memanggang, ataupun mengukus makanan tersebut.

Gunakan juga racikan rempah-rempah dan bumbu alami sebagai penyedap makanan yang Anda buat tersebut. Rempah-rempah akan menjadi pengganti penyedap rasa seperti garam. Gula juga bisa diganti dengan pemanis alami misalnya sari buah. Dengan melakukan cara makan saat buka puasa yang baik dan benar seperti ini, maka kesehatan Anda tetap terjaga selama bulan puasa.

 Berikut Adalah Cara Makan yang Benar Saat Buka Puasa

1. Jangan Makan Berlebihan dan Jangan Terburu-buru

Sebaiknya Anda juga tidak makan dalam jumlah yang berlebihan atau makan dengan terburu-buru. Makan dalam jumlah berlebih atau terburu-buru saat buka puasa, akan membuat sistem pencernaan Anda bermasalah setelah Anda berpuasa seharian. Kontrol porsi makanan saat menghabiskan makanan, juga menjadi hal yang harus diperhatikan dalam berpuasa. 

2. Pilih Makanan Semangkuk Sup

Ketika berbuka puasa dan setelah Anda makan atau minum yang manis, Anda juga bisa menikmati semangkuk sup yang hangat. Akan lebih baik jika Anda tidak langsung makan makanan yang berat, ketika berbuka dan saat perut masih dalam keadaan kosong. Anda bisa memilih menu makanan seperti ayam, sup sayuran, kaldu tulang, daging sapi, ataupun soto sebagai makanan yang padat nutrisinya. Jenis makanan tersebut selain sehat juga mudah dicerna, dan dapat menghidrasi tubuh dengan baik.

3. Kuncinya Adalah Keseimbangan

Cara makan saat buka puasa yang baik adalah menyeimbangkan asupan makanan, karena perut Anda kosong dalam waktu yang cukup lama. Maka dari itu jangan kalap dengan terus makan makanan apapun sepanjang malam, karena hal itu malah akan menambah berat badan Anda. 

Sebaiknya bagi-bagi waktu makan Anda dalam jumlah atau porsi sedikit, misalnya makan takjil dan minuman jus buah saat berbuka, kemudian setelah lepas maghrib Anda bisa makan makanan berat, dan boleh memakan lagi camilan sehat yang kaya serat setelah sholat tarawih. Misalnya puding tanpa gula atau puding dengan tambahan sedikit gula atau madu.

Jangan makan makanan cepat saji di malam hari karena selain tidak sehat, makanan tersebut juga bisa menimbun lemak di dalam tubuh. Pilihlah makanan yang kaya kandungan proteinnya misalnya kacang-kacangan, tahu, daging tanpa lemak, telur dan sebagainya.

4. Berolahraga Setelah Makan

Cara makan yang baik setelah berbuka sudah dibahas dengan lengkap di atas, setelah makan Anda bisa tetap melakukan olahraga di malam hari tetapi hanya untuk jenis olahraga yang ringan-ringan saja. Jangan memilih jenis olahraga yang menguras energi/tenaga yang besar. Misalnya berjalan santai seusai sholat tarawih di sekeliling rumah saja, bisa menjadi jenis olahraga yang baik untuk tubuh.

Anda juga harus ingat bahwa ketika berpuasa, Anda hanya memiliki sedikit waktu untuk makan sehingga jangan digunakan untuk makan dalam porsi yang besar. Mengimbangi dengan olahraga ini juga bisa menjadi cara yang tepat dan sehat walaupun sedang berpuasa. Pastikan tubuh Anda tetap dalam kondisi sehat di bulan puasa.

Anda juga harus selalu memastikan bahwa sistem pencernaan dalam tubuh selalu bekerja dengan baik saat berpuasa.

Total
10
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts