5 Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana di Rumah

cara membuat nasi goreng sederhana di rumah

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana di Rumah – Siapa yang tidak mengenal nasi goreng? Makanan yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat Indonesia. Nasi goreng menjadi salah satu makanan favorit banyak orang karena cita rasanya yang lezat dan bikin ketagihan.

Pastinya, tidak sulit untuk menemukan warung makan nasi goreng karena makanan yang satu ini dijual hampir di setiap daerah di Indonesia. Bahkan, setiap daerah pun memiliki nasi goreng dengan ciri khas masing-masing yang tentunya mampu  memanjakan lidah Anda.

Meskipun nasi goreng dijual bebas di berbagai daerah, bukan berarti Anda tidak bisa membuatnya sendiri di rumah. Justru, Anda juga bisa berkreasi melalui masakan nasi goreng yang sederhana, namun tetap lezat.

Cara Membuat Nasi Goreng Sederhana di Rumah

Ada banyak cara membuat nasi goreng sederhana di rumah yang bisa Anda coba dan praktikkan secara mandiri. Tentunya, setiap jenis nasi goreng ini sangat mudah proses pembuatannya karena tidak memerlukan alat-alat khusus ataupun bahan-bahan yang sulit didapatkan.

dengan berbekal peralatan dapur dan bumbu-bumbu dapur yang tersedia di rumah Anda, maka membuat olahan nasi goreng tidak akan sulit untuk dilakukan. Sehingga, Anda bisa memasak nasi goreng sederhana dengan mudah dan praktis.

Oleh karena itu, pada artikel kali ini kami akan menyajikan informasi mengenai cara membuat nasi goreng sederhana di rumah. Penjelasan lengkapnya yaitu sebagai berikut:

Nasi Goreng Rumahan

cara membuat nasi goreng sederhana di rumah - Nasi Goreng Rumahan

Penjelasan pertama pada kali ini yaitu membuat nasi goreng rumahan. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat nasi goreng ini adalah minyak, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 sdt garam,  1 batang daun bawang yang halus, 3 cabai merah, 1 butir telur, 125 gram daging yang telah dicincang, 600 gr nasi dan 2 sdm kecap.

Cara memasaknya nasi goreng sederhana di rumah yaitu masukkan bawang merah, bawang putih, cabai ke dalam cobek dan haluskan. Kemudian, goreng telur orak-arik sebagai campuran nasi goreng.

Bumbu yang telah dihaluskan sebelumnya ditumis dan tambahkan minyak seperlunya saja sampai harum. Kemudian, masukkan telur, ayam cincang, dan daun bawang ke dalam bumbu.

Kemudiaan, tumis lagi hingga bumbu dan bahan lainnya dapat tercampur hingga merata. Jangan lupa tambahkan kecap, merica dan garam seperlunya dan aduk. Tambahkan nasi dan aduk bahan-bahan tersebut  hingga tercampur merata.

(Baca Juga: Wajib Untuk Dicoba 13 Rekomendasi Kuliner Pekanbaru)

Nasi Goreng Telur

cara membuat nasi goreng sederhana di rumah - Nasi Goreng Telur

Cara membuat nasi goreng sederhana di rumah yang selanjutnya bisa dilakukan dengan menambahkan telur sebagai lauk utamanya. Bahan-bahan yang perlu disiapkan yakni 1 daun bawang yang telah dicincang, 3 buah tomat yang telah dipotong, 2 butir telur, 2 sdm minyak goreng,m 1 sdm margarin dan 1 piring nasi.

Sedangkan bumbu yang perlu dihaluskan yaitu 2 siung bawang putih, 5 cabe rawit, dan 3 siung bawang merah. Siapkan pula kecap manis, garam dan gula seperlunya saja.

Cara memasaknya yaitu panaskan margarin hingga meleleh dan masak telur orak arik, kemudian sisihkan. Masukkan minyak goreng dan bumbu yang telah dihaluskan ke dalam wajan/teflon, aduk hingga rata dan berbau harum.

Kemudian, masukkan nasi ke wajan beserta dengan telur dan bumbu. Aduklah bahan-bahan tersebut dan tambahkan daun bawang, lalu aduk kembali. Sajikan nasi goreng dengan toping tomat dan kerupuk. Jika suka, tambahkan pula irisan cabai merah untuk mempercantik nasi goreng.

Nasi Goreng Putih

cara membuat nasi goreng sederhana di rumah - Nasi Goreng Putih

Nasi goreng putih merupakan alternatif terbaik untuk mempraktikkan cara membuat nasi goreng sederhana di rumah. Bahan-bahan yang perlu disediakan pun relatif sederhana, diantaranya yakni, 600 g nasi, 1 butir kocok telur, 125 g daging, dan 1 buah sosis ayam. Sedangkan untuk bumbu yang perlu disiapkan yaitu 3 siung bawang putih yang telah dihaluskan, garam, penyedap rasa, merica, kecap dan daun bawang secukupnya.

Cara memasaknya yaitu tumis bawang putih dan tambahkan telur yang telah dikocok. Tambahkan pula ayam cincang dan sosis. Masukkan daun bawang dan tumis kembali.

Kemudian, masukkan nasi dan aduk hingga merata. Tambahkan bumbu-bumbu yang telah disiapkan sebelumnya dan pastikan tidak ada yang tertinggal. Jika bumbu dan nasi sudah tercampur rata, sajikan nasi goreng di piring.

Nasi Goreng Rice Cooker

cara membuat nasi goreng sederhana di rumah - Nasi Goreng Rice Cooker

Nasi goreng rice cooker juga termasuk olahan nasi goreng sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Cara membuat nasi goreng sederhana di rumah ini sedikit berbeda karena Anda perlu memasaknya di rice cooker.

Bahan-bahan yang diperlukan yaitu air secukupnya, garam secukupnya, 1 gelas beras putih, dan 1 bungkus bumbu nasi goreng instan. Sediakan pula topping sesuai selera, misalnya bakso, sosis, ayam, telur atau yang lainnya.

Cara memasaknya yaitu cuci beras seperti ketika akan menanak nasi. Lalu, masukkan beras yang telah dicuci ke dalam rice cooker dan tuangkan air secukupnya. Tekan tombol “cook” untuk menanak nasi.

Ketika rice cooker mulai berasap dan dalam kondisi belum matang, buka rice cooker dan masukkan bumbu nasi goreng instan.  Masukkan bahan lain seperti bakso, sosis, daging atau yang lainnya. Aduk nasi tersebut sampai bumbunya merata. Kemudian, tutup rice cooker dan jika sudah dalam posisi warm, biarkanlah kurang lebih sekitar 10 menit. Sajikan nasi goreng rice cooker ke dalam piring.

Nasi Goreng Mawut

cara membuat nasi goreng sederhana di rumah - Nasi Goreng Maut

Nasi goreng mawut merupakan olahan nasi goreng yang cara pembuatannya sangat praktis. Cara membuat nasi goreng sederhana di rumah ini bisa dilakukan dengan menyiapkan bahan-bahan yang ada di dapur anda.

Bahan-bahan tersebut antara lain seperti 1 butir telur, 1 batang daun bawang, 2 buah sosis, 1  buah wortel dan kacang polong secukupnya. Sedangkan bumbu halusnya yaitu  saus tomat, kaldu ayam bubuk, lada bubuk, kecap, garam secukupnya, 5 cabai rawit, 2 siung bawang putih dan merah.

(Baca Juga: 10 Rekomendasi Kuliner Malang Paling Khas dan legendaris, Wajib Coba di Tahun 2021)

Cara membuat nasi goreng sederhana di rumah yaitu dengan menumis bumbu sampai tercium bau harum. Tambahkan wortel, daun sawi, daun bawang dan kacang polong ke dalam bumbu. Aduk bumbu tersebut sampai merata dan masak setengah matang. Kemudian, sisihkan bumbu tersebut ke tepi wajan.

Masukkan telur dan masak orak-arik. Jika dirasa mulai matang, campurkan telur bersama dengan bumbu yang telah disisihkan tadi. Kemudian, masukkan nasi kedalam wajan dan tambahkan sosis, kacang polong dan wortel. Aduk hingga semua bumbu meresap ke nasi. Jangan lupa tambahkan kaldu ayam dan kecap manis dan aduk kembali. Nasi goreng siap dihidangkan.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat nasi goreng sederhana di rumah. Membuat nasi goreng tidak perlu muluk-muluk karena hanya dengan memanfaatkan bahan-bahan di dapur, maka makanan tersebut dapat diolah secara praktis. Dengan mengikuti panduan yang telah dijelaskan di atas, maka anda bisa membuat olahan nasi goreng yang lezat tanpa harus menguras kantong. Semoga pembahasan cara membuat nasi goreng sederhana di rumah bisa menjadi referensi untuk membuat nasi goreng dirumah yang lezat dan mengenyangkan. Selamat Membaca!

Total
101
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts