13 Cemilan Sehat Saat Puasa yang Patut Dicoba

Saat puasa, biasanya kebanyakan masyarakat menjadikan gorengan sebagai cemilan saat berbuka. Namun, bila kebiasaan ini dilakukan secara terus-menerus, tentu ini bukan kebiasaan yang baik. Hal ini malah akan menjurus kepada hal yang tidak sehat karena gorengan mengandung lemak trans yang bisa menambah kolesterol jahat dalam tubuh dan dapat mengakibatkan serangan jantung. Oleh karena itu, hal ini sebaiknya tidak dilakukan terus-menerus.

Untuk Anda yang ingin ngemil tapi tetap dapat menjaga kesehatan tubuh secara terus-menerus, ada baiknya Anda mengganti cemilan yang sehat untuk berbuka puasa. Dengan mengganti gorengan dengan cemilan yang lebih sehat, Anda tak perlu was-was makan cemilan untuk berbuka puasa. 

Berikut ini beberapa cemilan sehat saat puasa yang bisa Anda konsumsi tanpa rasa takut menambah kolesterol atau serangan jantung bila dikonsumsi setiap hari. Selain itu, cemilan sehat harus mengandung asupan gizi bagi tubuh untuk menjalani puasa.

Berikut Adalah Cemilan Sehat Saat Puasa

  • Buah

Cemilan sehat saat puasa - Buah

Buah kaya akan serat dan vitamin serta antioksidan yang tinggi. Buah sangat baik untuk cemilan sehat saat puasa karena mengandung banyak air dan gula alami. Kandungan alami air dan gula alami pada buah dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi serta menambah energi setelah seharian berpuasa. Anda bisa memilih buah favorit untuk cemilan sehat saat puasa dengan buah yang banyak mengandung air seperti semangka, melon, pir, buah naga atau anggur. Lalu potong-potong buah tersebut dan konsumsi saat berbuka puasa. Tentu hal ini dapat mengembalikan energi Anda setelah beraktivitas seharian.

(Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Ini Dia 5 Makanan Pertama Saat Buka Puasa)

  • Pudding

Cemilan sehat saat puasa - Pudding

Pudding merupakan alternatif lain untuk cemilan sehat saat puasa karena kaya akan serat agar-agar. Anda bisa membuat puding dengan mudah karena sudah banyak dipasaran yang menyediakan berbagai macam puding. Pada umumnya, pudding terbuat dari susu (yogurt), telur, tepung maizena dan tapioka.Untuk menjadikannya lebih menambah selera, Anda bisa menambahkan berbagai buah yang ada di rumah Anda. Tambahkan saja susu dan buah seperti anggur, stroberi atau jeruk mandarin.

  • Kolak

Cemilan sehat saat puasa - Kolak

Tentu Anda tak asing lagi dengan cemilan sehat saat puasa yang berikut ini karena hampir setiap hari selama bulan puasa cemilan ini hadir. Berbahan dasar gula aren atau gula kelapa, santan dan daun pandan, kolak pada umumnya berisi ubi, labu, pisang atau singkong. Kandungan gula pada kolak dapat mengembalikan energi yang hilang saat berpuasa. Kolak juga mengandung banyak serat yang baik untuk tubuh dan pencernaan. Akan tetapi, Anda tidak boleh berlebihan dalam mengkonsumsi kolak karena jika terlalu banyak makan gula dan santan pada kolak tidak baik untuk tubuh.

  • Bubur Kacang Hijau

Cemilan sehat saat puasa - Bubur kacang hijau

Cemilan sehat saat puasa yang tak kalah enaknya serta bergizi adalah bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau dapat memenuhi gizi serat harian tubuh setelah seharian berpuasa. Dalam semangkok bubur kacang hijau, terdapat kandungan serat sebanyak 15 miligram. Sementara didalam kandungan air bubur kacang hijau, mengandung vitamin C dan vitamin B. Cara membuatnya pun sangat mudah. Sediakan kacang hijau, air, gula aren dan daun pandan secukupnya. Lalu, rebus semua bahan jadi satu sampai mendidih dan kacang hijau menjadi lunak. Tambahkan santan saat penyajiannya.

  • Pisang dan Ubi Rebus

Cemilan sehat saat puasa - Pisang dan ubi rebus

Cemilan sehat saat puasa berikutnya adalah pisang dan ubi rebus. Pisang kaya akan potasium dan serat, vitamin B6, vitamin C, dan kalium yang dapat menangkal radikal bebas . Ubi mengandung serat serta karbohidrat yang baik untuk mengembalikan tenaga setelah berpuasa dan beraktifitas seharian. Cara penyajiannya pun cukup mudah. Anda tinggal merebus pisang dan ubi tersebut hingga matang. Adapun manfaat pisang rebus adalah melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan mata, melancarkan sistem pencernaan, mengontrol tekanan gula darah, membantu mengatasi stres, menjaga kesehatan tulang, mencegah anemia, baik untuk ginjal dan mencerahkan/menghaluskan kulit wajah.

  • Roti Telur

Cemilan sehat saat puasa - Roti Telur

Alternatif lain cemilan sehat saat puasa bagi Anda adalah roti telur. Selain nikmat, pembuatannya pun sangat sederhana. Roti mengandung karbohidrat yang menyediakan energi bagi tubuh setelah beraktivitas selama berpuasa. Sedangkan telur mengandung protein yang diperlukan tubuh untuk menambah energi dan kenyang lebih lama. Pembuatannya pun mudah. Kocok 2 buah telur dan tambahkan dengan lada secukupnya. Celupkan roti tawar kedalam telur hingga terendam semua. Lalu masak dalam wajan yang sudah diolesi minyak atau mentega. Bolak balik hingga roti kecoklatan di setiap sisi. Setelah selesai, potong bagian tengah secara diagonal dan taburi dengan keju atau saus tomat untuk menambah cita rasa. 

  • Kebab Mini

Cemilan sehat saat puasa - Kebab mini

Cemilan sehat saat puasa yang berikutnya adalah kebab mini. Tentu Anda sudah tak asing lagi dengan kebab mini. Cemilan ini sangat baik bila dibandingkan dengan gorengan karena proses memasaknya tidak dengan cara digoreng. Anda cukup memanaskan kebab mini diatas wajan panas dengan menambah sedikit mentega. Kebab mini banyak mengandung karbohidrat, serat dan protein yang baik untuk tubuh bila dibandingkan dengan gorengan. Untuk pembuatannya pun bisa dilakukan sendiri di rumah. Siapkan saja isian daging atau ayam, selada , tomat, bawang bombay serta saus mayonnaise. Dengan kulit kebab mini dan isian diatas, Anda bisa membuat kebab mini sendiri di rumah dengan sangat cepat.

  • Kurma

Cemilan sehat saat puasa - Kurma

Salah satu yang tak bisa lepas dari cemilan sehat saat berpuasa adalah kurma. Kurma kaya akan serat dan vitamin yang dapat mengembalikan energi tubuh setelah berpuasa dan beraktivitas sepanjang hari. Banyak manfaat yang bisa anda dapatkan dari mengkonsumsi kurma setiap hari. Kurma kering lebih menghasilkan banyak kalori karena didapat dari kandungan karbohidrat di dalamnya. Kurma juga cemilan yang sehat saat berpuasa karena kandungan vitamin, mineral, serat, dan memiliki anti oksidan yang dapat menangkal sejumlah penyakit. Manfaat mengkonsumsi kurma setiap hari adalah mencukupi gizi dan kalori, melancarkan sistem pencernaan, mencegah penyakit kronis, membantu proses melahirkan normal, menstabilkan gula darah, mengganti elektrolit tubuh yang hilang, melindungi tubuh dari peradangan, meningkatkan kesuburan, dan mencegah anemia. Anda dapat mengolah kurma menjadi jus kurma atau susu kurma untuk variasi olahan dari kurma.

(Baca Juga: 10 + Minuman yang Laris di Bulan Puasa, Mudah Dibuat dan Enak)

  • Kacang-kacangan

Cemilan sehat saat puasa - Kacang-kacangan

Meski kacang-kacangan adalah makanan ringan atau cemilan yang sederhana, tapi kacang-kacangan termasuk cemilan yang sehat saat puasa loh karena dalam kacang-kacangan terdapat lemak yang baik untuk kesehatan Anda. Jika Anda mengkonsumsi kacang-kacangan sebagai cemilan saat berpuasa, tentu kacang-kacangan bisa sebagai pengganjal perut untuk berbuka puasa. Biasanya kacang-kacangan yang bisa dibuat cemilan yang sehat saat berpuasa adalah kacang almond, kacang mede, kacang kedelai rebus serta bubur kacang hijau. Sebaiknya Anda tidak berlebihan dalam mengkonsumsi kacang-kacangan. Konsumsilah dalam batas wajar dan porsi yang tepat.

  • Snack Sehat

Cemilan sehat saat puasa - Snack Sehat

Cemilan sehat saat berpuasa kali ini bisa Anda beli di supermarket atau bisa juga dibuat sendiri. Beberapa contoh snack sehat adalah snack biskuit gandum atau snack diet yang terbuat dari protein bar. Pasalnya, snack sehat memiliki komposisi bahan yang pas berupa karbohidrat, protein, vitamin, mineral serta kadar gula. Jadi, snack sehat bisa Anda jadikan alternatif cemilan sehat saat berpuasa. Tapi bila Anda ingin membuat sendiri snack sehat di rumah, Anda bisa mengatur sendiri kadar komposisi kandungan sesuai kebutuhan dan keinginan. Anda bisa membuat snack sehat seperti stik kentang, stik keju, pudding, churros dan lain-lain.

  • Kue Tradisional

Cemilan sehat saat puasa - Kue Tradisional

Hal yang tak boleh dilewatkan saat berbuka puasa adalah jajanan khas masyarakat. Ada banyak pilihan kue tradisional yang dapat dijadikan cemilan sehat saat berpuasa. Contohnya adalah bubur sum-sum, onde-onde, kue lumpur, kue soes, putu ayu, gethuk, dadar gulung, lemper dan masih banyak yang lainnya.

  • Yogurt

Cemilan sehat saat puasa - Yogurt

Cemilan sehat saat puasa yang berikutnya adalah yogurt. Yogurt adalah hasil olahan susu fermentasi dari laktosa menjadi asam laktat. Ada bakteri baik dalam yogurt serta mengandung serat pangan yang bermanfaat membantu fungsi kalium memperkuat tulang dan gigi. Terdapat juga vitamin B6, vitamin B12, riboflavin, kalium dan magnesium yang sangat bagus untuk tubuh.

  • Salad

Cemilan sehat saat puasa - Salad

Saat berpuasa, tubuh memerlukan banyak cairan untuk mencegah dehidrasi. Banyak makan sayur dan buah bisa membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Salad buah termasuk cemilan yang sehat saat berpuasa karena banyak mengandung buah dan sayur. Didalam salad buah terkandung serat yang tinggi, rendah kalori dan banyak kandungan air. Cemilan salad dapat mencegah kanker, penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi dan stroke. Salad dengan saus dressing rendah kalori dan gula akan membuat tubuh mendapatkan cukup asupan serat.

Dengan pemilihan yang tepat, cemilan sehat saat puasa tidak akan menyebabkan obesitas dan akan menjaga tubuh tetap fit dengan nutrisi yang lengkap untuk tubuh. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts