Berbagai Cemilan untuk Diet Agar Tidak Bosan

cemilan untuk diet

Cemilan untuk diet menjadi salah satu makanan yang tetap diperlukan agar kita tidak bosan. Ketika lapar mendera tetapi makan berat belum waktunya, camilan bisa menjadi sebuah solusi. 

Agar program diet berhasil, tentu saja Anda harus memilih camilan tertentu, sehingga berat badan ideal tetap diperoleh. Dengan berjalannya waktu, gaya hidup sehat yang menjadi trend, sekarang ini banyak merek tertentu yang menawarkan snack sehat diet.

Selain terdapat produk snack sehat, Anda juga bisa memilih buah-buahan sebagai camilan sebelum waktu makan datang. Berikut berbagai macam pilihan camilan ketika menjalani diet. 

Pilihan Buah Sebagai Camilan untuk Diet

Apakah Anda menyukai berbagai macam rasa buah. Jika demikian, mengapa tidak menggunakannya sebagai cemilan penunda lapar. Berikut beberapa buah yang bisa dijadikan cemilan ketika menunggu waktu makan:

Pisang

cemilan untuk diet - pisang

Pisang memiliki kandungan karbohidrat yang cukup banyak sehingga bisa dijadikan sebagai pilihan makanan pengganti nasi ketika diet. Selain itu pisang juga bisa menekan nafsu makan Anda. Pisang memiliki kandungan berbagai macam vitamin.

Kandungan vitamin C, B6, karoten serta potasium membuat pisang menjadi pilihan buah yang pas ketika rasa lapar datang. Selain itu vitamin B6 juga sangat dibutuhkan agar bisa membuat serotonin di otak.

Kiwi

cemilan untuk diet - kiwi

Kandungan pigmen chlorophyll yang berada di dalam kiwi membuatnya memiliki warna hijau terang. Kiwi juga memiliki kandungan vitamin C yang bisa menjadi pencegah kanker. Bila Anda ingin menunda rasa lapar, kiwi bisa menjadi pilihan camilan yang pas.

Anda dapat mengkonsumsi kiwi setiap pagi sebagai camilan untuk diet. Kandungan vitamin E dan serat di dalam kiwi membuatnya sangat baik sebagai penurun berat badan. 

(Baca Juga: Menu Makanan Diet 3 Kali Sehari, Ikuti Agar Tubuh Langsing!)

Pepaya

cemilan untuk diet - pepaya

Pepaya memiliki kandungan 39 kalori dan bisa membuat Anda merasakan kenyang yang lebih lama. Bukan hanya itu, pepaya juga bisa melancarkan pencernaan. Pengonsumsian pepaya setiap hari akan membuat tubuh menjadi semakin berenergi dan tidak mudah lapar.

Pepaya juga kaya dengan kandungan karoten, vitamin C serta flavonoid. Jika Anda juga memiliki masalah pencernaan, pepaya bisa membuat pencernaan Anda menjadi lancar.

Apel

cemilan untuk diet - apel

Ketika sedang menjalankan program diet. Apel menjadi salah satu makanan yang sangat diandalkan. Apel merupakan buah yang rendah kalori serta memiliki kandungan air yang sangat banyak. 

Produk Snack Cemilan untuk Diet yang Rendah Kalori

Banyak produk-produk yang sekarang ini bisa Anda beli ketika sedang lapar namun belum datang jam makan. Berikut berbagai macam produk snack camilan yang dapat menjadi pilihan:

Eggroll Pawon Narasa

Eggroll dari Pawon Narasa bisa dijadikan sebagai pilihan jika Anda ingin menikmati cemilan yang cukup mengenyangkan. Pawon Narasa ini gluten free sehingga sangat aman dikonsumsi. 

Eggroll ini dibuat dari tepung tanpa campuran terigu, makanan ini juga menjadi semakin aman karena adanya gula aren yang berasal dari kolang kaling sehingga glikemiknya jauh lebih rendah bila dibandingkan dengan gula biasa. 

Kacang kapri Poetri Bali

Kacang menjadi salah satu pilihan cemilan untuk diet yang bisa Anda jadikan sebagai rujukan saat bingung memilih makanan penunda lapar. Kacang kapri memiliki kandungan mineral tinggi sehingga bisa menjadi snack sehat.

Tidak perlu khawatir diet menjadi berantakan karena mengkonsumsi kacang ini. bukan hanya itu, kacang juga memiliki kandungan lemak nabati sehingga baik bagi tubuh. 

Granolas Creations

Granola memang memiliki popularitas yang begitu meningkat. Apalagi gaya hidup sehat saat ini juga mulai digemari oleh banyak orang. Granola merupakan makanan yang terdiri dari kacang-kacangan, buah kering, oat serta biji-bijian. 

Granola creations bisa menjadi pilihan sangat tepat jika Anda ingin memulai gaya hidup yang sehat. Produk ini memiliki berbagai macam pilihan rasa mulai dari madu, cokelat, hingga kayu manis. 

Fitchips

Ketika sedang diet, chips potato pasti menjadi salah satu makanan yang sangat dirindukan. Sebagai gantinya, Anda dapat memilih fitchips. Fitchips merupakan snack dengan paduan quinoa, jagung, whole wheat dan lainnya. 

Pilihan Cemilan untuk Diet yang Baik Dikonsumsi

Camilan sehat bagi mereka yang sedang berdiet harus mengandung berbagai macam nutrisi seperti serat dan protein. Protein memiliki peran penting untuk membentuk jaringan tubuh. Bila Anda ingin camilan sehat, berikut beberapa rekomendasinya:

Kacang-kacangan

cemilan untuk diet - kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat dikonsumsi sebagai camilan. Anda dapat mengkonsumsi kacang-kacangan seperti kacang tanah, mete, almond, serta kenari. Meskipun memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, tetapi jika dikonsumsi dalam jumlah berlebihan tidak masalah.

Lemak yang berada di dalam kacang-kacangan merupakan lemak sehat, selain itu Anda juga mengimbanginya dengan serat. Jumlah konsumsi kacang-kacangan idealnya kurang lebih 28 gram per porsi.

Telur rebus

cemilan untuk diet - telur rebus

Telur rebus bisa menjadi camilan yang cukup baik. telur rebus memiliki kandungan vitamin K2, protein serta vitamin B12 cukup tinggi. konsumsi makanan ini akan membuat Anda menjadi kenyang cukup lama. 

Kacang edamame

cemilan untuk diet - kacang edamame

Kacang edamame menjadi salah satu pilihan camilan yang baik. kacang jenis ini mempunyai kandungan protein, antioksidan serta serat sehingga bisa menurunkan berat badan dan gula darah dengan baik.

Mengkonsumsi 150 gram kacang rebus dapat memenuhi kurang lebih 35% kebutuhan serat serta protein harian. 

(Baca Juga: Simak Yuk, 15 Buah Sehat Untuk Kulit Sehingga Tampak Cerah dan Alami)

Resep Camilan untuk Diet yang Bisa Dibuat Sendiri

Selain berbagai macam camilan tersebut, sebenarnya Anda bisa membuat camilan sendiri di rumah tentu dengan berbagai macam kreasi. Berikut berbagai macam resep camilan yang cocok untuk diet:

Apple cake

Untuk membuat apple cake, Anda hanya perlu menyiapkan apel, sedikit tepung terigu, putih telur, baking powder, pemanis alami, dan bubuk kayu manis.

Untuk membuat apple cake, Anda bisa memotong apel dengan bentuk kecil-kecil, kemudian kocok putih telur hingga kaku, masukkan tepung pemanis, dan baking powder dalam adonan telur.

Setelah dimasukkan, Anda bisa menambahkan potongan apel di adonan, dan tuang pada tempat yang sudah dilapisi olesan mentega, tepung serta kertas roti. Kukus selama kurang lebih 25 menit dan sajikan. 

Banana oatmeal

Bahan yang harus disiapkan untuk membuat banana oatmeal seperti instant oatmeal, putih telur, pisang, minyak goreng, baking soda dan pemanis alami.

Cara membuat camilan ini, Anda dapat menghaluskan pisang terlebih dahulu. Kemudian kocok telur serta pemanis hingga sedikit berbusa. Masukkan baking soda serta oatmeal dengan bertahap.

Campurkan pisang dan aduk kembali hingga merata. Segera tuang ke cup serta kukus selama kurang lebih 25 menit. Selain rendah kalori, cemilan untuk diet ini juga memiliki rasa yang lezat. 

Sawi ayam kukus

Bahan yang disiapkan untuk membuat sawi ayam kukus adalah sawi putih, dada ayam, wortel, daun bawang, lada.

Sedangkan langkah untuk membuatnya, Anda dapat menyiram sawi putih dengan air panas terlebih dahulu. Kemudian sisihkan, setelah itu haluskan ayam, bawang dan wortel. Pindahkan ke wadah terpisah dan bumbui.

Ambil selembar sawi dan tambahkan adonan ayam ke atasnya, lipat seperti amplop kemudian kukus sampai matang, 

Tips Membuat Cemilan untuk Diet agar Tetap Lezat

Ketika membuat camilan diet, terkadang kita bingung ingin membumbui makanan seperti apa. Agar camilan tetap aman dikonsumsi meskipun ketika sedang diet, berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

Buat kreasi camilan Anda sendiri

Anda dapat merangsang perasaan ingin makan ketika melihat camilan. Sebagai gantinya, tidak ada salahnya membuat kreasi camilan sendiri. Contohnya dengan mencampurkan yoghurt serta buah. Camilan tersebut bisa menjadi seperti es krim namun tetap sehat.

Pilih camilan dengan kandungan serat dan protein tinggi

Serat serta protein tinggi menjadi kandungan yang akan mencegah rasa lapar datang. Sehingga usahakan memilih camilan yang memiliki kandungan serat dan protein tinggi. 

Hindari menggunakan banyak gula

Ketika sedang membuat cemilan untuk diet, hindari menambahkan banyak gula ke dalamnya. Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan gula jagung, sehingga meskipun camilan memiliki rasa manis, camilan tersebut tetap aman untuk dikonsumsi.

Hitung semua kalori camilan

Ketika membuat camilan, Anda dapat menghitung setiap kalori bahan yang ada. Kemudian, setelah melakukan perhitungan kalori dan mencocokannya dengan kebutuhan kalori harian Anda, Anda bisa mulai membuat camilan. 

Terkadang, karena yakin membuat camilan hanya sebagai makanan pendamping, kita menggunakan banyak bahan serta memberikan banyak kalori di dalamnya, hingga membuat kalori camilan menjadi semakin banyak.

Meskipun sedang berdiet, tidak ada salahnya untuk sekedar mengkonsumsi camilan. Namun hal yang harus diperhatikan adalah batasan konsumsi camilan tersebut. Jangan sampai karena mengkonsumsi cemilan untuk diet, Anda malah menjadi berlebihan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts