13 Ide Menu Hidangan Berbuka Puasa Sederhana Bagi Anda yang Sibuk

hidangan berbuka puasa sederhana

Menu berbuka puasa yang enak dan menarik menjadi hal yang ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga. Setelah menjalani puasa seharian, Anda pasti membutuhkan asupan makanan yang bernutrisi dan mampu mengembalikan tenaga kembali. hidangan berbuka puasa sederhana mungkin cocok untuk anda yang ingin berbuka dengan menu makanan yang simple.

Namun, bagi beberapa ibu rumah tangga yang harus tetap bekerja selama bulan Ramadhan, mereka pasti tidak memiliki waktu yang banyak dalam mempersiapkan menu berbuka. Hal ini bisa diatasi dengan membuat hidangan berbuka puasa sederhana. Ada banyak ide menu berbuka yang bisa disiapkan dalam waktu yang cepat namun juga tetap enak, menarik, dan bergizi. Dengan begitu, Anda bisa menghemat waktu dalam memasak dan tetap bisa beraktivitas dengan lancar di pekerjaan Anda. Beberapa menu hidangan berbuka puasa sederhana yang bisa Anda coba adalah sebagai berikut:

Salad Buah

hidangan berbuka puasa sederhana - salad buah

Menu berbuka puasa yang satu ini cukup mudah dibuat dan Anda tidak akan perlu waktu lama untuk membuatnya. Anda cukup menyediakan berbagai macam buah sesuai selera. Anda bisa menggunakan buah kiwi, nanas, jeruk, buah naga, stroberi, pepaya, dll. Setelah itu, Anda cukup mengupasnya dan memotongnya kecil-kecil bentuk dadu atau bulat.

Setelah buah siap, Anda bisa menyiapkan dressing berupa yoghurt. Untuk rasa yang lebih nikmat, Anda bisa menambahkan sirup ataupun madu. Anda tinggal mencampurnya lalu menuangkannya di atas buah. Jika ingin rasa yang lebih enak, Anda bisa menambahkan parutan keju diatasnya. Hidangan berbuka puasa sederhana ini mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat menyehatkan bagi tubuh.

(Baca Juga: 10+ Makanan yang Perlu Disiapkan Setelah Puasa. Apa Saja Ya?)

Omelet Sayur dan Sosis

hidangan berbuka puasa sederhana - Omelete dan sosis

Hidangan berbuka puasa yang satu ini pasti akan sangat menghemat waktu Anda. Hidangan ini cukup mudah dibuat, yaitu dengan mencampur beberapa sayur berupa daun bawang dan wortel ke dalam telur. Anda bisa menambahkan sosis yang dipotong kecil-kecil kedalamnya. Tambahkan sedikit garam dan lada, lalu kocok secara merata.

Agar lebih sehat, saat menggoreng omelet sayur dan sosis, Anda bisa menggunakan mentega. Goreng sampai matang lalu balik sisi satunya dan omelet siap dihidangkan. Anda bisa menambahkan nasi ataupun roti untuk dimakan dengan omelet jika perlu.

Jus Buah-buahan

hidangan berbuka puasa sederhana - jus buah buahan

Jus buah-buahan merupakan hidangan berbuka puasa sederhana yang bisa Anda buat dengan cepat dan mudah. Anda cukup membeli buah yang Anda suka, mengupasnya, lalu memblendernya dengan menambahkan sedikit air. Agar lebih manis, Anda bisa menambahkan madu sesuai selera. Atau, Anda juga bisa menambahkan yoghurt atau susu segar agar rasanya lebih kuat. 

Untuk hidangan yang satu ini, Anda bisa memilih buah lokal yang sedang musim karena harganya bisa lebih murah. Lalu, Anda bisa menyiapkan menu berbuka jus ini dirumah dengan sangat cepat. Buah mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk tubuh sehingga Anda bisa mendapatkan kembali energi dan bisa melanjutkan aktivitas ibadah lainnya dengan lebih mudah.

Roti Bakar

hidangan berbuka puasa sederhana - roti bakar

Roti bakar merupakan menu berbuka puasa yang sangat mudah dibuat. Anda bisa menggunakan roti tawar dan memanggangnya diatas teflon dengan tambahan mentega. Agar lebih menarik, Anda bisa menambahkan selai dan beberapa potongan buah diatas roti bakar dan menumpuknya menjadi sandwich. Atau, jika Anda suka, Anda pun bisa menambahkan keju lembaran, sayur selada, potongan tomat, dan daging panggang. Roti bakar bisa Anda buat sesuai selera untuk menu buka puasa seluruh anggota keluarga yang menyehatkan dan bergizi.

Kolak Pisang dan Ubi Jalar

hidangan berbuka puasa sederhana - kolak pisang

Kolak merupakan hidangan berbuka puasa sederhana yang sangat khas di Indonesia. Anda bisa membuat hidangan ini dengan cepat dan mudah. Anda hanya perlu mengupas pisang dan ubi jalar dan mencucinya sampai bersih. Lalu, Anda cukup merebusnya dan tambahkan gula merah/aren. Tambahkan juga pandan dan santan dan setelah itu hidangan ini bisa disajikan. Jika ingin hidangan yang lebih segar, Anda bisa menambahkan sedikit es batu kedalam kolak dan penyajian pun telah siap.

Sop Buah

hidangan berbuka puasa sederhana - Sop Buah

Hidangan berbuka yang satu ini sangat mudah dibuat dan pastinya sangat menyegarkan. Untuk membuatnya Anda cukup menyajikan berbagai macam buah sesuai selera. Anda bisa menggunakan semangka, melon, pisang, pepaya, nanas, stroberi, anggur, dll. Setelah itu, buah-buahan tersebut dicuci bersih dan beberapa buah dipotong bulat-bulat. Lalu, di mangkok terpisah, larutkan susu kental manis dengan air, lalu tambahkan sedikit sirup. Setelah tercampur rata, tuangkan ke dalam mangkuk berisi buah-buahan.

Agar lebih segar, Anda bisa menambahkan es serut diatasnya dan sop buah siap dihidangkan. Jika Anda mempunyai es krim di dalam kulkas, Anda pun bisa menambahkan 1 atau 2 scoop es krim diatas sop buah agar lebih nikmat.

Jus Kurma

hidangan berbuka puasa sederhana - jus kurma

Jus kurma merupakan hidangan berbuka puasa sederhana yang bisa disiapkan dengan cepat. Anda cukup menaruh kurma dan susu cair kedalam blender, lalu tinggal di blender sebentar. Setelah itu, Anda bisa langsung menuangkannya ke dalam gelas. Agar lebih nikmat, Anda bisa menaruh jus kurma ke dalam kulkas agar bisa dinikmati dingin untuk berbuka puasa.

Tumis Kangkung

 hidangan berbuka puasa sederhana - kangkung

Tumis kangkung merupakan hidangan berbuka puasa sederhana yang mudah dibuat. Anda hanya perlu memotong kangkung dengan panjang sekitar 7 cm. Lalu, cuci bersih.

Untuk bumbu, Anda bisa mencincang bawang putih, bawang merah, dan cabai. Selanjutnya, tumis bumbu, tambahkan garam dan saus tiram serta sedikit gula, lalu Anda bisa menuangkan kangkung dan tumis perlahan. Setelah matang, tumis kangkung bisa disajikan. Agar lebih nikmat, Anda bisa melengkapi menu berbuka puasa dengan nasi putih dan kerupuk.

(Baca Juga: Yuk Simak, Beberapa Tips Dan Menu Sahur Sebagai Ajang Diet Agar Tetap Kuat Puasa)

Tumis Sayur dan Tempe

 hidangan berbuka puasa sederhana - tumis sayur dan tempe

Tumis sayur sangat mudah dibuat dan bisa dihidangkan untuk menu buka puasa. Anda hanya perlu menyediakan temped an sayuran buncis sebagai bahan utama. Tempe sebaiknya dipotong dadu dan buncis bisa dipotong kecil-kecil atau dipotong miring. Lalu, buncis dicuci bersih.

Untuk bumbu tumis, Anda bisa memakai bawang merah dan bawang putih yang dicincang. Lalu, tuangkan sedikit minyak ke wajan dan masukkan bumbu cincang tersebut. Setelah harum, masukkan buncis dan tempe sambil terus diaduk. Tambahkan sedikit saja air lalu masukkan garam, gula, dan saus tiram kedalam tumisan. Tunggu sampai semua bahan matang dan tumi sayur tempe bisa dihidangkan bersama nasi. 

Sop Ayam

 hidangan berbuka puasa sederhana - sup ayam

Sop ayam merupakan hidangan berbuka puasa sederhana yang sangat menyehatkan. Anda cukup menyediakan potongan ayam, potongan kentang, dan potongan wortel sebagai bahan utama. Untuk bumbu, haluskan bawang merah, bawang putih, dan merica lalu tumis kedalam sedikit minyak. Setelah itu, tambahkan air dan masukkan potongan wortel, kentang, dan ayam. Setelah lunak, Anda bisa menambahkan garam dan gula sesuai selera hingga rasanya pas. Agar lebih sedap, Anda bisa menambahkan irisan daun seledri diatasnya. Sop ayam pun siap disajikan untuk menu berbuka bersama.

Tumis Sayuran Sosis

 hidangan berbuka puasa sederhana - tumis sayur dan sosis

Untuk menu yang ini, Anda cukup menyediakan berbagai macam sayur seperti sawi putih, kubis, wortel, dan jagung muda. Lalu sediakan juga sosis yang dipotong miring. Setelah itu, tumis bumbu halus yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, dan merica. Lalu, Anda masukkn potongan sayur dan sosis. Tambahkan sedikit air, garam, dan gula dan setelah matang, Anda bisa meyajikannya untuk menu buka puasa. 

Es Cincau

 hidangan berbuka puasa sederhana - es cincau

Es cincau cukup mudah dibuat dan Anda tidak akan butuh waktu lama membuatnya. Caranya adalah dengan memotong cincau kotak-kotak menyerupai dadu. Lalu cairkan susu kental manis kedalam gelas dan masukkan cincau potong dadu tadi. Anda bisa menambahkan es batu ke dalam gelas agar bisa dinikmati dingin untuk berbuka puasa. Atau, Anda pun bisa memasukkan es cincau ke dalam kulkas sehingga bisa menikmatinya dingin tanpa perlu menambahkan es batu.

Puding Susu

 hidangan berbuka puasa sederhana - puding susu

Puding susu menjadi hidangan berbuka puasa sederhana yang bisa Anda coba. Anda cukup membeli pudding sachet dan membuatnya sendiri. Setelah jadi, Anda bisa memasukkan puding ke dalam kulkas agar lebih dingin.

Untuk penyajian, Anda bisa mencairkan susu kental manis. Lalu tuangkan susu cair tersebut ke atas puding. Setelah itu, Anda bisa menyajikannya untuk berbuka puasa.

Menu hidangan berbuka puasa sederhana akan sangat memudahkan ibu rumah tangga untuk menyiapkan sajian makanan karena mudah dibuat dan tidak memerlukan waktu yang lama. Hal ini akan menghemat waktu Anda sehingga waktu Anda bisa digunakan untuk hal-hal lain yang juga tidak kalah penting. 

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts