Kuliner Jogja Favorit Paling Sering Dicari Para Pendatang

kuliner jogja favorit

Sebagai pecinta kuliner Jogja favorit, pastinya sudah tidak asing lagi dengan beberapa masakan istimewa. Di kota Yogyakarta, Anda akan menemukan berbagai macam hal menarik ketika mencari suasana liburan terbaik. Tidak hanya soal tempat wisata saja yang menarik, tentu makanan menjadi suatu keunggulan juga. Bahkan di berbagai daerah, wisata kuliner juga menjadi salah satu bentuk potensi yang sengaja diunggulkan.

Mayoritas para pecinta jajanan pada suatu daerah pasti tidak asing dengan masakan nikmat dari Solo. Akan tetapi, Jogja juga tidak kalah menarik karena mempunyai keunggulan yang patut dicoba langsung. Terlebih lagi dengan adanya angka tinggi terkait jumlah pendatang di Jogja, membuat kuliner semakin diunggulkan. Pasalnya, kota tersebut memiliki banyak sekali universitas terbaik dan selalu menjadi rujukan untuk kuliah.

(Baca Juga: Referensi Makanan Khas Solo Terkenal dengan Rasa Istimewa)

Berawal dari hal tersebut, wajar saja apabila angka pendatang sangatlah tinggi di wilayah Yogyakarta. Potensi dari kuliner semakin meningkat tajam sehingga bisa diperkenalkan kepada banyak kalangan dan terus berkembang. Benar saja, kini Anda bisa menemukan beberapa daftar kuliner yang menjadi favorit dan selalu dicari. Tidak sedikit juga para pengunjung yang hanya bertujuan ke Yogyakarta demi menikmati hidangan istimewanya.

Kami akan memberikan rekomendasi lengkap kepada Anda seputar daftar makanan Jogja paling nikmat dan lezat. Jadi, tujuan liburan ke Jogja pasti terasa lebih lengkap setelah memanjakan lidah dan perut.

Berikut adalah Kuliner Jogja Favorit yang Selalu Dicari Pendatang

Nasi Goreng Sapi Jadi Kuliner Jogja Favorit

kuliner jogja favorit - nasi goreng sapi

Menikmati beragam bentuk makanan dan jenis masakan memang banyak sekali penggemarnya di kalangan masyarakat. Tidak dipungkiri bahwa mayoritas orang pasti ingin mencoba seperti apa makanan setempat ketika sedang berlibur. Terutama ketika mengenal tentang kota Yogyakarta, pasti ada banyak sisi menarik untuk dikenali lebih jauh. Akan tetapi, kini akan berfokus pada jenis kuliner yang dapat ditemukan supaya melengkapi hari.

Pada saat sedang berada di kota tersebut, sudah pasti ada beragam hiburan untuk ditemukan. Nantinya, wisata kuliner tidak akan lepas dari agenda karena terkenal nikmat dan jenisnya sangat beragam. Salah satu contoh pertama adalah nasi goreng yang dilengkapi dengan daging sapi dan telor ceplok. Masakan tersebut sudah sangat terkenal bahkan sering dicari oleh banyak orang saat malam hari.

Kuliner Jogja favorit tersebut sudah cukup banyak cabangnya, namun yang paling enak hanya tiga rekomendasi. Referensi untuk dicari dengan mudah lewat google yaitu nasi goreng padmanaba, notaris, dan telkom. Bagi kalangan masyarakat setempat, pasti sudah tidak asing lagi dengan ketiga nama lokasi tersebut. Sehingga, Anda bisa mencari atau bertanya untuk menemukan lokasi dari nasi goreng sapi secara langsung.

Dengan harga yang sangat terjangkau, tentunya satu porsi tidak akan terasa mahal untuk Anda nikmati. Hanya dengan uang dua puluh ribu saja, seporsi dan segelas minuman sudah menjadi paket lengkap.

Kopi Klotok dan Makanan Jawa dengan Nuansa Desa

kuliner jogja favorit - Kopi Klotok

Bagi pecinta makanan yang masih bernuansa tradisional, sepertinya sangat cocok mencari suasana pedesaan di Jogja. Hal ini dapat Anda temukan ketika menikmati sajian kopi klotok sekaligus beberapa masakan khasnya. Kuliner Jogja favorit tersebut dapat ditemukan banyak di sudut kota, namun rekomendasinya pada daerah kaliurang. Nuansa pedesaan akan membuat Anda nostalgia sembari bersantai di pinggir sawah menikmati terbenamnya matahari.

Mungkin masih banyak di kalangan awam tentang nama dari jenis sajian kopi tersebut untuk dicoba. Kopi ini sangat unik sehingga patut dicoba supaya Anda mendapatkan pengalaman menarik dan baru. Pada saat mendapatkan kesempatan untuk mencoba kopinya, Anda pasti merasakan kenikmatan ditemani nuansa sore hari. Untuk rasa kopinya, cenderung seperti kopi tubruk yang biasa dinikmati sembari ditemani berbagai cemilan.

Namun apabila Anda bukan penikmat kopi, tidak perlu ragu karena masih banyak menu lainnya. Cemilan paling dicari oleh banyak orang adalah pisang goreng spesial yang disajikan sebagai menu andalan. Keunggulan lain dari kuliner Jogja favorit ini yaitu tersedia masakan jawa yang dapat melengkapi nostalgia. Contoh masakannya antara lain sayur lodeh, sayur asem, bubur tumpang, jenang lemu, dan sebagainya.

Berkat segala menu andalan inilah yang membuat pengunjung merasa nyaman dan memberikan testimoni terbaik. Jadi, jangan sampai melewatkan kesempatan dan momen untuk mengunjungi kopi klotok bersama keluarga dan kerabat. 

Tio Ciu Bagi Pecinta Masakan Chinese Hot Plate

kuliner jogja favorit - Tio Ciu

Ketika merasa bingung saat memilih santapan, terkadang memang membuat pusing dan menghabiskan banyak waktu. Justru terkadang juga muncul perdebatan karena tidak ada kata sepakat saat menentukan tujuan sebelum makan. Rekomendasi kuliner Jogja favorit yang halal berikutnya adalah tio ciu atau masakan ala Chinese. Masakan ini menggunakan penyajian berupa hot plate dengan dilengkapi bumbu saus langsung pada hasil makanan.

Jumlah peminat dari tio ciu sudah pasti sangat banyak mengingat harganya yang masih terjangkau. Pilihan menu lauknya antara lain daging sapi, ayam, dan berbagai macam seafood dengan bumbu khusus. Maksudnya, bumbu antara setiap lauknya menggunakan saus berbeda sehingga mampu menonjolkan cita rasa masakan. Membahas soal tempatnya, ada dua referensi yang dianggap sebagai Chinese food tio ciu paling enak.

Referensi pertama yang buka sejak siang hari adalah Bang Sinyo terletak di dekat Mercu Buana. Mulai dari buka saat siang sampai malam, tempat makan tersebut selalu ramai dipenuhi pengunjung. Sedangkan tempat kuliner Jogja favorit kedua yaitu Kheray Indah di daerah jalan Selokan Mataram. Akan tetapi, tempat tersebut hanya buka pada saat malam hari saja dan namanya juga terkenal.

Berdasarkan semua referensi tersebut, harusnya semakin mudah untuk menentukan dan memilih tempat makan enak. Tidak ada alasan lagi apabila Anda kehabisan ide saat mencari jajanan pada kota istimewa tersebut.

(Baca Juga: Wajib Kunjungi: 9 Rekomendasi Kuliner Jogja Terpopuler)

Referensi Masakan Khas dari Jogja Paling Laris

Berlanjut pada pembahasan model masakan berikutnya dapat dikenali tentang keberadaan gudeg yang menjadi ciri khas. Sejak zaman dahulu, Yogyakarta sudah terkenal dan melekat dengan istilah kota gudeg sebagai ikon. Makanan khas ini mempunyai cita rasa unik dan lezat yang terbuat dari nangka sebagai dasarnya. Bahan dasar tersebut diolah sedemikian rupa sehingga mampu dibuat seperti sayur yang sangat nikmat.

Rasanya kurang lengkap apabila Anda melakukan perjalanan kuliner Jogja favorit namun tidak mencoba gudeg. Gudeg biasanya sangat cocok dilengkapi dengan lauk berupa tahu bacem dan ayam opor secara bersamaan. Terkadang, setiap penjual juga melakukan sebuah inovasi agar mempunyai ciri khas sebagai salah satu keunggulan. Bahkan saat ini, gudeg juga dipadukan dengan telur rebus yang dimasak dengan bumbu kecap.

Banyak orang berupaya agar mengetahui rekomendasi gudeg paling diminati di kalangan masyarakat secara tepat. Kami akan memberikan beberapa referensi terbaik dan terkenal sehingga Anda bisa mencobanya langsung di tempat. Daftar rekomendasinya antara lain Yu Djum, Bu Amad, gudeg sagan, gudeg permata, dan gudeg pawon. Setidaknya lima pilihan tersebut sudah pasti enak dan tiada duanya karena memiliki rasa khas.

Jadi, pastikan bahwa Anda sudah membuat agenda dalam mencoba masakan tradisional yang masih eksis. Bahkan karena terlalu terkenal, gudeg juga dijual hingga ke luar kota sebagai makanan setiap hari.

Bakpia Terenak dan Cocok Jadi Oleh-oleh Spesial

Berbicara tentang keberadaan kuliner Jogja favorit rasanya harus membawa suatu tema khas seperti halnya gudeg. Namun, gudeg tergolong sebagai makan berat dan lebih cocok dimakan pada tempat atau warungnya. Kini, pembahasan bakal berfokus pada oleh-oleh yang memberikan tanda khusus bahwa Anda berlibur ke Yogyakarta. Hal ini berkaitan dengan cemilan bakpia yang akan diberikan daftar rekomendasi lengkap seperti berikut.

  • Bakpia Pathok 75 jadi pilihan banyak pendatang sebagai oleh-oleh sejak dahulu dan cukup terkenal.
  • Bakpia Mutiara sedang menjamur di berbagai tempat pada jalanan kota Yogyakarta karena sangat enak.
  • Bakpia Kencana menjadi referensi nomor satu karena rasa yang enak namun harganya cenderung mahal. 
  • Bakpia Tugu merupakan inovasi baru berupa bakpia kukus dan langsung diminati masyarakat secara luas.

Sebenarnya masih ada banyak lagi referensi seputar bakpia, namun hanya empat pilihan tersebut yang terbukti. Rasa khas dan enak menjadi faktor utama bahwa bakpia tetap bertahan hingga era modern.

Meskipun tergolong cemilan tradisional, akan tetapi rasanya bisa dicampur dengan isian yang cocok bagi pemuda. Misalnya adalah kacang hijau, coklat, keju, dan masih banyak lagi tergantung inovasi pemilik produk. Kini, harusnya sudah jelas segala penjelasan lengkap tentang makanan yang dapat ditemukan dengan mudah. Dengan begitu, segala kenikmatan dari kuliner Jogja favorit pasti sepenuhnya mampu memanjakan lidah hingga terpuaskan.

Total
34
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts