Rekomendasi Kuliner Terfavorit Di Jogja Yang Wajib Kita Coba

Kuliner Terfavorit Di Jogja Yang Wajib Kita Coba – Jogja seringkali dimasukkan dalam kategori provinsi tersendiri, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Meski ini benar, namun, Jogja juga merupakan daerah yang sangat dekat dengan kota-kota di Jawa Tengah, seperti Semarang. Perjalanan Semarang ke Jogja dapat memakan waktu sekitar 2-3 jam menggunakan transportasi pribadi atau bus. 

Jogja terkenal dengan berbagai tempat wisatanya yang terkenal hingga wisatawan mancanegara (sebelum pandemi), seperti Malioboro, Ratu Boko di Candi Prambanan, dan sebagainya. Biaya hidup yang sangat murah dan gaya hidup masyarakatnya yang santai membuat Jogja menjadi salah satu kota di Indonesia yang menyenangkan untuk ditinggali.

Jogja juga memiliki berbagai macam tempat kuliner yang khas dengan harga rata-rata yang cenderung lebih murah dibandingkan kota-kota besar lainnya. Berbagai tempat kuliner di Jogja, termasuk rekomendasi kuliner terfavorit di Jogja, memiliki keunikan menu andalannya, hari dan jam operasionalnya, dan letaknya tersendiri. Kita akan membahas semua hal tersebut dalam artikel ini.

Berikut Adalah Kuliner Terfavorit Di jogja Yang Wajib Kamu Coba

Boko Sunset Resto

Kuliner Terfavorit Di Jogja

Tempat pertama yang kita jadikan rekomendasi kuliner terfavorit di Jogja terletak tidak jauh dari situs Ratu Boko, yaitu Boko Sunset Resto. Boko Sunset Resto sendiri buka setiap hari mulai dari pukul 09:00-21:00. Papan nama Boko Sunset Resto akan terlihat ketika kita menaiki bukit yang letak ketinggiannya cukup tinggi dari situs utama Candi Prambanan. 

Letaknya yang berada di atas bukit dan areanya yang terbuka luas membuat Boko Sunset Resto menjadi tempat yang menarik untuk melihat pemandangan dan kota Jogja dari ketinggian. Sore menjelang malam, kita dapat menikmati sunset atau matahari tenggelam ditemani cahaya lampu dari gedung-gedung perkotaan.

(Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Terfavorit Di Bogor Yang Wajib Kita Coba)

Salah satu hidangan andalan Boko Sunset Resto adalah Steak Ayam Jamur (Rp 50.000). Selain itu, ada juga beberapa hidangan manis penutup, seperti Pisang Bakar Madu (Rp 20.000) atau Pisang Goreng Keju dengan harga yang sama dengan Pisang Bakar Madu. 

Untuk yang vegetarian ada juga Nasi Goreng Vegetarian (Rp 45.000), Sup Asparagus (Rp 30.000), dan masih banyak yang lainnya. Ada juga aneka minuman hangat yang siap menemani kegiatan sightseeing kita di daerah Boko Sunset Resto, seperti Jeruk Hangat (Rp 12.000) atau Teh Hangat (Rp 10.000). 

Gudeg Yu Djum

Gudeg Yu Djum

Tidak jauh dari tempat wisata di Jogja, rekomendasi kuliner terfavorit di Jogja berikutnya ada di kawasan Malioboro. Tempat rekomendasi kuliner terfavorit di Jogja satu ini telah membuka cabang di Jogja maupun luar Jogja, dan merupakan tempat yang harus dikunjungi ketika kita berwisata kuliner Jogja. 

Tempat ini adalah Gudeg Yu Djum, yang terletak di kawasan Malioboro, Jalan Dagen No. 2C, Sosromenduran, Gedong Tengen. Gudeg Yu Djum buka setiap hari pukul 07:00-22:00. 

Aneka macam nasi gudeg dengan krecek yang dibungkus dengan pincuk atau daun pisang tidak hanya merupakan menu andalan di Gudeg Yu Djum. Berkat nasi gudeg dengan kreceknya, wisata kuliner Jogja juga identik dengan mencoba nasi gudeng dengan krecek. Aneka macam nasi gudeg dengan krecek yang dapat kita coba di Gudeg Yu Djum berada di kisaran harga Rp 15.000-Rp 90.000 tergantung seberapa banyak tambahan makanan yang kita pesan. 

Berbagai macam tambahan makanan ini misalnya tahu, tempe, bagian atas atau bawah paha ayam, dan sebagainya. Minumannya sendiri minuman khas kedai pinggir jalan, seperti Teh Tawar (Rp 2.000), Teh Manis (Rp 3.000), Es Jeruk (Rp 5.000), dan masih banyak lagi. 

Pempek Ny. Kamto

Kuliner Terfavorit Di Jogja

Ketika berbicara tentang Jogja, kita tidak hanya berbicara tentang tempat wisata. Jogja juga memiliki berbagai macam mal, seperti Plaza Ambarrukmo. Di Plaza Ambarrukmo, kita juga menjumpai beberapa tempat yang dapat menjadi rekomendasi kuliner terfavorit di Jogja. 

Salah satu tempat tersebut adalah Pempek Ny. Kamto, yang terletak di Lantai LG Plaza Ambarrukmo. Pempek Ny. Kamto buka setiap hari pukul 10:00-22:00. 

Yang membuat lebih istimewa pada tempat makan satu ini adalah adanya peringatan kesehatan, seperti mengandungi telur atau udang kering. Hal ini dapat membantu pelanggan untuk memilih makanan di Pempek Ny. Kamto yang sesuai dengan kebutuhan kesehatan mereka.

Aneka pempek di Pempek Ny. Kamto dibanderol dengan harga di kisaran Rp 9.000-Rp 25.000. Untuk kita yang sedang bosan menyantap pempek, ada juga Mie Laksan (Rp 22.000), Mie Celor (Rp 13.000), atau Mie Tahu (Rp 16.000). Minumannya sendiri dibanderol pada harga mulai Rp 5.000-Rp 22.000.

 

(Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Terfavorit Di Indonesia Yang Perlu Kita Ketahui)

Mie Pelangi 88

Kuliner Terfavorit Di Jogja

 

 

Berikutnya, tempat yang akan kita bahas dan jadikan sebagai rekomendasi kuliner terfavorit di Jogja dalam artikel ini adalah Mie Pelangi 88, yang terletak di Jalan Lempuyangan No. 1, Danurejan, Jogja. Kedai mie yang terletak dekat dengan Stasiun Lempuyangan ini buka setiap hari pukul 10:00-23:00.

Mie Pelangi 88 menarik karena mengusung konsep mie sehat pada menunya. Jika kedai mie pada umumnya, menggunakan mie kuning, berbeda halnya dengan Mie Pelangi 88. Tidak hanya mie kuning yang kita jumpai pada mangkok kita, tetapi juga mie merah atau oranye dan hijau, yang semuanya terbuat dari sayuran berwarna merah, oranye, atau hijau.

Seperti namanya, mie pelangi merupakan hidangan andalan pada Mie Pelangi 88. Satu porsi mie pelangi (Rp 9.500) dapat ditambahkan pangsit rebus atau goreng isi 4 dalam satu porsi (Rp 11.000). Untuk paket yang lebih hemat ada mie pelangi komplit (Rp 14.500), sudah termasuk dua bakso dan dua pangsit. Nikmatnya mie pelangi di Mie Pelangi 88 dapat kita tambahkan dengan minuman Es Kelapa Muda Gula Jawa (Rp 8.000) atau Teh Tarik Hangat (Rp 5.000). 

Tempat rekomendasi kuliner terfavorit di Jogja yang terakhir kita bahas juga khas kuliner Jogja, yaitu warung burjo. Burjo sendiri memiliki artian bubur kacang ijo (hijau), namun aneka nasi, mie, teh, dan kopi justru menjadi sajian yang banyak dijumpai di seluruh burjo, termasuk di Jogja.

Warung Burjo Putra Kuningan

Rekomendasi Kuliner Terfavorit Di Jogja Yang Wajib Kita Coba

rekomendasi kuliner terfavorit di Jogja yang terakhir adalah Warung Burjo Putra Kuningan. Salah satu warung burjo yang kita rekomendasikan dekat dengan lingkungan mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dan UGM, yaitu Warung Burjo Putra Kuningan. Seperti warung burjo pada umumnya, Warung Burjo Putra Kuningan buka 24 jam setiap hari.

Istilah-istilah seperti Aa dan Uwa burjo, Mie Tante, dan lain-lain, ditambah dengan harga yang sangat bersahabat, membuat warung burjo memiliki tempat tersendiri pada orang-orang yang telah singgah makan dan minum di dalamnya.

Jenis makanan yang dijual di Warung Burjo Putra Kuningan misalnya Magelangan (Rp 11.000), yaitu nasi goreng, Indomie, dan aneka sayuran basah yang dicampur menjadi satu hidangan. 

Contoh hidangan lain lagi yang terdapat di Warung Burjo Putra Kuningan misalnya Mie Dok-Dok (Rp 8.500) dan Indomie Goreng Tanpa Telur atau yang biasa di warung burjo sebut “Indomie Tante” (Rp 6.500). Aneka racikan kopi Good Day adalah minuman yang tidak boleh dilupakan di warung burjo satu ini, yang dibanderol pada harga sekitar Rp 3.000-Rp 4.000. 

 

Itulah rekomendasi kuliner terfavorit di Jogja yang wajib kita coba. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts