5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara

5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara
5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara

Tidak heran banyak makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara. karena sejak dulu Indonesia dikenal dengan kekayaan rempah-rempahnya, sehingga negara kita memiliki ciri khas pada setiap masakannya.

Baca Juga : Cara Screenshot di Laptop Windows dan Mac OS

Cita rasa khas dan lezat tersebutlah membuat makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara sangat cocok di lidah banyak orang. Terdiri dari banyak suku dan budaya, membuat Indonesia dianugerahi keberagaman kulinernya.

Bahkan ada beberapa hidangan dari nusantara ini masuk ke dalam daftar makanan terlezat di dunia, salah satunya bahkan masuk ke dalam tempat teratas. Berikut ini adalah lima makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara teratas.

Duduki Nomor 1 Dunia, Rendang Populer di Kalangan Bule

5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Duduki Nomor 1 Dunia, Rendang Populer di Kalangan Bule
5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Duduki Nomor 1 Dunia, Rendang Populer di Kalangan Bule

Rendang berasal dari Sumatera Barat lebih tepatnya Padang, menjadi salah satu sajian terpopuler dan kebanggan asal Indonesia yang dikenal dunia. Bahkan Gordon Ramsay sampai tertantang untuk berkunjung ke Sumatera Barat hanya untuk mengetahui bagaimana cara membuat rendang.

Makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara ini bahkan pernah jadi peringkat pertama dari hasil survei dilakukan oleh CNN. Hidangan asal Sumatera Barat ini bahkan mampu mengalahkan beberapa hidangan dari negara lain seperti Pad Thai dari Thailand sampai sushi dari Jepang.

Rendang atau Randang ini adalah hidangan dari daging memiliki cita rasa yang pedas dibumbui dengan beragam rempah-rempah khas. Cita rasa yang khas ini rupanya membuat banyak orang cocok bahkan sampai mampu membuatnya menempati peringkat pertama.

Uniknya, rendang ini tahan untuk disimpan dalam waktu lama padahal tidak memakai pengawet apapun. Karena orang minang pada zaman dahulu gemar untuk pergi merantau dalam waktu yang lama atau untuk beribadah.

Sedangkan pada masa itu belum ada transportasi seperti sekarang jadi kebanyakan orang masih jalan kaki untuk sampai ke tempat tujuan membutuhkan waktu lama. Oleh karena itu, dibutuhkan makanan awet untuk dikonsumsi dalam perjalanan jauh tersebut.

Jadi, rendang merupakan salah satu hidangan yang menjadi bekal untuk para orang minang saat berpergian jauh. Biasanya rendang dimasak dalam waktu lama sampai kering sehingga dapat bertahan sampai berminggu-minggu dalam suhu ruangan.

Bahkan, makanan Indonesia yang terkenal sampai manca negara ini akan terasa lebih enak setelah disimpan lebih lama.

Nasi Goreng Indonesia Memiliki Cita Rasa Khas Nusantara

5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Nasi Goreng Indonesia Memiliki Cita Rasa Khas Nusantara
5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Nasi Goreng Indonesia Memiliki Cita Rasa Khas Nusantara

Meskipun dengan sebagai makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara, nasi goreng sebenarnya bukan benar-benar makanan asli nusantara. Memiliki sejarah panjang sejak zaman dahulu, Nasi Goreng sebenarnya tidak hanya ada di Indonesia saja.

Beberapa negara asia lainnya seperti Malaysia, Singapura juga memiliki nasi goreng tetapi tentu saja dengan cita rasa yang berbeda. Hidangan ini sendiri mulai dikenal oleh masyarakat Indonesia akibat dari pengaruh China berdagang di pulau Jawa

Makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara ini sebenarnya berasal dari Kota Yangzhou, Jiangsu Timur, China. Indonesia bisa mengenal hidangan ini berawal dari pedagang China sedang berdagang di Nusantara. Berawal dari kerajaan Sriwijaya sebelum akhirnya meluas hingga ke seluruh penjuru negeri.

Dari situlah cita rasa nasi goreng menjadi lebih berkembang dan setiap daerah memiliki ciri khasnya masing-masing sehingga itu membuat di dalam negeri sendiri beragam jenis nasi goreng dengan bumbu-bumbu berbeda setiap daerahnya.

Yang membedakan makanan Indonesia terkenal sampai manca negara ini dengan negara lainnya adalah penggunaan bumbu-bumbunya yang beragam terutama penggunaan kecap manisnya.

Saat ini sudah banyak restoran makanan khas menjual nasi goreng di luar negeri dari mulai Gastrobar Indonesia dari Amsterdam Belanda, Warung Jakarta dari Polandia, Sari Ratu dari Singapura, Betawi Restaurant dari Spanyol dan masih banyak lagi.

Sate Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara

5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Sate Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara
5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Sate Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara

Sate merupakan hidangan lainnya yang sebenarnya bukan autentik dari dalam negeri tetapi berhasil menjadi ikonik makanan terpopuler dari Indonesia. Sate adalah hidangan olahan daging ditusuk-tusuk kecil-kecil, di marinasi terus dibakar.

Indonesia memiliki ragam hidangan sate dari mulai sate ayam, kambing, sapi hingga sate lilit khas bali. Pada umumnya sate akan dihidangkan dengan saus kacang atau sambal kecap manis pedas. 

Pada zaman dahulu, sate hanya dibuat dengan menggunakan daging sapi saja tetapi lambat laun orang pribumi mulai menggunakan bahan lainnya dari mulai daging kerbau, ayam, ikan hingga bahkan seafood dan tempe.

Hidangan makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara ini awalnya masuk ke Indonesia sekitar abad ke 19. Datangnya hidangan ini bersamaan dengan adanya pedagang muslim berasal dari India, aram hingga negara timur tengah lainnya.

Sebelum mengenal olahan sate, masyarakat kebanyakan memilih untuk memasak daging dengan cara direbus saja. tetapi setelah mengetahui ada hidangan kebab dibawa oleh orang India barulah masyarakat Indonesia menirunya.

Alasan dagingnya ditusuk-tusuk dikabarkan karena mengikuti bentuk dari kebab asal dari India yang juga disajikan dengan cara sama. Kata sate sendiri ternyata berasal dari kata Satai bahasa tamil India, artinya adalah daging.

Selain itu, kata sate juga ada yang menyebut berasal dari kata minnan, suku berasal dari China yaitu Sa Tae Bak artinya tiga potong daging. Dikarenakan dulu, hidangan ini disajikan dengan tiga potong daging yang ditusuk lalu dibakar memakai arang.

Pada saat itu juga, kebanyakan pedagang muslim timur tengah mulai membeli sate dari pedagang kaki lima di pulau jawa untuk pertama kalinya. Dibuat dari daging ayam dilengkapi dengan bumbu kacang.

Soto Ayam Masuk Dalam Situs Berita New York Times

5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Soto Ayam Masuk Dalam Situs Berita New York Times
5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Soto Ayam Masuk Dalam Situs Berita New York Times

Soto Ayam dikabarkan berhasil dinobatkan sebagai salah satu daftar hidangan sup terbaik di dunia menurut CNN. Soto Ayam sendiri merupakan hidangan berkuah kaldu dengan bumbu pelengkap seperti pala, lada, bawang putih, kunyit dan masih banyak lagi.

Makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara Dilengkapi dengan lauk pelengkap biasanya daging ayam, mie bihun atau soun serta sayur-sayuran. Sebenarnya Soto bisa ditemukan di hampir setiap daerah dengan kekhasan bumbunya masing-masing.

Jenis paling sering ditemukan adalah soto ayam kuah kuning dilengkapi dengan suwiran ayam, potongan kubis, tomat dan pelengkap lainnya. Hidangan ini pertama kali dikenalkan pada abad ke 19 sebagai masakan berkuah dengan daging dan jeroan.

Sama seperti sebelumnya, makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara ini dikenalkan pada masyarakat Indonesia dari imigran China dibuat dengan daging babi khas masyarakat tionghoa. Dijual menggunakan gerobak atau dengan pikulan.

Seiring semakin populernya hidangan tersebut, banyak pedagang yang mulai mengganti dagingnya menjadi ayam, bebek atau juga kerbau bahkan sampai memakai jeroan. Semakin meluas ke berbagai daerah, sehingga menghasilkan banyak sekali jenis soto khas.

Makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara ini disebutkan setidaknya ada 75 jenis soto berasal dari 22 daerah kuliner Indonesia. Menjadi makanan tradisional terkenal sampai mancanegara rupanya berhasil menarik perhatian salah satu situs internasional terkenal New York Times.

New York Times mengunggah pada akun instagramnya memperlihatkan makanan khas Indonesia tersebut dan menjelaskan mengenai soto ayam kuliner khas.

Gudeg Asal Yogyakarta Berhasil Mendunia

5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Gudeg Asal Yogyakarta Berhasil Mendunia
5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara_Gudeg Asal Yogyakarta Berhasil Mendunia

Terakhir makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara yang harus Anda ketahui adalah Gudeg berasal dari Yogyakarta. Olahan dari buang nangka mentah ini berhasil untuk menggetarkan lidah banyak orang tidak terkecuali orang luar negeri.

Yang membuatnya begitu digemari adalah aroma khas dan juga cita rasanya dan berhasil untuk jadi ikon utama untuk daerah Yogyakarta itu sendiri. Asal mula makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara ini pertama kali diciptakan pada masa pembangunan Mataram Islam di abad 15.

Pertama kali dibuat oleh para prajurit istana ditugaskan untuk membangun bangunan kerajaan karena mereka berhasil menemukan nangka mentah, melinjo dan kelapa yang banyak karena saat masa pembangunannya pohon ditebang.

Salah satu yang banyak ditebang adalah pohon nangka sedang berbuah tetapi nangkanya belum begitu matang. Gudeg, makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara juga sering di sebut sebangan Hangudek dalam bahasa jawa. Walaupun dibuat dari unsur ketidak sengajaan. Raja Mataram lalu selalu meminta untuk ikut disajikan olahan nangka muda tersebut untuk dihidangkan ke para tamu.

Sejak dulu hidangan makanan Indonesia terkenal sampai mancanegara ini sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat jawa. Selain sebagai jamuan dan hidangan sehari-hari, gudeg juga sering dibuat jadi bekal untuk di makan saat medang perang.

Baca Juga: Inspirasi Rumah Sederhana dengan Budget Terbatas

Masih banyak lagi kuliner khas Indonesia yang mulai dikenal oleh dunia. Kelezatan dari makanan Indonesia yang terkenal sampai mancanegara dari mulai Amerika, Amsterdam, Korea selatan dan masih banyak lagi.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts