Buat Yuk!, Menu Makanan Khas Eropa yang Gampang Dicoba di Rumah

makanan khas eropa

Beberapa orang di Indonesia mungkin lebih suka makan makanan khas Eropa dibandingkan makanan Nusantara. Tidak masalah selama bisa mendapatkan akses untuk memakannya secara mudah, baik itu dibuat sendiri maupun dibeli dari berbagai resto dalam negeri.

Sebagian orang diberikan kesempatan baik untuk mengunjungi Eropa sekaligus menikmati sajian kuliner di sana. Sementara lainnya hanya bisa menikmati sajian kuliner dari berbagai resto atau usaha yang dijalankan di dalam negeri dengan penyesuaian selera pribumi.

Sebenarnya berkat adanya globalisasi informasi, berbagai resep masakan luar negeri, khususnya Eropa bisa diakses secara mudah. Anda bisa membeli buku resep masakan dan juga resep kue dalam bentuk cetak atau mencari resep secara lebih praktis dari internet.

Makanan khas Eropa yang Bisa Dibuat Dirumah

Ada beberapa bahan yang mayoritas mudah ditemukan di Indonesia, meskipun namanya kurang familiar. Barangkali dalam hidangan sehari-hari, kita jarang menemukan nama bahan-bahan maupun bumbu dalam masakan Eropa, namun sesekali tidak ada salahnya dicoba.

Resep Pizza Teflon yang Mudah Diikuti

makanan khas eropa - pizza teflon

Penyuka makanan khas Eropa bernama pizza pasti tidak asing dengan bentuk dan citarasa kudapan ini. Namun, kerap kali ketika ingin memakannya, kita dibenturkan dengan harga cukup mahal. Padahal, bisa membuat sendiri di rumah dengan mengikuti resep berikut:

Pertama-tama siapkan dulu berbagai bahan untuk membuat hidangan. Ada terigu, garam. gula pasir, margarin, telur, ragi instan, saus spageti, tomat, sosis, dan keju. Setelah semua bahan tersedia baru kemudian masuk ke tahapan pembuatan dengan langkah berikut:

  • Siapkan wadah kemudian masukkan telur dan tambahkan gula serta garam.
  • Aduk telur sampai merata.
  • Larutkan ragi instan ke dalam air kemudian tunggu sampai keduanya bereaksi, biasanya ditandai dengan kemunculan gelembung-gelembung.
  • Sekitar lima menit dari awal pencampuran ragi instan kemudian masukkan ke dalam kocokan telur tadi.
  • Masukkan terigu sedikit demi sedikit sambil dimasukkan keju parut.
  • Uleni hingga adonan menjadi kalis kemudian diamkan selama satu jam ditutup menggunakan plastik wrap agar adonan mengembang.
  • Lumuri teflon dengan margarin kemudian buat bulatan dari adonan pizza tadi sampai merata.
  • Setelah itu lumuri dengan saus, tambahkan topping sesuka hati.
  • Nyalakan api berukuran kecil kemudian masak sampai pizza matang.

Di sini menggunakan teflon karena mayoritas orang pasti memilikinya. Sementara oven bukan alat masak yang pasti ada di setiap rumah. Untuk itu, resep makanan khas Eropa kali ini lebih direkomendasikan untuk semua orang meskipun tidak memiliki alat panggang.

(Baca Juga: Daftar Makanan Khas Nusantara Ini Andalan di Daerahnya!)

Resep Spageti ala Rumahan yang Mudah

makanan khas eropa - spageti ala rumahan

Selain pizza, makanan khas dari Eropa yang bisa diolah sendiri adalah spageti. Sebenarnya menu ini sudah banyak tersedia instan di minimarket maupun supermarket. Namun, kali ini kita coba buat dengan tahapan sedikit panjang supaya hasil makanannya lebih enak.

Bahan-bahan yang dibutuhkan ada daging sapi giling, bawang putih, bawang bombay, spageti, saus tomat, gula, dan garam. Setelah semua bahan tersedia, baru kemudian bisa dilanjutkan ke langkah pengolahan. Adapun langkah-langkah memasaknya adalah:

  • Tumis duo bawang yang sudah disediakan sampai harum dan layu,
  • Masukkan daging dan masak kembali hingga warnanya berubah.
  • Tambahkan saus tomat dan berbagai bumbu tersedia sambil mengoreksi rasa.
  • Jika sudah pas, api bisa dimatikan.
  • Spageti bisa mulai direbus hingga matang selama kurang lebih 15 menit.
  • Tata spageti di atas piring kemudian tambahkan saus olahan dan berbagai topping sesuka hati.

Mudah sekali, bukan? spageti selain bisa dijadikan sebagai camilan juga bisa dijadikan sebagai menu sarapan, makan siang, atau makan malam. Jika bosan dengan nasi atau menu rumahan biasanya, bisa sesekali masak makanan khas Eropa, seperti spageti satu ini.

Resep Chicken Steak yang Murah

makanan khas eropa - chicken steak murah

Steak biasanya terbuat dari daging sapi, namun beberapa orang tidak bisa makan daging merah, kekuatan dari hidangan ini terletak pada bumbunya. Orang dengan pantangan makan daging merah tetap bisa menikmati sajian steak asalkan mengganti dengan ayam.

Penasaran bagaimana cara membuatnya? pertama-tama siapkan dulu berbagai bahan resep makanan khas Eropa steak ayamnya. Ada ayam fillet, merica, garam, bawang bombay, bawang putih, saos tiram, saos sambal. gula, air, margarin, minyak, tepung serbaguna, maizena, wortel, dan buncis.

  • Setelah semua bahan siap, bisa langsung masuk ke cara pembuatan, diantaranya:
  • Bersihkan ayam kemudian potong menjadi bagian kecil-kecil.
  • Lumuri seluruh bagian ayam dengan garam dan merica sampai merata.
  • Remas-remas dan tusuk garpu supaya bumbu semakin meresap.
  • Tuangkan tepung serbaguna ke dalam wadah kemudian balur ayam dengan tepung tersebut sampai merata.
  • Setelah terlumuri secara merata kemudian bisa menggorengnya dalam minyak panas sampai matang.
  • Tumis duo bawang menggunakan margarin sampai harum.
  • Masukkan air dan tunggu sampai mendidih.
  • Masukkan semua bumbu tersedia kemudian tunggu hingga tercampur rata.
  • Masukkan sayuran, seperti wortel serta buncis yang telah dipotong-potong kecil sebelumnya.
  • Tambahkan larutan maizena dengan sedikit air kemudian tunggu sampai masakan agak mengental.
  • Setelah itu baru kemudian masukkan ayam yang sebelumnya sudah digoreng.
  • Aduk-aduk sebentar dan tunggu hingga matang.

Untuk memastikan, Anda dapat mengoreksi rasa supaya pas dengan selera. Setelah dirasa cukup maka kompor dapat dimatikan dan makanan khas Eropa sudah dapat dinikmati. Semakin nikmat jika ditambah dengan sajian minuman segar dari buah asli, contohnya jus.

Makanan khas dari Eropa, Belanda

Selesai dengan berbagai resep makanan dari khas Eropa yang bisa Anda tiru sendiri, kini kita cari tahu ada makanan andalan apa saja dari berbagai negara di Eropa, salah satunya Belanda. Negeri Kincir Angin ini menyajikan banyak makanan enak, seperti:

Herring

makanan khas eropa - herring

Herring ini merupakan nama ikan yang pengolahannya tidak jauh berbeda dengan sashimi ala Jepang. Nantinya bagian kepala akan dibuang kemudian setelah dibersihkan, herring disimpan selama 24 jam sebelum bisa dikonsumsi sebagai salad atau dimakan begitu saja.

(Baca Juga: Ragam Jenis Soto Khas Indonesia, Mana Favorit Anda?)

Hutspot

makanan khas eropa - Hutspot

Pecinta daging merah bisa menikmati makanan khas Eropa lezat yang ramai tersedia pada wilayah Leiden setiap bulan Oktober ini. Perpaduan nikmat antara daging, sayur, dan berbagai bumbu menjadi cita rasa tidak terlupakan wajib dicoba ketika Anda mengunjungi Belanda.

Waterzooi

makanan khas eropa - Waterzooi

Awalnya kuliner ini bernama kippenwaterzoi, dimana bahan utamanya berupa ikan atau lebih tepatnya membentuk sajian berupa sup ikan. Namun, waktu berlalu dan sungai semakin tercemar, jadilah berubah nama menjadi waterzooi karena bahan utamanya menjadi ayam.

Keju Edam

makanan khas eropa - keju edam

Siapa tidak mengenal keju edam, keju lezat yang kerap menjadi incaran para pembuat kue, terutama saat lebaran. Pergi ke Belanda rasanya kurang lengkap tanpa menikmati sepotong keju edam. Sajian nikmat ini bisa dijadikan sebagai camilan ketika menjalankan aktivitas.

Minuman Eropa Terkenal di Dunia

Makan berbagai sajian makanan khas Eropa rasanya kurang lengkap jika tidak disandingkan dengan minuman khas benua terpopuler tersebut juga. Supaya sajian makanan semakin nikmat, Anda bisa mencoba beberapa menu minuman dari beberapa negara Eropa berikut:

Koffie Verkeerd, Belanda

Sajian ini merupakan kopi lattenya Belanda dan paling nikmat disajikan sebagai menu sarapan bersama kue kala pagi hari. Sambil bersantai juga bisa melengkapi momen, misal bercengkrama dengan teman-teman atau santai bersama anggota keluarga.

Kaffeost. Finlandia

Ketika mengunjungi Finlandia, Anda wajib mencoba sajian kuliner satu ini karena termasuk sebagai minuman tradisional ala Finlandia. Uniknya minuman ini merupakan perpaduan antara kopi dan keju, dimana olahan kejunya terbuat dari susu sapi, kambing, atau rusa.

Pimm’s, Inggris

Minuman ini mengandung alkohol sehingga umat Muslim dan anak di bawah umur tidak bisa menikmatinya. Namun, kabarnya ketika ke Inggris, Pimm’s merupakan salah satu rekomendasi dan akan semakin nikmat dengan campuran mint, lemon, serta buah persik.

Salgam, Turki

Salgam memiliki ciri khas berwarna ungu karena pembuatannya dari lobak gelap dan juga wortel berwarna ungu. Sensasi keseruan menikmati salgam semakin terasa ketika Anda mencoba menambahkan cabai supaya sensasi pedas dapat dirasakan lidah.

Menu makanan dan minuman sudah dibagikan, beberapa bisa Anda buat sendiri di rumah dan beberapa lainnya dapat dipesan di berbagai resto Eropa. Berkat kemajuan teknologi, bukan hal sulit untuk menduplikasi berbagai resep makanan khas Eropa dari rumah saja.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts