Daftar Makanan Khas Nusantara Ini Andalan di Daerahnya!

makanan khas nusantara

Indonesia yang terdiri atas berbagai suku bangsa juga memiliki makanan khas Nusantara dengan berbagai macam keunikan rasa serta bentuknya. Dari Sabang sampai Merauke, berbagai bahasa diperdengarkan, beragam kuliner juga turut disajikan per wilayah di Indonesia.

Bahkan makanan khas Padang, Sumatera Utara menjadi kudapan terlezat dunia, yaitu rendang. Saking kentalnya aroma rempah pada kudapan tersebut, bahkan untuk membuatnya dibutuhkan waktu super lama berikut tenaga ekstra untuk mengaduk wajan.

Kudapan menjadi salah satu daya pikat negara karena pada saat turis asing datang, tidak lain makanan merupakan tujuan utama mereka. Terlebih, santap kudapan adalah kebutuhan utama guna memulihkan tubuh juga mengembalikan tenaga yang sudah digunakan.

Sekarang ini teknologi sudah sangat canggih, tidak perlu datang ke titik tertentu untuk merasakan nyanyian. Banyak resep mempersilahkan Anda untuk menjajal setiap masakan dari rumah. Soal autentiknya rasa memang kembali pada kemampuan tangan meracik bumbu.

Kudapan Andalan Bali yang Populer

Pulau dewata adalah pulau andalan tanah air dan populer sampai ke mancanegara. Selain karena wisata pantainya yang mendunia, aneka makanan khas Nusantara dari Bali juga menarik perhatian turis asing serta orang luar dari berbagai wilayah tanah air. Apa saja kudapan khas dari Bali? ini dia:

  • Sate Lilit

makanan khas nusantara - Sate Lilit

Sate lilit menjadi andalan karena memang penyusunan kudapan ini bukan ditusuk pada stiknya, namun dililit. Pilihan daging bukan hanya ayam, namun juga bisa berupa ikan tuna. Bumbunya tidak dipisah, seperti bumbu kacang, namun sudah disatukan sebelum dibakar.

  • Rujak Buleleng

makanan khas nusantara - Rujak buleleng

Sekilas tampilan berbagai buah dipotong menjadi kecil-kecil disiram kuah sambal tidak jauh beda dari lain daerah. Tetapi, ketika mencicipinya ada sensasi sepat dari pisang batu juga asam cari cuka. Banyak wisatawan menikmati sajian menarik ini pada siang hari.

(Baca Juga: Makanan Tradisional Indonesia di Berbagai Daerah)

  • Ayam Betutu

makanan khas nusantara - Ayam betutu

Selain di Bali, sudah banyak restoran mencoba memasukkan menu ayam betutu pada menu makanannya. Rasa otentik ayam betutu Bali memberikan sensasi makan berbeda dengan keterlibatan bumbu base genep yang membuat suasana makan menjadi lebih nikmat.

  • Nasi Campur

makanan khas nusantara - Nasi campur

Nama lain dari nasi campur di tanah Jawa adalah rames. Namun, tentu saja yang berbeda adalah nasi campur khas Bali merupakan makanan khas Nusantara dengan berbagai menu Bali. Anda akan menemui sate lilit, telur pindang, lawar sayuran, serta sambal khas Pulau Dewata.

  • Babi Guling

makanan khas nusantara - Babi guling

Untuk para non muslim, kuliner babi guling di Bali juga bisa menjadi salah satu alternatif mengisi perut saat sedang berada di sana. Pemilihan anak babi untuk diolah menjadi daging merupakan menu pilihan terbaik yang bisa dinikmati selama berlibur ke Pulau Dewata.

Kudapan Andalan Jawa yang Menggoda Selera

Menjadi pulau dengan pusat pemerintahan yang terpusat padanya, ada banyak juga makanan khas Nusantara dari Pulau Jawa tidak kalah menggoda selera. Kita akan ulas dari per wilayah, seperti berikut:

  • Soto Lamongan

makanan khas nusantara - soto lamongan

Setiap wilayah bisa membuat soto, namun yang menjadi perbedaan antara soto Lamongan dengan soto lainnya terletak pada koya. Koya ini merupakan penguat aroma dan rasa dari serbuk kerupuk udang dengan pelengkap bumbu berupa bawang putih.

  • Nasi Gandul

makanan khas nusantara - Nasi gandul

Secara umum, penggambaran nasi gandul ini dapat diibaratkan seperti nasi uduk, namun cita rasanya tentu berbeda. Nasi gandul merupakan menu makanan khas dari daerah Jawa Tengah yang belum banyak dikenal, namun menjadi salah satu andalan di wilayahnya.

  • Surabi

makanan khas nusantara - Surabi

Cuaca dingin Jawa Barat paling lengkap dengan mengonsumsi surabi pada pagi hari. Otentiknya surabi khas Bandung hanya disiram menggunakan kuah kinca atau kuah gula merah. Namun, lama-lama sudah muncul banyak variasi menu lainnya pada restoran.

  • Asinan Betawi

makanan khas nusantara - Asinan Betawi

Asinan betawi terbuat dari aneka sayuran dengan teknik pembuatan melibatkan cuka dan garam. Tujuannya sebagai cara agar kudapan tersebut bisa lebih awet dan juga kaya rasa ketika digigit. Nikmat juga menaburkan kerupuk pada area asinan betawi di sekitar piring.

Jawa terbagi menjadi tiga wilayah, diantaranya Jawa Timur, Tengah, Barat, dan juga Jakarta. Tidak heran jika akhirnya per wilayah memberikan makanan khas dari segi bentuk maupun rasa. Sensasi rasa di lidah saat makan sangat beragam dan kaya rempah.

Kudapan Andalan Sumatera yang Enak

Tidak kalah kaya dari Bali dan Jawa, berbagai makanan khas Nusantara dari Sumatera juga turut meramaikan khazanah kuliner Indonesia. Dari Utara sampai ke Barat, semuanya hadir dengan menu andalan masing-masing, seperti:

  • Rendang Padang

makanan khas nusantara - Rendang

Terbuat dari daging sapi pilihan, berbagai baluran bumbu rendang begitu kaya sehingga bukan hanya enak di lidah, namun menggoda indra penciuman. Dari jarak beberapa meter sudah bisa tercium aroma masakan yang paling pas dinikmati bersama nasi hangat.

  • Pempek

makanan khas nusantara - Pempek

Pempek kapal selam merupakan salah satu andalan makanan khas Nusantara Palembang satu ini. Bahkan di tempat asalnya, konon pempek itu ada yang dibakar sehingga cita rasa khas Palembang selalu terasa dalam setiap gigitan. Pempek termasuk menu yang mudah ditemukan.

  • Lemang

makanan khas nusantara - Lemang

Bahan dasar pembuatan lemang adalah beras ketan dengan bumbu menggiurkan. Kudapan dari Sumatera ini paling nikmat disantap ketika hangat. Uniknya lagi dalam proses pembuatan melibatkan bambu sehingga aromanya lebih tercium secara mantap.

  • Pisang Sale

makanan khas nusantara - Pisang sale

Untuk kuliner terakhir dari Sumatera, pisang sale dapat dinikmati sebagai camilan, maupun dibawa ke perantauan sebagai kota asal. Rasa manis dan krispi dari pisang menjadi daya tarik tersendiri yang bisa ditingkatkan dan dinikmati sebagai kudapan ringan sehari-hari.

Salah satu makanan khas dari Sumatera, rendang didapuk sebagai salah satu makanan terenak di dunia. Dengan proses pembuatan sangat lama bahkan bisa hingga berhari-hari, tidak heran jika rendang dijadikan sebagai salah satu menu andalan.

(Baca Juga: Ragam Jenis Soto Khas Indonesia, Mana Favorit Anda?)

Makanan Khas Nusantara dari Kalimantan

Kalimantan, pulau terbesar yang digadang-gadang akan menjadi pusat pemerintahan pada masa berikutnya, menggantikan Jakarta di Jawa. Berbagai wilayah di sini juga tidak kalah menyajikan makanan khas yang memanjakan lidah. Ada apa saja? berikut daftar kuliner yang bisa dicoba:

  • Iwak Pakasam

makanan khas nusantara - Iwak Pakasam

Pakasam merupakan sebutan bagi berbagai hewan hulu sungai tengah. Yang menarik dari sajian kuliner ini adalah dilakukannya fermentasi supaya memunculkan sensasi asam dan membuat iwak pakasam tahan lebih lama sehingga dapat dijadikan daftar oleh-oleh.

  • Garang Asam

makanan khas nusantara - Garang asam

Sensasi segar dari asamnya kuah garang asam ayam dapat dicoba dibuat sendiri di rumah. Kebanyakan orang memanfaatkan belimbing wuluh untuk mendapatkan kenikmatan pada lidah. Bagi yang tidak suka asam, barangkali sajian ini tidak begitu menarik untuk dicoba.

  • Amparan Tatak

makanan khas nusantara - Amparan tatak

Bahan utama kudapan manis ini adalah tepung beras dan pisang, tidak heran jika ada yang menyandingkannya dengan nagasari. Namun, uniknya pisang tersebut bukan hanya dipotong dan dimasukkan ke dalam bentuk tepung beras, namun dijadikan satu bersama tepungnya.

  • Kerupuk Basah

makanan khas nusantara - Kerupuk Basah

Dari tekstur, kerupuk basah ini tidak jauh berbeda dengan pempek dari Palembang. Namun, yang membedakan adalah cocolan sambal cabe nya karena biasanya pempek disertai dengan kuah cuka. Untuk bahannya sendiri sama-sama dibuat menggunakan ikan.

Kudapan Andalan Sulawesi yang Harus Dicoba

Sulawesi sebagai salah satu pulau di Indonesia juga tidak kalah menyajikan beragam makanan khas Nusantara yang menarik untuk dicoba. Pulau dengan pembagian beberapa daerah administratif ini memberikan berbagai sajian khas menggiurkan, seperti:

  • Coto Makassar

makanan khas nusantara - Coto makassar

Coto Makassar tentu tidak asing di telinga, namun tidak banyak orang tahu seperti apa rupa makanan khas Sulawesi ini. Sekilas tampilannya seperti soto, namun yang digunakan adalah daging sapi berikut berbagai pelengkap, seperti jantung, dan sebagainya.

  • Sop Konro

makanan khas nusantara - Sop Konro

Sop konro tidak ubahnya seperti sop iga, namun proses pelibatan iga ini cukup unik karena terlebih dahulu dibakar. Sayangnya, kenikmatan satu porsi sop konro tidak bisa dijadikan oleh-oleh karena hanya bisa dinikmati langsung di tempat bersama nasi hangat.

  • Panada

makanan khas nusantara - Panada

Panada adalah makanan ringan dengan kulit seperti adonan roti dan di dalamnya terdapat isian berupa ikan cakalang. Sekilas mirip pastel, namun dari kulit sampai isinya jelas memiliki perbedaan mendasar, apalagi sensasi rasanya pasti tidak sama. Anda wajib mencobanya saat ke Sulawesi.

Kuliner menjadi salah satu daya pikat Indonesia di mata dunia karena bumbu yang digunakan melibatkan kekayaan rempah Nusantara. Selain berbagai menu yang disebutkan di atas, ada banyak lagi daftar makanan khas Nusantara untuk Anda cicipi saat berlibur.

Total
8
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts