Referensi Makanan Khas Solo Terkenal dengan Rasa Istimewa

makanan khas Solo

Mengenal berbagai makanan khas Solo memang patut menjadi pelengkap ketika Anda sedang melakukan perjalanan wisata. Saat berlibur pada kota tersebut, salah satu hal yang membuat spesial adalah hidangan kuliner. Sudah cukup terkenal di kalangan para wisatawan bahwa masakan dari orang Solo bumbunya begitu istimewa. Cita rasa yang sangat kuat membuat para penikmat wisata kuliner semakin merasa ingin mencobanya.

Bahkan, sudah sejak lama juga keberadaan dari kuliner di kota tersebut sehingga dapat menjamin keaslian. Mulai dari pagi sampai malam hari, jajanan di berbagai sudut kota dapat dinikmati sekaligus. Bagi seorang pengunjung yang ingin menikmati hidangan ala Surakarta, tentunya bakal merasa puas selama berlibur. Akan tetapi, mayoritas pengunjung pasti masih bingung untuk memilih beragam rekomendasi dari masakan spesial.

Wajar saja bagi pengunjung baru karena belum begitu berpengalaman dalam memilih beberapa opsi terbaik. Jadi, dibutuhkan panduan supaya lebih mudah untuk menuju langsung ke tempat makan selama wisata kuliner. Maka, kami berupaya untuk memberikan referensi supaya dapat dipilih ketika Anda sedang melakukan liburan. Seluruh rekomendasi ini sudah pasti mempunyai rasa yang nikmat dan mampu memanjakan lidah secara memuaskan.

Oleh sebab itu, silahkan Anda ikuti seluruh pembahasan berikut karena akan dijelaskan segala referensi terbaik. Apabila sudah mencoba pilihan kuliner tersebut, pasti membuat rasa rindu agar mampu menikmatinya kembali.

Makanan Khas Solo dengan Sensasi Tradisional dan Lezat

Masakan dari kota ini selalu mempunyai ciri khas yang akan membuat hidangan terasa tidak tergantikan. Sudah dapat dipahami oleh banyak orang sekaligus bahwa segala macam kuliner pasti beragam wujudnya. Karena sedang membahas kota yang kental dengan budaya, maka jenis hidangan juga berkaitan secara tradisional. Masakan tradisional pasti bisa ditemukan secara mudah ketika Anda melakukan perjalanan di sepanjang kota.

Contoh pertama agar pendatang bisa merasakan kuliner tradisional adalah nasi liwet sebagai salah satu ikon. Nasi liwet paling laris biasanya di Yu Sani atau Mboke Arum karena memang terkenal lezat. Dua opsi makanan khas Solo tersebut merupakan pilihan paling baik di kalangan warga setempat. Jadi, tidak perlu diragukan lagi bahwa rasanya pasti sudah teruji sehingga mempunyai testimoni secara positif.

(Baca Juga: Ragam Jenis Soto Khas Indonesia, Mana Favorit Anda?)

Contoh kedua yaitu cabuk rambak yang menjadi tambahan saat Anda menikmati hidangan bubur dan sebagainya. Untuk opsi ketiga yaitu angkringan atau wedangan yang mempunyai beragam hidangan sekaligus untuk disajikan. Angkringan sangat kental dengan kehidupan masyarakat warga Solo sehingga jumlahnya sangat banyak di berbagai tempat. Lalu, ditambah lagi referensi berikutnya adalah es dawet Bu Dermi di wilayah pasar gede.

Seluruh rekomendasi di atas tentu saja akan membawa nostalgia Anda serasa menikmati suasana yang hangat. Tidak diherankan bila banyak pengunjung ingin datang hanya karena mencari kuliner istimewa sebagai tujuannya. 

Jajan Kuliner Siang Hari di Kota Surakarta

makanan khas Solo - wisata kulier siang kota surakarta

Melihat adanya referensi seputar jajanan dan makanan khas Solo, ternyata banyak sekali yang bisa dicoba. Pastinya, setiap orang akan menikmati beragam hidangan dengan cita rasa khas tradisional dan lezat. Namun, terkadang banyak orang bingung untuk melakukan perjalanan kuliner di siang atau malam hari. Maka, kami membuat rekomendasi untuk mengunjungi beberapa tempat jajan dimulai dari siang hari terlebih dahulu.

Untuk kuliner pada saat siang, Anda bisa memilih banyak sekali opsi untuk dijadikan hidangan spesial. Sebab, makan siang mempunyai beragam pilihan setelah mayoritas orang menjalani aktivitas sejak pagi hari. Pertama, Anda bisa memilih menu rawon dan soto apabila ingin makan nasi daging berkuah. Biasanya kebanyakan orang bakal memilih soto gading dan rawon gladag sebagai opsi terbaik dari menunya.

Kedua, makanan khas Solo menarik di waktu siang adalah aneka sate dan masakan serba kambing. Jenis masakan ini memiliki banyak sekali peminatnya sehingga selalu ramai hampir di setiap tempat. Referensi dari sate kambing di Surakarta antara lain Pak Manto, Bu Bejo, dan Mbok Galak. Namun masih ada jenis kuliner lainnya lagi yaitu timlo Solo yang juga sangat terkenal.

Pastinya, silahkan Anda coba terlebih dahulu referensi tersebut sembari jalan-jalan mencari opsi kuliner yang lainnya. Kini, tidak perlu bingung lagi apabila ingin makan siang nikmat, lezat, dan harganya murah.

Aneka Masakan Spesial Terlengkap di Malam Hari

makanan khas Solo - wisata kuliner malam hari

Berkaitan dengan adanya rekomendasi pada makanan di saat malam tentu pilihan juga sangat banyak. Para wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat sekaligus karena opsi kuliner malam juga sangat beragam jenisnya. Contoh makanan khas Solo yang sangat dikenal pada waktu malam hari adalah gudeg ceker. Hidangan ini cukup berbeda rasa dan macam isiannya dengan gudeg jogja namun rasanya juga istimewa.

Gudeg ceker biasanya pada daerah Margoyudan dengan nama warung Bu Kasno selama jam dini hari. Opsi lainnya terkait gudeg spesial dari kota Surakarta adalah Gudeg Relasi pada wilayah kleco. Pilihan lainnya untuk mengisi momen kuliner malam adalah masakan bistik daging ayam dan sapi. Bistik Pak Darmo dan Bestik Harjo menjadi ikon untuk jenis kuliner tersebut karena rasanya spesial.

Banyak sekali peminat dari bestik karena pada kota Solo rasanya lebih kuat dan kental. Alhasil, cita rasa yang dihadirkan sangat menggoda dan memuaskan lidah sepanjang menikmati hidangan bistik tersebut. Lalu untuk makanan khas Solo selanjutnya yaitu masih ada pilihan lain seperti adanya susu segar. Di tempat penjualan susu segar kaki lima, ternyata terdapat beberapa santapan sembari menikmati minuman.

Dari situ, dapat diketahui bahwa kuliner di saat malam juga terkesan lengkap karena banyak opsinya. Jadi, tidak menimbulkan suatu kebingungan apabila seorang pengunjung ingin menikmati beberapa hidangan berbeda sekaligus.

Bakmi Jawa Sering Menjadi Favorit Bagi Para Pendatang

makanan khas Solo -Bakmi jawa

Salah satu model masakan yang juga sangat digemari oleh banyak orang adalah bakmi jawa. Mungkin bagi kalangan pecinta masakan tersebut, bakal selalu merindukan kota Solo karena cita rasa kulinernya. Termasuk bakmi jawa, bisa dibilang kota ini mempunyai banyak sekali penjual yang sudah terkenal namanya. Bahkan hingga luar kota sekalipun, model masakan ini selalu dicari karena terkesan spesial rasanya.

Cara memasak juga tidak sembarangan, sebab menggunakan arang sebagai api selama proses masak berlangsung. Menurut penjual makanan khas Solo tersebut, masak menggunakan arang membuat aroma dan rasa sangat istimewa. Ketika Anda mencari rekomendasi untuk membeli bakmi dengan rasa terbaik, bisa mencoba pilihan paling terkenal. Hal ini mengacu pada beberapa opsi seperti Bu Citro, Bakmi 5758, dan Mbah Mangun.

Beberapa pilihan lainnya juga terkenal nikmat, tergantung selera dari lidah pengunjung untuk merasakan masakannya. Dijamin, nantinya pasti terasa sangat nikmat apabila menikmati hidangan tersebut pada saat suasana malam hari. Mayoritas menu yang disajikan tentu sangat beragam mulai dari nasi, bakmi, bihun, capcay, hingga risoles. Setiap menu mempunyai keunggulan masing-masing sehingga mampu memunculkan rasa nikmat sesuai karakteristik pada masakannya.

Jadi, jangan sampai melewatkan momen untuk menikmati hidangan khas berupa bakmi yang dimasak menggunakan arang. Pastinya, sensasi dari masakan jauh berbeda apabila dimasak dengan menggunakan gas elpiji pada umumnya.

(Baca Juga: Wajib Kunjungi: 9 Rekomendasi Kuliner Jogja Terpopuler)

Beragam Buah Tangan Paling Cocok Dibawa dari Solo

Demi mencari oleh-oleh untuk diberikan kepada orang lain, maka Anda pasti ingin membawakan hadiah spesial. Tentunya masih berkaitan dengan makanan khas Solo, terdapat beberapa rekomendasi snack yang dapat dipilih. Pasalnya, banyak di kalangan orang yang bingung untuk menentukan oleh-oleh saat sedang pergi berlibur. Namun karena sedang pergi ke Surakarta, opsinya pasti terasa lebih beragam demi menentukan snack oleh-oleh.

  • Buah tangan paling cocok yang sudah sejak lama jadi ciri khas dari Solo adalah serabi. Serabi notosuman sering sekali dijadikan pilihan apabila bingung ingin membawakan bingkisan kepada orang terdekat.
  • Masih ada pilihan lain yaitu intip sebagai cemilan khas kota Surakarta yang masih terkesan tradisional. Bahkan istilah makanan intip juga cukup terdengar dan dikenal banyak orang karena menjadi identitas.
  • Sedangkan bentuk cemilan lainnya yang masuk rekomendasi adalah sosis goreng atau dengan istilah sosis Solo. Sosis Mbah Bedug menjadi opsi terbaik apabila Anda ingin menikmati santapan lezat dan nikmat.

Melalui berbagai opsi di atas, seharusnya Anda tidak akan mengalami kesulitan lagi saat mencari makanan. Segala wujud kuliner pada kota tersebut selalu membawa rasa yang sangat enak secara menyeluruh. Mulai sekarang, Anda bisa memulai untuk wisata kuliner sejak pagi bahkan hingga malam hari sekaligus. Dengan begitu, segala jenis makanan khas Solo pasti bisa membawa kesan menarik berkat rasanya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts