Masukkan Makanan Penambah Darah Ini ke Menu Makanan

makanan penambah darah

Saat ini banyak orang yang membutuhkan asupan makanan penambah darah untuk tubuhnya dikarenakan sering mengalami gangguan akibat kekurangan darah. Tentu, banyak faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kekurangan darah. 

Bahkan sebagian sudah mengkonsumsi obat sejak lama. Darah pada tubuh memiliki peran dan fungsi penting seperti untuk menyalurkan makanan atau gizi ke semua bagian tubuh untuk melakukan fungsi selanjutnya. 

Selain itu darah juga berperan untuk mengantarkan oksigen dari paru-paru serta mengangkut karbondioksida yang penting bagi tubuh. Kedua hal tersebut menjadi penting bagi tubuh untuk bisa melakukan aktivitasnya. 

Maka muncul sebuah pertanyaan bagaimana jika ternyata seseorang mengalami kekurangan darah dari berbagai faktor? Lalu apa yang harus dilakukan untuk menambah kadar darah dalam tubuh manusia untuk kembali bisa beraktivitas?

Ini lah yang akan dikupas pada artikel kali ini bagi Anda yang mungkin sudah kebingungan mencari jawaban dari masalah kekurangan darah pada tubuh Anda. Anda bisa coba masukkan beberapa daftar makanan penambah darah yang akan kami jelaskan seperti dibawah ini. 

Efek Kekurangan Darah Pada Manusia

Sebelum menjawab kira-kira makanan atau kandungan pada makanan apa yang bisa Anda konsumsi untuk menambah darah pada tubuh Anda. 

Maka ada baiknya untuk mengenal lebih lanjut efek dari kekurangan darah pada manusia. Di bawah ini adalah beberapa efek kekurangan darah yang kerap muncul. 

Gagal Jantung

makanan penambah darah - gagal jantung

Efek negatif yang pertama ketika Anda mengalami kekurangan darah dalam jangka panjang adalah gagal jantung. Efek ini menjadi masalah besar dari komplikasi kekurangan darah yang sangat ditakuti oleh semua manusia. 

Karena dapat menghilangkan nyawa seseorang. Ketika seseorang kekurangan darah, maka jantung akan lebih keras bekerja untuk bisa memompakan darah ke seluruh tubuh serta memenuhi kebutuhan oksigen dalam tubuh. 

Meski sebenarnya kekurangan darah seringkali tidak disadari, namun ketika Anda sudah mengetahuinya lebih baik untuk segera melakukan penjagaan. 

(Baca Juga: Makanan Tinggi Protein Harus Menjadi Daftar Masakan Rumahan)

makanan penambah darah - kecerdasan manusia

Kekurangan darah juga disebut dengan anemia oleh masyarakat umum, meski sebenarnya anemia memiliki pengertiannya sendiri. Bagi anak-anak yang sudah memiliki masalah satu ini. 

Maka bisa dipastikan bahwa kecerdasannya lebih rendah dibandingkan anak pada umumnya. Padahal Anda tahu bahwa usia anak-anak adalah usia emas untuk masa depannya. 

Maka dari itu disinilah Anda membutuhkan makanan penambah darah yang bisa Anda coba untuk anak Anda mulai sejak dini. 

Mengganggu Kesehatan Reproduksi Wanita

makanan penambah darah - reporduksi manusia

Tidak hanya pada anak-anak, ternyata kekurangan darah dapat membuat gangguan pada wanita. Fatalnya jika Anda masih menganggap bahwa kekurangan darah adalah hal yang sepele. 

Maka mulai sekarang berhenti berpikiran seperti itu karena nantinya Anda akan mengalami masalah saat bersalin seperti keguguran dan pendarahan setelah persalinan. 

Gejala yang ditimbulkan dari efek kurang darah pada tubuh juga terbilang cukup sepele seperti saat mengalami sakit biasa maka tidak suatu hal salah jika ini jarang disadari banyak orang. 

Adapun gejalanya adalah kulit yang tampak pucat, dingin pada bagian tangan dan kaki, merasakan sesak napas dengan intensitas cukup sering, dan muncul rasa pusing atau sakit kepala. 

Melihat banyaknya efek buruk yang ditimbulkan ketika mengalami kekurangan darah, maka Anda harus segera mencoba untuk memperbaiki masalah ini dengan memasukkan daftar makanan penambah darah di bawah ini. 

Makanan yang Punya Kandungan Tinggi Asam Folat

Makanan pertama yang akan dibahas adalah sumber makanan dengan kandungan tinggi asam folat. Asam folat atau Vitamin B ini menjadi vitamin kompleks yang bisa larut di dalam air serta menjadi zat penting pembangunan tubuh manusia. 

Karena memiliki sifat multifungsi bagi manusia. Sifat multifungsi tersebut adalah membantu proses produksi DNA dan juga pembentukan dari sel darah merah yang menjadi topik pembahasan utama. 

Disebutkan bahwa ternyata kandungan ini sangat dibutuhkan bagi para ibu hamil yang banyak manfaatnya bahkan juga bagi wanita sedang menjalankan promil atau program hamil. 

Roti

makanan penambah darah - Roti

Makanan pertama yang mengandung tinggi asam folat adalah Roti dengan sumber kandungan asam folat tinggi. Mungkin terdengar aneh, namun pada kenyataannya banyak roti yang memiliki kandungan tersebut, meski sebenarnya beberapa juga tidak terlihat menonjolkan kandungan tersebut dalam kemasannya. 

Kacang-kacangan

Selanjutnya makanan penambah darah yang mengandung asam folat adalah kacang-kacangan seperti kacang polong. Ada juga sayuran berwarna hijau seperti kangkung, bayam, sawi hijau, dan beragam jenis sayuran lain yang bisa ditemukan dengan mudah di pasar atau warung-warung terdekat di sekitar rumah Anda. 

Sereal

makanan penambah darah - Sereal

Jika Anda merasa bahwa makanan di atas masih kurang dan masih sulit untuk dikonsumsi maka ada jenis makanan yang mudah untuk disantap yaitu sereal. Di dalam satu kemasan sereal ada banyak vitamin dan zat lain dengan tujuan memenuhi kebutuhan dari tubuh manusia dengan lebih mudah tanpa takaran-takaran lagi. 

Makanan Penambah Darah dengan Tinggi Zat Besi

Sumber makanan paling tinggi yang dapat membantu penambahan darah pada tubuh manusia adalah kandungan zat besi tinggi. Darimanakah Anda bisa mendapatkan makanan penambah darah tersebut? 

Jawabannya yaitu salah satunya dari daging merah seperti dari daging sapi. Daging sapi merah dapat masukkan pada menu makanan Anda di hari-hari tertentu sesuai kebutuhan dan waktu Anda. 

Bukan karena Anda membutuhkan makanan pembawa darah dari daging merah lalu Anda jadi sembarangan memakannya dalam jumlah banyak karena tentu semua harus ada porsinya masing-masing. 

Anda juga bisa mendapatkan makanan penambah darah dari daging kambing dan daging unggas yang lebih mudah untuk ditemukan bahkan di sekitar tempat Anda tinggal. Pada 100 gram daging merah, Anda bisa mendapatkan paling tidak sekitar 2,7 miligram zat besi di dalamnya. 

Maka untuk porsi sehari sudah memenuhi sebesar 15 persen. Sedangkan untuk porsi daging kambing dan daging unggas Anda sudah memenuhi porsi zat besi dalam tubuh sebesar 13 persen. 

Dari ukuran berat daging merah, unggas, atau kambing Anda bisa memasukkan ke dalam menu makanan untuk mencukupinya setiap hari dengan cara selang seling agar tidak mudah bosan dengan makanan tersebut. 

Selanjutnya ada jeroan yang dianggap buruk bagi kesehatan tubuh ternyata berdampak baik bagi para penderita kekurangan darah atau disebut anemia. Jeroan atau bagian dalam hewan seperti hati, jantung, dan otak juga penghasil zat besi yang terbilang cukup tinggi loh. 

(Baca Juga: Berbagai Makanan Penurun Kolesterol yang Bisa Diikuti)

Makanan yang Mengandung Vitamin B12

Di dalam daging merah juga mengandung vitamin B12, namun Anda bisa menemukan vitamin B12 juga dari makanan seperti produk susu. Keju dan susu asli merupakan dua contoh produk susu yang paling mudah untuk ditemukan di sekitar Anda saat ini. 

Ternyata mengandung B12 lumayan tinggi sehingga cocok jadi makanan penambah darah. Selain itu ada juga telur yang memang sudah diketahui menjadi makanan dengan sumber gizi terbaik bagi banyak orang. 

Mengapa karena pada dasarnya telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan dari tubuh manusia per harinya. Mengapa B12 dibutuhkan untuk menjadi makanan peningkat darah?

Jawabannya adalah karena B12 berperan penting untuk membuat peningkatan fungsi pada sumsum tulang. Hubungannya dengan darah adalah karena saat fungsi sumsum tulang belakang yang baik akan dapat menghasilkan sel darah merah secara normal pada tubuh manusia. 

Tanpa bantuan alat atau apapun dari luar. Dimana ketika seseorang kekurangan makanan penambah darah dari zat vitamin B12 ini maka akan membuat bentuk dari darah jadi berbeda atau wujudnya tidak abnormal. 

Bentuk tersebut akan tampak seperti oval dan tidak berbentuk bulat pipih maka ini dapat menyebabkan munculnya masalah-masalah baru pada tubuh seseorang yang menjadi penyakit. 

Sumber makanan selanjutnya untuk meningkatkan jumlah darah selain produk susu dan telur juga adalah beragam jenis ikan segar. Selain bermanfaat menambah darah, tentu Anda juga sudah tahu bahwa ikan dapat memberikan kecerdasan pada manusia. 

Dan ini cukup penting bagi pertumbuhan anak Anda di kemudian hari. Makanan yang Anda konsumsi setiap hari harus beragam agar tidak mudah bosan dan perlu memenuhi setiap kebutuhan dari tubuh Anda. 

Dari beberapa jenis makanan di atas, sekarang Anda lebih mengerti mengatur dan memasukkan makanan Anda setiap hari guna mengurangi risiko penyakit lain muncul dari makanan penambah darah ini. 

Total
16
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts