Berbagai Makanan Penurun Kolesterol yang Bisa Diikuti

makanan penurun kolesterol

Makanan penurun kolesterol menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan agar bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Lebih-lebih, salah satu cara ampuh yang bisa dilakukan untuk menurunkan kolesterol adalah mengatur pola makan.

Pada dasarnya, tubuh memerlukan kolesterol agar bisa membantu pembentukan sel sehat. Namun, kadar kolesterol yang sangat tinggi malah bisa menyebabkan pembentukan plak hingga akhirnya menyumbat pembuluh darah, hingga akhirnya meningkatkan risiko penyakit kronis.

Meskipun terlihat sepele, ternyata kolesterol yang tinggi bisa menyebabkan penyakit yang serius. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya mulai dari sekarang Anda berusaha untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh. 

Penyebab dari Tingginya Kadar Kolesterol

Beberapa keadaan tingginya kadar kolesterol terkadang tidak menimbulkan gejala. Oleh sebab itu kita harus mengetahui hal-hal yang menjadi penyebab kolesterol tinggi. Berikut makanan yang dapat membuat kadar kolesterol menjadi tinggi:

Gorengan

makanan penurun kolesterol - gorengan

Makanan yang pengolahannya dengan cara digoreng memiliki kandungan kolesterol tinggi yang sangat banyak. Sehingga akan lebih baik bila menghindarinya. Makanan dengan pengolahan digoreng juga tinggi kalori serta memiliki kandungan lemak trans yang banyak. 

(Baca Juga: Penting Untuk Disimak, Jenis-jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol)

Makanan cepat saji

makanan penurun kolesterol - fast food

Apakah Anda gemar mengkonsumsi makanan cepat saji. Padahal, makanan cepat saji menjadi faktor penyebab penyakit kronis seperti diabetes, jantung serta obesitas. Mengkonsumsi makanan cepat saji juga memiliki risiko peradangan tinggi.

Sehingga, meskipun Anda gemar mengkonsumsi makanan penurun kolesterol, Anda tetap tidak dianjurkan mengkonsumsi makanan cepat saji secara berlebihan. 

Jeroan

makanan penurun kolesterol - jeroan

Jeroan menjadi menu yang wajar dikonsumsi masyarakat Indonesia. Bahkan, tidak sedikit makanan khas yang menggunakan jeroan untuk bahan utamanya seperti babat, hati, usus dan otak. 

Padahal, jeroan tidak seharusnya dikonsumsi, apalagi jika kadarnya sudah berlebihan. Hal ini disebabkan karena kandungan kolesterol di dalamnya begitu tinggi, selain itu juga terdapat kandungan purin yang menyebabkan asam urat.

Daging olahan

makanan penurun kolesterol - daging olahan

Daging olahan seperti sosis, daging asap, nugget, bacon dapat menjadi penyebab kolesterol tinggi. mengkonsumsi hingga 50 gram daging olahan per hari bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung lebih tinggi. 

Minuman kemasan

makanan penurun kolesterol - minuman kemasan

Berbagai macam produk minuman kemasan seperti jus buah, teh, kopi dan berbagai minuman lain sarat dengan kandungan pemanis tinggi. gula pemanis berhubungan erat dengan kadar kolesterol. 

Gejala Kolesterol Tinggi yang Harus Diperhatikan

Bila Anda memiliki nilai kolesterol total yang tinggi serta LDL rendah, bisa jadi Anda termasuk di dalam kelompok orang dengan kolesterol tinggi. Berikut beberapa gejala kadar kolesterol yang tinggi:

Tekanan darah tinggi

makanan penurun kolesterol - tekanan darah tinggi

Tingginya tekanan darah juga erat dikaitkan dengan tingginya kadar kolesterol di dalam tubuh. Namun, tekanan darah tinggi tidak dapat dirasakan langsung, cara mendeteksinya dengan melakukan pemeriksaan rutin.

Bau mulut

makanan penurun kolesterol - bau mulut

Banyak yang tidak mengira jika bau mulut menjadi salah satu indikasi tingginya kolesterol. Sebenarnya bau mulut menjadi gejala yang umum terjadi, karena tingginya kadar kolesterol bisa memberikan dampak kurang baik bagi pencernaan.

Mudah lelah

makanan penurun kolesterol - mudah lelah

Bila beberapa waktu belakangan ini Anda mudah lelah padahal sudah melakukan istirahat dengan cukup, bisa jadi penyebabnya adalah kadar kolesterol yang tinggi. kurangnya pasukan oksigen bisa menyebabkan jaringan tubuh bekerja ekstra. 

Tubuh terpaksa melakukan metabolisme yang lebih keras sehingga menyebabkan Anda menjadi cepat letih serta lemah. Ketika terjadi hal seperti ini, tidak ada salahnya Anda mencoba memeriksakan diri dan mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Otot tubuh menjadi lemah

makanan penurun kolesterol - otot tubuh menjadi lemah

Efek tingginya kolesterol juga bisa menyebabkan otot tubuh menjadi lemah. Sumber masalahnya yakni pasokan aliran darah yang tidak merata hingga ke seluruh tubuh. Otot yang paling umum diserang adalah otot kaki. 

Pilihan Buah Sebagai Makanan Penurun Kolesterol

Terdapat beberapa pilihan buah yang bisa membantu menurunkan kolesterol. Buah adalah serat larut yang bisa mengikat asam di dalam empedu sehingga bisa menurunkan penyerapan kolesterol dan lemak di dalam darah. Di bawah ini berbagai macam pilihan buah tersebut:

Jeruk bali

Sebuah penelitian menemukan fakta jika jeruk bali merupakan makanan penurun kolesterol total dan tekanan darah. Orang yang mengkonsumsi jeruk bali 3 kali sehari dalam 6 minggu dapat menurunkan kolesterol secara signifikan.

Hal tersebut disebabkan karena jeruk bali kaya dengan kandungan serat larut pektin sehingga bisa menghambat penyerapan kolesterol. Jeruk bali juga memiliki kandungan flavonoid sehingga bisa mencegah penumpukan plak di dalam darah. 

Anggur

Buah lain yang mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah adalah anggur. Manfaat anggur sebagai makanan penurun kolesterol berasal dari kandungan polifenol dan antosianin di dalamnya. 

Kandungan resveratrol bisa membantu mengurangi pembentukan LDL dalam darah, dan antosianin dapat menurunkan kadar trigliserida dalam hati dan menurunkan produksi pembentuk kolesterol.

Apel

Ungkapan sebuah apel menurunkan kolesterol buruk di dalam tubuh ternyata memang benar. Apel kaya dengan kandungan serat larut sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Selain itu apel juga memiliki kandungan polifenol yang memiliki sifat antioksidan sehingga bisa menghambat oksidasi LDL. Oksidasi ini yang akan membuat plak menumpuk dan membuat penyumbatan.

Buah pir

Pir merupakan buah yang memiliki tekstur crunchy serta manis. Pir memiliki serat pektin yang sangat tinggi sehingga bisa menurunkan kadar kolesterol. Nantinya pektin akan mengikat kolesterol dan mengeluarkannya sebelum terserap tubuh.

Penelitian juga mengungkapkan jika pengonsumsian pir satu kali sehari bisa menurunkan stroke hingga 52%.

(Baca Juga: Ampuh! Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat)

Makanan Penurun Kolesterol yang Bisa Dipilih

Agar dapat mengendalikan tingginya kadar kolesterol didalam tubuh, ada beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi penderita ini. Berikut beberapa makanan yang bisa menurunkan kolesterol:

Sayuran hijau

Sayuran hijau mempunyai kemampuan mengikat asam empedu dari kolesterol. Hal tersebut bisa merangsang kantung empedu agar memproduksi lebih banyak asam dengan menggunakan kolesterol di darah, sehingga kolesterol akan mengalami penurunan.

Sayuran yang bisa dijadikan sebagai pilihan seperti kubis, kangkung, bayam, brokoli dan lainnya. Anda dapat mengolah berbagai macam sayuran tersebut dengan cara dikukus. 

Makanan laut dan ikan

Ikan-ikan berlemak seperti makarel, salmon serta sarden sebenarnya memiliki sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik. makanan seperti udang, serta kerang juga memiliki kandungan lemak sehat yang bisa Anda nikmati.

Anda dapat mengolah makanan penurun kolesterol ini dengan cara direbus. Hindari memasak dengan menggunakan tambahan minyak.

Biji utuh

Biji utuh terbukti bisa menurunkan kadar kolesterol serta mencegah resiko jantung. Biji-bijian utuh memiliki kandungan berbagai macam nutrisi seperti mineral, senyawa bioaktif, hingga serat larut dengan nama beta glucan. 

Terdapat studi yang menjelaskan jika kadar kolesterol jahat bisa berkurang ketika mengkonsumsi serat larut. Anda bisa memilih biji-bijian utuh.

Kacang-kacangan

Kacang-kacangan terbukti bisa menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan karena kandungan fitosterol yang bisa menghambat penyerapan kolesterol jahat di dalam usus. 

Bukan hanya itu, kacang juga memiliki berbagai macam kandungan nutrisi seperti asam amino dan lemak sehingga berguna untuk menjaga fungsi jantung serta tekanan darah agar tetap sehat. 

Tips Menurunkan Kolesterol yang Tinggi

Selain mengkonsumsi makanan penurun kolesterol, Anda juga harus melakukan pola hidup yang sehat sehingga bisa menurunkannya. Berikut beberapa tips agar bisa menurunkan kolesterol:

Konsumsi sayur dan buah harus diperbanyak

Anda bisa mengkonsumsi rekomendasi makanan buah dan sayur di atas ketika mendapati kadar kolesterol di dalam tubuh tinggi. disarankan mengkonsumsi 500 gram buah dan sayur setiap hari.

Konsumsi makanan yang rendah lemak

Pilih menu makanan yang rendah lemak. Hindari makanan berlemak seperti gorengan agar kolesterol tidak semakin tinggi.

Lakukan olahraga dengan teratur

Jika hanya mengkonsumsi makanan penurun kolesterol saja tentu tidak cukup. Anda juga harus rutin melakukan olahraga. Olahraga bukan hanya bisa membuat tubuh bugar namun bisa menurunkan kadar kolesterol yang jahat.

Berhenti merokok

Rokok dapat mengganggu keseimbangan kolesterol dalam tubuh. Oleh sebab itu mulai dari sekarang Anda harus berhenti merokok. 

Kebiasaan merokok akan menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh. Bukan hanya itu, kebiasaan merokok akan membuat pembuluh darah menjadi kaku.

Mengontrol berat badan

Cara lain menurunkan kolesterol adalah selalu mengontrol berat badan. Orang yang memiliki berat badan berlebih biasanya mengalami peningkatan kadar kolesterol di dalam tubuh, oleh sebab itu disarankan Anda melakukan diet sehat. 

Jika sudah berhasil menurunkan kadar kolesterol tinggi, disarankan Anda terus mempertahankannya. Agar kadar kolesterol tidak mudah mengalami kenaikan, disarankan menerapkan pola hidup sehat yang konsisten, serta terus mengkonsumsi makanan penurun kolesterol.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts