Agar Tetap Sehat, Ini Dia 5 Makanan Pertama Saat Buka Puasa

Buka puasa menjadi saat yang ditunggu-tunggu setelah berjam-jam menahan rasa lapar dan haus setiap harinya. Bukan hanya itu, banyak tempat ibadah dan tempat makan menyediakan menu buka puasa yang dapat dinikmati orang-orang dari berbagai kalangan. Karena rasa lapar dan haus yang terdapat pada orang yang berpuasa, ada kalanya buka puasa melibatkan lebih dari 1 macam makanan. Dalam artikel ini, makanan pertama saat buka puasa hampir sama dengan hidangan pembuka sebelum memakan hidangan-hidangan buka puasa yang lainnya.

Meskipun ada banyak macam makanan pertama saat buka puasa yang dapat kita jumpai, 5 di antaranya adalah makanan pertama saat buka puasa yang perlu dan dapat kita cicipi.

Berikut ini adalah 5 Ragam Makanan Pertama saat Buka Puasa yang Dapat Kita Coba

1. Kurma

ananMakanan pertama saat buka puasa - Kurma pertama saat buka puasa - Kurma

 

Kurma hampir selalu hadir sebagai menu dalam bulan puasa, termasuk menjadi salah satu jenis makanan pertama saat buka puasa yang pantang untuk kita lewatkan. Macam makanan yang berasal dari Timur Tengah ini terkenal memberikan rasa kenyang yang sehat selama beberapa jam lamanya per harinya. Tidak hanya memberikan rasa kenyang yang lama, makan beberapa biji kurma sebelum makan hidangan-hidangan buka puasa lainnya juga dapat membantu pencernaan. Kurma juga memiliki rasa manis alami yang baik untuk kesehatan dan imun tubuh selama bulan puasa.

Sebagai makanan yang dimakan pertama sebelum hidangan buka puasa lainnya, kurma biasanya disajikan mentah dan dimakan dalam mangkuk atau diletakkan pada piring kecil. Kurma juga dapat menjadi topping yang enak dan segar untuk es krim dengan kombinasi 2 rasa yang berbeda.

Ada juga kurma isi, yaitu biji kurma dibuang, setelah itu diisi dengan bahan makanan lain yang menyehatkan, seperti cokelat. Kurma salut dark chocolate atau white chocolate juga banyak tersedia di minimarket maupun pusat perbelanjaan dengan harga yang terjangkau.

(Baca Juga: 6 Tips Puasa Saat Corona Yang Wajib Diterapkan)

2. Sayur Dan Buah-Buahan

Makanan pertama saat buka puasa - Buah dan Sayur sayuran

Karena bulan puasa selalu dikaitkan dengan bulan penuh kebaikan atau bulan untuk memperbanyak berbuat baik, maka menu berbuka sebagai bagian dari rangkaian bulan puasa harus sehat supaya menjadi cerminan berbuat baik bagi diri sendiri. Berbicara mengenai kesehatan dan dikaitkan dengan makanan saat berbuka puasa, sayur dan buah-buahan menjadi macam makanan yang kerap dikaitkan dengan berbuka puasa. Entah itu di kota atau di desa, di warung atau di supermarket dalam hotel atau pusat perbelanjaan, kita selalu dapat menjumpai sayur dan buah-buahan.

Hal ini membuat sayur dan buah-buahan menjadi makanan berbuka puasa yang sehat tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Dalam banyak kasus, menjadikan sayur dan buah-buahan sebagai makanan pertama saat buka puasa pun sah-sah saja. Sebagai makanan pertama yang dimakan sebelum makanan berbuka puasa lainnya, kita dapat mengonsumsi sayur dan buah-buahan dalam keadaan mentah. Pastikan sayur dan buah-buahan telah kita cuci dengan bersih, sehingga tidak menimbulkan racun atau infeksi untuk pencernaan.

Sebagai makanan yang dimakan terlebih dahulu sebelum hidangan berbuka puasa lainnya, kita juga kerap menjumpai sayur dan buah-buahan dalam bentuk salad atau smoothie. Banyak sayur juga menjadi tambahan yang menyeimbangkan rasa berat hot dog, sandwich, atau sajian roti lainnya.

3. Aneka Pastry

Makanan pertama saat buka puasa - Pastry

Jika berpikir mengenai pastry, banyak di antara kita yang berpikir mengenai croissant cokelat, chocolate choux, atau hidangan manis sejenisnya. Faktanya, tidak hanya sweet pastry atau pastry berasa manis seperti cokelat atau aneka buah beri yang dapat kita jadikan sebagai makanan pertama selama berbuka puasa. Savory pastry atau pastry yang berisi keju, olahan daging, sayur, bertopping saus tomat atau sambal, abon, dan sebagainya juga dapat kita jadikan makanan pertama selama berbuka puasa.

Untuk kenyamanan perut yang maksimal selama berbuka puasa, croissant dapat diisi dengan cacahan daging ayam, ikan tuna, atau salmon. Tambahkan topping saus mayonnaise karena saus ini bersifat menenangkan perut. Jika tidak memungkinkan, saus tomat juga dapat menjadi alternatif yang baik. Tambahkan abon ikan sebagai dekorasi. Untuk alternatif pastry yang ekonomis, bisa juga memilih pastel aneka rasa. Panada adalah salah satu contoh pastel yang dapat kita temui dimanapun kita berada. Pastel jenis lain seperti pastel ragout atau pastel soun juga dapat kita jadikan pastry yang enak untuk berbuka puasa.

4. Daging-Dagingan

Makanan pertama saat buka puasa - Daging

Dalam dunia kesehatan, daging cenderung memiliki reputasi buruk. Pasalnya, banyak ahli kesehatan yang menyarankan untuk tidak mengkonsumsi daging karena dikhawatirkan dapat menjadi pemicu kanker atau penyakit mengerikan lain yang sejenis. Di saat yang sama, kita membutuhkan konsumsi daging mengingat daging termasuk penyumbang energi terbesar dalam dunia makanan, termasuk makanan pertama saat buka puasa. Daging juga memiliki kandungan protein yang tinggi yang berguna untuk menjaga kondisi imun tubuh, membentuk tulang yang lebih kuat, dan sebagainya.

Sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daging-dagingan dalam bentuk kalengan. Mengkonsumsi produk daging dalam bentuk kalengan justru memperparah fakta yang telah dikatakan oleh para ahli kesehatan mengenai daging menghasilkan kanker. Apalagi bila kita memakannya dengan saus botolan yang mengandungi pengawet.

Boleh makan daging dengan sajian tepung seperti dalam aneka pastry atau sejenisnya. Namun, pastikan porsi tepung dan minyaknya tidak melebihi daging sehingga tidak merusak cita rasa daging sambil tetap menjaga khasiat daging untuk kesehatan tubuh selama bulan puasa.

(Baca Juga: 7 Tips untuk Tahu Umur Berapa Anak Diajarkan Puasa)

Daging ayam, sapi, dan kambing, adalah tiga jenis daging yang sering dimakan sebagai makanan pertama saat buka puasa. Ketiga jenis olahan daging ini paling baik dikonsumsi dalam bentuk sup atau gulai selama santan dan/atau minyak tidak terlalu mendominasi. Banyak juga yang mengonsumsinya dalam bentuk sate, krengsengan, atau hidangan sejenis.

Untuk alternatif yang lebih sehat, kita juga dapat memilih daging vegetarian. Sama seperti daging hewani, sebagai makanan yang dimakan pertama saat buka puasa, daging vegetarian dapat dikonsumsi dalam bentuk sup, gulai, sate, krengsengan, atau sejenisnya. Pengolahannya pun sama dengan daging hewani. Yang membedakan adalah daging vegetarian terbuat dari protein yang juga terdapat pada kacang-kacangan dan tempe. Daging vegetarian juga lezat dan sehat meski dalam bentuk ham, daging asap, atau sosis.

5. 3T (Tahu, Tempe, Telur)

Makanan pertama saat buka puasa - Tempe Tahu

Ketika mendengar mengenai 3T, hal pertama yang muncul di pikiran kita adalah tahu, tempe, dan telur. Bila dikombinasikan menjadi satu hidangan, biasanya kita berpikir tentang penyetan. Sebenarnya, tidak dilarang makan penyetan sebagai makanan pertama yang kita makan saat buka puasa. Bila kita makan penyetan sebagai makanan buka puasa pertama kita, maka tidak disarankan menambahkan terlalu banyak cabai merah dan cabai rawit ke dalam sambal penyetan yang dapat mengakibatkan asam lambung, maag, dan penyakit perut lainnya.

Jangan juga menambahkan terlalu banyak lalapan yang sifatnya “dingin” dan keras digigit, seperti mentimun dan kubis. Kemangi boleh ditambahkan dalam jumlah yang terbatas. Biasanya, hidangan yang disebut dengan 3T ini diolah dengan cara tahu dan tempe digoreng dan telurnya direbus atau dijadikan telur dadar. Ketika menjadikan 3T sebagai makanan pertama yang kita makan saat buka puasa, kita boleh mengkonsumsi tahu dan tempe serta telur secara terpisah. Misalnya, tahu dan tempe dicampur dalam hidangan lain. Sementara itu, 1-2 butir telur hard-boiled kita makan sebelumnya.

6. Biskuit

Makanan pertama saat buka puasa - Biskuit

Berbeda dengan pastry yang disajikan hangat (atau dihangatkan setelah menginap di freezer selama berhari-hari), biskuit disajikan kering dalam suhu ruangan. Yang dimaksud dengan biskuit sebagai makanan pertama saat buka puasa di sini adalah biskuit untuk kesehatan. Pilihlah biskuit yang memiliki kualifikasi kesehatan, seperti biskuit ramah vegan atau vegetarian, non-GMO, atau sejenisnya. Periksa juga kandungan bahan yang terdapat pada biskuit. Beberapa macam bahan biskuit yang sehat misalnya minyak biji bunga-bungaan, sayur-sayuran, madu, sirup glukosa, dan sejenisnya.

Biskuit sehat tidak harus yang mengandung sayur dan buah-buahan. Alternatif ekonomis yang banyak tersedia di sekitar kita juga ada biskuit Marie dengan aneka mereknya. Biskuit ini adalah biskuit digestive atau biskuit untuk memperbaiki kinerja pencernaan.

 

Selain kelima macam makanan pertama untuk berbuka puasa di atas, masih ada makanan lain yang dapat kita jadikan makanan pertama kita saat buka puasa. Namun, kita dapat menjadikan kelima macam makanan di atas sebagai referensi kita.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts