9 Tips Memilih Makanan Sehat Saat Lebaran

Setelah satu bulan berpuasa, tiba saatnya Lebaran. Makanan sehat saat Lebaran mungkin jarang kita temui. Masakan yang ada cenderung mengandung lemak dan karbohidrat seperti semur daging, rendang, juga opor ayam. Kebanyakan orang setelah libur Lebaran, akan mengalami kenaikan berat badan. Tidak heran tentu saja karena makanan yang dikonsumsi mayoritas berbahan dasar santan yang lemaknya tinggi. Belum lagi, terkadang kita “kalap” memakan dan mencicipi setiap makanan yang dihidangkan. 

Makanan sehat saat Lebaran bisa diciptakan. Ada beberapa tips yang bisa kita coba agar Lebaran kita bisa tetap makan banyak namun sehat. 

Tips Memilih Makanan Sehat Saat Lebaran

1. Ganti Makanan Bersantan dengan Jenis Lain

makanan sehat saat lebaran - makanan santan

Salah satu tips membuat makanan sehat saat Lebaran adalah dengan mengganti makanan bersantan dengan produk santan yang lebih sehat. Tidak afdol rasanya apabila Lebaran tidak makan opor atau gulai, atau juga rendang. Semua makanan tersebut menggunakan santan sebagai bahan baku utama untuk kuahnya. Dan tentu saja, santan inilah yang dianggap menjadi sumber utama kolesterol di masakan Lebaran. 

Kolesterol sesungguhnya tetap dibutuhkan oleh tubuh. Bahkan, mempunyai manfaat yang baik untuk menjalankan fungsi tubuh kita. Tetapi, kalau dikonsumsi berlebihan, tentu saja akan menimbulkan dampak buruk untuk kesehatan. Kolesterol yang berisiko adalah kolesterol jahat yang menyebabkan penyakit jantung koroner.

Supaya makanan berlemak tidak membahayakan, kita bisa menggantinya dengan produk santan yang lebih sehat yang sekarang banyak beredar di pasaran, disebut multipurpose creamer. Creamer ini tentu saja lebih sehat, dan soal rasa jangan khawatir karena tetap memberikan rasa gurih juga lezat untuk masakan kita. Namun tetap saja batasi asupan makanan yang berlebihan ketika Lebaran.

2. Makan Sehat

makanan sehat saat lebaran - makanan sehat

Kalau ingin tetap menyediakan makanan bersantan ketika Lebaran, maka kita harus mengimbangi dengan menyediakan makanan sehat. Hal ini bisa jadi pilihan. Pastikan porsi hidangan makanan sehat dan bersantan sama. Hidangan seperti rendang, opor ayam, sayur labu, atau gulai pasti saja menggugah selera, tapi makanan ini rendah serat dan sangat tinggi kalori. Jadi, imbangi dengan menyediakan menu sayur dan buah agar kebutuhan gizi harian kita tetap tercukupi.

(Baca Juga: 7 Jenis Makanan Untuk Parcel Lebaran Yang Banyak Dipilih Dan Gunakan)

3. Cemilan Sehat

makanan sehat saat lebaran - Cemilan sehat

Tantangan lain ketika berlebaran adalah kita ingin makan dan mencicipi semua hidangan. Setelah sebulan berpuasa rasanya rugi tidak memanjakan lidah kita dengan makan makanan enak selama di hari kemenangan. Untuk menyiasati agar kita tidak makan makanan berat dan bersantan terlalu banyak di Lebaran, sediakan terlebih dulu cemilan sehat. Makan cemilan membantu kita untuk mengendalikan makan berlebih, dan membuat kita lekas kenyang. Hindari makan kue-kue yang terlalu banyak gula, sediakan biskuit rendah gula, buah-buahan segar, kacang rebus, atau juga kacang almond. 

Kita berpikir mungkin rasanya tidak terlalu enak, tapi makanan sehat ini bisa membantu kita menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Sehingga baik bagi kita yang punya gangguan kesehatan yang cukup serius. Makanan di atas mudah untuk disiapkan juga untuk dihidangkan. 

Satu tips agar kita kenyang lebih lama adalah dengan makan makanan sehat terlebih dahulu, lalu pilih makanan berat lain seperti opor dan ketupat. Dengan kenyang lebih lama, tubuh kita mampu mencerna makanan dengan efektif. 

4. Pilih Minuman Sehat

makanan sehat saat lebaran - minuman sehat

Selain makanan enak, Lebaran menawarkan kita berbagai minuman enak pula. Dari es teh manis, es sirup, atau soft drink pasti banyak ditemukan ketika Lebaran. Minuman banyak gula dikombinasikan dengan makanan berlemak pastinya punya pengaruh yang buruk bagi kesehatan. Jadi jangan sampai tergiur untuk banyak minum minuman tidak sehat selama Lebaran. Kalau ingin minum, ambilah secukupnya dan imbangi dengan banyak minum air putih. 

5. Mulai Dulu dengan Sarapan

makanan sehat saat lebaran - mulailah dengan sarapan

Agar kita tetap sehat setelah Lebaran, mulai dulu hari H Idul fitri dengan sarapan yang sehat. Awali hari dengan sarapan sebelum kita berangkat shalat Id. Mulai sarapan dengan makan sayuran yang kaya akan mineral dan vitamin. Diikuti dengan makanan lain berprotein tinggi. Sisipkan menu buah dalam sarapan kita untuk mencukupi kebutuhan serat harian. Setelah sarapan kenyang, tubuh kita tentu saja akan mengontrol diri untuk makan makanan Lebaran yang tinggi lemak. Sayur dan buah juga akan membuat asupan kalori kita seimbang dalam tubuh. Inilah cara mengkonsumsi makanan sehat saat Lebaran.

6. Siasati Masakan

makanan sehat saat lebaran - siasati masakan

Selain mengganti bahan santan dengan creamer, kita juga bisa mengganti lauk yang ada di opor atau rendang dengan bahan baku yang lebih sehat. Misalnya, apabila biasanya kita menggunakan bagian daging yang berlemak, coba ganti dengan daging rendah lemak. Ini bertujuan untuk kita menjaga asupan lemak tubuh. Ingat bahwa masing-masing bagian daging, akan berbeda gizi, lemak, juga teksturnya. Jadi pilih yang sekiranya punya kalori lebih sedikit, seperti memilih dada ayam dibanding kulit atau paha ayam. Atau kita juga bisa memilih daging sapi rendah lemak seperti sirloin atau has luar, dan bagian paha belakang. 

Selain itu, cara memilih makanan sehat saat Lebaran adalah dengan mengganti jenis beras pada ketupat. Membuat ketupat biasanya menggunakan beras putih. Agar lebih sehat coba ganti dengan beras hitam, beras coklat, atau beras merah. Ketiga jenis beras ini dipercaya memiliki kandungan serat lebih tinggi, juga masih bergizi lengkap, sehingga membuat kita kenyang lebih lama dan mencegah kita makan berlebihan di waktu Lebaran. Ketika makan, kita juga bisa menggunakan piring kecil saja, supaya porsi makanan yang diambil juga terbatas.

(Baca Juga: 13 Ide Menu Hidangan Berbuka Puasa Sederhana Bagi Anda yang Sibuk)

7. Minum Susu

makanan sehat saat lebaran - minum susu

Naiknya kolesterol ketika Lebaran juga bisa kita siasati dengan minum susu sebelum makan berat. Ada penelitian di tahun 2011 mengatakan bahwa mengkonsumsi susu bisa membuat kita kenyang lebih lama. Minumlah 30 menit sebelum makan. Efeknya kita kenyang, dan membuat porsi makan kita lebih sedikit. 

Supaya manfaatnya betul terasa, pilih susu yang kaya inulin dan serat beta-glucan. Serat ini akan berinteraksi dengan lemak atau lipid, sehingga bisa membantu kita menurunkan kolesterol dalam darah. 

8. Batasi Makan

makanan sehat saat lebaran - batasi makan

Makan makanan sehat saat lebaran juga bisa dimulai dengan membatasi diri. Pastinya ketika Lebaran kita akan melihat banyak macam makanan dan minuman yang memanjakan mata. Untuk menjaga kesehatan, sebaiknya pilih beberapa jenis makanan yang kiranya disukai. Jangan tergoda untuk memakan semua. 

Nikmati dalam porsi sedikit, jangan makan satu jenis makan dengan porsi besar. Kalau ingin mencoba banyak makanan, mulai dari sayur, buah, atau kacang-kacangan, kemudian baru mulai makan makanan berat. Ingat bahwa tubuh terbiasa makan sedikit ketika berpuasa. Makan sedikit demi sedikit membantu lambung untuk terbiasa makan dalam porsi lebih banyak. Jangan makan terburu-buru karena akan memicu maag. 

Berhentilah ketika sudah kenyang. Ini alarm tubuh alami yang menandakan kita sudah cukup makan. Nah, terkadang karena ini momen Lebaran, kita mengabaikan rasa kenyang itu, membuat kita terus makan dan naik berat badan. Alihkan rasa lapar palsu ini dengan minum air putih atau beraktivitas.

9. Pilihan Makanan Sehat Saat Lebaran

makanan sehat saat lebaran

Makanan sehat saat Lebaran juga bisa nikmat, tinggal cara kita mengolahnya. Ada beberapa bahan pengganti yang bisa kita coba agar hari raya kita tetap menyehatkan.

Opor ayam tentu saja tetap jadi yang favorit ketika Lebaran tiba. Nah, kita bisa ganti protein utama lebaran dengan menu ikan. Untuk mengurangi asupan lemak jahat, ikan bisa diolah menjadi sup. Sayur sop dan ikan akan menjadi kombinasi yang menyehatkan tubuh. Dan untuk membuatnya menggugah selera, coba tambahkan sosis, makaroni, juga telur puyuh. 

Makanan menarik lain yang bisa dicoba adalah tekwan. Tekwan mirip dengan bakso, namun bahan baku utamanya adalah ikan. Menu ini pastinya aman bagi kita yang menghindari menu santan, dan juga memiliki penyakit hipertensi.

Bahan makanan lain yang layak dicoba adalah kedelai. Kedelai apabila bisa dijadikan pengganti santan untuk memasak opor. Selain itu bisa dijadikan juga bahan minuman yang menyegarkan sekaligus menyehatkan. Yang membuat kedelai sehat adalah kandungan isoflavon yang bagus untuk menekan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Konsumsi setidaknya 25 gram protein kedelai dalam satu hari untuk mendapatkan manfaat maksimalnya.

Itulah makanan sehat saat Lebaran yang bisa kita coba agar badan kita terus sehat dan bugar setelah hari kemenangan.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts