12+ Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh, Mudah Didapat dan Dijamin Enak

Di zaman seperti sekarang, memiliki daya tahan tubuh yang baik sangat diperlukan. Terutama untuk melawan berbagai penyakit seperti virus berbahaya sekelas Covid-19 yang masih merajalela. Banyak orang mengandalkan vitamin tambahan, padahal banyak makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh yang bisa dipilih. Bahkan untuk mendapatkannya juga sangat gampang.

Yang disebut makanan sehat adalah, makanan yang memiliki kandungan gizi kebutuhan tubuh manusia. Sehingga ketika dikolaborasikan secara maksimal dengan beberapa makanan lainnya, maka asupan gizi bisa dipenuhi. Berikut ini 10 makanan sehat yang bisa dijadikan pilihan.

Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh

Sayur Bayam

Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Bayam

Makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh yang pertama adalah Sayur Bayam. Sayur bayam menjadi salah satu sayur hijau yang banyak diminati. Terutama jika dikonsumsi dengan cara direbus bersama air cukup banyak yang akan membantu meminimalisir dehidrasi. Bayam memiliki kandungan gizi cukup lengkap salah satunya karotenoid yang akan berperan menjaga daya tahan tubuh ketika sudah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

(Baca Juga: Untuk Kamu yang Doyan Jajan, Ini Dia Jajanan Sehat Rendah Kalori)

Salad Buah Mangga, Pepaya dan Aprikot

Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Salad

Memadukan buah-buahan dengan kandungan vitamin A dan C yang bagus juga bisa menjadi makanan untuk menjaga daya tahan tubuh Anda. Beberapa diantaranya adalah Mangga, Pepaya, dan Aprikot, dimana nantinya buah ini tinggal Anda potong, kemudian beri minyak zaitun, yoghurt, atau susu rendah lemak, sehingga manfaatnya bisa dirasakan. Salad termasuk ke dalam makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Kacang Almond Panggang

 Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Kacang Almond

Kacang almond dikenal sebagai kacang yang mengandung banyak vitamin C dan juga E. Dua vitamin ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh, Anda tinggal mengolahnya dengan memanggang hingga tekstur kacang menjadi crunchy. Kemudian konsumsi sebagai cemilan di siang atau malam hari.

Kacang Mete

 Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Kacang Mete

Makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah  kacang mete. Sama halnya dengan almond, kacang yang satu ini banyak digunakan untuk membuat berbagai jenis makanan. Anda bisa menjadikannya asupan penting setiap hari, karena akan membantu memaksimalkan kadar zinc yang dibutuhkan tubuh. Bisa dengan dipanggang, dijadikan campuran salad, taburan pada makanan utama dan masih banyak lagi caranya.

Sayur Brokoli

 Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Brokoli

Brokoli menjadi salah satu sayuran yang dianjurkan rutin diberikan kepada buah hati tercinta. Tapi, juga disarankan jadi sayuran untuk menambah daya tahan tubuh. Perpaduan kandungan vitamin C, D, A, E hingga mineral penting lainnya, menjadikan brokoli hebat membantu tubuh membuat benteng pertahanan dari berbagai penyakit.

Smoothies Strawberry

 Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Smooties Strawberry

Makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh berikutnya adalah Smooties Strawberry. Vitamin C dan A di dalam buah strawberry memang sangat banyak, jadi tak salah jika dijadikan campuran makanan sehat untuk Anda dan keluarga. Bisa diolah menjadi smoothies yang diberi taburan kacang, atau dijadikan campuran saat membuat cemilan sehat dari tepung-tepungan.

(Baca Juga: 10 Kelezatan dari Buah yang Sehat untuk Mata)

Jeruk Kupas

 Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Jeruk Kupas

Jeruk menjadi salah satu buah jawara yang mengandung vitamin C paling banyak. Dimana tubuh manusia sangat butuh vitamin C jika ingin daya tahannya maksimal, jadi tak ada salahnya untuk mengkonsumsi jeruk secara rutin tanpa campuran apapun. Cukup kupas kulitnya, buang bijinya, dan makanlah sepuasnya. Tapi, bagi yang punya riwayat maag maka sebaiknya mengkonsumsi jeruk setelah makan dan tidak dalam jumlah banyak.

Kerang

Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Kerang

Zinc juga menjadi salah satu kandungan penting bagi tubuh dalam upaya memaksimalkan daya tahan. Kerang, adalah salah satu yang memiliki kandungan zinc cukup tinggi makanya sering disarankan untuk jadi menu utama bagi yang suka seafood.
Cara terbaik mengkonsumsinya bisa dengan menikmati selagi segar bersama irisan jeruk lemon, bisa juga dipanggang atau direbus untuk menciptakan rasa dan aroma khas dari hewan laut bercangkang ini.

Kismis

Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Kismis

Kalau Anda tidak suka kerang, untuk menjaga asupan zinc agar tetap maksimal bisa menggantinya dengan kismis atau anggur yang sudah dikeringkan. Bisa dimakan sebagai cemilan atau dijadikan selai untuk roti tawar gandum, supaya selain zinc nya dapat, karbohidrat juga tercukupi

Ikan Salmon

Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Ikan Salmon

Tak ada yang menolak bahwa ikan salmon merupakan salah satu sumber gizi penting bagi manusia. Ada bermacam vitamin, mineral, zat-zat esensial lainnya bergabung dan akan sangat membantu tubuh membentuk daya tahan yang baik. Anda bisa memanggang atau menjadikannya olahan makanan sehat sesuai selera. Yang penting buat daftar menu salmon yang bergantian dengan sumber protein lainnya.

Ikan Tuna

Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Ikan Tuna

Makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh selanjutnya adalah ikan tuna. Sama halnya dengan salmon, ikan tuna juga menjadi antioksidan penting bagi tubuh manusia. Kandungan Omega 3, vitamin, mineralnya juga tinggi dan pastinya akan membuat tubuh menjadi lebih sehat ketika diolah dengan benar sebagai makanan utama.

Bawang Putih

Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Bawang Putih

Allicin yang ada di dalam bawang putih akan membantu tubuh memproduksi sel darah putih yang cukup. Sehingga proses imunitas jadi lebih baik dan tubuh mampu mengatasi serangan berbagai virus dan bakteri. Untuk mengkonsumsinya, ada yang bisa langsung memakannya mentah agar bisa mendapatkan khasiat terbaik.
Bisa juga dengan mengolahnya bersama bahan makanan lain, misalnya nasi tim dengan bawang putih dan ikan salmon atau dipadukan dengan bahan makanan favorit Anda lainnya.

Yoghurt

Makanan Sehat Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh - Yogurt

Makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh yang terakhir adalah yogurt. Susu fermentasi yang satu ini, biasanya jadi teman diet alami yang sangat manjur. Ternyata selain itu, juga bisa menjadi bahan makanan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Alasan utamanya, kandungan probiotik atau bakteri baik di dalamnya akan menjadi prajurit tubuh untuk menghalau bakteri jahat yang bisa masuk melalui makanan, udara yang dihirup dan lainnya.

Barengi Makanan Dengan Pola Hidup Sehat

Di samping mengkonsumsi makanan sehat di atas secara rutin dan jadwal yang jelas, Anda juga perlu mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Jangan hanya bergantung pada asupan makanan saja. Sebab daya tahan juga berhubungan dengan pikiran, fisik, hingga kenyamanan.
Hal yang utama harus dilakukan adalah, mengelola stress yang Anda alami. Caranya? Dengan lebih banyak berpikiran positif dan selalu mencari solusi setiap masalah dengan tenang. Kemudian lanjutkan dengan rutin berolahraga, tidak perlu olahraga berat. Cukup dengan lari pagi, bersepeda, atau ikut gym di pusat kebugaran terdekat.
Kemudian, bagi yang masih merokok usahakan untuk mengurangi dan akhirnya menghentikan kebiasaan buruk tersebut. Rokok, mengandung banyak racun yang justru akan membuat metabolisme tubuh tidak lancar. Ujung-ujungnya daya tahan tubuhlah yang akan terganggu.

Yang tak boleh ketinggalan adalah istirahat cukup setiap hari. Usahakan untuk tidur minimal enam jam sehari bagi dewasa dan sembilan jam bagi anak-anak. Selain itu, ketika ada waktu istirahat maka upayakan untuk rileks sejenak sehingga otot dan tubuh bisa ikut relaks dan kembali bertenaga untuk aktivitas selanjutnya.
Terakhir adalah bahagiakan diri sendiri dengan cara Anda sendiri, tentunya yang sehat dan menunjang peningkatan daya tahan tubuh. Contoh, berkumpul dengan orang terdekat, tertawa, melakukan aktivitas yang menyenangkan. Jadi, tubuh akan memiliki energi lebih untuk meminimalisir masuknya berbagai bibit penyakit.
Itulah deretan makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh, plus pola hidup sehat yang bisa Anda terapkan mulai sekarang. Jangan abaikan, karena daya tahan tubuh merupakan benteng utama melawan berbagai hal negatif yang menyerang tubuh. Ketika Anda punya daya tahan maksimal maka kesehatan akan maksimal untuk jangka panjang.

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts