Makanan Terpedas di Dunia yang Harus Anda Cicipi

thumb makanan pedas - makanan terpedas

Indonesia menjadi salah satu negara yang menggemari makanan pedas, makanan terpedas di dunia ternyata salah satu makanan khas Indonesia masuk ke dalam peringkatnya. Tingkat kepedasan pada manusia memang berbeda-beda.

Namun ada beberapa negara yang menciptakan makanan dengan tambahan bahan yang membuatnya pedas seperti cabai, jahe, lada atau rempah-rempah yang mengandung rasa pedas.

Tetapi rasa pedas yang kita rasakan di lidah ini, ternyata mengandung banyak manfaat bagi tubuh terutama mulut. Makanan terpedas di dunia ini memiliki nama beragam, serta disajikan sesuai dengan khasnya negara tersebut.

Baca Juga : Daftar Makanan Khas Nusantara Ini Andalan di Daerahnya!

Begitu juga di Indonesia, rasa pedas biasanya terkenal dengan kandungan cabai di dalamnya. Namun di negara lain tidak hanya cabai, melainkan bahan-bahan lain yang mengandung pedas juga terkandung di makanan tersebut.

Makanan Terpedas di Dunia

Para penyuka rasa pedas, sepertinya wajib mencoba menu makanan ini. Sebab rasa pedas pada makanan ini bisa membuat ketagihan atau tidak kuat dengan rasa pedas yang memenuhi mulut Anda.

1. Suicide Chicken

Serupa dengan namanya, mungkin saking pedasnya hingga membuat Anda tidak kuat lagi untuk menahan rasa pedas tersebut. Rasa pedas pada ayam berasal dari saus tobasco, cabai kering serta cabai segar.

Bisa dibilang 3 jenis cabai berbeda dicampur menjadi satu, kemudian digunakan sebagai saus pada hidangan asal Amerika ini. Sayap ayam biasanya digunakan sebagai bahannya, bahkan terdapat tambahan lada yang dapat membuat Anda menangis.

2. Vindaloo

India terkenal dengan hidangan berupa kari seperti makanan bernama Spicy Goanese Curry Vindaloo, yang bisa membuat lidah Anda mati rasa.  Saat Anda merasakan makanan ini, rasa asam dari cuka serta pedas dari cabai akan bercampur menjadi satu.

Makanan terpedas di dunia ini berbahan dasar ayam, cabai merah kering, bawang putih, jahe, bawang bombay, serta rempah-rempah khas India seperti adas dan biji mostar. Rasa pedasnya tidak hanya Anda rasakan pada daging ayam, namun hingga ke tulang-tulangnya.

3. Paella

Apabila dilihat dari bentuk hidangannya, Anda tidak akan menebak bahwa makanan ini akan terasa pedas. Dengan nasi serta seafood seperti kerang dan udang, serta keju mozarella yang menambah cita rasa hidangan khas Spanyol ini.

Hampir mirip dengan nasi goreng, karena warna pada nasinya terlihat berbumbu dari kunyit. Namun dengan tambahan cabai hijau rasa pedasnya akan langsung memenuhi mulut Anda, tetapi lezatnya makanan ini akan membuat Anda ingin mencicipinya terus menerus.

4. Wot

Etiopia juga memiliki hidangan unik dan menyimpan rasa pedas di dalamnya, Wot biasanya berbahan dasar rempah-rempah dalam jumlah cukup banyak. Sebanyak 1 kg bawang merah, jahe, bawang putih, cabai kering atau barbere.

Dengan bumbu sebanyak itu, tentu saja rasa pedas akan langsung menyerang mulut Anda. Namun makanan terpedas di dunia ini menjadi salah satu makanan yang wajib Anda coba saat berada di Etiopia, atau Anda bisa membuatnya sendiri di rumah.

5. Bengal Village Phaal Curry

Makanan berbahan kari tidak hanya Anda temui pada negara timur tengah, London ternyata memiliki hidangan dengan kari. Di kota London sendiri, Bengal Village Curry terkenal akan kepedasannya, karena dimasak dengan jenis cabai yang berbeda.

Bengal Village Phaal Curry ini dinilai sebagai kari terpedas di London, dan mungkin Anda wajib mencobanya apabila berkunjung ke kota besar di Inggris itu.

6. Sichuan Hotpot

Selanjutnya adalah hidangan khas Tiongkok, warna merah pekat pada kuah di dalam hotpot ini akan membuat Anda penasaran dengan rasanya. Dengan kuah mendidih, Anda akan merasakan pedas yang membakar mulut.

Makanan terpedas di dunia ini mengandung paprika sichuan, bawang merah, bawang putih yang direbus hingga beberapa jam sehingga rasa pada kuahnya cukup membuat siapa saja yang mencobanya akan merasakan pedas yang cukup membuat mata berair.

7. Jerk Chicken

Dilihat sekilas, mungkin Anda tidak akan menduga bahwa makanan ini memiliki rasa pedas yang luar biasa. Berbahan dasar ayam, Jerk Chicken dilapisi oleh rempah-rempah khas Karibia dan juga salah satu cabai terpedas di dunia yaitu Scotch Bonnet.

Biasanya dihidangkan bersama nasi sebagai pereda rasa pedas, sebaiknya Anda harus berhati-hati dalam menyantap Jerk Chicken karena perut akan terasa panas apabila memakannya secara berlebihan.

Cabai Terpedas di Dunia

SHU atau Scoville Heat Unit merupakan tingkat kepedasan pada cabai, beberapa cabai yang akan kami bahas mengandung tingkat SHU yang cukup tinggi. Dan biasanya merupakan salah satu bahan yang membuat makanan terpedas di dunia.

1. Carolina Reaper

Jenis cabai ini tengah menjadi bahan perbincangan, sebab menjadi cabai dengan tingkat kepedasan tertinggi mencapai 2.200.000 SHU. Berasal dari persilangan cabai Ghost Pepper dan Red Habanero asal Amerika Serikat.

Anda bisa menyantap Carolina Reaper dengan hidangan seperti Grill Shrimp, Boneless Wings atau Burger. Satu yang perlu diingat bahwa ketahanan pedas di setiap orang berbeda-beda, sehingga Anda harus berhati-hati saat menyantap hidang berbahan Carolinna Reaper.

2. Trinidad Moruga Scorpion

Sesuai dengan namanya, jenis ini berasal dari Trinidad dan Tobago, merupakan spesies baru dan memiliki tingkat kepedasan mencapai 2.009.231 SHU. Bila Anda tidak ingin merasakan efek samping dari Trinidad Moruga Scorpion, sebaiknya berhati-hati saat mencobanya pertama kali.

3. 7 Pot Douglah

Tidak seperti kebanyakan cabai yang berwarna merah, 7 Pot Douglah memiliki warna coklat. Jangan sampai Anda tertipu dengan warnanya, sebab tingkat kepedasannya bisa mencapai 1.853.936.

Jenis ini berasal dari Republik Trinidad dan Tobago, Kepulauan Karibia. Dinilai memiliki rasa paling enak, jika dibandingkan dengan jenis cabai terpedas lainnya.

4. 7 Pot Primo

Berasal dari Louisiana, Amerika Serikat memiliki bentuk yang khas yaitu bagian ujung 7 Pot Primo memiliki ujung runcing namun bagian atasnya seperti paprika. Warna 7 Pot Primo juga menyerupai paprika yaitu merah dan kuning.

7 Pot Primo dibuat oleh Troy Primeaux, ia mencoba mengembangbiakkan paprika agar rasanya lebih tajam. Namun jenis cabai ini masih sulit didapatkan.

5. Trinidad Scorpion Butch T

Jenis lainnya yang berasal dari Republik Trinidad dan Tobago, wilayah Moruga yaitu Trinidad Scorpion Butch T. Jenis ini pernah menduduki peringkat nomor 1 sebagai cabai terpedas di dunia pada tahun 2011, dengan tingkat kepedasan 1.463.700 SHU.

Saking pedasnya Trinidad Scorpion Butch T, dinilai memiliki sensasi yang mirip dengan disengat kalajengking sehingga diberi nama Scorpion.

Manfaat Makanan Pedas

Makanan terpedas di dunia memang membuat mata berair, mulut terasa terbakar hingga efek samping lainnya yang dapat membuat perut terasa sakit apabila dikonsumsi berlebihan. Tetapi terdapat manfaat pada kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secukupnya.

1. Mencegah Kanker

Cabai mengandung Capsaicin, dan ternyata memiliki khasiat besar pada sel kanker. Zat tersebut dapat menghambat hingga mematikan pertumbuhan sel-sel kanker di sekitarnya, tanpa merusak sel-sel sehat.

2. Jantung Menjadi Sehat

Orang yang rutin mengonsumsi makanan pedas, ternyata lebih rendah terkena serangan jantung bahkan stroke. Hal tersebut dapat terjadi, dikarenakan Capsaicin pada cabai yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat.

Selain itu vitamin A dan C bermanfaat untuk memperkuat dinding otot jantung, sehingga jantung akan lebih terjaga, dan juga sirkulasi darah dapat berjalan lebih baik.

3. Meredakan Sinusitis

Biasanya bila kita memakan makanan pedas, hidung akan otomatis berair karena rasa pedas. Itu karena efek dari Capsaicin, dan ternyata memiliki manfaat yang baik, sebab cairan pada hidung akan lebih banyak keluar, sehingga dapat bernapas lebih baik.

4. Menurunkan Berat Badan

Bagi Anda pecinta rasa pedas Anda patut senang, sebab selain bisa menyantap makanan pedas, berat badan juga bisa turun. Ini disebabkan oleh sensasi pedas dapat mendorong kinerja metabolisme tubuh meningkat menjadi 5 hingga 16%.

Baca Juga : Berbagai Makanan Penurun Kolesterol yang Bisa Diikuti

Yang artinya tubuh akan lebih cepat membakar lemak, dan berat akan lebih mudah turun. Namun perlu diingat untuk memakannya dalam porsi secukupnya, sebab apabila makan terlalu berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Makanan Terpedas Versi Indonesia

Makanan terpedas di dunia juga memiliki beberapa daftar makanan dari Indonesia, yang memiliki rasa pedas yang cukup membuat Anda menangis.

1. Oseng Mercon

Ada alasan diberi nama mercon, sebab saking pedasnya makanan ini yang seperti mercon. Oseng mercon terkenal pedas karena berbahan dasar cabai serta daging atau kikil di dalamnya, mudah kita temui di kota Yogyakarta biasanya.

2. Ayam Rica-Rica

Selanjutnya adalah ayam rica-rica khas Manado yang pantas masuk ke dalam daftar makanan terpedas di dunia. Untuk bumbu terdapat cabai, serai, lengkuas, jahe, bawang merah dan putih, serta ayam.

3. Ayam Betutu

Hidangan khas Bali dengan rasa cukup pedas, taburan cabai diatas ayam membuat hidangan ini cukup digemari oleh warga lokal serta wisatawan luar kota. Ayam betutu sudah cukup pedas, namun dengan tambahan sambal matah maka pedasnya akan semakin nikmat.

Di berbagai negara memiliki hidangan pedas yang beragam, serta disukai oleh penduduk di negara tersebut bahkan wisatawan dari luar negeri. Makanan terpedas di dunia sepertinya akan terus bertambah, seiring berjalannya waktu.

Total
7
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts