7 Jenis Makanan Untuk Parcel Lebaran Yang Banyak Dipilih Dan Gunakan

makanan untuk parcel lebaran

Memberikan atau menyediakan parcel lebaran saat hari raya tentunya sudah menjadi tradisi di kalangan masyarakat Indonesia. Isi parcel yang diberikan itu sendiri cukup beragam, ada yang berisi makanan, pakaian atau bahkan perabotan dapur. Namun dari sekian banyak pilihan tersebut, makanan untuk parcel lebaran tentunya banyak dijadikan pilihan. Mengapa banyak orang memilih parcel dengan isi makanan di dalamnya? Selain, dapat dikonsumsi oleh banyak orang. Tentunya makanan dapat dibuka secara langsung dan disukai oleh banyak orang. 

Makanan Untuk Parcel Lebaran yang Banyak Dipilih dan Digunakan

Hal tersebut jelas berbeda dengan parcel yang memiliki isian lainnya. Seperti halnya parcel berbentuk pakaian. Jenis parcel yang satu ini tentunya tidak dapat dibagi-bagi dan umumnya hanya ditujukan bagi perseorangan saja. Bagi Anda yang hendak memberikan makanan untuk parcel lebaran. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat Anda gunakan sebagai isian parcel, di antaranya : 

  • Biskuit 

makanan untuk parcel lebaran - biskuit

Jenis makanan untuk parcel lebaran pertama yang dapat Anda gunakan adalah biskuit. Ada banyak jenis biskuit yang dapat Anda jadikan pilihan. Dimulai dari jenis biskuit dengan rasa asin atau bahkan manis. Tidak hanya itu, biskuit juga hadir dengan varian bentuk yang beragam. Sehingga Anda dapat mengkombinasikannya sesuai dengan tampilan yang Anda inginkan. Hal ini dapat Anda lakukan dengan menata ulang biskuit pada tempat makanan atau toples baru. 

Untuk mempercantik tampilan, Anda juga dapat memberikan hiasan pada toples yang digunakan. Seperti memberikan tambah pita dan lainnya. Sedangkan untuk menjaga ketahanan biskuit, Anda dapat menutupnya dengan rapat dan menyimpannya di tempat yang sejuk. Tidak hanya itu, sebelum melakukan pembelian dari jenis biskuit yang akan digunakan. Pastikan pula untuk mengecek kemasan serta tanggal kadaluarsa. Hal ini dilakukan agar biskuit yang Anda gunakan dapat bertahan dalam jangka waktu lama. 

(Baca Juga: Ini Dia 5 Tips Aman Berkendaraan Saat Mudik Lebaran)

  • Coklat 

makanan untuk parcel lebaran - coklat

Selain biskuit, Anda juga dapat menggunakan coklat sebagai jenis makanan untuk parcel lebaran. Coklat dikenal sebagai makanan yang disukai banyak orang. Bukan hanya anak-anak atau remaja saja yang menyukai jenis makanan tersebut, karena orang tua juga turut menyukainya. Coklat juga dikenal dengan bentuk serta jenis yang beragam. Ada jenis coklat batang, coklat pralin, coklat truffle dan lainnya. Bagi Anda yang tidak ingin repot dalam membuat parcel, Anda dapat membeli beberapa jenis coklat tersebut dan langsung menatanya. 

Akan tetapi, bagi Anda yang ingin memberikan coklat dengan tampilan berbeda. Tentunya Anda dapat berkarya dengan membuat coklat homemade. Untuk membuat coklat tersebut, Anda dapat mengkombinasikannya dengan beragam jenis bahan lainnya. Beberapa kombinasi bahan yang dapat Anda gunakan untuk membuat coklat homemade di antaranya adalah kacang, buah-buahan, cornflakes, selai dan lainnya. Dengan kombinasi bahan yang tepat, coklat yang Anda hasilkan tentunya akan memiliki rasa yang lezat. 

  • Kue kering 

makanan untuk parcel lebaran - kue kering

Kue kering adalah jenis makanan untuk parcel lebaran lainnya yang dapat Anda pilih dan gunakan. Selain dikenal sebagai jenis kue khas yang selalu ada di saat lebaran. Kue kering juga tampil dengan pilihan yang lebih beragam. Untuk membuat parcel lebaran dengan isian kue kering. Pastikan untuk memilih lebih dari dua jenis kue kering berbeda. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan toples kecil untuk membuat tampilan parcel lebih beragam. 

Selain itu, sebagai hiasan dan pemanis. Anda juga dapat menambahkan pita atau bahkan bungkusan plastik bening di bagian luarnya. Dengan parcel tersebut, Anda dapat membagikannya pada orang terdekat. Seperti halnya keluarga atau bahkan teman juga kerabat. Untuk memastikan kue kering yang Anda berikan dapat bertahan lama. Pastikan jika setiap toples yang digunakan berada dalam kondisi tertutup rapat. Dengan demikian, kue kering pun tidak akan mudah basi. 

  • Kue basah 

makanan untuk parcel lebaran - kue basah

Selain kue kering, Anda juga dapat menggunakan kue basah sebagai jenis isian yang tepat untuk parcel lebaran. Akan tetapi, jika Anda menggunakan bahan makanan yang satu ini. Tentunya parcel tersebut pun harus dibagikan dan juga dikonsumsi dalam waktu cepat. Hal tersebut berkaitan dengan tingkat ketahanan dari kue basah yang tidak dapat bertahan lama. Bahkan dalam waktu satu hari saja, beberapa jenis kue basah dapat berubah menjadi basi dan tidak layak konsumsi. 

Meski demikian kue basah hadir dengan pilihan yang cukup beragam. Bahkan tampilan warna serta bentuknya pun lebih bervariasi. Sehingga parcel lebaran yang dibuat dengan bahan makanan yang satu ini pun dapat tampil menarik. Beberapa jenis kue basah yang seringkali digunakan sebagai isian dari parcel lebaran di antaranya adalah pastel, risol, putu ayu, bika ambon, lapis surabaya, kue cucur, lemper dan lainnya. Kue basah hadir dengan pilihan rasa yang cukup beragam. Beberapa di antaranya ada yang memiliki rasa manis dan ada pula yang hadir dengan rasa asin. 

Meskipun jenis makanan yang satu ini lebih banyak diminati oleh orang tua. Namun dengan popularitasnya yang meningkat kembali. Kini mulai banyak pula anak-anak yang juga senang mengkonsumsi jenis makanan tersebut. 

  • Minuman 

makanan untuk parcel lebaran - minuman

Meskipun isi yang dibutuhkan untuk membuat parcel tersebut adalah makanan. Tapi tidak ada salahnya jika kemudian Anda mengisinya dengan minuman. Karena pada dasarnya makanan untuk parcel lebaran juga akan terasa kurang lengkap jika tidak disandingkan dengan minuman. Ada banyak jenis minuman yang dapat Anda gunakan sebagai isian parcel lebaran. Dimulai dari sirup, minuman kemasan dalam bentuk serbuk hingga jenis minuman kaleng. Semua jenis minuman tersebut dapat Anda gunakan dan pilih sesuai selera. 

Akan tetapi sebelum Anda memilih minuman sebagai isian parcel pastikan untuk memilih jenis minuman dengan ukuran yang tepat. Jika Anda hendak menyandingkannya dengan kaleng biskuit berukuran besar, maka jenis minuman yang tepat tentunya hadir dalam bentuk sirup. Namun jika jenis parcel yang hendak Anda buat hadir dengan isian makanan kemasan, seperti halnya biskuit berukuran kecil. Tentunya jenis minuman yang tepat untuk digunakan pun adalah minuman kemasan berukuran kecil pula. Selain itu, pastikan pula tanggal kadaluarsa dari makanan tersebut masih berada dalam jangka waktu lama. 

  • Permen 

makanan untuk parcel lebaran - permen

Selain beberapa pilihan makanan untuk parcel lebaran di bagian atas tadi. Permen juga menjadi salah satu jenis makanan yang dapat Anda pilih. Makanan ini dapat Anda padukan dengan jenis makan lain atau bahkan ditampilkan secara mandiri. Akan tetapi untuk Anda yang hanya ingin menggunakan permen saja sebagai bahan parcel. Pastikan untuk memilih permen dengan varian yang cukup beragam. Anda dapat memilih permen kembang gula dengan permen kacang, mint, atau bahkan jenis permen lainnya. 

Dalam membuat parcel permen tidak perlu menghadirkan ukuran yang besar. Ukuran kecil pun dapat Anda hadirkan dengan tampilan menarik. Hal ini dapat Anda lakukan dengan penataan yang tepat. Selain itu, cobalah menggunakan toples berwarna transparan serta berikan tambahan pita untuk membuatnya tampil lebih unik. 

(Baca Juga: 13 Tips Wisata Saat Puasa dengan Suasana Berbeda)

  • Keripik 

makanan untuk parcel lebaran - keripik

Meskipun jarang digunakan, namun beberapa orang ada yang menjadikan keripik sebagai bahan makanan untuk parcel lebaran. Jenis makanan yang satu ini dikenal sebagai jenis makanan yang tahan lama. Selain itu, pilihannya pun hadir dengan cukup beragam. Ada jenis keripik yang terbuat dari bahan singkong, kentang, pisang, atau bahkan jenis keripik sayur. Seperti halnya keripik daun bayam dan lainnya. Dalam pemilihan keripik tersebut, Anda dapat memadukan keripik dengan rasa manis dan juga rasa asin. 

Tidak hanya itu, karena keripik umumnya hadir dalam ukuran besar. Pastikan untuk memilih keripik dengan ukuran yang pas. Kemudian gunakan variasi keripik yang cukup beragam untuk menjadikan tampilan parcel lebih menarik dan menggugah selera. 

Kesimpulan 

Dari sekian banyak pilihan jenis makanan untuk parcel lebaran di bagian atas tadi. Akan lebih baik jika parcel tersebut dihadirkan dengan kombinasi jenis makanan yang beragam. Seperti halnya biskuit dengan minuman serta permen, atau bahkan kombinasi dari kue kering serta kue basah. 

Dengan mencampurkan beberapa jenis makanan di bagian atas tadi, tentunya parcel lebaran yang Anda buat pun akan lebih menarik. Selain itu, jenis parcel lebaran tersebut pun dapat Anda bagikan pada keluarga atau bajakan kerabat dengan mudah. Karena Anda tidak perlu menyesuaikan isian parcel dengan sosok penerima. 

Demikianlah kiranya penjelasan singkat mengenai jenis makanan untuk parcel lebaran yang dapat Anda pilih dan gunakan dengan mudah. 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts