Makanan yang Enak Sekaligus Menyehatkan Memiliki Beragam Manfaat

Makanan yang Enak Sekaligus Menyehatkan

Makanan yang enak sekaligus menyehatkan banyak dicari oleh masyarakat. Pasalnya, banyak orang enggan untuk mengonsumsi asupan sehat karena rasanya tidak enak walaupun memiliki beragam manfaat.

Baca Juga : 7 Makanan yang Mengandung Protein Bagi Kesehatan Tubuh

Padahal bila diolah dengan teknik khusus bisa memiliki rasa nikmat. Penting diingat, bahwa pola hidup akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh di kemudian hari. Jika asupan bergizi, maka tubuh akan lebih sehat hingga jangka panjang.

Ada banyak manfaat dari rutin mengonsumsi makanan sehat. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menyimak uraian berikut. Tapi sebelum itu, perhatikan beberapa tips mengolah makanan yang enak dan menyehatkan.

Tips Mengolah Makanan yang Enak Sekaligus Menyehatkan

Makanan yang Enak Sekaligus Menyehatkan

Pengolahan tepat akan menghasilkan makanan yang enak sekaligus menyehatkan. Berikut ada beberapa tips cocok untuk Anda yang ingin mengonsumsi makanan enak dan sehat, antara lain:

  • Komposisi Diperhatikan

Sebelum mengolah atau mengonsumsi makanan, perhatikan komposisinya. Pastikan bahwa komposisinya mampu memberikan manfaat untuk tubuh. Anda bisa mempertimbangkan ulang saat ada komposisi bahan merugikan atau membahayakan.

Mengenai komposisi bahan ini juga menyesuaikan dengan kebutuhan setiap individu. Walaupun bermanfaat, terkadang ada jenis bahan tertentu yang ingin dikurangi asupannya, seperti lemak.

  • Cara Masak Aman

Untuk mendapatkan makanan yang enak sekaligus menyehatkan, masak dengan cara aman. Metode atau teknik dalam memasak akan berdampak bukan hanya pada rasa, tapi juga kandungan gizinya.

Walaupun asupan tersebut berasal dari bahan bergizi, tidak akan menyehatkan bila proses memasaknya keliru. Dibutuhkan keseimbangan antara keduanya, sehingga bukan hanya nikmat, tetapi juga sehat.

  • Bahan Makanan Segar

Tips terakhir yaitu gunakan bahan segar, baik itu jenisnya daging maupun sayuran. Sebaiknya hindari memilih asupan yang kondisinya sudah rusak. Alternatif lainnya selain jenis segar adalah beku.

Asalkan jumlah pengawet dari jenis beku tidak berlebihan dan tidak membahayakan kesehatan, maka bisa dijadikan pertimbangan. Jangan lupa untuk memperhatikan tanggal expired atau kadaluwarsanya.

Berbagai Nutrisi yang Penting Ada dalam Makanan Menyehatkan

Makanan yang Enak Sekaligus Menyehatkan

Makanan yang enak sekaligus menyehatkan memiliki berbagai kandungan nutrisi penting. Inilah yang nantinya membuat kesehatan tubuh senantiasa terjaga. Apa sajakah? Beberapa di antaranya yaitu:

  • Karbohidrat

Nutrisi pertama dan termasuk kategori makro yaitu karbohidrat. Mengonsumsi karbohidrat sesuai kadarnya akan membuat tubuh memperoleh energi cukup untuk menjalankan aktivitas. Contohnya yaitu nasi, kentang, pasta, roti, singkong dan lain-lain.

  • Protein

Banyak manfaat protein untuk tubuh, seperti perkembangan, pertumbuhan, melawan radikal bebas, sumber energi serta meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh. Selain itu juga mampu menyembuhkan luka lebih cepat.

Manfaat lainnya mampu mengoptimalkan fungsi jaringan dan sel tubuh. Contohnya yaitu ikan, telur, kacang-kacangan, susu, daging putih, daging merah dan lain sebagainya.

  • Mineral

Nutrisi makanan yang enak sekaligus menyehatkan selanjutnya mineral. Jenis nutrisi ini mampu membantu mengoptimalkan fungsi jantung serta otak. Anda akan menemukan kandungan mineral pada keju, tauge, kubis, kerang, alpukat, brokoli dan lain-lain.

  • Serat

Kandungan serat mampu melancarkan saluran pencernaan serta mencegah berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, obesitas, penyakit jantung. Tidak heran bila seseorang mengalami kesulitan BAB biasanya beralih ke asupan berserat.

Bagi Anda yang sedang menjalani program kontrol berat badan, makanan kaya serat bisa dijadikan pilihan. Anda akan menemukan kandungan serat pada ubi jalar, pir, apel, pepaya,roti gandum, oatmeal, sayuran hijau, wortel, pisang dan lainnya. 

  • Lemak

Lemak memiliki peran penting dalam perkembangan otak anak, memudahkan tubuh membentuk hormon serta membangun sistem pertahanan. Contohnya daging, ikan, minyak zaitun, keju, telur, biji-bijian, kacang-kacangan dan masih banyak lainnya.

  • Vitamin

Kandungan terakhir pada makanan yang enak sekaligus menyehatkan yaitu vitamin. Ada berbagai jenis vitamin, mulai dari A, B kompleks, C, D, E dan K. Masing-masing berperan penting untuk kesehatan tubuh. Anda bisa menemukannya pada buah dan sayuran hijau.

Beberapa Manfaat Makanan yang Enak Sekaligus Menyehatkan

Makanan yang Enak Sekaligus Menyehatkan

Biasanya asupan enak tidak menyehatkan. Tapi ada banyak asupan enak menyehatkan untuk tubuh. Tentu saja karena memiliki kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh, beberapa manfaatnya antara lain:

  • Suasana Hati Lebih Baik

Manfaat makanan yang enak sekaligus menyehatkan pertama yaitu menjadikan suasana hati lebih baik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa pola makan tidak sehat bisa memicu gejala kelelahan dan depresi meningkat.

Saat kondisi tubuh lemas dan kelelahan, struktur tubuh lainnya akan berpengaruh. Berbeda jika asupan menyehatkan, sistem pencernaan akan bekerja secara optimal dan mampu menghasilkan energi baik.

Ketika kondisi tubuh serta perasaan sedang baik, kemungkinan besar dalam melakukan aktivitas menjadi lebih semangat. Situasi ini mampu memicu pengeluaran hormon kebahagiaan.

  • Sistem Pencernaan Terjaga

Manfaat mengonsumsi makanan yang enak sekaligus menyehatkan selanjutnya yaitu sistem pencernaan terjaga. Bakteri alami dalam usus besar memiliki peran penting untuk pencernaan serta metabolisme.

Hal ini membuat penjagaan sistem pencernaan penting dilakukan supaya terhindar dari gangguan, salah satunya dengan menjaga pola makan. Apalagi sudah banyak asupan menyehatkan yang enak, sesuaikan saja dengan kebutuhan dan selera.

  • Menjaga Kesehatan Otak

Dengan mengonsumsi makanan sehat, kesehatan otak menjadi lebih terjaga. Selain itu juga mampu membantu memperkuat ingatan dan menghindari penyakit pikun. Jadi, bisa dikatakan berinvestasi kesehatan di masa tua.

  • Risiko Kanker Berkurang

Manfaat lainnya yaitu risiko menderita penyakit kanker menjadi berkurang. Untuk mencegah risiko ini, Anda bisa mengonsumsi asupan yang memiliki kandungan vitamin A, beta-carotene serta anti oksidan.

Kandungan tersebut bisa diperoleh dengan mudah pada buah, sayur serta kacang-kacangan. Jika konsumsi makanan yang enak sekaligus menyehatkan seimbang, bukan hanya risiko kanker saja teratasi, tapi juga penyakit lainnya.

  • Risiko Penyakit Jantung Berkurang

Bukan hanya kanker, risiko penyakit jantung juga berkurang. Jenis asupan yang disarankan untuk dikonsumsi agar risiko penyakit ini dapat berkurang yaitu biji-bijian, buah, protein nabati serta sayuran.

Ciri Makanan yang Tidak Menyehatkan dan Bisa Merusak Tubuh

Makanan yang Enak Sekaligus Menyehatkan

Anda perlu memahami ciri-ciri makanan yang tidak menyehatkan untuk mengurangi asupannya atau menghindari. Pasalnya, asupan tidak sehat memiliki rasa nikmat. Tapi, tidak baik dikonsumsi jangka panjang dan rentan menimbulkan beragam penyakit.

Beberapa cirinya yaitu kandungan gula dan garam tinggi, kalori tinggi tapi rendah nutrisi, lemak trans dan lemak jenuh tinggi serta makanan dengan proses terlalu banyak. Pasalnya terlalu banyak diproses mengakibatkan kandungan makanan menjadi kekurangan mineral dan vitamin.

Akan lebih baik jika mengonsumsi makanan yang enak sekaligus menyehatkan. Sebab, mendapatkan dua kenikmatan dan tidak menimbulkan risiko membahayakan. Akibat bila mengonsumsi asupan tidak sehat akan membuat tubuh kekurangan gizi atau nutrisi.

Padahal, gizi atau nutrisi ini sangat penting peranannya dalam tubuh. Tentunya harus dikonsumsi sesuai porsi, tidak berlebihan. Kalori dalam tubuh penting, tapi jika terlalu tinggi akan berisiko terkena obesitas.

Bukan hanya itu, diabetes serta penyakit jantung juga mengancam tubuh. Sebab, makanan tidak sehat biasanya memiliki kandungan garam dan gula sangat tinggi. Jadi, segala jenis nutrisi akan memberikan manfaat positif terhadap tubuh bila konsumsinya seimbang.

Contoh Makanan yang Enak Tapi Tidak Menyehatkan

Makanan yang Enak Sekaligus Menyehatkan

Ada banyak contoh asupan enak tapi tidak menyehatkan. Jika sudah mengetahui tidak sehat, sebaiknya pertimbangkan kembali sebelum mengonsumsinya, jangan diabaikan. Jauh lebih baik bila memilih makanan yang enak sekaligus menyehatkan.

Contoh asupan pertama yang sangat digemari banyak orang yaitu mi instan. Kandungan mi instan rendah nutrisi dan memiliki kalori cukup tinggi sekitar 350 kkal. Jika konsumsinya sembarangan dan tidak berhati-hati, bisa menyebabkan obesitas.

Bukan hanya risiko obesitas, tapi juga penyakit membahayakan seperti kanker perut, hipertensi, jantung, stroke dan masih banyak lainnya. Hal ini karena kandungan garam mi instan tinggi. Akibatnya, ginjal dan liver terlalu bekerja keras untuk mengeluarkan natrium berlebih.

Kedua yaitu gorengan, karena mengandung lemak jenuh dan lemak trans yang dapat meningkatkan kolesterol jahat dalam tubuh. Bukan hanya dengan metode digoreng, tapi juga dipanggang. Sangat jauh dari makanan yang enak sekaligus menyehatkan.

Pengolahan dengan metode seperti ini bisa membentuk senyawa kimia membahayakan. Ketiga, makanan cepat saji atau junk food. Rasanya memang sangat nikmat, tapi gizinya rendah sehingga tidak baik untuk dikonsumsi terlalu sering.

Baca Juga : Daftar Makanan Khas Jawa Dijamin Memanjakan Lidah Anda!

Lebih menyehatkan bila mengonsumsi asupan diolah sendiri. Anda bisa mengukur komposisi gizinya sesuai kebutuhan dan kontrol cara memasak juga terjaga. Keempat adalah makanan dan minuman kemasan, rendah nutrisi serta berbahan pengawet.Jadi, Anda perlu lebih selektif lagi dalam memilih makanan yang dikonsumsi sehari-hari. Sebab, dampaknya terhadap kesehatan bukan hanya sekejap saja, tapi jangka panjang. Pilih makanan yang enak sekaligus menyehatkan sesuai selera serta kebutuhan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts