Penting Untuk Disimak, Jenis-jenis Makanan yang Harus Dihindari Penderita Kolesterol

Segala hal yang berlebihan hasilnya akan menjadi tidak baik. Sama halnya dengan jenis makanan tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan, yang akan membuat badan menjadi tidak sehat. Asupan lemak memang dibutuhkan oleh tubuh, tetapi apabila jumlah lemak yang masuk ke dalam tubuh berlebihan maka akan menjadi tidak baik. Karena bisa menimbulkan kolesterol. Jika Anda mengalami hal itu, maka harus tahu jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol itu apa saja.

Kadar lemak yang terlalu tinggi bisa mengancam kesehatan dan nyawa Anda. Jenis lemak tubuh yang berbahaya adalah kolesterol. Maka, batasi jumlah asupan makanan yang terlalu banyak mengandung lemak atau yang memungkinkan timbulnya kadar kolesterol yang meningkat.

Walaupun begitu kolesterol tak selalu jahat, tapi ada juga jenis kolesterol baik yang bisa membantu struktur pada sel membran dan juga proses metabolisme dalam tubuh.

Jenis Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol

Supaya kadar kolesterol di dalam tubuh tetap terjaga maka sebaiknya pilih jenis makanan yang tak akan membuat kadar kolesterol meningkat, berikut ini jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol:

1. Jenis-jenis Makanan yang Digoreng

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - makanan yang digoreng

Beragam jenis makanan yang digoreng apalagi yang sistem penggorengannya deep fry. Karena sistem penggorengan makanan tersebut mengandung kadar kolesterol tinggi yang berbahaya dan sangat harus dihindari.

Makanan yang digoreng juga mengandung kadar kalori tinggi, dan mengandung lemak trans yang bisa meningkatkan risiko pada penyakit kardiovaskular. Konsumsi makanan goreng-gorengan yang terlalu sering juga sering dihubungkan dengan meningkatnya risiko penyakit berbahaya lainnya, seperti misalnya jantung, diabetes dan obesitas.

(Baca Juga: Untuk Kamu yang Doyan Jajan, Ini Dia Jajanan Sehat Rendah Kalori)

2. Makanan Cepat Saji

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - makanan cepat saji

Konsumsi makanan cepat saji menjadi faktor risiko yang utama dari segala jenis penyakit kronis. Bagi Anda yang terlalu sering konsumsi makanan cepat saji biasanya cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, lebih banyak lagi kadar lemak di bagian perut, dan tingkat peradangan yang juga tinggi. Bahkan bisa juga terjadi gangguan pada pengaturan gula darah.

Berhati-hati juga dengan jenis makanan kemasan misalnya kue-kue kering, makanan beku, mayones, kerupuk dan lain sebagainya. Biasanya pembuatan makanan itu menggunakan lemak trans untuk menambah masa kadaluarsa makanan tersebut. maka carilah jenis makanan yang kandungan lemak transnya 0.

3. Daging Olahan

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - daging olahan

Sosis, ham, bacon, nugget hingga daging asap merupakan beberapa jenis daging olahan berbahaya yang mengandung kolesterol tinggi. Dan termasuk jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Batasi konsumsi jenis makanan tersebut, jika ingin terhindar dari penyakit kolesterol.

Konsumsi daging olahan yang berlebihan juga sering dihubungkan dengan munculnya penyakit jantung atau kanker tertentu, misalnya jenis penyakit kanker usus besar. Sebanyak 50 gr daging olahan yang dikonsumsi per harinya bisa menambah risiko 42% dalam terkenanya penyakit jantung.

4. Jenis Makanan Penutup

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - makanan penutup

Kue-kue basah, kue kering atau ice cream dan jenis makanan penutup lainnya juga merupakan jenis makanan yang tak sehat. Karena kandungan kolesterolnya terbilang tinggi. Makanan tersebut biasanya ditambahkan lemak, gula dan kalori yang membuat tubuh menjadi tidak sehat.

Selain tidak sehat, jenis makanan tersebut juga bisa membuat berat badan bertambah. Bertambahnya asupan gula pada makanan bisa menyebabkan berbagai macam penyakit seperti diabetes misalnya. Makanan tersebut juga tidak mengandung nutrisi, mineral, vitamin dan sebagainya.

5. Seafood

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - seafood

Sebagian besar jenis makanan laut seperti misalnya udang, caviar, lobster dan sebagainya juga mengandung kolesterol yang tinggi, dan termasuk jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol. Apabila Anda ingin memakannya maka jumlahnya tidak boleh berlebihan. Setidaknya konsumsi makanan tersebut dengan cara dikukus atau direbus saja, dan bukan digoreng. Apabila Anda suka jenis-jenis makanan laut maka pilihlah jenis seafood yang mengandung lemak seperti misalnya omega-3. Contohnya ikan sarden, tuna dan salmon. 

6. Jeroan

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - jeroan

Kebanyakan orang Indonesia menyukai makanan jeroan atau organ dalam bagian tubuh hewan seperti misalnya usus, hati, otak, babat dan sebagainya. Jeroan merupakan makanan yang tak dianjurkan untuk dikonsumsi, apalagi jika jumlahnya berlebihan karena kandungan kolesterol yang tinggi yang bisa memicu asam urat.

Cara mengolah makanan jeroan yang lebih baik adalah dengan menambahkan santan supaya kadar kolesterolnya bisa berkurang. 

7. Susu dan Jenis Produk Olahannya

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - susu dan produk olahannya

Susu sapi, keju, yoghurt dan jenis-jenis makanan olahan dari susu, biasanya mengandung kadar lemak tak jenuh. Namun banyak orang yang tak menyadari hal itu, dan menganggap makanan tersebut adalah makanan sehat. Maka, supaya kadar kolesterol dalam tubuh tetap terjaga dengan baik pilih saja produk olahan yang bebas lemak. Atau bisa juga memiliki jenis susu skim.

(Baca Juga: Ampuh! Tips Menurunkan Kolesterol dengan Cepat)

8. Es Krim

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - es krim

Makanan lainnya yang mengandung kadar kolesterol tinggi jika dikonsumsi berlebihan adalah es krim. Secara umum, es krim mengandung kadar gula serta lemak yang berlebihan. Itulah yang membuat teksturnya menjadi lembut dan rasanya manis. Namun kadar lemak jenuh gula yang tinggi di dalam es krim, akan memicu pertumbuhan kolesterol. Jika Anda tetap ingin makan es krim sebaiknya pilih jenis es krim yang rendah lemak, seperti sorbet.

9. Minyak Sayur

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - minyak sayur

Secara alami, produk makanan nabati tidak mengandung kadar kolesterol. Namun produk tersebut mengandung lemak jenuh yang terbilang tinggi, seperti pada jenis-jenis minyak kelapa sawit, minyak kelapa, dan minyak inti sawit. Namun Anda tetap bisa menggunakan minyak sayur selama pemakaiannya tak berlebihan, dan tak digunakan berulang-ulang kali.

10. Produk Minuman Kemasan

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - minuman kemasan

Beragam jenis produk kemasan misalnya jus buah, kopi, minuman bersoda, teh, hingga jenis minuman lainnya biasanya mengandung kadar gula yang tinggi. Gula pemanis seperti pada jenis gula jagung dan gula pasir, yang berkaitan dengan rendahnya kadar kolesterol baik dan tingginya kolesterol jahat. Maka batasi juga pemakaian gula pada minuman atau makanan tertentu, setidaknya sekitar 6 sendok saja setiap harinya. Atau sekitar 25 gr per hari.

11. Jenis Makanan yang Mengandung Lemak Trans

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - makanan mengandung lemak trans

Kandungan lemak trans juga bisa meningkatkan kadar kolesterol yang bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Asam lemak trans inilah yang paling buruk dan jika jumlahnya menumpuk dalam tubuh, penyakit-penyakit berbahaya seperti stroke dan jantung tidak bisa dihindari lagi. 

Atau jenis makanan kemasan yang dipanggang, coklat, dan jenis makanan penutup juga mengandung jumlah lemak trans yang berlebihan dan tak baik untuk tubuh.

12. Makanan yang Mengandung Karbohidrat

makanan yang harus dihindari penderita kolesterol - makanan yang mengandung karbohidrat

Makanan yang harus dihindari penderita kolesterol lainnya adalah makanan yang kandungan karbohidratnya tinggi. Pada saat Anda konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi, maka tubuh akan memecahnya menjadi gula. Makan makanan yang mengandung karbohidrat ini bisa membuat kadar kolesterolnya meningkat.

Sama halnya dengan jenis makanan lainnya yang tak baik untuk kesehatan, konsumsi makanan berkarbohidrat tinggi juga harus dibatasi.

Itulah berbagai jenis makanan yang harus dihindari penderita kolesterol dan jumlahnya harus dibatasi, untuk menghindari penyakit mematikan yang mengancam kesehatan dan nyawa.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts