10+ Makanan yang Perlu Disiapkan Setelah Puasa. Apa Saja Ya?

Menyantap hidangan  berbuka setelah lebih dari 10 jam menahan lapar dan haus memang menjadi saat yang ditunggu-tunggu. Jika melipir ke pinggiran jalan raya, pasti akan ada banyak sekali penjual takjil dan makanan yang menawarkan dagangannya mulai dari es buah, kolak, gorengan, hingga makanan berat. Selain itu, ada juga beberapa makanan yang perlu disiapkan setelah puasa untuk bisa mengembalikan energi tubuh.

Saat berpuasa tubuh kehilangan sebagian besar energi karena tidak adanya asupan makanan dan minuman yang masuk. Ditambah lagi aktivitas harian yang padat turut mempercepat prosesnya. Oleh karena itu makanan yang disiapkan saat berbuka tentu harus memenuhi kebutuhan gizi dalam tubuh  mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin, hingga mineral.

Jenis Makanan yang Wajib Dihidangkan Setelah Berpuasa

Makanan yang baik dan dapat mengembalikan energi tubuh tentu tidak sekedar enak dan lezat. Kandungan nutrisi yang terkandung didalamnya juga harus turut diperhatikan sehingga asupan energi dalam tubuh tetap terpenuhi. Lalu apa saja makanan yang perlu disiapkan setelah puasa? Ini dia informasinya

Nasi

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Nasi

“Belum kenyang jika belum makan nasi”. Ungkapan ini tentu sering dilontarkan masyarakat Indonesia jika sedang mengkonsumsi makanan. Memang benar, nasi merupakan penyumbang asupan karbohidrat tertinggi bagi tubuh dan juga menjadi bahan makanan pokok mayoritas masyarakat negeri ini.

Mengkonsumsi nasi setelah berpuasa tentu dapat mengisi kembali energi yang hilang saat berpuasa. Oleh karena  jangan lupa untuk selalu rutin mengecek ketersediaan beras di rumah sehingga nasi dapat dikonsumsi setiap hari. Pilih juga beras dengan kualitas bagus untuk mendapatkan nasi dengan tekstur pulen dan rasa yang lezat.

(Baca Juga: Agar Tetap Sehat, Ini Dia 5 Makanan Pertama Saat Buka Puasa)

Aneka Olahan Sayuran

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Olahan sayur

Setelah nasi, makanan yang perlu disiapkan setelah puasa yaitu aneka olahan sayuran. Mengkonsumsi sayuran secara rutin sudah terbukti baik untuk melancarkan pencernaan dan memenuhi kebutuhan nutrisi saat berpuasa. Hal ini dikarenakan kandungan serat dan beragam vitamin yang sangat baik bagi tubuh.

Agar tidak bosan, modifikasi olahan sayuran yang berbeda setiap harinya, mulai dari tumis, cah, santan, hingga menjadi campuran dalam menu lauk pauk seperti rolade sayur, perkedel, dan masih banyak lagi. Jika berbelanja ke pasar, cari juga jenis sayuran baru yang belum pernah diolah sebelumnya.

Olahan Bakso dan Sosis

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Olahan bakso dan sosis

Bakso dan sosis termasuk kedalam bahan makanan praktis yang mudah diolah menjadi berbagai makanan lezat. Selain awet, dua bahan makanan ini juga bisa menjadi penyelamat jika tidak ingin ribet memasak makanan saat berbuka puasa. Kandungan protein hewani yang terdapat didalamnya juga mampu memenuhi gizi dalam tubuh.

Bakso dan sosis juga bisa diolah dengan berbagai cara mulai dari campuran capcai, sup, tumis, atau digoreng biasa dan ditambah dengan bumbu asam manis. Saat ini bakso dan sosis beku sudah bisa dibeli di supermarket hingga warung warung terdekat dengan harga yang sangat terjangkau.

Nugget Goreng

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Nugget Goreng

Jika bosan dengan sosis dan bakso, nugget juga bisa menjadi makanan praktis yang siap menjadi hidangan pelengkap menu berbuka puasa. Termasuk kedalam jenis makanan beku, nugget tentu sangat cocok dijadikan sebagai stok bahan makanan di kulkas. Nugget ayam umumnya sangat disukai anak-anak karena rasanya yang gurih dan lezat.

Makanan ini juga bisa menjadi menu praktis ketika malas atau tidak ada waktu untuk mempersiapkan beragam makanan untuk berbuka puasa. Untuk bisa mengkonsumsi nugget sangatlah mudah karena hanya perlu digoreng saja. Nugget goreng kini sudah bisa langsung dikonsumsi dengan nasi putih hangat.

Olahan Telur

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Olahan telur

Telur sudah pasti menjadi salah satu makanan yang perlu disiapkan setelah puasa. Selain harganya yang relatif murah, telur juga tergolong sebagai bahan makanan praktis yang dapat dikonsumsi sebagai teman lauk untuk sahur atau berbuka puasa. Telur bisa diolah menjadi berbagai kreasi masakan yang lezat mulai dari balado, opor, dadar, hingga yang paling simple telur mata sapi.

Kandungan protein yang tinggi pada telur juga sangat baik bagi kesehatan dan menjaga kondisi tubuh tetap prima selama berpuasa. Jadi, jangan lupa untuk selalu stok telur di rumah selama bulan puasa. Masukkan telur kedalam kulkas sehingga tidak rentan rusak.

Olahan Tahu dan Tempe

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Olahan tahu dan tempe

Stok tahu dan tempe memang menjadi andalan para ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan protein anggota keluarga dengan harga yang murah meriah. Bahkan di luar bulan puasa, tahu tempe sudah menjadi bahan makanan wajib hampir di setiap rumah. Oleh karena itu, kurang afdol rasanya jika dua makanan terkenal ini tidak dihidangkan sebagai salah satu menu setelah berpuasa. 

Olahannya pun tidak hanya sekedar digoreng saja, tahu tempe bisa dikreasikan menjadi berbagai makanan nikmat dan lezat mulai dari tumis pedas, campuran sayuran, bacem, hingga mendoan. Karena sangat praktis untuk diolah, maka sudah tentu tahu dan tempe menjadi lauk wajib ada pada menu berbuka puasa.

Ikan Sarden 

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Ikan sarden

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa tentu harus yang praktis dan tidak ribet. Olahan dari ikan sarden bisa menjadi andalan yang tepat  karena  saat ini sudah banyak produk sarden kalengan siap olah yang bisa dibeli di minimarket dan warung terdekat. Kandungan lemak dan omega 3 yang tinggi pada ikan sarden tentu sangat baik dikonsumsi oleh tubuh setelah berpuasa.

Olahan dari ikan sarden bisa disantap sebagai salah satu menu berbuka dan sahur andalan. Tidak perlu repot-repot mengolah bumbu dan membersihkan ikan lagi, kini Anda sudah bisa mendapatkan menu lezat ini hanya dengan memanaskan sarden kalengan pada wajan. Sangat mudah dan praktis bukan?

Olahan Mie

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Olahan Mie

Selain nasi, jenis makanan yang perlu disiapkan setelah puasa sebagai pengganti karbohidrat selama berpuasa adalah mie. Mie juga termasuk kedalam makanan praktis dan bisa diolah dan dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lain seperti sayuran, telur, udang, bakso, atau sosis. 

Agar kandungan nutrisi didalamnya tidak hilang dan tidak mudah berjamur, jangan letakkan mie di tempat lembab seperti kulkas. Cukup letakkan mie di tempat penyimpanan yang kering dan terhindar dari sinar matahari langsung. Ketika akan mengkonsumsinya, cukup rebus mie di air mendidih lalu kreasikan dengan beragam bahan lain untuk mendapatkan menu makanan yang lezat.

(Baca Juga: Simak Yuk, 6 Macam Makanan Buka Puasa Rendah Kalori)

Buah-Buahan

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Buah buahan

Selain melengkapi menu makanan berbuka puasa dengan nasi, lauk, dan sayur, jangan lupa juga untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh dengan aneka jenis buah-buahan. Tidak perlu buah-buahan mahal. Untuk lebih menghemat anggaran, pilihlah jenis buah-buahan lokal atau yang sedang musim untuk bisa mendapatkan harga yang murah dengan jumlah yang banyak.

Buah-buahan banyak memiliki kandungan air serta vitamin yang baik untuk tubuh. Saat berpuasa, disarankan juga untuk banyak mengkonsumsi buah dengan kandungan vitamin C yang dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh.

Biskuit Gandum

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Biskuit gandum

Setelah berbuka berpuasa, keinginan untuk ngemil tentu tidak tertahankan. Agar tubuh tetap prima, maka disarankan untuk mengganti cemilan snack atau jajanan berminyak dengan biskuit. Kandungan pati yang terkandung di dalam biskuit gandum tentu bisa menjadi pilihan cemilan mengenyangkan yang dapat mengganti energi tubuh.

Mengkonsumsi gorengan secara berlebihan saat berbuka sendiri sejatinya tidaklah sehat karena dapat memicu penimbunan lemak dan penyumbatan pada pembuluh darah. Oleh karena itu, selama bulan puasa, sangat disarankan untuk mengganti konsumsi cemilan dengan bahan makanan yang lebih menyehatkan.

Roti Tawar

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa - Roti tawar

Roti tawar biasa dikonsumsi sebagai pengganti nasi saat sarapan. Namun roti tawar juga bisa menjadi makanan praktis yang mudah dikreasikan mulai dari campuran es hingga jajanan takjil. Memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi menjadikan roti tawar cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Tambahkan topping coklat atau selai untuk mendapatkan rasa yang lebih lezat.

Makanan yang perlu disiapkan setelah puasa memang banyak sekali jenisnya. Belum lagi ditambah dengan es dan jajanan takjil yang biasa dikonsumsi di awal waktu berbuka. Agar tubuh tetap mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, maka pastikan untuk selektif memilih makanan dengan tetap memperhatikan gizi dan nutrisi yang terkandung didalamnya. 

Mengkonsumsi makanan sehat tentu dapat membuat tubuh menjadi lebih prima sehingga ibadah puasa dapat dijalankan dengan penuh nikmat. Jadi jangan sampai sembarangan dalam memilih makanan saat untuk berbuka. Selamat berpuasa! 

 

Total
29
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts