Makanan yang Tak Lazim Di Dunia – Dari Minum Darah Hingga Bahan Tak Biasa!

Makanan yang Tak Lazim di Dunia – Dari Minum Darah Hingga Bahan Tak Biasa!
Makanan yang Tak Lazim di Dunia – Dari Minum Darah Hingga Bahan Tak Biasa!

Makanan yang Tak Lazim di Dunia – Dari Minum Darah Hingga Bahan Tak Biasa! – Bumi ini besar. Maka dari itu manusia tersebar di seluruh bagian yang berbeda. Di sebagian tempat, hal ini berbuah menjadi beberapa kebiasaan yang tak lazim.

Baca Juga: Ekstrim dan Menantang! Inilah Beberapa Makanan yang Tak Lazim di Indonesia , Berani Coba?

Kali ini kita akan melihat kebiasaan makan ekstrim! Ini bisa karena cara makannya yang berbeda. Keterbatasan alam, geografi dan suhu sangat berpengaruh. Sambil memahami rasanya, kami juga berharap pembaca bisa mengerti kenapa mereka memiliki perbedaan tersebut.

Ini karena Makanan yang Tak Lazim di Dunia biasanya dibedah berdasarkan kebiasaan saja.Kita harus sadar bahwa situasi mereka berbeda dengan lazimnya.

Mereka juga kerap jadi tak lazim karena keterbatasan. Misalnya mereka makan hewan atau serangga karena hanya ada itu di daerah sana. Bagaimanapun yuk simak ulasannya!

1. Vampir Jerman – Schwarzsauer (Swar-sauer)

Makanan yang Tak Lazim di Dunia – Dari Minum Darah Hingga Bahan Tak Biasa!
Makanan yang Tak Lazim di Dunia – Dari Minum Darah Hingga Bahan Tak Biasa!

Makanan yang Tak Lazim di Dunia dari Rhine dan Holstein. Hal ini bisa membuat PETA marah dan vegan terkejang-kejang. Namun bagi penyuka kuliner ekstrim dan keluarga Cullen, kalian akan sangat menikmatinya. 

Semangkuk Schwarzsauer memiliki kandungan protein dan vitamin D tinggi. Saking tingginya kadar protein satu mangkuk memberi cukup tenaga untuk pekerjaan fisik. Makanan ini dirancang untuk menghasilkan tenaga besar dalam makanan sedikit.

Berita buruknya adalah rasa (dan aroma) Makanan yang Tak Lazim di Dunia masih berunsur darah. Protein berasal dari darah dan jeroan.

Beberapa versi, Schwarzsauer, bisa gurih, asam, atau manis. Beberapa bahan untuk membuat hidangan berdarah ini:

  • Darah babi (atau puding hitam)
  • Jeroan ayam itik angsa
  • Cuka
  • Kayu manis
  • Rempah-rempah lainnya.

Makanan yang Tak Lazim di Dunia dari negeri Bir dan Burger ini memang ngeri-ngeri sedap. Namun karena kondisi dingin dan pekerjaan seperti tukang potong pohon dan petani gandum yang butuh stamina – tah keran hidangan ini diciptakan.

2. Arroz De Cadibela – Hidangan Berdarah Brazil

Di dunia kelezatan gastronomi berdarah, Portugal menawarkan nasi cabidela. Kalau anda tidak suka Schwarsauer maka anda akan bergidik ketika menatap Arroz De Cadibela.

Pada dasarnya, Makanan yang Tak Lazim di Dunia ini adalah semangkuk besar ayam atau kelinci dengan nasi, direndam dalam cuka. Disempurnakan dengan 1 bumbu spesial: darah hewan yang disajikan.

Arroz de cabidela adalah hidangan hangat yang datang dalam variasi regional yang berbeda di Portugal dan Brasil.

3. Telur Century – Aroma Belerang Cina

Dimakan di Cina dan Taiwan, telur abad memiliki sejumlah nama, termasuk telur yang diawetkan, telur milenium, telur kulit atau telur hitam untuk beberapa nama. Makanan yang Tak Lazim di Dunia Cina.

Telur Century bisa berupa telur bebek, puyuh atau ayam yang diawetkan dalam campuran abu, garam, tanah liat, sekam padi dan kapur tohor selama berminggu-minggu hingga berbulan-bulan (tergantung prosedur yang digunakan). 

Selama proses membuat Makanan yang Tak Lazim di Dunia ini, putih telur menjadi jeli coklat yang mengembangkan rasa asin. Kuning telur berubah menjadi warna hijau abu-abu dan memiliki aroma belerang yang agak menyengat.

Anda bisa menemukan telur abad yang dijual di pinggir jalan sebagai camilan atau juga di restoran Dim Sum. 

Menariknya, Makanan yang Tak Lazim di Dunia ini juga disediakan di pernikahan Kanton (Hong Kong & Shen Zhen), biasanya sebagai bagian dari piring hidangan pertama. 

Kuda Laut

Dianggap sebagai makanan lezat di negara-negara Asia seperti Cina dan Jepang, kuda laut sekarang didorong ke ambang kepunahan karena meningkatnya keinginan untuk ikan ini. 

Makanan yang Tak Lazim di Dunia  ini ditemukan di area seperti pasar makanan Wangfujing Beijing. Hewan laut ini dijual sebagai makanan ringan dengan tongkat. 

Tidak jarang kuda laut dikeringkan dan digiling menjadi bubuk. Nantinya mereka akan ditambahkan ke teh, sup, anggur atau sup.

Selain menjadi Makanan yang Tak Lazim di Dunia, kuda laut juga merupakan bahan yang digunakan dalam banyak obat tradisional Tiongkok. Utamanya untuk meningkatkan stamina seksual pria. Selain itu juga menjadi alternatif obat asma atau penyakit jantung.

4. Sahabat Manusia? Atau Daging Enak?

Makanan yang Tak Lazim di Dunia – Dari Minum Darah Hingga Bahan Tak Biasa!
Makanan yang Tak Lazim di Dunia – Dari Minum Darah Hingga Bahan Tak Biasa!

Makan daging anjing sering membuat backpacker ketakutan, karena hal itu sangat tidak biasa dalam budaya Barat. 

Meskipun Anda kemungkinan besar melihat anjing sebagai hewan peliharaan di AS, ini tidak terjadi di Asia. Ini membuat Anjing sebagai Makanan yang Tak Lazim di Dunia.

Daging anjing masih merupakan perdagangan yang berkembang pesat di negara-negara seperti China, Korea dan Vietnam, namun mulai kehilangan popularitasnya karena kekhawatiran tentang kekejaman.

Di Vietnam, daging anjing kebanyakan dimakan di utara. Makanan yang Tak Lazim di Dunia di restoran khusus daging anjing dan bahkan dianggap membawa keberuntungan. 

Baik dipanggang atau direbus, daging anjing juga dipercaya dapat meningkatkan libido, namun, seperti kebanyakan klaim ini, tidak ada bukti tentang hal ini.

Karena daging anjing terus tidak disukai, organisasi seperti Asia Canine Protection Alliance (ACPA) bermunculan, yang bertujuan untuk mengakhiri perdagangan Makanan yang Tak Lazim di Dunia ini. 

Banyak yang berpendapat bahwa perdagangan itu pada dasarnya kejam, dengan anjing diternakkan, diangkut, dan dibunuh secara tidak manusiawi. 

Jika dilema moral tidak cukup untuk menghentikan Makanan yang Tak Lazim di Dunia, bukti menunjukkan bahwa makan daging anjing juga bisa berbahaya bagi manusia, yang menyebabkan peningkatan berbagai penyakit, seperti rabies.

5. Kancung Beruk – Pemakan Karnivora

Tumbuhan karnivora ini berasal dari Taman Nasional Kerinci. Kali ini ada unsur pelestarian di balik makanan ini.

Kancung Beruk digunakan dalam Makanan yang Tak Lazim di Dunia lokal. Kancung Beruk adalah sejenis lemang di mana tanaman kantong semar (nepenthes). Mereka dikumpulkan dari alam, diisi dengan nasi dan dikukus.

Selain dimakan di Indonesia, tanaman kantong semar juga biasa dikonsumsi di beberapa bagian Malaysia. Penjual yang menjual tanaman ini menyesuaikan versi mereka sendiri dari hidangan Kancung Beruk.

Tidak seperti beberapa Makanan yang Tak Lazim di Dunia Asia dalam daftar ini, tanaman kantong semar tidak terancam punah. Dr Schwallier, dosen keanekaragaman hayati di AS, bahkan percaya ada nilai konservasi dalam memakan tanaman kantong semar. 

Dengan melestarikan makanan tradisional ini, kita melindungi hubungan antara manusia dan lingkungan alamnya. Ini berarti bahwa jika hutan terancam deforestasi, masyarakat lokal lebih mungkin untuk berdiri dan mendorong kembali untuk melestarikan hutan dan warisan budaya mereka.

6. Ular

Samuel L. Jackson si Nick Fury di Avengers mungkin tidak suka ke China. Disana ada banyak ular bahkan di pesawat!  Karena tidak perlu mencari lebih jauh dari China atau Hong Kong untuk mencicipi Makanan yang Tak Lazim di Dunia berbahaya ini. 

Sudah lama dipercaya oleh orang Cina memiliki kekuatan penyembuhan. Nyaris semua tubuh ular bisa bermanfaat. Baik untuk obat atau terutama – peningkat gairah.

Sup ular suwir adalah salah satu Makanan yang Tak Lazim di Dunia paling populer untuk memakan ular, tetapi bahkan di negara-negara seperti Kamboja, sup itu muncul di menu panggang. Beberapa orang menyamakan makan ular dengan ‘mengunyah sepatu boot kulit beraroma amis’. Nyam!

Jenis ular yang digunakan untuk makanan bervariasi, namun memang benar bahwa spesies yang terancam punah dengan sedih menemukan jalan mereka ke piring makan dan minuman beralkohol.

Ingatlah hal ini jika Anda memutuskan untuk mencoba Makanan yang Tak Lazim di Dunia. Selalu hindari tempat misterius.. Kobra harus selalu dihindari karena statusnya yang ‘rentan’ terancam punah.

Jangan pernah mau diajak ke tempat terpojok di pinggiran. Terutama yang menawarkan “peningkatan gairah”. Jangan bermain-main ke tempat yang tertutup atau berada di balik restoran.

Tanyakan pada pemandu tur tentang proses. Harus dan wajib higienis serta tidak menimbun kotoran hewan. Dan bisa memfasilitasi perpindahan penyakit ke manusia dari hewan.

Baca Juga: https:Lezat!, Ini Dia Rekomendasi Kuliner Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Begitulah ulasan seputar Makanan yang Tak Lazim di Dunia. Banyak dari mereka yang cukup ekstrim baik dari segi aroma maupun rasa. Tidak semua harus dicoba, beberapa memiliki fungsi spesifik seperti obat atau penunjang stamina dan suplemen tubuh dalam bekerja. Sebelum mencoba, anda harus mengetahui konteks kenapa makanan tertentu diciptakan. Jangan lupa berhati-hati saat mencoba ya!

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts