Menu Makanan Diet 3 Kali Sehari, Ikuti Agar Tubuh Langsing!

menu makanan diet

Menu makanan diet menjadi solusi yang banyak dijadikan sebagai pilihan. Pada dasarnya, ada berbagai macam cara yang bisa kita lakukan agar dapat menurunkan berat badan. Salah satu caranya ialah mengkonsumsi makanan yang sehat.

Mendapatkan tubuh ideal dan langsung juga tetap harus memenuhi kebutuhan nutrisi. Bukan hanya rajin melakukan olahraga, untuk mengurangi berat badan, menjaga pola makan menjadi hal yang lumrah dilakukan.

Banyak orang yang rela tidak makan pasta, daging atau berbagai makanan lezat lain agar bisa memiliki lingkar pinggang kecil. Padahal sebenarnya, orang yang sedang menjalankan program diet tetap membutuhkan gizi seimbang. 

Sayangnya, pilihan makanan sehat yang dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan pola diet sering tidak membuat selera. Sebenarnya, Anda dapat mengatur menu diet agar tetap bisa merasakan makanan lezat.

Ketika sedang menjalankan program diet, biasanya sarapan menjadi aktivitas yang ditinggalkan. Padahal, saat menggunakan takaran yang pas, sarapan tidak akan membuat program diet Anda mengalami kegagalan. Berikut menu sarapan diet yang bisa dicontek:

Telur

 menu makanan diet - Telur

Telur kaya dengan kandungan mineral dan vitamin. Telur menjadi menu sarapan yang sangat baik bagi mereka yang menjalankan program diet. Kandungan protein di dalam telur sangat tinggi sehingga bisa mengurangi nafsu makan.

Biji gandum

menu makanan diet - Gandum

Biji gandum memiliki kandungan vitamin serta mineral. Selain itu biji gandum juga memiliki kandungan serat tinggi. Dengan mengkonsumsi biji gandum, nafsu makan bisa berkurang serta dapat menstabilkan gula darah. 

(Baca Juga: Buah untuk Menurunkan Darah Tinggi, Segera Rutin Makan!)

Pisang

menu makanan diet - pisang

Pisang menjadi buah yang rendah kalori dan bisa dijadikan sebagai alternatif sarapan yang sangat praktis. Selain itu pisang juga akan membuat perut Anda terasa kenyang karena memiliki kandungan pati resisten. 

Yoghurt

menu makanan diet - Yogurt

Yoghurt memiliki kandungan protein yang begitu baik untuk dikonsumsi setiap pagi serta tetap aman ketika Anda sedang diet. Namun, pastikan mengkonsumsi yoghurt yang rendah kandungan gula. 

Smoothie

menu makanan diet - Smootie

Biasanya, menu makanan diet khususnya sarapan akan diolah sendiri, sehingga Anda bisa dengan mudah menyesuaikan kalorinya. Anda dapat membuat smoothie ketika pagi hari. Namun hindari menggunakan buah yang tinggi kalori.

Kopi

menu makanan diet - Kopi

Kopi memiliki kandungan kafein sehingga bisa membantu menurunkan berat badan serta meningkatkan metabolisme. Kopi bahkan juga bisa membantu pembakaran lemak. 

Tetapi, saat mengkonsumsi kopi di pagi hari, Anda harus mengimbanginya dengan sumber karbo dan lemak. Apalagi jika Anda memiliki gangguan maag. 

Setelah pagi hari mengkonsumsi sarapan yang sehat. Siang hari Anda juga harus mengkonsumsi makanan yang sehat juga. Berikut beberapa menu makan siang hari untuk diet:

Sup sayuran

menu makanan diet - Sup sayuran

Sup sayuran memiliki kandungan lemak yang sangat rendah. bahkan di dalam seporsi sup sayuran terdapat 1.9 gram lemak serta memiliki kandungan kalori 78 kkal saja. 

Ketika memasak sup sayuran, usahakan menggunakan brokoli. Segelas penuh brokoli memiliki kandungan 30 kalori saja, sedangkan seratnya sebanyak 5 gram.

Pepes ikan bumbu kuning

menu makanan diet - Pepes ikan bumbu kuning

Menu lainnya adalah pepes ikan dengan bumbu kuning. Pepes yang Anda masak bisa menggunakan ikan kembung. Ikan kembung memiliki kandungan protein yang tinggi, kandungan protein ini dipadukan dengan bumbu gurih sehingga rasanya semakin enak.

Pepes ikan menjadi rekomendasi makanan diet karena kalori yang dimilikinya cukup rendah. selain itu pepes ikan juga dapat dibuat tanpa tambahan minyak. 

Ikan pindang kuning

menu makanan diet - pindang ikan

Menu makanan diet lainnya adalah ikan pindang kuning. Ikan pindang kuning memiliki kuah yang segar apalagi ditambah dengan belimbing sayur. 

(Baca Juga: Cara Menurunkan Gula Darah, Hormon Insulin Berperan Besar)

Sayur bening

menu makanan diet - Sayur bening

Sayur menjadi menu yang penting untuk dikonsumsi. Sayur bayam memiliki kandungan serat, vitamin dan folat. Sayur bening juga bisa Anda padukan dengan potongan labu siam serta jagung. 

Banyak orang yang takut makan malam karena menganggap akan membuat tubuh menjadi semakin gemuk. Apalagi ketika sedang menjalankan diet sehat. Berikut beberapa menu makan malam yang bisa dicontoh ketika sedang berdiet:

Sup ayam asparagus

Asparagus menjadi salah satu jenis sayuran dengan gizi tinggi. didalam satu porsi sup, terdapat 20 kalori serta berbagai macam nutrisi. Asparagus juga memiliki kandungan vitamin A, B, selenium serta berbagai antioksidan. 

Ayam panggang dengan kentang

Saat ingin mengkonsumsi ayam, salah satu cara memasak yang direkomendasikan adalah memanggangnya. Sebagai tambahan karbohidrat, Anda dapat memanggang kentang, sehingga gizinya menjadi lengkap. 

Menu makanan diet tersebut akan semakin lengkap dengan tambahan berbagai macam sayuran seperti brokoli, wortel dan lainnya yang dimasak dengan cara dipanggang. 

Salmon dan nasi merah

Rindu mengkonsumsi nasi ketika diet? Jika Anda ingin mengkonsumsi nasi ketika diet namun takut gemuk, Anda bisa menggantinya dengan nasi merah. 

Sebagai menu utama, Anda dapat memasak salmon panggang yang dibumbu. Kemudian Anda juga bisa menambahkan brokoli kukus. 

Perlu diketahui, bukan hanya makanan saja yang mempengaruhi keberhasilan program diet yang Anda lakukan. Namun minuman juga memiliki peran penting. Minuman memiliki pengaruh sangat besar pada kenaikan dan penurunan berat badan.

Sayangnya, tidak sedikit yang beranggapan jika minuman tidak menggemukkan karena minuman tidak memberikan efek mengenyangkan. Padahal, hal ini tergantung dari jenis minuman yang Anda konsumsi. 

Ada beberapa contoh minuman diet atau minuman sehat yang akan mendukung program diet yang sedang Anda lakukan. Berikut selengkapnya:

Air putih

Air putih menjadi minuman ideal bagi program diet. Air putih memiliki kandungan 0 kalori serta bisa menggantikan hilangnya cairan tubuh karena padatnya aktivitas sehari-hari. Anda dianjurkan mengkonsumsi air putih 6 hingga 8 gelas dalam satu hari.

Susu

Meskipun susu merupakan minuman sehat, namun tidak sembarang susu yang bisa Anda konsumsi. Anda dapat mengkonsumsi susu rendah lemak, susu kedelai atau jenis susu lain. kandungan protein didalam susu bisa membantu tubuh membentuk otot.

Bukan hanya itu, susu kaya dengan kandungan kalsium sehingga sangat baik untuk gigi dan tulang. Ketika mengkonsumsi susu, hindari menambahkan gula sehingga tidak menambah kalori di dalam tubuh. Menu makanan diet seperti susu juga sering direkomendasikan. 

Sari buah

Jika Anda enggan mengkonsumsi buah dalam keadaan dipotong, tidak ada salahnya mengolah buah tersebut menjadi sari buah. Anda dapat menggunakan juicer agar bisa mendapatkan sari buahnya. Dengan cara ini, Anda bisa mengkonsumsi tanpa kehilangan serat.

Kopi

Kopi memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan jantung. Namun, saat diet, hindari mengkonsumsi kopi yang ditambah gula atau mengkonsumsinya mendekati jam tidur karena bisa mengganggu istirahat Anda. 

Tips Mengolah Menu Makanan Diet yang Sehat

Ketika sudah merancang menu makanan untuk diet, hal lain yang harus diperhatikan adalah cara mengolah makanan tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat mengolah makanan:

Gunakan minyak rendah kolesterol

Ketika memasak menu makanan, hindari menggunakan minyak biasa. Anda dapat menggunakan minyak yang rendah kolesterol maupun minyak kelapa yang sangat cocok untuk program diet Anda.

Minyak sayur biasa dapat menambah risiko kenaikan berat badan. Selain itu Anda juga harus menggunakan minyak dengan jumlah seperlunya serta hindari menggunakan minyak goreng yang sudah digunakan berkali-kali.

Atur kombinasi makanan

Ikuti dengan baik menu makanan diet yang sudah disarankan. Selain itu Anda juga bisa mengatur kombinasi makanan sehingga tidak membebani pencernaan. contohnya memilih karbo dengan sayur dibandingkan dengan karbo dan protein.

Masak tanpa menggunakan MSG

Mulai dari sekarang, tidak ada salahnya mencoba masak tanpa menggunakan MSG. Anda dapat menggunakan berbagai kombinasi bumbu makanan sehingga bisa menambah rasa dan aroma. Dengan cara ini, Anda dapat menghindari masakan menggunakan MSG.

Jika berkenan, Anda bisa menambahkan bumbu-bumbu lain seperti oregano, garlic atau bumbu segar lain. Hindari terlalu banyak menggunakan bumbu instan yang kurang menyehatkan. 

Perhatikan waktu memasak

Pahami dengan baik waktu memasak yang dilakukan. Sayuran yang terlalu matang bisa kehilangan vitamin yang dibutuhkan. Oleh sebab itu sesuaikan durasi memasak dengan saran pengolahan yang biasanya berada di resep masakan. 

Gunakan sedikit saja lemak

Meskipun sedang berdiet, bukan berarti Anda sama sekali tidak boleh mengkonsumsi lemak. Boleh mengkonsumsi lemak namun dengan jumlah yang terbatas, Anda bisa mengkonsumsi lemak dari buah alpukat, minyak zaitun dan lainnya. 

Ketika berdiet, makanan menjadi sebuah permulaan diet, oleh sebab itu mulai dari sekarang atur menu harian Anda. Jika bosan, Anda bisa mengganti menu harian dalam seminggu sekali. Selain itu jangan lupa memperhatikan cara mengolah menu makanan diet Anda.

Total
3
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts