10 + Minuman yang Laris di Bulan Puasa, Mudah Dibuat dan Enak

Bulan puasa, identik dengan berbagai minuman yang siap melepas dahaga saat berbuka. Tak salah, jika banyak penjual berbagai minuman dan takjil yang bertebaran di berbagai kawasan. Yang berhasil sukses adalah penjual minuman yang laris di bulan puasa berikut ini. Penasaran? Simak infonya, siapa tahu Anda suka dan menjadikannya menu berbuka atau jualan selama bulan Ramadhan.

Minuman yang Laris di Bulan Puasa

1. Es Kelapa Muda

 Minuman yang laris di bulan puasa - Es kelapa

Minuman yang laris di bulan puasa pertama adalah es kelapa. Sejak dulu kelapa muda tak pernah gagal menjadi menu minuman saat berbuka, apalagi untuk daerah tropis Indonesia sangat mudah untuk menemukan penjualnya. Baik itu es kelapa muda murni tanpa campuran apapun, maupun es kelapa muda susu yang rasanya tak kalah nikmat.

Tekstur kelapa muda yang lembut berpadu dengan air kelapa yang manis alami plus es batu, menjadi sajian berbuka yang patut dicoba. Buat Anda yang suka berkreasi, bisa mencoba memadukan manisnya es kelapa muda dengan perasan lemon atau tambahan jeruk peras.

2. Es Buah

 Minuman yang laris di bulan puasa - Es Buah

Buah-buahan segar yang diberi kuah berbahan sirup aneka rasa, juga menjadi salah satu minuman yang laris di bulan puasa. Biasanya varian buah yang dipilih adalah, pepaya, nanas, leci,anggur, melon. Kemudian dipotong kecil-kecil dan dimasukkan ke dalam wadah.

Untuk kuahnya dibuat dari air putih matang yang diberi gula dan sirup rasa cocopandan, leci, atau sesuai selera. Kemudian disajikan dengan kepingan es batu segar. Pastinya membuat berbuka terasa lebih lengkap.

(Baca Juga: Simak Yuk,8 Jenis Minuman Sehat Untuk Ginjal)

3. Es Teler

 Minuman yang laris di bulan puasa - Es Teler

Minuman yang laris di bulan puasa berikutnya adalah es teler. Jika Anda suka minuman berbahan dasar susu yang diberi parutan buah, maka es teler bisa jadi pilihan utama. Perpaduan buah nangka, kelapa muda, dan alpukat yang dikerok semakin sempurna ketika diberi kuah susu yang creamy dan kaya rasa. Disajikan dengan es serut sebagai minuman saat berbuka, akan menambah kenikmatan dan melepas dahaga Anda. Di Indonesia, minuman ini juga populer menjadi pilihan para penjual minuman saat bulan Ramadhan. Karena, memang peminatnya sangat banyak.

4. Es Campur

Minuman yang laris di bulan puasa - Es Campur

Banyak versi es campur yang ada di berbagai daerah Indonesia. Ada yang memadukan cincau, tape singkong, jelly, kemudian diberi kuah susu dan sirup merah yang dibuat dari ekstrak kelapa atau stroberi. Penyajiannya diberi es serut, sehingga saat dikonsumsi terdapat perpaduan rasa buah yang segar, tape yang asam, dan kuah serta jelly yang manis. Ada juga es campur yang di dalamnya terdapat daging durian segar, yang membuat rasanya unik namun tetap membuat ketagihan.

5. Es Pisang Ijo

Minuman yang laris di bulan puasa - Es Pisang ijo

Es yang satu ini adalah minuman khas dari Sulawesi Selatan. Bahan utamanya adalah pisang raja yang dibalut tepung beras kemudian dikukus. Penyajiannya bersama kuah santan yang diberi pengental alami, ditambah es batu, dan sirup cocopandan yang aromanya nikmat. Cocok untuk dijadikan menu minuman berbuka, karena rasa segar dari kuah dinginnya bercampur dengan rasa otentik pisang berbalut tepung. Kalau dulu es pisang hijau hanya bisa ditemukan di Makassar dan sekitarnya, kini sudah menjadi salah satu minuman yang laris di bulan puasa di berbagai daerah di Indonesia.

6. Es Oyen

Minuman yang laris di bulan puasa - Es Oyen

Sebenarnya minuman ini mirip dengan es teler, hanya saja perpaduannya ditambah dengan sagu mutiara kecil yang ditabur di atas es siap saji. Sehingga selain rasa nikmat buah bercampur kuah susu, juga ada sensasi kenyal dari sagu mutiara berwarna merah muda tersebut.

7. Es Dawet

Minuman yang laris di bulan puasa - Es Dawet

Membayangkan semangkuk es dawet yang terisi cendol dari bahan tepung beras dan tapioka, kemudian disiram kuah santan yang creamy dengan rasa manis beraroma pandan. Sepertinya ingin cepat-cepat menyantapnya, karena akan terasa sangat segar apalagi kalau diberi butiran es batu yang membuat sensasi dinginnya melepas dahaga setelah seharian berpuasa. Es yang satu ini merupakan salah satu minuman yang laris di bulan puasa, bukan saja karena rasanya tapi sekarang juga sudah banyak varian kolaborasi bahannya. Ada yang ditambahkan buah nangka sebagai penambah rasa, kemudian ada juga yang ditambahkan cincau, hingga roti tawar. Anda mau coba yang mana?

(Baca Juga: 9 Rekomendasi Cemilan Sehat untuk Menambah Berat Badan)

8. Es Mojito

 Minuman yang laris di bulan puasa - Es Mojito

Ini adalah salah satu minuman kekinian yang banyak dijual di cafe milenial. Kesegarannya benar-benar menyempurnakan saat berbuka Anda. Dibuat dari campuran soda yang rasanya nendang, kemudian sirup dengan varian rasa yang bisa dipilih, ada lagi biji selasih, jelly yang dipotong kecil-kecil, jeruk nipis peras, dan tentunya tak lupa potongan es batu sebagai pendingin minuman.

Sekali teguk, rasa segar dari soda dan jeruk nipis langsung menjalar ke kerongkongan. Sedangkan jelinya yang kenyal dan manis membuat pengalaman minum minuman yang laris di bulan puasa ini jadi lebih berkesan. 

9. Es Sarang Burung

Minuman yang laris di bulan puasa - Es Sarang Burung

Jangan berpikir kalau es ini dibuat dari sarang burung sungguhan, sebab bahan utamanya adalah agar-agar original yang diserut. Kemudian dicampur dengan kuah dari air yang diberi vanila dan sirup khusus. Ada yang menambahkan biji selasih bahkan kelapa muda dan es krim untuk menyempurnakan rasanya. 

Buat Anda yang belum pernah mencoba, disarankan untuk siap-siap ketagihan karena ras segar dari kuah esnya benar-benar berbeda. Karena tidak menggunakan susu atau santan. Sehingga rasa haus akan hilang seketika, apalagi saat mencoba mengkonsumsi agar-agar serutnya yang enaknya maksimal. 

10. Es Cincau

Minuman yang laris di bulan puasa - Es Cincau

Siapa diantara Anda yang suka cincau? Memang warna hitamnya kurang menarik, tapi ketika sudah dipotong-potong kemudian diberi kuah cincau dengan aroma khas dan ditambahkan sedikit susu maka rasanya akan memberi sensasi yang beda dari es-es lainnya.  Aroma cincau yang kuat dan tekstur cincau yang kenyal tapi enak itu pastinya menjadi alasan Anda untuk berani minum satu gelas lebih. Makanya saat bulan puasa es yang satu ini banyak dijadikan menu jualan, sebab masuk kategori minuman yang laris manis di bulan puasa bagi berbagai kalangan. 

11. Susu Jelly Kurma

Minuman yang laris di bulan puasa - Susu jelly kurma

Ini adalah salah satu minuman yang sedang viral, karena memadukan buah kurma dan susu sebagai bahan kuahnya. Biasanya kurma asli diblender bersama susu kemudian disaring dan ditempatkan di dalam botol. Setelah itu, diberi jelly atau agar-agar potong dengan rasa yang bisa dipilih.

Rasa manis kurma menyatu dengan manis susu yang pastinya selain enak juga menyehatkan. Bagaimana tidak, kurma merupakan buah yang sangat disukai Rasulullah dan jadi menu utama beliau saat berbuka puasa. Kini Anda bisa menikmatinya dalam bentuk minuman yang tak akan pernah membuat bosan.

12. Sop Buah

Minuman yang laris di bulan puasa - Sop Buah

Berbeda dengan es buah, sop buah dibuat dengan kuah susu yang diberi perasa dari sirup. Buah yang dipilih juga lebih bervariasi seperti pisang, kiwi, apel, mangga, alpukat, buah naga, melon, hingga jeruk. Bahkan ada yang menambahkan kacang almond atau kacang mete untuk menambah citarasa kriuk saat mengkonsumsinya.

13. Es Boba

Minuman yang laris di bulan puasa - Es Boba

Dua tahun belakangan nama es boba melejit seiring melejitnya drama Korea di Indonesia. Boba sendiri merupakan sejenis jelly yang dibuat dari tepung tapioka yang dicampur dengan gula merah, lalu dicetak berbentuk bulat kecil dan direbus. Rasa manis dari gula merah menjadi unik ketika dipadukan dengan berbagai jenis minuman.

Ada yang mencampurkannya pada minuman berbahan susu dan diberi perasa taro, green tea, vanilla, stroberi, dan lain-lain. Tapi, ada juga yang mempertahankan keasliannya dengan menambahkan kuah dari santan yang diberi gula merah. Sehingga rasa gula merah jadi sangat dominan.

14. Thaitea Ice

Minuman yang laris di bulan puasa - Thai tea

Sekilas rasa dari Thaitea ini mirip dengan teh tarik, tapi perpaduan susu evaporasi dan susu kental manis yang diberi bubuk teh khususnya membuat citarasa teh yang katanya berasal dari Thailand ini berbeda. Rasa manis, segar, dan sedikit asam menjadi perpaduan utamanya. Sangat cocok dijadikan minuman berbuka puasa bagi yang suka minuman dingin. Tapi, bagi pecinta minuman hangat, thaitea juga tersedia dalam versi panas. Jadi, sekali-sekali Anda wajib mencoba minuman yang laris di bulan puasa dan mudah ditemukan di pusat perbelanjaan ini.

15. Cappucino Cincau

Minuman yang laris di bulan puasa

Satu lagi kolaborasi epik dari cincau yang dijadikan bahan pelengkap pada segelas cappucino dingin. Apalagi kalau ditambahkan es serut dan es krim cappucino di atasnya, membuat sensasi minum cappucino jadi lebih nikmat dari biasanya.

 

Sekarang saatnya bagi Anda untuk menentukan mana minuman yang laris di bulan puasa diatas, yang akan dijadikan menu berbuka nanti. Semuanya pasti sangat mudah ditemukan di daerah Anda. Selamat mencoba!

 

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts