Olahan Mie Dunia, Berbagai Sejarah dan Fakta Uniknya

olahan mie dunia - jenis jenis mie

Olahan mie dunia merupakan hidangan yang disukai banyak orang, paling populer di wilayah Asia bagian timur dan tenggara. Bentuk serta variasinya sangat beragam, disesuaikan dengan budaya tempatnya berkembang.

Kepopuleran hidangan ini semakin meningkat semenjak masuk dalam jajaran makanan terenak di dunia, serta pengaruh budaya makanan dalam perfilman. Sebagai asupan karbohidrat selain nasi, hidangan ini sangat cocok disajikan kapanpun.

Baca Juga : Mengenal Makanan Terenak Semua Benua di Dunia

Meskipun masih menjadi perdebatan, kuliner berbentuk panjang dan pipih ini ternyata mempunyai sejarah khas. Perkembangannya sangat pesat hingga berhasil dikenal di seluruh penjuru dunia sampai sekarang.

Olahan Mie Dunia, Sejarah dan Asalnya

olahan mie dunia - jenis jenis mie

Kuliner mie mempunyai perjalanan sejarah yang panjang dari seluruh bagian dunia, beberapa berpendapat bahwa masakan ini berasal dari Mediterania. Sedangkan sebagian lainnya mengklaim teknologi pembuatan mie berasal dari Timur Tengah.

Catatan tertua mengenai kuliner ini ditemukan di Cina, dari dinasti Han Timur, sekitar tahun 200 SM. Para arkeolog menemukan mie tertua di Cina pada tahun 2005, usianya diperkirakan 4000 tahun.

Ini merupakan bukti paling nyata bahwa kuliner tersebut menjadi salah satu produk budaya masyarakat China kuno. Sedangkan teknologi pembuatannya masih menjadi misteri hingga saat ini.

Beberapa bencana dahsyat menyapu kota Lajia, Sungai Kuning, dengan kecepatan serta kekuatan luar biasa sekitar 4000 tahun lalu. Penyebab utamanya merupakan gempa bumi dan luapan air sungai.

Bencana tersebut menghancurkan kota namun ajaibnya juga ikut melestarikan keberadaan olahan mie dunia dalam endapan lumpur. Keberadaannya ketika ditemukan pada tahun 2005 memberikan kepercayaan pada para arkeolog tentang asal usul sebenarnya.

Seorang arkeolog University of Toronto, Kanada, yaitu Gary Crawford mengatakan, penemuan mie berusia ribuan tahun di China tidak lagi mengejutkan. Para peneliti membandingkan bentuknya dengan olahan masa kini.

Dari penelitian tersebut, diperoleh fakta baru mengenai bahan pembuatnya, yaitu millet broomcorn serta jawawut. Bukti arkeologi menunjukkan bahwa kehadiran serealia (gandum, jawawut) sudah ada sejak 4000 tahun silam.

Olahan mie dunia yang ditemukan di kota Lajia pada saat itu menjadi bukti tambahan yang menyatakan bahwa kuliner tersebut adalah nenek moyang olahan Asia serta pasta Italia.

Olahan ini merupakan simbol umur panjang pada budaya Cina, umumnya disajikan pada ulang tahun seseorang atau saat tahun baru Cina. Jika biasanya dirayakan dengan kue, orang Cina mempunyai versinya sendiri.

Olahan Mie Dunia Cikal Bakal Instant Noodles 

olahan mie dunia - jenis jenis mie

Berdasarkan versi lain, mie pertama kali dibuat masyarakat China sekitar abad 6, dengan sebutan Shui Yin Bing (mie rebus). Shui Yin Bing terbuat dari adonan tepung terigu sebagai bahan utama.

Seiring berjalannya waktu, proses memasak olahan ini tidak hanya menggunakan kuah panas, tetapi juga dihidangkan dalam keadaan dingin. Sajian ini dikenal dengan nama Liangfen, kuliner khas China bagian utara.

Olahan mie dunia juga populer di berbagai penjuru wilayah, seperti Jepang, Iran, Italia, hingga Afghanistan. Meskipun menimbulkan banyak perdebatan mengenai penemunya, kuliner ini berkembang sesuai selera masing-masing wilayah.

Pada tahun 1957, seorang warga Jepang bernama Ando Momofuku menghasilkan ide pembuatan mie instan. Hal ini disebabkan karena krisis bahan pangan setelah Jepang mengalami kekalahan Perang Dunia II.

Warga rela antre hingga berjam-jam lamanya untuk mendapatkan semangkuk ramen, jika dibiarkan terlalu lama maka akan banyak orang kelaparan. Ando Momofuku telah mengalami kegagalan berkali-kali sampai akhirnya menemukan suatu metode.

Ando Momofuku menemukan cara mengeringkan mie menggunakan minyak panas bekas menggoreng tempura. Metode ini menghasilkan rongga-rongga kecil, menyebabkannya menjadi lebih awet serta cepat matang saat dimasak.

Produk instan pertama kali dijual pada tahun 1958 dengan nama Chikin Ramen, produk tersebut laris manis diburu masyarakat. Ando mengenalkan produk instan tersebut ke Amerika dengan inovasi kemasan cup styrofoam.

Olahan Mie di Indonesia

olahan mie dunia - jenis jenis mie

Begitu membahas soal kuliner pasti semua pembaca akan langsung membayangkan betapa nikmatnya jika bisa disantap saat itu juga. Berikut beberapa masakan dari Indonesia yang patut dicoba.

1. Mie Aceh 

Olahan ini terbuat dengan cara ditumis bersama rempah-rempah khas Aceh, disajikan selagi hangat. Tidak ketinggalan tambahan udang, daging sapi, irisan kepiting, atau cumi sebagai pelengkap.

2. Soto Mie, Bogor 

Hidangan ini berisi bihun, tomat, kentang, lobak, wortel, daging, risol, hingga kikil. Semuanya disiram menggunakan kuah soto hangat, rasanya unik dan mengenyangkan, cocok dihidangkan sebagai menu utama.

3. Mie Cakalang, Manado 

Dari tampilannya memang terlihat biasa, namun beda cerita ketika Anda mulai mencicipinya. Rasakan sedapnya potongan ikan cakalang asap, penambah aroma khas kuliner ini, umumnya disajikan dengan kuah atau goreng.

4. Bakmi Jawa, Jogja 

Bakmi Jawa umumnya disajikan dengan direbus, goreng, hingga nyemek (setengah basah, ada kuah sedikit). Bakmi Jawa dapat ditemui pada sudut kota Jogja, disertai topping berupa kol, ayam, tomat, hingga acar.

5. Mie Bangka, Belitung 

Kuliner ini menggunakan mie kuning sebagai unsur utamanya, disajikan bersama tauge, potongan babi cincang (opsional), ayam kecap, sayur caisim, juga pangsit. Sebagai pelengkap, terdapat bakso khas Bangka.

6. Mie Koba, Bangka

Hidangan ini mempunyai kuah khas berwarna kecoklatan dan kental, kuah cokelat tersebut merupakan perpaduan antara ikan tenggiri serta bahan lainnya. Rasa kuahnya segar, sedikit manis, serta gurih.

7. Mie Ongklok 

Hidangan khas Wonosobo ini sulit ditemukan di daerah lain, karena ciri khasnya berupa kuah jenang dari tepung kanji. Untuk topping, umumnya ditambahkan daun kucai, bawang goreng, hingga irisan cabai.

Olahan Mie Dunia Asal Jepang, Ternyata Banyak Kesalahan

olahan mie dunia - jenis jenis mie

Ramen merupakan kuliner khas Jepang, proses pembuatannya relatif mudah, namun ternyata banyak yang masih salah. Ramen umumnya disajikan dengan kuah kaldu hangat, bersama irisan daging.

84% orang Inggris salah memasak masakan Jepang, salah satunya ramen. Seorang pakar kuliner memberikan informasi mengenai cara membuat ramen secara tepat pada hari Ramen Nasional, 4 April.

Seorang pendiri restoran Jepang Miso Tasty, Bonnie Chung mengatakan, ketika memasak hidangan ramen, hindari kesan lembek, lengket, serta berlendir. Jika pasta dimasak sampai al dente, maka istilah Jepangnya adalah shikoshiko.

Saat memasak pasta, ada saat ketika harus membilasnya dalam air supaya patinya hilang sebelum dipindahkan ke piring. Pati tersebut harus dihilangkan supaya tekstur pasta tidak menjadi lembek.

Setelah mencapai standar tertentu, hidangan rebus harus langsung diletakkan pada air es sambil menyiapkan proses lainnya. Meskipun terdengar aneh, proses ini bisa mengurangi panas penyebab tekstur lembek.

Saat menyantap hidangan ramen khas Jepang, sebenarnya paling tepat adalah menggunakan sumpit, bukan garpu, sendok, ataupun pisau. Inilah kesalahan yang sering dilakukan, padahal jika rasanya akan lebih otentik sesuai budayanya.

Terkadang orang juga menambahkan topping berupa keju, mayonaise, atau saus tomat ke dalam hidangan ramen. Hal ini merupakan sebuah insult bagi budaya ramen, yang mana topping mewakili unsur kehidupan.

Ketika memakan masakan dari budaya lain, seharusnya penikmat harus bisa lebih respect terhadapnya. Namun kebanyakan menganggap bahwa ramen adalah sama dengan instant noodles, padahal keduanya berbeda.

Olahan Mie Dunia Paling Populer

olahan mie dunia - jenis jenis mie

Mie adalah kuliner legendaris sebagai hidangan khas beberapa negara, cara penyajiannya juga beragam. Selama berada di rumah tidak ada salahnya memperkaya pengetahuan kuliner dunia seperti berikut ini.

1. Pho 

Pho berupa sup tradisional asal Vietnam yang terkenal atas kelezatannya. Hidangan berbentuk pipih dan sedikit tipis ini disajikan dengan kuah bening kaya rempah, saus hoisin, serta saus ikan.

2. Laksa 

Olahan mie dunia sup pedas asal Melayu ini sangat populer di kawasan Asia Tenggara, sangat cocok untuk selera lokal karena sangat kaya rempah. Tampilannya berwarna kuning pekat dari kuah kare.

3. Ramen 

Jepang mempunyai ramen sebagai makanan khasnya, terinspirasi dari Lamian asal China Timur. Hidangan ramen terkenal sebagai hidangan nomor satu di Jepang selama satu abad terakhir.

Ramen dapat dinikmati dengan berbagai macam pilihan kuah, yaitu miso (pasta kacang fermentasi), shoyu (kecap), shio (garam), serta tonkotsu (kaldu daging babi). Membayangkannya saja sudah bikin ngiler.

4. Spaghetti 

Spaghetti merupakan masakan asal Italia menggunakan pasta khas, yang sudah terkenal sebagai bagian dari kuliner dunia. Salah satunya adalah spaghetti carbonara yang tebal, dibalut kuning telur lembut.

Baca Juga : Makanan Terpedas di Dunia yang Harus Anda Cicipi

Carbonara umumnya menggunakan jenis keju pecorino romano, parmigiano reggiano, serta campuran lain. Di Italia, spaghetti carbonara dikenal sebagai olahan mie dunia dari pedesaan sederhana dengan potongan daging asap.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts