Kerap Dianggap Sama, Berikut Perbedaan Es Krim dan Gelato

Perbedaan Es Krim dan Gelato

Perbedaan es krim dan gelato sebenarnya tidak banyak, bahkan hampir sulit dibedakan. Gelato sendiri merupakan makanan manis yang berasal dari Italia dan memiliki banyak sekali penggemar di dunia.

Baca Juga : Jajanan Kekinian Paling Banyak Diminati Masyarakat Milenial

Sama halnya dengan es krim, gelato mempunyai rasa yang lezat dan cocok untuk disantap saat cuaca panas. Memang tidak mudah membedakan keduanya jika dilihat dengan mata. Namun, es krim dan gelato termasuk dua makanan yang berbeda.

Beberapa Perbedaan Es Krim dan Gelato

Perbedaan Es Krim dan Gelato

Pasalnya, kedua makanan beku ini mempunyai kesamaan, yaitu terbuat dari susu dan gula. Namun, ada beberapa hal lain yang menunjukkan perbedaan es krim dan gelato. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasan yang dikutip dari berbagai sumber.

1. Asal Mula Gelato dan Es Krim

Berdasarkan Healthline, tidak diketahui jelas siapa yang sudah menemukan es krim. Namun, ada bukti yang menyatakan bahwa ada sebuah makanan yang terbuat dari campuran susu kerbau, tepung, serta es. 

Makanan ini dikenal sebagai makanan penutup favorit Raja Tang dari Shang. Versi yang terbaru dari makanan penutup ini kemudian muncul dan terbuat dari buah, jus. Bahkan, disajikan di atas salju pegunungan yang segar.

Perbedaan es krim dan gelato, adanya revolusi dengan menambahkan bahan lain berupa susu sapi serta kuning telur. Sehingga membuat makanan lezat ini tersedia untuk kaum elit.

Dengan begitu es krim, mulai menghiasi mangkok pencuci mulut Charles I dan tamu-tamunya di abad ke-17. Sementara itu, es krim tidak menjadi makanan penutup yang populer hingga abad ke-19.

Hal ini karena adanya kemajuan teknologi dalam industri susu dan teknik pendinginan. Maka memungkinkan produsen untuk membuat dan mendistribusikannya secara murah dan dalam jumlah besar. 

Untuk dapat mengetahui perbedaan es krim dan gelato, ternyata mesin es krim pertama ditemukan pada pertengahan abad ke-19. Sementara itu, gelato pertama kali dibuat di Italia, walaupun ada beberapa orang yang masih kebingungan dari mana asalnya.

Bahkan, sebagian masyarakat percaya bahwa makanan penutup tersebut pertama kali dibuat di Sisilia. Sementara itu, banyak yang percaya bahwa gelato berasal dari Florence.

2. Cara Membuat dan Penyajiannya

Es Krim dan Gelato sebenarnya sama-sama terbuat dari 3 bahan utama, yaitu gula, susu, dan udara. Perbedaan es krim dan gelato hanya terletak pada proporsinya. Jadi susu, krim, atau keduanya, dan gula digabungkan, bahkan dicampur secara merata, lalu dipasteurisasi.

Kemudian, perasa alami atau buatan dimasukkan. Berikutnya, udara akan langsung masuk ke dalam campuran bahan sebelum membekukannya.

Overrun merupakan ukuran berapa banyak udara yang akan ditambahkan ke dalam es krim atau gelato selama produksi. Gelato mempunyai overrun yang rendah, sedangkan es krim mempunyai overrun yang tinggi.

Selain itu perbedaan es krim dan gelato, ternyata ice cream mengandung udara lebih banyak ketimbang gelato. Es krim juga memiliki kandungan lebih banyak krim, hal ini berarti kandungan lemaknya tinggi.

Terlebih lagi, es krim biasanya memiliki kandungan kuning telur, sedangkan gelato jarang menggunakan kuning telur. Sebaliknya, biasanya gelato memiliki kandungan lebih banyak susu.

Kuning telur akan menambah lemak dan berguna sebagai penstabil. Es krim juga biasanya akan menggunakan stabilisator lain, seperti guar gum.

Bahan ini bisa membantu mengikat air dan lemak dalam adonan es krim. Stabilisator ini juga dapat menjaga adonan bebas dari kristal es besar, dan tidak enak untuk dimakan.

Perbedaan es krim dan gelato, gelato berasal dari Italia yang mempunyai tekstur lebih lembut, halus, dan lebih padat. Sementara itu, es krim jauh lebih elastis dan cair.

Selain itu, gelato dapat disajikan sekitar 10-15 derajat lebih hangat ketimbang es krim, yaitu sekitar 6-8 ° C. Sehingga mulut Anda tidak terlalu mati rasa dan lebih mampu mencicipinya.

Penyajian Gelato dan Es Krim

Perbedaan Es Krim dan Gelato

Perbedaan es krim dan gelato dapat dilihat dari penyajiannya. Gelato Italia asli tidak di sendok, tetapi disajikan dengan sekop yang dapat membantu melembutkan makanan penutup.

Sementara itu, biasanya es krim di sendok dengan menggunakan sendok bulat. Akibat, kandungan lemak yang lebih tinggi memungkinkannya untuk dinikmati dalam bentuk bola bulat kokoh.

Kandungan Nutrisi dari Gelato dan Es Krim

Perbedaan Es Krim dan Gelato

Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat mengatakan jika es krim sebagai salah satu produk susu yang kandungan 10% kalorinya berasal dari lemak. 

Di sisi lain, biasanya gelato memiliki kandungan lemak yang jauh lebih rendah, sekitar 4-9% lemak. Meski begitu kandungan perbedaan es krim dan gelato, dapat dilihat di bawah ini.

1. Kandungan Es Krim

Untuk satu porsi 1/2 cangkir (78 gram) es krim vanila bisa memiliki 210 kalori. Sedangkan, kandungan gulanya sekitar 16 gram. 

2. Kandungannya Gelato

Satu porsi gelato (88 gram) setara memiliki kandungan sekitar 160 kalori dan 17 gram gula. Jadi sebaiknya Anda mengkonsumsi es krim dan gelato sesekali dalam seminggu.

Jika Anda lebih suka suguhan yang lebih dingin dan kencang dengan rasa mentega, es krim bisa menjadi pilihan tepat. Sementara itu, bila Anda lebih suka makanan penutup beku dengan rasa terkonsentrasi, lembut, dan rendah lemak, maka gelato adalah pilihan yang tepat.

3. Tekstur dari Gelato dan Es Krim

Perbedaan es krim dan gelato juga bisa dilihat dari teksturnya. Dimana gelato lebih halus, namun rasanya lebih pekat bila dibandingkan es krim. Sedangkan, es krim rasanya lebih ringan karena memiliki kandungan lebih banyak lemak.

Sehingga lemak tersebut akan menyelimuti lidah terlebih dahulu. Bahkan, bisa membuat rasa tidak cepat sampai ke ujung saraf di lidah.

Sementara itu, es krim, gelato, dan makanan manis lainnya seringkali menjadi pantangan saat diet. Padahal sebenarnya, boleh saja Anda makan es krim atau gelato saat diet. Asalkan harus sesuai dengan porsinya dan tidak terlalu banyak. 

Tips Memilih Gelato dan Es Krim

Perbedaan Es Krim dan Gelato

Bagi Anda para penggemar es krim dan gelato wajib mengetahui beberapa tips agar kesehatan tetap terjaga. Berikut ini tips untuk mengetahui perbedaan es krim dan gelato agar diet tidak terganggu, yaitu:

  • Pilih Es Krim dan Gelato Rendah Kalori

Anda tidak salah jika memilih makan es krim atau gelato saat sedang diet. Asalkan selama diet bisa mengontrol kalori yang masuk ke dalam tubuh.

Jumlah dari kalori yang dianjurkan pada saat diet hanya sekitar 100-200 kalori. Jadi, pilihlah es krim dan gelato dengan kalori yang masih masuk dalam rentang tersebut.

  • Membatasi Konsumsi Makanan Manis Lain

Es krim dan gelato sebenarnya bisa dikonsumsi sesekali sebagai bonus selama Anda menjalani diet. Namun, jangan sampai Anda keterusan memakannya. 

Apabila sudah makan gelato, maka jangan sampai menambah asupan kalori Anda seperti makan biskuit, permen ataupun coklat. Jadi Anda harus bisa lebih teliti jika makan gelato.

  • Membeli dalam Porsi Kecil

Apabila Anda membeli gelato yang berukuran besar, maka godaan untuk menghabiskan satu wadah besar pasti selalu ada. Namun, bila membeli gelato per porsi setiap Anda ingin maka hanya ada satu porsi itu saja yang akan dimakan.

  • Jangan Simpan Stik Es Krim dan Gelato

Memang sangat sulit untuk menghindari godaan gelato dan es krim yang tersimpan di kulkas. Jadi, agar Anda tidak ada godaan sama sekali, maka jangan menyimpan persediaan camilan seperti itu di rumah.

  • Membuat Sendiri Tiruan Es Krim atau Gelato yang Lebih Sehat

Anda bisa saja mengurangi mengkonsumsi es krim dan gelato dengan alternatif lebih sehat dan mudah dibuat sendiri. Misalnya saja, dengan menggunakan buah atau yogurt beku.

Bahkan, Anda bisa langsung menghaluskan mangga dengan menggunakan blender dan menyimpannya pada kulkas hingga beku. Dengan begini jadilah makanan segar tanpa gula yang kalorinya jauh lebih rendah ketimbang dengan es krim maupun gelato.

Anda juga bisa langsung menyimpan yogurt rendah lemak yang ada di freezer dan menikmatinya menggunakan tambahan topping buah segar atau granola. Perbedaan es krim dan gelato masing-masing mempunyai versi sehat jika Anda membuatnya dengan mudah. 

Jadi, bila ditanya lebih sehat mana, jawabannya sebenarnya tergantung dari jumlah kalori maupun topping yang akan Anda tambahkan ke dalam es krim dan gelato. Jika Anda ingin merasakan gelato dengan topping yang sedikit berbeda maka sudah sehat mengonsumsi yang rendah gula.

Baca Juga : 5 Makanan Indonesia yang Terkenal Sampai Mancanegara

Gelato dikenal memiliki berbagai rasa yang tentunya nikmat jika disantap. Perbedaan es krim dan gelato sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya saja bagi sebagian besar orang lebih menyukai gelato ketimbang es krim.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts