Pilihan Menu Buka Puasa Terbaik dari Ringan Sampai Berat

Pilihan Menu Buka Puasa Terbaik dari Ringan Sampai Berat
Pilihan Menu Buka Puasa Terbaik dari Ringan Sampai Berat

Ada banyak pilihan menu buka puasa terbaik. Tentu keberadaannya perlu dipikirkan. Dalam puasa, berbuka adalah salah satu hal yang paling nikmat. Normalnya berbuka sendiri tidak dilakukan sendiri. Seseorang akan ditemani oleh teman atau keluarga. 

Baca juga: Tips Mudik Bersama Keluarga Agar Aman Sampai Tujuan

Hal ini jelas membuat suasananya cukup spesial. Jangan sampai suasana spesial tersebut terganggu dengan pilihan menu yang kurang pas. Perlu diingat, adalah kesalahan jika menganggap kalau berbuka perlu menggunakan menu yang mahal.

Menunya tidak selamanya mahal. Setiap orang pasti bisa mendapatkan menu terbaik walaupun uang yang dimiliki pas. Namun kreativitas jelas perlu dimilikinya. Jika seseorang tidak kreatif, sulit untuk mendapatkan menu terbaik itu.

Makanan Ringan Sebagai Menu Buka Puasa

Pilihan Menu Buka Puasa Terbaik dari Ringan Sampai Berat_Makanan Ringan Sebagai Menu Buka Puasa
Pilihan Menu Buka Puasa Terbaik dari Ringan Sampai Berat_Makanan Ringan Sebagai Menu Buka Puasa

Menu untuk buka puasa wajib pertama berhubungan dengan makanan ringan. Ini sangat penting karena tidak mungkin langsung memakan makanan berat setelah seharian berpuasa. Ada banyak makanan ringan yang bisa dikonsumsi. Jika bingung memilihnya, berikut beberapa tips yang bisa diikuti.

  • Lumpia Rebung

Menu buka puasa pertama yang bisa diikuti adalah lumpia rebung. Untuk membuat lumpia rebung, ada beberapa tahapan yang perlu dilewati. Berikut cara membuatnya .

  • Buat isian

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuat isiannya. Parut rebung lalu panaskan beberapa waktu. Jangan lupa untuk menghaluskan bumbu-bumbu seperti bawang merah dan putih. 

Setelah semuanya siap, tambahkan telur dan daging ayam ke dalam isian tersebut. Pastikan prosesnya dilakukan sambil isian tersebut diorak arik. Terakhir tambahkan rebung ke dalam isian tersebut. masak sebentar dan proses membuat isiannya telah selesai.

  • Beri Bumbu

Poin membuat menu buka puasa lumpia selanjutnya yang perlu dilakukan adalah memberi bumbu. Bumbu yang perlu ditambahkan sendiri adalah kecap asin, lada, gula, garam, penyedap rasa, dan kecap manis. Aduk semuanya dan tunggu hingga bumbu tersebut meresap. Sekarang siapkan lumpia dan tambahkan isian ke dalamnya.

  • Lipat Lumpia

Terakhir adalah melipat lumpia yang sebelumnya sudah disiapkan. Pastikan untuk merekatkan kedua ujungnya dengan putih telur. Siapkan wajan lalu panaskan minyak. Poin terakhir yang perlu dilakukan hanya tinggal menggoreng lumpia tersebut.

  • Puding Coklat Pandan

Menu buka puasa selanjutnya yang bisa dicoba adalah puding coklat pandan. Puding coklat pandan sendiri memang terbilang unik. Itu karena tidak banyak orang yang mengetahui cara membuatnya. Jika ingin lebih detail, berikut tata caranya secara lebih lengkap.

  • Rebus Bahan

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat menu untuk buka puasa ini adalah merebus semua bahan untuk puding pandan. Perebusan perlu dilakukan hingga semua bahan mendidih. Jangan lupa juga untuk mengaduknya sambil merebus. Terakhir masukkan rebusan tersebut ke dalam cetakan.

  • Siapkan Lapisan Selanjutnya

Selanjutnya adalah merebus semua bahan untuk puding coklat. Lakukan proses yang sama yaitu merebusnya hingga mendidih dan jangan lupa untuk mengaduknya.

Setelah dirasa cukup, masukkan rebusan tersebut ke dalam wadah lain. Tapi ingat, jangan masukkan dulu coklat blok dan susu coklat ke dalamnya.

  • Lelehkan Coklat

Ambil coklat blok dan susu coklat yang tidak direbus lalu lelehkan di wadah lain. jika sudah leleh, masukkan ke dalam adonan puding coklat yang sebelumnya telah disiapkan.

  • Tunggu hingga Mengeras

Tuang adonan puding coklat ke atas adonan puding pandan. Tunggu hingga mengeras lalu masukkan ke kulkas. Disini puding sudah siap dikonsumsi.

Minuman Terbaik untuk Buka Puasa

Jika makanan ringan sudah disiapkan, menu buka puasa selanjutnya adalah minuman. Normalnya, minuman yang dimaksud harus merupakan minuman yang segar. 

Itu karena seseorang pasti membutuhkan kesegaran untuk meningkatkan mood setelah seharian berpuasa. Berikut beberapa opsi pentingnya.

  • Es Blewah

Es blewah memang terdengar sebagai menu yang sudah biasa. Namun beda lagi dengan es blewah yang di dalamnya ditambahkan sirup lemon. Ini terdengar unik karena masih sedikit yang membuatnya. Bahan-bahan yang perlu disiapkan juga cukup simpel mulai dari blewah, lemon, sirup, dan air putih. Berikut cara membuatnya.

  • Campur bahan

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat menu buka puasa ini adalah mencampur bahan-bahan yaitu blewah dan lemon. Akan lebih baik jika blewah dan lemon tersebut diparut terlebih dahulu. 

  • Tambahkan Sirup

Jika blewah dan lemon sudah tercampur sempurna, tambahkan sirup dan air putih ke dalamnya. Hal penting yang perlu diperhatikan disini adalah penambahan sirupnya.

Beberapa orang memang menyukai sirup dengan rasa pekat. Namun beberapa yang lain tidak terlalu menyukainya. Oleh karena itu, seimbangkan saja kadar keduanya.

  • Tambahkan Es Batu

Jika campuran semuanya sudah siap, tambahkan es batu ke dalamnya. Dengan ini es blewah sirup lemon bisa disajikan sebagai menu buka puasa dalam keadaan dingin.

  • Es Dalimun

Es Dalimun adalah makanan yang berbahan dasar cincau hijau. Untuk membuatnya, bahan yang perlu disiapkan antara lain cincau hijau, kolang-kaling, santan, gula merah, dan es serut.

Es Dalimun sendiri terbilang sebagai menu buka puasa yang cukup unik. Itu karena tidak banyak orang yang mengetahui cara membuatnya. Berikut proses yang perlu dilewati.

  • Masak Santan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memasak santan. Perlu diingat, memasak santan harus dilakukan menggunakan api kecil. Jika prosesnya dilakukan memakai api besar, kekentalan santan tidak akan sesuai harapan. Jangan lupa juga untuk terus mengaduknya hingga matang.

  • Aduk Rata

Ketika matang, tuangkan santan tersebut ke wadah lain. tambahkan gula merah lalu tunggu hingga dingin. Setelah dingin, tambahkan cincau hijau dan kolang-kaling yang sebelumnya disiapkan. Es serut juga bisa langsung ditambahkan.

  • Masukkan ke Wadah

Sebenarnya menu buka puasa disini sudah siap. Hal terakhir yang perlu dilakukan hanya tinggi memasukkan ke wadah. Namun perhatian terhadap wadah ini sangat perlu. Itu karena, minuman ini lebih enak dikonsumsi jika wadahnya besar.

  • Es Kuwut

Es kuwut adalah menu untuk buka puasa khas bali yang banyak dicari. Keberadaannya bisa dikatakan cukup populer.

Sebenarnya membuat es kuwut sendiri tidak sulit. Jika ingin membuatnya sendiri, siapkan kelapa yang sudah diserut, air kelapa, melon, selasih, jeruk nipis, gula pasir, dan es batu. Berikut cara membuatnya.

  • Tata Bahan

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk membuat menu buka puasa ini adalah menata bahan kering ke mangkok. Bahan keringnya sendiri antara lain kelapa muda dan melon. Jangan lupa juga untuk menambahkan selasih ketika menata. Sebenarnya es batu juga bisa langsung ditambahkan disini.

  • Campurkan Bahan Cair

Masukkan air kelapa muda dan gula cair. Jika memiliki jeruk nipis, tambahkan juga sesuai selera. Pastikan semuanya teraduk sempurna.

  • Tuang

Hal terakhir yang perlu dilakukan adalah menuangnya ke gelas. Pastikan gelas memiliki lubang yang besar agar mengkonsumsinya tidak sulit.

Jangan Lupa juga Makanan Berat untuk Buka Puasa

Pilihan Menu Buka Puasa Terbaik dari Ringan Sampai Berat_Jangan Lupa juga Makanan Berat untuk Buka Puasa
Pilihan Menu Buka Puasa Terbaik dari Ringan Sampai Berat_Jangan Lupa juga Makanan Berat untuk Buka Puasa

Menu buka puasa tidak akan lengkap tanpa menambahkan makanan berat. Berikut beberapa opsi yang bisa dipilih.

  • Nasi Goreng Jawa

Nasi goreng jawa memang tidak begitu populer. Namun keberadaannya bisa dijadikan opsi menarik. Untuk membuatnya, berikut beberapa tahapan yang perlu dilalui.

  • Siapkan Bahan

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah bahan. Bahannya sendiri tidak terlalu rumit yaitu nasi, telur, bawang merah, bawang putih, cabai, garam, dan bawang merah goreng.

  • Siapkan Telur dan Bumbu

Selanjutnya adalah menyiapkan telur dan bumbu. Untuk telur, langsung saja dadar ke wajan. Pastikan untuk memotong-motongnya ketika proses dadar sedang dilakukan.

Jangan lupa juga untuk menghaluskan bumbu-bumbu yang sebelumnya disiapkan. Jika sudah halus, tumis ke tempat yang sama dengan telur.

  • Aduk Nasi

Jika bumbunya sudah harum, masukkan nasi ke dalam wajan. Pastikan untuk mengaduknya hingga semua bahan merata. Jika dirasa sudah pas, angkat nasi lalu masukkan ke piring. Sekarang nasi goreng jawa sudah bisa dikonsumsi.

  • Sayur Sup Bakso

Membuat sayur sup bakso juga bisa menjadi opsi menarik. Menyiapkannya tidak terlalu sulit. Berikut tahapan untuk membuatnya.

  • Kumpulkan Bahan

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam membuat menu buka puasa ini adalah mengumpulkan semua bahan. Bahan yang perlu disiapkan sendiri adalah baso, wortel, kentang, buncis, kol, jagung, daun bawang, dan seledri.

Jangan lupa juga untuk mengumpulkan bumbu halusnya. Untuk bumbu halus, yang perlu disiapkan adalah kaldu jamur, gula halus, merica, dan garam. 

  • Siapkan Air Mendidih

Sekarang siapkan air mendidih lalu masukan semua bahan yang sebelumnya disiapkan. Tunggu sebentar hingga bahan tersebut masak.

  • Masukkan Bumbu

Selanjutnya tinggal memasukkan bumbu. Aduk-aduk rebusan tersebut hingga bumbunya merata. Jika sudah teraduk, tiriskan dan sup sudah siap dikonsumsi.

Jangan hanya memperhatikan rasa ketika menyiapkan menu untuk buka puasa. Jangan lupa juga untuk memperhatikan nutrisi yang ada di dalamnya. Akan berbahaya jika nutrisi ini tidak diperhatikan dengan baik. 

Baca juga: Harga Pertalite dan Solar Terbaru Serta Alasan Kenaikan Harganya

Itu karena, sekarang ada banyak orang yang imunnya menurun hanya karena nutrisi ini tidak diperhatikan dengan baik. Membuat makanan dengan nutrisi sendiri tidak terlalu sulit. Itu karena, menu buka puasa di atas sangat bisa dijadikan opsi.

Total
8
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Related Posts