Wajib Kunjungi: 9 Rekomendasi Kuliner Jogja Terpopuler

Rekomendasi kuliner jogja

Apa yang Anda pikirkan, saat berbicara tentang Yogyakarta? Disadari atau tidak, Daerah Istimewa Yogyakarta selalu punya magnet yang menarik wisatawan mengunjunginya. Disini, Anda akan melihat berbagai hal menarik yang sulit untuk dilewatkan begitu saja. Mulai dari adat Jawa yang masih terjaga, sapa orang lokal nan lembut membuat nyaman serta damai, hingga pilihan kuliner yang menyiapkan cita rasa berbeda dari kuliner di daerah lain. Semua detail itu yang membuat Jogja sering menjadi destinasi yang paling banyak diidamkan. Seperti yang sudah diketahui, rekomendasi kuliner Jogja kuat dirasa manis. 

Bagi Anda yang senang dengan olahan manis, Jogja adalah surga yang wajib dikunjungi. Selain cita rasa yang kerap membuat kangen, sebenarnya Daratan Para Raja ini mempunyai pilihan olahan istimewa lain. Kesan yang diciptakan kian meningkat, sebab banyak dari pemilik usaha yang mengabungkan kuliner uniknya dengan konsep menggagumkan. Nah, bagi Anda yang berniat menghabiskan waktu liburran di Jogja. Ada baiknya, mencatat list kulineran lezat dibawah ini. 

Inilah Sajian Kuliner Jogja yang Menggiurkan

Yogyakarta menjadi bagian provinsi yang menarik di Indonesia. Wilayah dipenuhi oleh berbagai pemandangan alam nan cantik. Selain itu, keunikan juga muncul begitu saja dari adat istiadat yang masih dipertahankan hingga sekarang. Kesenian, acara kejawen, dan semua ritual tetap melekat di dalamnya. Bukan hal aneh, jika banyak orang yang setuju bahwa Jogja mempunyai cerita dan kesan tersendiri hingga membuat orang ingin kembali berkunjung. Keadaan serupa juga berlaku bagi Anda yang menikmati cita rasa kuliner Jogja. Dari sekian banyak hal menarik disini, wisatawan akan disuguhkan dengan berbagai hidangan unik ala Jogja. Tanpa menunggu lama, berikut 9 rekomendasi kuliner Jogja yang wajib Anda cicipi bersama orang tercinta:

Mie Ayam Bu Tumini

Rekomendasi kuliner jogja - Mie ayam bu tumini

Bagi Anda penggila bakmie, tidak akan menyesal jika mencoba olahan mie ayam legendaris milik Bu Tumini. Kedai sederhana yang buka setiap hari ini, siap memberikan sajian bakmi ceker super lezat. Bumbu kental dan khas membuat kuah mie berwarna coklat serta kuat. Santapan ini sangat cocok, jika didampingi dengan krupuk ataupun gorengan. Fakta yang tidak kalah menggembirakan, rekomendasi kuliner Jogja ini hanya dihargai Rp.10 ribu. Artinya, mie ayam Bu Tumini patut menjadi menu wajib untuk kantong pelajar. Lokasinya sendiri tidak jauh dari pusat kota, yaitu di kawasan Umbulharjo. 

(Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Banyuwangi Yang Patut Kita Coba)

Gudeg Lindu 

Rekomendasi kuliner jogja - Gudeg Lindu

Gudeg seakan sudah menjadi maskot Kota Pelajar. Kulineran ini selalu hadir dan disajikan dengan berbagai toping. Cita rasa manis dengan jenis makanan berlimpah, membuat gudeg mempunyai penggemar setia. Nah, bagi Anda yang kebetulan masih jalan-jalan di Daerah Gedong Tengen. Silakan untuk mampir menuju kedai Gudeg Lindu Sosrowijayan. Sajian tersebut menjadi populer, sebab gudeg yang dihasilkan merupakan racikan Mbah Lindu. Nuansanya semakin menarik karena pengunjung bisa secara langsung, menikmati landmark Malioboro nan nyaman sekaligus menyenangkan.

Soto Bathok

Rekomendasi kuliner jogja - Soto Bathok

Rekomendasi kuliner Jogja yang tidak kalah hits adalah saoto bathok. Dari namanya saja, sudah terlihat menarik karena sajian soto akan disuguhkan menggunakan bathok atau tempurung kelapa. Saoto ini siap membuat Anda kangen Jogja, sebab kuliner ini cukup ringan karena mempunyai kuah bening dengan bumbu sederhana. Selain itu, pengunjung dipersilakan memilih menu lain untuk menemani soto tersebut. Mulai dari keripik tempe, sate ampela, sate telur, dan masih banyak pilihan lainnya. Nuansa rahat dan nyaman juga bisa dirasakan karena kedai ini didesain dengan konsep alam. Dimana Anda bisa menikmati hangatnya kuah soto di tengah hamparan sawah. Lokasi kuliner unik tersebut berada di Kompleks Candi Sambisari, Kalasan, Sleman. 

Sate kambing

Rekomendasi kuliner jogja - Sate Kambing

Berikutnya, bagi pengunjung yang mengidamkan udara dingin Jogja, Bantul adalah pilihan paling cocok untuk dikunjungi. Letaknya sendiri tidak terlalu jauh dari pusat kota, Anda bisa mencapai lokasi dengan naik motor. Nah, bagaimana dengan hidangan yang ditawarkan? tidak perlu khawatir, disini wisatawan bebas memilih kulineran yang diinginkan. Dari sekian banyak yang muncul, sate kambing khas Bantul adalah rekomendasi kuliner Jogja yang tidak boleh terlewatkan. Saking menarik dan uniknya, kedai sate kambing ini menjadi lokasi syuting film AADC. Sajian sate kian mengesankan karena daging kambing ditusuk dengan jeruji besi. Hidangan semakin lezat bersama gule kambing hangat. Kedua menu tersebut menjadi bintang utama yang membuat hawa dingin di Bantul tak terasa. 

 Oseng mercon Bu Narti

Rekomendasi kuliner jogja - Oseng Mercon

Rekomendasi kuliner selanjutnya dikhususkan bagi Anda yang cinta pedas. Tepat, inilah oseng mercon Bu Narti yang membuat siapapun ketagihan karena kelezatannya. Oseng tersebut terdiri dari kikil, daging, kulit, tulang muda, hingga gaji. Semua bahan utama dicampur dan disempurnakan oleh taburan cabe rawit super pedas. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, satu porsi oseng mercon dihargai mulai Rp.15 ribuan. Kenikmatannya kian tak terbantahkan, saat Anda menyantapnya bersama nasi hangat serta es jeruk lemon. Tidak heran, jika kedai sederhana ini mampu bertahan hingga 20 tahun lebih. 

Yamien pangsit pathuk

Rekomendasi kuliner jogja - Yamien Pangsit

Yammie pangsit pathuk masuk deretan kuliner Jogja yang mesti dicoba. Terutama untuk Anda yang senang dengan hidangan mie dan apapun yang bernuansa street food. Tampilan dari menu ini tidak jauh berbeda dari mie pada umumnya. Tetapi kenikmatan yang dimunculkan sangat mengejutkan, sebab mie akan dicampur dengan ayam cincang serta pangsit basah yang menggiurkan. Untuk pelengkapnya, Anda bisa memesan bakso goreng ataupun pangsit kering. Langsung saja, lajukan kendaraan menuju kawasan Pringgokusuman.

(Baca Juga: Jangan Terlewatkan, Ini 8 Rekomendasi Kuliner Solo Yang Wajib Dicoba)

 

Bakmi Mbah Mo

Rekomendasi kuliner jogja - Bakmi Mbah Mo

Masih seputar mie, Anda akan diajak merasakan cita rasa yang melegenda. Apalagi kalau bukan bakmi Mbah Mo yang telah sukses menarik pengunjung dari berbagai daerah. Rekomendasi kuliner Jogja ini, memang tepat disantap untuk menemani musim hujan seperti sekarang. Anda bisa memilih bakmi goreng maupun bakmi rebus. Keduanya sajian utama tersebut memiliki rasa nikmat tak terbantahkan. Hidangan bakmi Mbah Mo cukup nyentrik, sebab proses memasak masih menggunakan tungku. Hal itu yang diyakini, membuat bakmi ini berbeda dari lainnya. Sebagai pelengkap makan malam, Anda bisa memesan segelas teh nasgitel khas Jogja. 

Kelezatan burung dara goreng

Rekomendasi kuliner jogja - Burung dara goreng

Jalan-jalan di Jogja, tak lengkap tanpa mencoba sensasi makan malam lesehan. Konsep lesehan sendiri, bisa Anda temukan di pusat kota hingga pelosok Jogja. Tetapi kenikmatan hakiki bakal dirasakan, ketika pengunjung telah mencoba kelezatan daging burung dara yang disajikan oleh Lesehan Terang Bulan. Daging tersaji sederhana dengan sambal bawang. Nuansa makan malam kian meriah, saat hidangan utama bertemu nasi hangat nan pulen. Jadi, jangan heran jika rekomendasi kuliner Jogja ini memiliki penikmat yang membludak setiap harinya. Terakhir, Anda mesti menyempurnakan kenangan dengan bernostalgia di Angkringan Kopi Jos Lek Man yang berada di Kawasan Malioboro. 

 

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts