Resep Pancake yang Sangat Enak dan Nikmat

thumbnail resep pancake - resep pancake

Wajib untuk Anda mencoba resep pancake mengingat makanan ini merupakan salah satu jenis yang banyak dikonsumsi pada pagi hari terutama untuk orang Amerika maupun Eropa. Namun terlepas dari makanan ini cocok untuk sarapan maka sangat pas disajikan sebagai camilan.

Apalagi cara membuatnya juga sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah. Jadi tidak perlu lagi membelinya mengingat makanan ini sudah banyak sekali dijual di Indonesia.

Untuk menyajikannya juga sangat simpel yaitu bisa dipadukan dengan selai kacang, madu, maupun buah segar.

Sangat pas sekali jika mengonsumsinya pada saat baru dimasak yaitu masih terasa hangatnya.

Karena populernya sarapan ini di Amerika maka, masyarakat di sana tidak hanya menyajikannya dengan beberapa hal di atas namun juga bersama dengan bacon, daging asap, sosis,  dan telur mata sapi.

Ditambah lagi bahan-bahan untuk membuat pancake ini tidaklah sulit ditemukan bahkan harganya sangat terjangkau sekali. Oleh sebab itu berikut resep pancake yang wajib untuk Anda coba.

Dengan adanya resep ini maka bisa dijadikan pegangan sehingga dengan mengikuti step by step Anda bisa berhasil membuat pancake yang lezat. Tidak heran jika kemampuan memasak pancake ini bisa dijadikan sebagai ladang bisnis.

Sebab makanan ini sendiri juga cocok di lidah masyarakat Indonesia apalagi termasuk dalam salah satu camilan yang sangat enak. Sebab pancake sendiri dipadukan dengan hal-hal yang berbau manis.

Untuk membuatnya juga tidak membutuhkan waktu yang lama sehingga Anda tidak akan kerepotan. Tidak heran karena sangat mudah dalam proses pembuatannya membuat makanan ini salah satu sarapan pagi terpopuler di negara barat.

Bahan yang Dibutuhkan dalam Pembuatan Pancake

Tentunya dalam resep pancake maka wajib untuk Anda mengetahui bahan apa saja yang diperlukan. Dengan menyediakan bahan ini maka tidak membutuhkan waktu lama dalam proses pembuatannya.

Baca Juga : 8 Resep Camilan Sehat, Mudah, dan Praktis

Apalagi bahan dalam membuat makanan ini sangat mudah ditemukan sehingga Anda tidak akan kesulitan dalam mencarinya. Berikut beberapa bahan penting yang harus Anda sediakan yaitu:

  1. 225 g tepung terigu protein sedang
  2. 2 sendok teh baking powder
  3. 1/2 sendok teh garam
  4. Satu sendok teh gula pasir
  5. 2 butir telur ayam
  6. 30 g mentega tawar namun harus Anda lelehkan
  7. 300 ml susu cair
  8. Bahan pelengkap seperti buah segar maupun madu dan sirup maple

Tentunya bahan ini tidak asing lagi di mana banyak digunakan pada bahan kue lainnya. Apalagi harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau sehingga tidak memberatkan Anda. Dengan bahan seukuran tersebut maka Anda bisa membuat 10 porsi pancake.

Jadi tidak heran jika dengan uang sedikit Anda bisa menyajikan banyak pancake dan bisa disantap sampai kenyang. Hal ini pastinya sangat menguntungkan Anda sebab tidak perlu mengeluarkan uang untuk membelinya di luar.

Bahkan tidak jarang para penjual mematok harga pancake dengan sangat tinggi. Jika Anda para pecinta makanan ini maka wajib mencoba resep pancake agar bisa memasak sepuasnya.

Namun pastikan ketika memasak nanti maka jangan melakukan kesalahan sebab bisa memberikan pengaruh terhadap hasil akhirnya. Banyak sekali orang yang melewatkan beberapa hal penting di resep sehingga menyebabkan hasilnya gagal.

Cara Membuat dalam Resep Pancake

Setelah mengumpulkan seluruh bahan untuk membuat makanan ini maka wajib mengetahui cara membuatnya. Pastinya Anda harus membaca dengan cermat tata cara pembuatan ini agar tidak salah langkah sehingga membuat hasilnya menjadi gagal.

Dengan menjadikan resep ini sebagai pegangan maka hasilnya pasti akan berhasil sehingga membuat semua orang menyukainya. Berikut tata cara pembuatan pancake yang mudah namun hasilnya enak yaitu:

  1. Campurkan tepung terigu dengan baking powder, garam, dan gula sesuai dengan takaran. Kemudian Anda bisa mengaduknya dengan rata sehingga seluruh campuran menjadi.
  2. Kemudian kocok telur sampai berbusa, setelah itu baru Anda tambahkan mentega yang sudah dicairkan beserta dengan susu.
  3. Lalu tuang tepung dan buatlah ceruk, kemudian pada bagian dalam jeruk tersebut Anda bisa menuang campuran telur yang telah dibuat.

Namun Anda harus menuangnya secara perlahan sambil mengaduknya dengan kocokan kawat sehingga nantinya antara tepung dan campuran telur tersebut telah menyatu.

  1. Setelah adonan telah tercampur secara sempurna maka Anda bisa mendiamkan selama 15 menit sebelum memasaknya.
  2. Kemudian gunakan teflon yang telah di olesi sedikit dengan mentega. Tujuannya adalah agar adonan tidak lengket, namunjangan sampai berlebihan dalam mengoleskan mentega nya.
  3. Lalu tuangkan adonan dengan ukuran satu sendok sayur. Kemudian masak hingga permukaannya berlubang, apabila kondisi pendek seperti itu maka balik lah ke sisi yang belum matang dan tunggu sebentar.
  4. Teruslah menuang adonan sampai pada akhirnya habis.

Tentunya dengan cara pembuatan seperti ini maka seluruh orang bisa mempraktikkan resep pancake. Bahkan hasilnya bisa sempurna walaupun Anda sebelumnya belum pernah membuat makanan ini.

Apalagi proses pencampuran bahan dan memasaknya hingga jadi tidak memakan waktu yang lama. Jadi dengan cara sederhana ini tidak heran jika pada pagi hari saat Anda terburu-buru sekalipun bisa membuatnya.

Tips dalam Membuat Pancake Sehingga Hasilnya Bagus

Walaupun tidak ada di dalam resep pancake maka terdapat beberapa tips yang bisa Anda praktikkan sehingga hasil makanan Anda menjadi sempurna dan juga enak. Salah satu tips yang bisa dilakukan adalah memakai double acting baking powder.

Jadi nantinya baking powder harus Anda kurangi takarannya sehingga menjadi 1 SDT saja. Namun Anda juga bisa mengikuti resep apabila ingin menghasilkan pancake yang mengembang dan lembut.

Tips lainnya adalah Anda bisa mendiamkan beberapa saat adonan pancake sebelum dimasak. Jadi setelah pencampuran pada adonan maka hindari untuk memasak langsung. Dengan mendiamkannya maka bisa membuat adonan menjadi lebih lembut.

Pastinya pancake akan sangat enak jika bentuknya lembut sehingga mudah dikunyah. Selain itu tips lainnya adalah sebelum menuangkan adonan ke dalam wajan maka lebih baik untuk mengaduk nya dulu.

Tujuannya adalah agar seluruh campuran bahan bisa menyatu dengan sempurna sebab ketika didiamkan beberapa saat ketika Anda memasak maka beberapa bahan bisa saja mengendap di bawah.

Hal ini tidak hanya memberikan pengaruh terhadap cita rasa namun juga tingkat kelembutan pada pancake tersebut. Jadi jangan lupa untuk mempraktikkan beberapa tips ini pada saat menggunakan resep pancake.

Jadi dengan tips ini maka semua orang bisa membuat pancake yang enak. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika Anda bisa mengganti sarapan yang biasanya dikonsumsi menjadi pancake.

Kesalahan dalam Pembuatan Pancake

Walaupun beberapa orang telah mengikuti resep pancake namun tetap saja ada yang hasilnya gagal. Kondisi ini dikarenakan mereka melakukan beberapa kesalahan atau tidak mengikuti anjuran yang ada seperti resep.

Oleh sebab itu untuk menghindari kegagalan maka wajib untuk Anda mengetahui beberapa kesalahan di bawah ini. Dengan langkah seperti ini maka Anda tidak akan melakukan kesalahan yang membuat diri sendiri menjadi rugi.

Sebab ketika pancake hasilnya gagal maka hanya akan membuat Anda membuang adonan yang telah ada.

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah menggunakan bahan yang di bawah standar. Hal ini menyebabkan hasilnya tidak menjadi maksimal sebab bahan tersebut tidak berkualitas.

Kesalahan lainnya adalah seperti pada bagian mengaduk adonan. Banyak orang yang beranggapan bahwa proses mengadu itu dilakukan asal saja demi setiap bahan tercampur dengan baik. Jadi ketika membuat nanti maka hindarilah untuk mengaduk adonan sesering mungkin.

Karena kondisi tersebut hanya akan menyebabkan pendek menjadi keras padahal makanan ini sama dengan jika hasilnya lembut. Jadi walaupun nantinya adonan pancake menjadi kental maka tidak perlu khawatir sebab ketika dimasak hasilnya akan normal.

Selain itu ada baiknya jika Anda mempersiapkan sebelum dimasak. Sebab untuk membuat adonan itu hanya membutuhkan waktu 5 menit apabila Anda telah mengetahui takaran pada bahan pancake.

Baca Juga : Resep Makanan Sehat untuk Diet yang Mudah Dimasak

Jadi hindarilah membuat adonan pada resep pancake jauh sebelum Anda bisa memberikan pengaruh terhadap tekstur. Pastinya Anda tidak hanya ingin merasakan sakit yang rasanya enak namun juga teksturnya bagus yaitu lembut.

Mengapa Anda Wajib Mencoba Membuat Makanan Ini?

Terdapat beberapa alasan mengapa Anda wajib mempertimbangkan resep pancake ini dibandingkan dengan kue lainnya. Apalagi pada saat ini sudah banyak sekali bermunculan berbagai macam jenis kue yang tidak kalah enak dari pancake.

Salah satu alasannya adalah karena bahan yang mudah ditemukan beserta dengan cara pembuatannya yang sangat sederhana namun bisa menghasilkan kue yang enak. Serta dari adonan pancake ini bisa digunakan untuk beberapa jenis makanan lainnya.

Jadi ketika Anda merasa pendek yang dibuat sudah cukup namun adonannya masih banyak maka tidak perlu membuangnya atau menyimpannya. Sebab jika menyimpan adonan tersebut dan diolah kembali menjadi pancake maka hasilnya tidak bagus.

Oleh sebab itu Anda bisa membuatnya menjadi kue lain seperti crepes namun ketika dimasak nanti harus dibentuk lebih tipis dibandingkan dengan pancake. Bahkan isian dari crepes sendiri juga lumayan mirip dengan kue ini.

Selain dijadikan sebagai crepes maka bisa diolah menjadi panekuk. Pan aku sendiri merupakan salah satu jenis pancake namun ketika dimasak nanti harus lebih tebal. Atau Anda bisa memanggangnya sampai berwarna kecoklatan.

Oleh sebab itu dengan berbagai macam kemudahan ini maka Anda wajib untuk mencoba membuat pancake. Sebab dengan hanya satu adonan maka bisa menghasilkan banyak jenis makanan begitu juga dengan jumlahnya.

Karena itu agar hasilnya menjadi lebih maksimal maka jangan lupa untuk menjadikan resep pancake sebagai pegangan untuk membuat pancake yang enak.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts