Ragam Jenis Soto Khas Indonesia, Mana Favorit Anda?

Soto khas indonesia

Soto khas Indonesia memang memiliki jenis yang sangat beragam. Sebab, hampir di setiap daerah memiliki khasnya masing-masing. Meski soto sekilas mirip-mirip, namun ada ciri khasnya yang ‘paten’. Mulai dari isi soto, kuahnya, atau bahkan jenis daging yang digunakan. Tentunya, dari setiap soto sensasi cita rasa yang ditawarkannya juga berbeda. Maka tidak jarang setiap jenis soto ini memiliki pencintanya sendiri. 

Berbagai Jenis Soto yang Ada Di Indonesia

Tidak kurang dari belasan jenis soto khas dari setiap daerah di Indonesia. Berikut ini adalah berbagai jenis soto khas yang bisa menjadi referensi menu bersantap untuk Anda.

Soto Khas Kudus dengan Cita Rasa Sedap

Soto khas indonesia - soto kudus

Sesuai dengan namanya, soto ini berasal dari daerah Kudus. Soto ini memiliki cita rasa yang sedap dan segar. Rasa bumbunya juga ringan dan tidak terlalu kuat. Jika kebanyakan soto memiliki kuah santan, lain halnya dengan soto Kudus.

Kuahnya bening tanpa santan dan kunyit. Sehingga, sangat cocok bagi Anda yang menghindari mengonsumsi santan dan tidak begitu suka rasa rempah. Selain kaldunya yang segar, isian soto ini juga sangat segar. Berikut ini adalah isian yang biasanya disajikan dalam soto khas Indonesia satu ini :

  • Sohun 

Bahan isian satu ini bisa menjadi sumber karbohidrat rendah lemak yang sehat. Terutama bagi Anda yang sedang diet. Tidak perlu lagi menggunakan nasi, cukup menggunakan bihun saja sudah mengenyangkan.

Tapi bagi Anda yang memiliki porsi makan banyak, penambahan nasi tidak akan menjadi masalah. Masih tetap cocok dan enak disantap.

  • Irisan Kol

Kol adalah sayur yang digunakan dalam soto kudus dan kebanyakan soto lainnya. Tekstur kol yang renyah dan rasanya netral, tidak memberikan rasa kuat dan merusak rasa kuah. 

Oleh sebab itu, sayuran ini sering dihidangkan bersama soto karena keistimewaannya ini. Selain itu, kol memiliki banyak nutrisi bermanfaat. Diantaranya adalah sumber vitamin C, sumber serat, sumber vitamin K, dan nutrisi lainnya.

  • Suwiran Daging

Daging yang digunakan pada soto kudus awalnya adalah daging kerbau. Tapi karena di daerah lain sulit ditemukan daging ini, jadi dikreasikan menggunakan daging ayam dan sapi. Daging ini merupakan sumber protein dalam soto khas Indonesia ini. Sehingga, dalam satu hidangan Anda mendapatkan sumber karbohidrat, sayur, dan protein.

  • Perasan Jeruk Nipis

Rasanya, soto tanpa jeruk nipis dirasa sangat kurang. Jeruk nipis digunakan untuk menambah kesegaran rasa soto. Sensasi asamnya yang alami dan lezat bisa meningkatkan kenikmatan soto kudus.

Hal menarik lain dari soto kudus adalah penyajiannya yang menggunakan mangkuk kecil. Sehingga kebanyakan pelanggan tidak akan cukup jika hanya makan satu porsi. Mereka membutuhkan setidaknya dua porsi.

(Baca Juga: Wajib Kunjungi: 9 Rekomendasi Kuliner Jogja Terpopuler)

Soto Khas Lamongan dengan Ciri Khas Koya

Soto khas indonesia - soto lamongan

Meski soto ini berasal dari Lamongan, namun Anda dapat dengan mudah menemukannya di berbagai daerah lain. Rasanya sangat khas dan sangat nikmat, membuat banyak penggemarnya. 

Warung-warung soto lamongan selalu terisi penuh setiap beroperasi. Yang membedakan soto ini dari soto lainnya adalah penambahan serbuk koya. Serbuk ini terbuat dari udang dan bawang putih, menjadikan semakin gurih.

Meski kuah soto lamongan berwarna kuning, tapi sama sekali tidak pekat dan berat di lidah. Kuahnya segar dan kaldunya sedikit berbeda dari yang lainnya. Sebab, ayam yang digunakan untuk kaldu adalah ayam kampung.

Menurut penjual soto khas Indonesia ini, kaldu yang dihasilkan dari ayam kampung memiliki aroma khas dan lebih menggugah selera. Isian dalam soto ini diantaranya adalah :

  • Irisan Kol

Kol memang menjadi primadona untuk isian soto. Anda akan menemukan sayur kol di berbagai jenis soto. Sayur ini memiliki rasa yang hambar dan tidak kuat. Tapi saat dipadukan dengan kuah rasanya akan istimewa.

  • Suwiran Ayam Kampung

Ayam kampung menjadi salah satu khas dari soto lamongan. Tekstur ayam kampung lebih kenyal dari ayam broiler. Selain itu, lemaknya juga lebih sedikit. Sehingga baik di dalam kuah dan di suwirannya tidak begitu berlemak.

  • Irisan Tomat

Soto kudus menggunakan irisan tomat untuk menambah kesegaran rasanya. Tomat juga memberikan nutrisi yang sangat baik untuk tubuh. Sebab, buah yang satu ini adalah sumber vitamin C, vitamin A, vitamin lainnya.

Bahkan, di dalam tomat mengandung lycopene. Zat tersebut adalah antioksidan yang berguna untuk merawat dan melindungi kulit dari radikal bebas.

  • Bawang Goreng

Tidak hanya sekedar bawang merah goreng. Sebab, pada soto lamongan bawang yang digunakan adalah bawang putih. sehingga rasa soto lebih khas dan gurih.

Soto Lenthok dari Yogyakarta

Soto khas indonesia - Soto Lenthok

Soto lenthok bukan berasal dari Lenthok, memang lenthok bukan nama daerah. Soto lezat ini berasal dari DI Yogyakarta. Soto Lenthok adalah makanan yang harus Anda cicipi saat berkunjung ke kota ini. Berbeda dengan soto lainnya yang isinya hampir sama. Soto Lenthok menambahkan isian khusus yang membuatnya sangat khas. Isian khusus tersebut adalah perkedel ketela yang disebut lenthok.

Rasa lenthok ini sangat gurih dan kenyal. Sehingga, memberikan kombinasi rasa luar biasa. Isian lainnya seperti sohun dan kol yang sudah umum di dalam soto juga digunakan sebagai pelengkap. Kuah soto lenthok ini bening tapi memiliki rasa yang cukup kuat. Untuk menambah cita rasa yang unik, dalam soto Lenthok juga dilengkapi dengan daun kemangi. Jika Anda penasaran, kini sudah banyak penjual soto lenthok di berbagai daerah.

Soto Khas Medan dengan Warna Kuning

 Soto khas indonesia - Soto medan

Anda pasti sering mendengar soto ini. Soto ini memiliki kuah santan berwarna kuning. Rasa kuahnya cukup kuat karena terdiri dari berbagai rempah-rempahan. 

Kuah kentalnya ini dipadukan dengan isian soto yang khas. Isian soto Medan tersebut diantaranya adalah :

  • Kentang 

Jika dalam soto lainnya sumber karbohidrat yang digunakan adalah sohun, maka berbeda dengan soto Medan. Soto khas Indonesia ini menggunakan kentang rebus yang kemudian digoreng sebagai sumber karbohidrat.

Kentang dianggap lebih cocok dengan kuah kental soto Medan, sehingga rasanya begitu nikmat. Selain itu, kandungan nutrisi di dalam kentang juga sangat baik. 

  • Irisan daging

Anda dapat memilih daging sapi atau daging ayam. Sebab, setiap orang memiliki selera yang berbeda terkait daging. Baik daging sapi maupun daging ayam, keduanya memberikan rasa lezat.

  • Potongan telur rebus

Isian satu ini juga wajib ada di dalam soto medan. Potongan telur ini menjadi pelengkap favorit di dalam soto ini. selain nikmat, tentu telur juga menyehatkan dan kaya akan nutrisi. Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, maka tidak dak disarankan untuk menyantap soto medan karena kandungan santannya pekat.

Soto Khas Banjar, Kalimantan Selatan

Soto khas indonesia - soto banjar

Soto ini berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Mata Anda akan segar dengan hanya melihat tampilannya saja. Sebab, kuah yang disajikan soto banjar adalah kuah bening. Tapi, memiliki cita rasa kuat. Kuahnya diperkaya dengan berbagai jenis rempah seperti kayu manis, cengkeh, dan pala. Rempah tersebut menjadikan aroma kuah soto banjar begitu harum dan menggiurkan. 

Isiannya hampir sama dengan soto bening lainnya yaitu sohun, kol, dan daun bawang. Tapi, Anda akan memperoleh perkedel didalamnya. Perkedel digunakan untuk tambahan sumber karbohidrat dan pelengkap rasa.

Namun, tentu Anda juga dapat menambah karbohidrat lainnya. Uniknya, jika pada soto lainnya Anda akan disuguhi nasi, maka pada soto khas Indonesia ini Anda akan disuguhi lontong atau ketupat.

Soto Khas Betawi yang Paling Populer

 Soto khas indonesia - soto betawi

Soto khas betawi menjadi soto paling populer di Indonesia. Soto yang berasal dari Ibu Kota ini memiliki racikan kuah yang spesial. Kuah dalam soto betawi adalah kuah santan tapi tidak kuning.

Tidak hanya ditambahkan santan, tapi juga ditambahkan susu agar semakin gurih dan nikmat. Yang menjadi ciri khas soto ini adalah jenis dagingnya. Anda dapat memilih daging sapi, jeroan atau yang biasa disebut babat, paru, dan mata.

Bagian jeroan tersebut sangat menantang untuk dicoba. Bagi sebagian orang, justru jeroan adalah isian paling favorit dibandingkan dengan dagingnya. Anda juga dapat menambah kesegaran dengan perasan jeruk nipis. Soto ini sudah dapat ditemukan di berbagai daerah. Sehingga, Anda tidak perlu repot-repot untuk datang ke ibu kota.

Soto Mie Khas Daerah Bogor

 Soto khas indonesia - soto mie bogor

Kalau Anda mengunjungi kota hujan, pasti akan melihat penjual soto khas Indonesia ini di sepanjang jalan. Soto Mie Khas Bogor ini menjadi salah satu soto favorit di Indonesia. Di kotanya sendiri soto ini sangat terkenal.

Rasanya, tidak lengkap jika mengunjungi Kota Bogor tanpa makan soto. Soto ini memiliki dua jenis kuah yaitu kuah bening tanpa kunyit dan santan, serta kuah kuning dengan santan. Keduanya memiliki cita rasa khasnya sendiri.

Selain itu, Anda dapat memilih daging ayam atau daging sapi untuk isiannya. Karena namanya adalah soto mie, maka isian utamanya adalah mie kuning. Soto ini juga dilengkapi dengan sayur kol dan jeruk limau atau nipis. 

Masih banyak soto lainnya yang dapat Anda temukan di seluruh Indonesia dengan rasa yang tidak kalah lezat. Namun, ragam soto khas Indonesia di atas paling banyak dikenal dan dicari oleh banyak orang.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts