5 Manfaat Kincir Air bagi Setiap Kehidupan Manusia

manfaat kincir air

Sebagian dari kita belum banyak yang tahu apa saja manfaat kincir air dalam kehidupan sehari-hari. Padahal penggunaannya sudah muncul sejak bertahun-tahun lalu dan membantu sekali pada kehidupan manusia.

Baca Juga : Ragam Manfaat Air Kelapa Bagi Kesehatan yang Perlu Diketahui

Karena salah satu manfaatnya bisa membangkitkan tenaga listrik. Sehingga pemanfaatannya bisa membantu listrik tetap stabil, dan masih banyak manfaat lainnya. Untuk bisa memahaminya lebih jauh kalian bisa menyimak pembahasannya.

Sebelum masuk pada pembahasan utama yakni manfaat kincir air itu sendiri, ketahui terlebih dahulu pengertian kincir airnya, Sehingga pembahasan kita akan terasa lebih mudah kalian pahami.

Pengertian dari Kincir Air

manfaat kincir air
manfaat kincir air

Merupakan alat dengan bentuk lingkaran, seringkali ada di tepi sungai untuk mengangkut air terutama mengangkutnya ke saluran irigasi. Perputaran alat ini berfokus pada sumbunya berkat dorongan dari aliran sungai cukup deras.

Searah dengan perputaran kincir tersebut, tangguhnya akan mengambil air dari sungai kemudian menumpahkannya ke tempat penampungan atau nama lainnya talang. Nantinya hasil tersebut akan alat tersebut didistribusikan pada tempat-tempat yang membutuhkan.

Sebut saja untuk kegiatan mengairi sawah, memberi pasokan air pada pemukiman atau tempat tertentu. Uniknya lagi, ada sedikit fakta menarik perlu kalian ketahui tentang alat satu ini.

Thomas Stamford Raffles pernah melakukan penjelajahan pada kawasan Sumatera pada tahun 1818 dan mencatat, kincir tersebut lazim Thomas temukan di Minangkabau. Sehingga muncul anggapan benda tersebut merupakan penemuan asli pribumi.

Mengingat pada tahun tersebut baik bangsa China dan Eropa belum datang ke Minangkabau. Sampai saat ini kincir menjadi alat andalan beberapa petani untuk mengairi sawahnya. Setelah memahami makanannya dengan baik, mari kita masuk pada pembahasan manfaat kincir air secara detail.

Manfaat Kincir Air yang Perlu Diketahui

Gaya air yang jatuh memberikan dorongan pada dayung sehingga membuat roda menjadi berputar. Kemudian perputaran tersebut akan mengubah mesin melalui poros pada bagian tengahnya.

Agar bisa bekerja secara efisien roda airnya harus beroperasi dengan memanfaatkan laju aliran tertentu. Sayangnya, kincir jenis ini hanya bisa menghasilkan tenaga dalam kekuatan rendah.

Meski begitu, saat ini penggunaannya sudah cukup luas sekali seperti munculnya bendungan pembangkit listrik. Selain itu masih ada sejumlah manfaat kincir air lainnya.

Memompa Sungai dan Mendistribusikannya

Untuk manfaat kincir air yang pertama sebenarnya sudah kita singgung sedikit sebelumnya. Pembahasan lebih rincinya, kincir ini seringkali masyarakat sekitar manfaatkan sebagai sumber tenaga yang bisa masyarakat gunakan sebagai sarana menyalurkan air bersih.

Sejalan dengan cara kerja atau perputaran dari kincir, alat ini mampu mengambil airnya dari sungai secara langsung. Kemudian menumpahkan hasil tersebut ke dalam penampung air, setelahnya baru mulai didistribusikan.

Kemampuan tersebut atau cara kerja kincir angin ini membantu masyarakat menyalurkan air secara mudah ke berbagai tempat. Seperti ke penampungan milik rumah-rumah warga, sawah, kolam ikan, masjid, dan lainnya.

Pembangkit Listrik Bertenaga Air

Bukan hanya mampu mendistribusikan air tersebut ke berbagai tempat, manfaat kincir air lainnya juga berfungsi sebagai alternatif alat pembangkit listrik. Yakni dengan cara memanfaatkan aliran sungai untuk menggerakan bagian generatornya.

Meski masih sangat sederhana serta bergantung pada aliran sungai itu sendiri, tapi cara satu ini merupakan alternatif pilihan membangkitkan listrik dan lebih ramah lingkungan. Karena hanya memanfaatkan apa yang sudah ada di dalam saja.

Kelemahannya ketika hujan atau sungainya meluap, banjir bisa menyebabkan kerusakan pada kincir air atau bagian komponen lainnya. Karena kondisinya yang rusak, masyarakat harus memperbaiki kembali agar bisa merasakan manfaat listriknya lagi.

Mengolah Hasil Tani

Salah satu manfaat kincir air lainnya yakni memudahkan para petani dalam proses mengolah hasil pertaniannya. Tidak jarang alat ini masyarakat desa gunakan sebagai energi tambahan yang menggerakan penggilingan bahan pangan di desa.

Seperti menggiling padi, gandum, jagung serta hasil tani lain yang melalui proses penggilingan. Selain itu, beberapa wilayah juga menggunakannya untuk menghaluskan beras.

Dengan sejumlah manfaat tersebut tentunya proses pengolahan pertanian menjadi lebih mudah serta ramah lingkungan. Tidak ada kegiatan mencemari lingkungan, justru malah memanfaatkan tenaga dari alam.

Irigasi

Manfaat kincir air berikutnya yakni sebagai irigasi, bisa mengalirkan air dari sungai menuju ke sawah-sawah para petani. Ketika berkunjung ke suatu desa, kalian pasti tahu sumber mata pencaharian wilayah desa adalah pertanian.

Saluran irigasi ini sangat mudah kita temukan ketika berkunjung ke sebuah desa. Seperti kita ketahui juga tidak semua sawah lokasi dekat dengan aliran sungai, sehingga penduduk harus pintar-pintar mencari solusi.

Salah satu solusi terbaiknya dengan menggunakan kincir air sebagai saluran irigasi, sehingga aliran sungai tersebut dapat mengalir ke setiap sawah. Namun salah satu tantangan terbesar ketika menggunakannya, masyarakat harus bisa menjaga kebersihan irigasi dari sampah.

Sebab sampah-sampah tersebut bisa membuat laju kincirnya menjadi terganggu atau terhenti. Selain itu, penanaman pohon pada lingkungan mata air juga perlu kita lakukan untuk menjaga debitnya tetap stabil.

Objek Wisata

Selain itu, manfaat kincir air lainnya bisa menjadi objek wisata karena kemunculannya sudah jarang sekali ditemui khususnya bagi masyarakat perkotaan. Pengunjung bisa menikmati pemandangan menyegarkan tersebut atau sebagai objek foto.

TIdak sedikit tempat kincir yang memiliki pemandangan indah, dengan potret alam begitu menakjubkan serta memanjakan mata. Seperti adanya sungai, air terjun serta pemandangan indah lainnya.

Jika hal tersebut kalian temukan, rawatlah tempat tersebut dengan baik dan serta buat penataan sebaik mungkin. Sehingga kincir tersebut dapat menarik wisatawan dan pemerintah dapat membantu meningkatkan tempatnya agar cocok menjadi tempat wisata.

Dengan sejumlah manfaat kincir air tersebut, kita dapat melihat potensi pemanfaatan alam secara lebih maksimal. Selain ramah lingkungan, juga membantu proses kehidupan menjadi lebih mudah.

Selain manfaat, kalian juga perlu mengetahui jenis-jenisnya karena terbagi menjadi beberapa bagian. Bukan hanya satu, tapi jenisnya terbilang cukup banyak, jadi silahkan simak penjelasan lengkap berikut ini.

6 Jenis Kincir Air

manfaat kincir air

Seiring berkembangnya teknologi jenis dari alat ini juga semakin bertambah dan mempunyai perbedaannya sendiri-sendiri. Tentunya semua jenis kincir memiliki keunggulan masing-masing tapi berkat teknologi semuanya lebih meningkat efisiensinya.

Agar kalian dapat memahami dengan baik, perhatikan pembahasan contoh atau beberapa jenisnya;

Stream Shot

Pemasangan kincir satu ini secara vertikal tapi bagian poros tetap horizontal. Bisa berputar jika terkena aliran sungai dan mengenai bagian sudut bawahnya (tergenang/tercelup).

Termasuk dalam jenis sumbu atau horizontal, memiliki permukaan bebas dan tingkat efisiensinya juga terbilang baik sekali.

Vertical Axis

Porosnya mengarah ke vertikal, namun masih terbilang kuno serta kurang efisien. Cara kerja dari alat ini, semburan airnya mengarah ke sudu-sudu. Kincir akan berputar begitu juga dengan porosnya dan tampilannya tanpa roda gigi.

Undershot

Merupakan alat yang dapat kita pasang secara vertikal tapi porosnya horizontal. Bisa berputar karena bendungan rendah yang kemudian menabrak bagian bawah. Perolehan energinya sebagian besar dari aliran sungai yang deras.

Breastshot

Mempunyai bilah ventilasi yakni ada lubang pada bagian samping sehingga memungkinkan udara keluar ketika aliran sungai masuk. Memiliki komponen penahan pada bilang ketika kincirnya bergerak ke bawah.

Namun sayangnya, kurang efisien jika kita bandingkan dengan dua jenis selanjutnya. Tapi jenis ini bisa menangani arus aliran air tinggi serta aliran dengan volume tidak stabil.

Overshot

Kalian dapat memasangnya secara vertikal dan alatnya bisa berputar karena air yang masuk pada bilah bagian atas. Salah satu ciri khasnya, mempunyai aliran air tersalur pada bagian atas dan sedikit keluar poros.

Desainnya sangat efisien sekali. Bisa mencapai kemampuan 90% juga tidak memerlukan aliran sungai yang cepat. Sehingga meningkatkan efisiensi menjadi lebih tinggi dari jenis sebelumnya.

Blackshot

Memiliki nama lain pitchblack. Aliran airnya masuk sebelum puncak kincir atau kebalikan dari overshot sebelumnya. Keuntungan menggunakannya, memiliki bagian bawah yang berputar ke arah sama.

Karena memungkinkan aliran airnya pada tailrace, memungkinkan alat jadi lebih efisien. Kinerjanya lebih baik daripada overshot terutama ketika dalam keadaan banjir, saat air bisa menenggelamkan bagian bawahnya.

Baca Juga : Tempat Wisata di Bandung, Ragam Pilihan yang Menawan

Selain beberapa jenis tersebut, sebenarnya kalian bisa membuatnya sendiri dengan bahan berasal dari alam. Namun untuk kualitas dan manfaat kincir air lebih baik menggunakan alat yang sudah termutakhir.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts