Rekomendasi Aplikasi Desktop yang Berguna Beserta Manfaatnya

Rekomendasi Aplikasi Desktop yang Berguna Beserta Manfaatnya
Rekomendasi Aplikasi Desktop yang Berguna Beserta Manfaatnya

Aplikasi desktop yang berguna tentunya banyak dicari oleh pengguna perangkat komputer atau PC. Hal ini bisa ditemukan dengan mudah di beberapa tempat pada setiap jenis pemakaian. Tentu saja kehadirannya akan sangat berguna dalam membantu pengguna.

Baca juga : Daftar Aplikasi Programmer dan Fitur yang Bisa Dinikmati

Selain itu APK tersebut berdiri sendiri dan berat pada perangkat. Hal ini menjadi salah satu fitur pelengkap dalam melakukan satu atau dua fungsi sekaligus. Beberapa dari layanan ini biasanya akan dibatasi oleh alat berupa perangkat keras.

Pastinya masih banyak masyarakat belum mengetahui dengan pasti mengenai definisi platform tersebut. Oleh sebab itu, kalian bisa mengetahui penjelasannya dengan baik di bawah ini:

Aplikasi Desktop yang Berguna, Simak Definisinya untuk Diketahui

Aplikasi Desktop yang Berguna, Simak Definisinya untuk Diketahui
Aplikasi Desktop yang Berguna, Simak Definisinya untuk Diketahui

Sebagai pengguna komputer tentunya kalian sudah tidak asing dengan APK satu ini. Sebab pada dasarnya platform tersebut bisa ditemukan secara mudah ketika pertama kali membuka komputer. Hal ini juga berfungsi dalam menunjang aktivitas pengguna.

Namun pastikan terlebih dahulu kalian mengetahui definisi dari platformnya lebih dahulu. Sehingga nantinya bisa dilakukan identifikasi secara mudah berdasarkan layanannya. Aplikasi desktop yang berguna adalah jenis perangkat lunak diinstall pada komputer.

Layanan ini berbeda dengan aplikasi web, yang diakses melalui browser internet. Sedangkan apk jenis ini perlu diinstall terlebih dahulu pada beberapa platform seperti Linux, MacOS, maupun Windows.

Secara umum platformnya memiliki fitur lebih kaya dibandingkan web. Hal ini karena bisa digunakan untuk mengakses sumber daya lokal lebih banyak pada komputer pengguna. Sebagai contohnya seperti kamera, sistem file dan mikrofon.

Aplikasi desktop yang berguna sering mempunyai performa lebih baik dibandingkan web. Proses pembuatannya menggunakan berbagai teknologi seperti NET, C++ dan Java. Banyak juga APK cukup populer yang bisa sudah akrab digunakan oleh masyarakat sampai saat ini.

Selain itu ketika menggunakannya layanan tersebut bisa dipakai secara offline. Sedangkan berkaitan dengan pemakaian sumber daya lokal tersebut akan membuat apk dapat berjalan dengan performa lebih baik. Namun sayangnya APK ini perlu diinstall lebih dahulu.

Sehingga penyesuaian jenis dan ukurannya menjadi salah satu hal untuk dipertimbangkan. Selain itu platformnya tidak dapat diakses pengguna dari jarak jauh karena menyatu dalam suatu perangkat.

Aplikasi Desktop yang Berguna dan Keunggulannya secara Lengkap

Aplikasi Desktop yang Berguna dan Keunggulannya secara Lengkap
Aplikasi Desktop yang Berguna dan Keunggulannya secara Lengkap

Pada dasarnya software tersebut mempunyai kontrol lebih besar dibandingkan web. Hal ini membuat APK menjadi lebih terikat pada aplikasinya. Meski demikian ketika digunakan terdapat banyak sekali manfaat untuk kalian gunakan.

Pertama adalah rapid developmentnya cenderung lebih cepat. Pengembangannya dilakukan dalam jangka waktu cepat sehingga pengguna sudah bisa menikmati berbagai fiturnya. Hal tersebut seperti desain awal dan GUI atau grafis antar mukanya.

Salah satunya adalah ketika pengguna memakai Windows Form pada Visual Studio. Maka dapat dilihat bahwa perspektif developer bisa dipakai untuk mengakses sumber data komputasi dengan lebih besar. Hal ini karena tidak memakai web sebagai jembatan datanya.

Dalam hal ini pengguna mampu menggunakannya dalam menulis kode, yang lebih dekat pada bahasa mesin. Bukan hanya itu saja bahkan akses tingkatnya cenderung lebih rendah namun memiliki kinerja terbaik.

Aplikasi desktop yang berguna mempunyai keunggulan berikutnya dalam hal keamanan. Tentu saja hal itu bisa dirasakan sebab sistem penyimpanan datanya. Hal ini juga akan menyulitkan kegiatan peretasan pada data kalian dari orang lain.

Ketiga adalah kenyamanan dalam pemakaian. Sebab pengguna akan merasakan pemakaian menyerupai OS GUI. Hal ini karena proses pembuatannya mengikuti standar dari UI dan UX, yang pada tiap platform cenderung berbeda.

Berikutnya adalah keunggulan dalam hal performa untuk menghasilkan stabilitas dan kinerja lebih stabil. Meskipun memiliki ukuran besar namun pengguna tetap bisa menemukan beberapa celah pada stock tick dalam native serta web.

Terakhir adalah efisiensi waktu dan proses pemakaiannya. Hal ini karena APK berjalan pada perangkat. Sehingga proses interaksi dapat dilakukan menggunakan perangkat lunak pada sisi server.

Daftar Aplikasi Desktop yang Berguna dan Wajib Dimiliki

Daftar Aplikasi Desktop yang Berguna dan Wajib Dimiliki
Daftar Aplikasi Desktop yang Berguna dan Wajib Dimiliki

Pada dasarnya perangkat yang baru dibeli atau dirakit sudah dibekali pada beberapa aplikasi bawaan. Hal ini seperti aplikasi basic maupun profesional namun bawaan dari perangkatnya masing-masing.

Meski demikian terdapat aplikasi maupun software cukup essential, yang bisa digunakan sebagai penjamin kegiatan. Hal tersebut bisa disebut dengan aplikasi desktop yang berguna bagi pengguna. Sedangkan beberapa contohnya adalah sebagai berikut:

  • Google Chrome

Layanan pertama ini pastinya sudah tidak asing lagi ditelinga masyarakat di seluruh dunia. Hal ini membuatnya sangat jelas sebagai platform browser paling berguna untuk dimiliki seluruh perangkat.

Bukan hanya komputer atau saja yang membutuhkan Google Chrome. Bahkan kehadirannya sangat diperlukan oleh pengguna smartphone. Hal ini dapat digunakan sebagai alat untuk mempermudah pengguna berselancar di dunia maya.

  • Avast

Avast merupakan salah satu aplikasi desktop yang berguna dalam kategori antivirus. Kehadirannya sudah sejak lama digunakan masyarakat sejak peluncuran perdananya pada 1988. Bahkan kelahirannya bisa dikatakan sebelum teknologi berkembang seperti saat ini.

Bahkan beberapa programnya dahulu dibuat secara khusus pada perangkat tertentu. Seperti antivirus untuk Windows x64 dan lainnya. Saat ini pengguna bisa menemukan beragam APK antivirus dengan mudah.

Kegunaan

  • Melindungi dari spyware
  • Menghalau malware
  • Antivirus perangkat
  • Ringan
  • Tidak membuat perangkat berjalan lambat
  • Microsoft Office

Aplikasi desktop yang berguna selanjutnya adalah Microsoft Office dan tentunya wajib dimiliki oleh semua perangkat. Hal tersebut karena ketersediaan software untuk perkantoran dan bisa digunakan pada MacOS X maupun OS Windows.

Bentuk Microsoft Office

  • Excel
  • Power Point
  • Word
  • Outlook
  • Teams
  • OneDrive
  • OneNote
  • Project
  • Adobe Reader

Berikutnya adalah Adobe Reader dan menjadi salah satu layanan paling penting bagi mahasiswa maupun pelajar. Bagi kalian termasuk golongan tersebut tentunya wajib untuk menginstall Adobe Reader pada perangkat.

Fungsi dari layanan ini adalah sebagai pembaca data dalam bentuk PDF. PDF sendiri menjadi salah satu bentuk dokumen cukup populer dan sering digunakan di dunia. Disini pengguna juga mampu untuk mengomentari serta mencetak dokumen dengan baik.

Bahkan saat ini Adobe Reader sudah terhubung bersama dengan Adobe Document Cloud. Hal tersebut membuatnya cenderung lebih mudah dipakai pada beberapa perangkat smartphone maupun komputer.

Adobe reader menjadi salah satu aplikasi desktop yang berguna untuk dipakai. Semua jenis konten bisa ditampilkan dengan lebih mudah termasuk multimedia atau formulir. Selain fitur gratis pengguna bisa memanfaatkan versi berbayar dengan biaya Rp. 200 tiap bulan.

  • VLC

VLC merupakan tools yang digunakan untuk membuka media dalam bentuk video pada komputer. Aplikasinya banyak diminati oleh masyarakat dari dulu sampai saat ini. Selain itu salah satu nilai tambahnya adalah dari segi praktis dan ukurannya ringannya.

Hal ini menjadi salah satu alasan kenapa banyak sekali pengguna lebih menyukai untuk memakai VLC dari pada layanan lainnya. Pengguna bisa memanfaatkan VLC untuk berbagai kebutuhan seperti, menonton film atau pemutaran audio.

Format File

  • MP4
  • AVI
  • MKV
  • MP3
  • AAC
  • CD/DVD
  • CCLeaner

 

desktop yang berguna selanjutnya adalah CCLeaner. Pastinya kalian sudah sering menjumpai kondisi perangkat berjalan secara lambat. Hal ini bisa terjadi karena adanya junk dalam perangkat tersebut.

Sedangkan bentuk junknya cukup bervariasi seperti brower history, cookies maupun file tidak penting lainnya. Maka dari itu pengguna cenderung dianjurkan untuk melakukan pembersihan perangkat secara teratur.

Hal tersebut sangat berfungsi dalam membuat komputer berjalan secara lancar dan menghindari lag. Sedangkan CCLeaner sendiri merupakan salah satu tools, yang berfungsi dalam membersihkan junk pada perangkat.

CCLeaner dapat menjaga komputer agar selalu memiliki kinerja cepat dan baik. Selain itu CCLeaner tersedia dalam versi gratis maupun premium dengan beragam fitur unggulan.

  • WinRAR

Saat ini WinRAR sudah digunakan oleh lebih 500 juta pengguna dari berbagai negara. Layanannya merupakan salah satu tools kompresi cukup populer di dunia. Hal ini memberikan banyak penawaran terbaik dan merubah file atau transfer file dengan aman.

Selain itu WinRAR juga menyediakan proses transmisi email dengan lebih cepat. Bahkan opsi penyimpanannya menyediakan organisasi data dengan lebih baik. Saat ini WinRAR juga memberikan solusi bagi pengguna dalam melakukan pekerjaan berbagai sektor dan industri.

Baca juga : Cara Download Video Tiktok Tanpa Watermark

WinRAR dan RAR termasuk kompatibel pada OS seri Windows paling terbaru. Selain itu di dalamnya tersedia dalam 50 bahasa lebih dan berukuran 64 bit serta 32 bit.

Layanan ini adalah bentuk platform yang diinstall pada komputer. Sehingga untuk penggunaannya cenderung berbeda dari layanan web. Sedangkan untuk aplikasi desktop yang berguna memiliki banyak manfaat dan kebutuhan beragam.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts