Simak Yuk, Memilih Aplikasi untuk Trading Bitcoin Terbaik di Indonesia

Aplikasi untuk trading Bitcoin yang akan digunakan sebaiknya terjamin aman. Selain terjamin aman, ada beberapa faktor yang harus Anda perhatikan.

Beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti dana asuransi didalamnya, keamanan aplikasi, biaya, serta bagaimana kondisi aplikasi tersebut. Apakah pernah terlibat dalam tindak kejahatan atau tidak.

Meski masih tergolong baru di Indonesia, namun jenis transaksi ini sudah menjadi gaya hidup bagi sebagian masyarakat, terutama pengusaha. Hal ini kemudian memunculkan banyak aplikasi untuk trading bitcoin.

Namun, Anda harus tetap waspada terhadap penawaran dari aplikasi tersebut. Sebelum memilihnya trader sebaiknya mengetahui bagaimana cara kerja dari investasi ini. Bitcoin merupakan mata uang elektronik yang digunakan dalam transaksi online. 

Mata uang ini banyak digunakan dalam investasi saham atau trading di internet. Di Indonesia, beberapa perusahaan telah berdiri perusahaan untuk mata uang ini. Transaksi bitcoin di internet tanpa menggunakan perantara atau jasa bank. 

Dengan kata lain trader dapat melakukan jual beli dengan mudah. Mata uang ini menggunakan sistem peer to peer (P2P), sistem kerjanya tanpa menggunakan penyimpanan atau administrasi tunggal. 

Mata uang ini tidak bergantung pada satu penerbit utama saja, melainkan menggunakan sebuah database yang didistribusikan melalui jaringan P2P ke jurnal transaksi.

Cara Bermain Bitcoin dengan Mudah

Aplikasi untuk trading bitcoin

Bitcoin menjadi mata uang digital yang banyak dimainkan oleh trader untuk investasi. Bermain trading bisa memberikan keuntungan besar apabila trader memainkannya dengan benar.

Selain itu, ketika bermain trading pelajari dahulu bagaimana kondisi pasar saat itu, sehingga Anda tidak akan mengalami banyak kerugian. Berikut cara bermain trading dengan mudah. 

Melakukan registrasi pada aplikasi trading

Sebelum memulai trading, trader harus memiliki aplikasi atau platform untuk melakukan trading. Pastikan Anda memilih aplikasi untuk trading bitcoin yang dapat dipercaya.

Setelah memilih aplikasi lakukan registrasi, diantaranya adalah dengan mengunduh KTP, foto, dan dokumen lain yang diperlukan. Kemudian tunggu verifikasi akun selama 1 x 24 jam.

(Baca Juga: Mengenal Beberapa Uang Crypto yang Paling Populer)

Membeli bitcoin

Langkah selanjutnya adalah dengan membeli bitcoin. Trader bisa membelinya melalui exchange. Sebagai pemula pilihlah transaksi dengan harga terendah. Meskipun ketika membeli harganya rendah. 

Anda bisa menjualnya ketika memiliki kesempatan. Seperti ketika harga sedang naik pesat. Sedangkan ketika ingin menjualnya, Anda harus memiliki saldo di salah satu akunnya. 

Melakukan Trading

Setelah melakukan registrasi pada platform dan membeli bitcoin, trader sudah bisa melakukan trading. Trading merupakan kegiatan perdagangan di pasar mata uang digital ini. Beberapa cara melakukan trading yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Hold: menyimpan bitcoin setelah membeli sebagai investasi jangka panjang

Day Trading: melakukan jual beli dalam hari yang sama. Namun sebagai trader harus mengawasi saat yang tepat untuk melakukannya

Pump and Dump: trader bisa membeli dengan jumlah yang sangat banyak, kemudian bisa menjualnya ketika harga sudah naik.

Menjual bitcoin

Gunakan bitcoin exchange untuk menyediakan sebuah dompet sementara (temporary wallet) yang berfungsi untuk menampung saldo mata uang fiat.

Tips Memilih Aplikasi untuk Trading Bitcoin 

aplikasi untuk tranding bitcoin

Ketika mencari aplikasi untuk melakukan trading bitcoin, trader harus memperhatikannya dengan benar. Karena akan berpengaruh pada kegiatan investasi Anda. Berikut merupakan tips memilih aplikasi trading bitcoin.

Memperhatikan Reputasi Aplikasi Trading

Aplikasi untuk trading bitcoin di Indonesia saat ini sudah banyak, sehingga trader dapat dengan mudah memilih jenis aplikasi apa yang akan digunakan. Namun sebelum menentukan akan aplikasi, kenali terlebih dahulu bagaimana riwayat dari platform tersebut.

Memiliki Dana Asuransi

Untuk memastikan bahwa platform yang Anda pilih sudah tepat dan terbaik. Pastikan bahwa aplikasi untuk trading bitcoin yang Anda pilih memiliki dana asuransi.

Dana asuransi bertujuan untuk melindungi investor atau pengguna dalam kondisi/keadaan krisis. Sehingga dalam kondisi tertentu dalam pasar, uang Anda masih terlindungi. 

Aplikasi Terjamin Aman.

Tips memilih aplikasi untuk trading bitcoin berikutnya adalah memastikan bahwa platform tersebut aman dan terdaftar di Bappebti. Sehingga semua jenis transaksi di dalamnya legal dan diakui oleh OJK.

Jika sudah terdaftar dalam Bappebti, maka perusahaan yang Anda pilih memiliki izin operasi dan diawasi langsung oleh Bappebti.

Memperhatikan Biaya

Biaya yang dimaksudkan adalah biaya deposito, biaya penarikan, dan biaya transaksi per aset. Anda harus memperhatikan berapa besar biaya yang akan Anda keluarkan ketika melakukan transaksi atau penarikan. Tidak jarang trader melakukan jual beli secara berulang kali sehingga beban biaya yang dikeluarkan juga semakin besar. 

(Baca Juga: Memahami Cara Trading Bitcoin dan Komponen di Dalamnya)

Harga Aset Stabil

Salah satu faktor penting ketika memilih aplikasi untuk melakukan trading bitcoin adalah memperhatikan harga aset yang disediakan. Untuk itu Anda harus melakukan riset terlebih dahulu sebelum memilihnya.

10 Aplikasi untuk Trading Bitcoin

Salah satu faktor penentu Anda ketika memilih aplikasi untuk melakukan trading bitcoin adalah memastikan bahwa platform tersebut sudah terdaftar di Bappebti.

Dengan begitu, platform atau exchange yang Anda pilih bisa aman untuk digunakan, sehingga terhindar dari penipuan. Exchange berfungsi seperti marketplace yang menyediakan Bitcoin dan aset digital lainnya.

Ada berbagai marketplace yang bisa Anda temukan di internet. Untuk memulainya, trader hanya perlu sambungan internet. Selain itu dari marketplace ini trader bisa mengetahui harga, syarat dan ketentuan. 

Hingga biaya untuk memulai trading. Berikut ini merupakan exchange yang menyediakan aplikasi untuk trading bitcoin bagi para trader.

  • Indodax.com
  • Binance
  • Snapex
  • Upbit
  • Rekeningku.com
  • Triv
  • Okex
  • Bithumb
  • Tokocrypto
  • Huobi

Exchange yang menyediakan aplikasi trading tersebut sudah terdaftar dalam Bappebti, sehingga trader bisa memulai trading dengan aman.

Kelebihan dari Melakukan Trading Bitcoin

Memilih aplikasi untuk trading bitcoin dengan tepat akan memberikan berbagai keuntungan bagi Anda. Tidak hanya terjamin keamanannya, melainkan juga bisa menambah penghasilan Anda. Berikut ini merupakan kelebihan dari melakukan trading bitcoin.

Transaksi dapat dilakukan dimana saja.

Selain bersifat pribadi, transaksi ini bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja sesuai dengan keinginan Anda. Dengan memiliki akun ini Anda dapat mentransfernya kapan saja. 

Transaksi ini tentunya akan mengurangi waktu serta potensi adanya biaya transaksi dalam bentuk apapun. Dalam transaksi tidak mengandung informasi pribadi seperti nama atau kartu kredit.

Sehingga bisa meminimalisir kebobolan data atau kehilangan informasi pribadi. Namun, Anda perlu ingat, untuk membelinya di bursa, Anda harus mencantumkan rekening bank milik Anda terlebih dahulu.

Memiliki potensi pertumbuhan besar

Beberapa trader meyakini, bahwa dengan pembelian yang cukup besar dan menahannya dalam jangka waktu lama, bisa membuat nilainya semakin besar dan luas.

Memiliki kemampuan untuk menghindari bank tradisional (milik pemerintah)

Mata uang ini memiliki kelebihan yang pada dasarnya berada diluar kendali bank biasa, otoritas pemerintahan atau pihak ketiga lainnya. 

Dapat melakukan transaksi di Negara manapun

Ketika melakukan transaksi di negara lain atau sedang berada di negara lain, Anda tidak perlu merubah mata uang untuk melakukan transaksi.

Tidak memerlukan transaksi secara fisik

Karena bersifat mata uang virtual maka transaksi yang dilakukan secara online. Sehingga Anda tidak perlu membawa mata uang dengan jumlah besar.

Transaksi dilakukan dengan platform atau aplikasi khusus

Memiliki sebuah platform atau aplikasi khusus yang memudahkan Anda dalam bertransaksi, selain itu juga menjaga keamanan Anda.

Proses pembukaan rekening cukup mudah

Pembukaan rekening atau aplikasi cukup mudah, sehingga bisa memudahkan pemula untuk melakukan investasi atau menggunakan mata uang ini. 

Permintaan pasar sangat mempengaruhi naik turun harga

Saat ini investasi menjadi gaya hidup bagi sebagian orang di berbagai negara. Dengan kata lain permintaan pasar saat ini juga cukup tinggi. 

Dengan begitu harga dipasaran juga ikut naik, seiring dengan perkembangan pasar. 

Jumlah bitcoin yang tersedia terbatas

Dengan terbatasnya jumlah bitcoin yang beredar, maka dapat dengan mudah diprediksi, sehingga Anda bisa memantau kapan nilai tersebut akan naik atau turun. Investasi saat ini banyak diminati dan dilakukan oleh sebagian masyarakat. 

Salah satunya adalah dengan melakukan investasi dengan menggunakan mata uang bitcoin. Namun, kasus penipuan juga banyak terjadi di dalamnya, sehingga Anda perlu berhati-hati ketika memilih aplikasi untuk trading bitcoin.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts