Pahami Apa Itu Bayar Tol Tanpa Henti, Mulai Akhir 2022

Pahami Apa Itu Bayar Tol Tanpa Henti, Mulai Akhir 2022
Pahami Apa Itu Bayar Tol Tanpa Henti, Mulai Akhir 2022

Perlu kalian pahami bahwa mulai akhir 2022 akan dijalankan sistem bayar tol tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF). Sistem ini akan memudahkan pengguna karena kartu e-toll sudah tidak diperlukan lagi. 

Baca juga : Pengertian Kode Klasifikasi Lapangan Usaha dan Strukturnya

Prosesnya lebih mudah sehingga kalian bisa menikmati perjalanan dengan nyaman tanpa harus berhenti menunggu pembayaran. Memangnya bagaimana sistem tersebut bekerja? Simak pembahasan berikut untuk memahami lebih lanjut termasuk cara menggunakannya!

Tahukah Kalian Apa Itu Jalan Tol?

Tahukah Kalian Apa Itu Jalan Tol?
Tahukah Kalian Apa Itu Jalan Tol?

Jalan tol adalah jalan umum yang mana para pengguna akan dikenakan biaya untuk bisa melintasinya. Tarif tersebut nantinya digunakan untuk menutupi biaya pembangunan dan perawatan jalan. Penetapan tarif tol sendiri disesuaikan pada jenis kendaraan. 

Adapun bangunan atau fasilitas yang disebut sebagai gerbang tol dan biasanya ditemukan di dekat pintu keluar, awal atau akhir jembatan, dan di awal jalan layang. Di Indonesia, jalan tol seringkali disamakan dengan jalan bebas hambatan, padahal itu tidak benar. 

Ini dikarenakan di sebagian besar negara lain, tidak semua jalan bebas hambatan menarik tarif. Dalam bahasa Inggris, jalan bebas hambatan tidak berbayar disebut sebagai freeway atau expressway

Sedangkan jalan bebas hambatan yang berbayar dinamakan tollway atau toll road. Pembayaran tol bisa dilakukan secara tunai, kartu kredit, kartu prabayar, sistem pengumpulan tol elektronik, hingga yang terbaru di Indonesia adalah bayar tol tanpa henti.

Pada beberapa negara Eropa, pembayaran jalan tol dilakukan dengan menggunakan stiker yang ditempelkan pada bagian kaca depan kendaraan. Berikut ini beberapa penjelasan lengkapnya.

  • Jenis atau Variasi Jalan Tol

Perlu diketahui bahwa jalan tol juga mempunyai beberapa jenis atau variasi. Terdapat jenis jalan tol menerapkan biaya tol hanya untuk satu arah, seperti di Pennsylvania dan New Jersey yang dioperasikan oleh Delaware River Port Authority.

Selain itu, ada pula penyeberangan New Jersey dan New York yang dioperasikan oleh Port Authority of New York and New Jersey. Beberapa jenis lain akan dijelaskan pada poin berikut sebelum kalian memahami apa itu bayar tol tanpa henti, antara lain:

  • Jalan Tol Terbuka

Pada sistem transaksi jalan tol terbuka pengendara perlu membayar tol hanya saat masuk melalui gardu tol. Pembayaran tersebut juga berguna untuk membuka palang di gerbang tol. Jika ingin keluar, maka pengendara hanya perlu keluar saja dan sudah tidak perlu membayar kembali.

  • Jalan Tol Tertutup

Sementara untuk sistem transaksi tol tertutup pengendara harus melakukan pembayaran ketika berada di gardu gerbang tol sebelum keluar. Jadi saat pertama masuk, mereka tidak melakukan pembayaran. Tap di gardu awal yang dilakukan untuk membuka palang atau portal.

Sistem Bayar Tol Tanpa Henti

Sistem Bayar Tol Tanpa Henti
Sistem Bayar Tol Tanpa Henti

Macet sudah menjadi salah satu permasalahan dalam sektor transportasi. Ini juga termasuk kemacetan yang terjadi di jalan tol akibat adanya antrian ketika masuk dan keluar dari area tersebut.

Pada tahun 2017, Pemerintah mulai menerapkan elektronifikasi di seluruh jalan tol dengan tujuan untuk mengurangi transaksi tunai dan mempercepat proses pembayaran. Jadi, dengan non tunai, akurasi pembayaran menjadi semakin jelas, cepat, dan lebih aman. 

Namun, sistem pembayaran itu belum sepenuhnya bisa menghemat waktu transaksi. Permasalahan lain, seperti pembacaan kartu elektronik yang lamban atau bahkan gagal pasti memerlukan waktu lama untuk menempel di mesin pembaca kartu.

Guna mengatasi hal tersebut, Pemerintah berencana untuk menerapkan sistem bayar tol tanpa henti atau Multi Lane Free Flow (MLFF). Melalui sistem ini, pengguna jalan tol tidak perlu lagi berhenti ketika hendak melakukan pembayaran.

Terdapat beberapa negara yang telah menerapkan teknologi MLFF untuk meminimalkan hambatan transaksi di jalan tol. Dalam penerapannya, MLFF sendiri harus didukung oleh oleh Lembaga pengelola yang bertugas sebagai Toll Service Provider atau Electronic Toll Collection (ETC).

  • Electronic Toll Collection

Seperti yang diketahui bahwa teknologi ini dibuat dengan tujuan untuk mengurangi kemacetan dan mempercepat proses pembayaran tol. Terdapat sejumlah alternatif teknologi yang bisa digunakan sebagai ETC seperti di negara-negara lain, antara lain:

  • Dedicated Short Range Communication (DSRC)

Alat yang menggunakan radio frekuensi 5,8 Ghz sehingga pengguna harus membeli On Board Unit (OBU) untuk menyimpan data identitas serta informasi lain dengan tingkat keandalan mencapai 99,95%.

  • Radio Frequency Identification (RFID)

Alat yang menggunakan radio dengan frekuensi (860–960) Mhz, sehingga pengguna harus membeli stiker tag RFID sebagai identitas pengguna. Teknologi ini mempunyai tingkat keandalan hingga 99,5%;

  • Automatic Number Plate Recognition (ANPR)

Alat untuk mendeteksi plat nomor, sehingga memerlukan akses database plat nomor tanpa OBU.

OBU yang berguna untuk melacak posisi pengguna dan tarif dikenakan sesuai lokasi pengguna.

  • Intentionally Short Range Communication (ISRC) 

Teknologi yang mirip dengan RFID, tetapi mempunyai infrared aktif pada IVU guna memuat semua informasi.

  • Upaya Penerapan Electronic Toll Collection

Pemilihan teknologi ETC dalam penerapan MLFF atau sistem bayar tol tanpa henti di Indonesia mengambil pengaruh besar pada keterbatasan sumber daya, infrastruktur, psikologi masyarakat, serta faktor sosial ekonomi lainnya. 

Mengacu pada hal tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Perhubungan melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Transportasi Antarmoda melakukan penelitian terkait pemilihan teknologi dalam penerapan ETC yang sesuai dengan kriteria.

Selain itu dan juga faktor-faktor yang ada di Indonesia. Terdapat sejumlah kriteria yang sudah ditetapkan, mulai dari biaya, kendala atau keakuratan, dampak lingkungan, fleksibilitas, kecepatan data, penerimaan.

Kemudian ada pelaksanaan, kesiapan teknologi, kemudahan pengguna, hingga kompleksitas sistem. Berdasarkan kriteria penerapan ETC untuk bayar tol tanpa henti tersebut terdapat 3 kriteria prioritas, yaitu tingkat penerimaan, keandalan dan kemudahan penggunaan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Balitbanghub menyatakan bahwa rentang pendek digital berbasis microwave sistem komunikasi (DSRC) lebih disenangi dan diyakini bisa menjadi yang berpotensi. 

Ini dikarenakan kesederhanaan operasi sehingga berpotensi untuk mendukung layanan tambahan bagi pengguna kendaraan dan mudah dipahami. Simak cara bayarnya berikut ini secara lebih lengkapnya.

Cara Bayar Tol Tanpa Henti

Cara Bayar Tol Tanpa Henti
Cara Bayar Tol Tanpa Henti

Indonesia akan menerapkan sistem transaksi tol tanpa berhenti atau Multi Lane Free Flow (MLFF) yang tidak lagi memerlukan kartu e-toll. MLFF ini menjadi suatu terobosan layanan transaksi di jalan tol melalui aplikasi di smartphone.

Transaksi tersebut akan menggunakan sistem server based dengan teknologi Global Navigation Satellite System (GNSS) dan data kendaraan dikenali menggunakan satelit. Lantas bagaimana pengguna jalan tol bisa menyelesaikan pembayaran?

Berikut adalah tiga cara bayar tol tanpa henti dengan sistem MLFF, antara lain:

  • E-OBU

Electronic on board unit atau E-OBU direkomendasikan bagi yang mempunyai smartphone dan jarang bertukar kendaraan dengan orang lain. ini berarti cocok untuk kalian yang bepergian sehari-hari dengan menggunakan satu mobil saja.

Setiap kendaraan yang akan masuk jalan tol harus sudah terdaftar dalam sistem, baik data kendaraan maupun pengguna. Pendaftarannya bisa dilakukan melalui aplikasi MLFF yang bisa didownload dari ponsel.

Setelah registrasi pengguna bisa langsung menggunakan aplikasi dan hanya perlu menekan tombol mulai. Kemudian aplikasi akan mengirim sinyal GPS ke MLFF pusat. GPS tersebut berguna untuk mendeteksi lokasi kendaraan dan memotong saldo secara otomatis.

  • OBU

Cara kedua untuk bayar tol tanpa henti adalah On board unit atau OBU. Metode ini disarankan untuk kendaraan yang digunakan oleh beberapa pengemudi.

Jika ingin menggunakannya, maka kalian bisa membeli OBU dan mendaftarkan kendaraan. Fungsi utama cara ini adalah untuk mencatat penggunaan jalan tol berdasarkan GPS dan pemotongan saldo secara otomatis sesuai tarif.

  • Electronic Route Ticket

Cara terakhir adalah membeli Electronic Route Ticket. Ini cocok untuk kamu yang jarang bepergian menggunakan jalan tol. Caranya adalah dengan membeli Electronic Route Ticket sekali pakai di aplikasi atau situs resmi MLFF dan harus memasukkan titik masuk serta keluar tol.

Keunggulan Bayar Tol Tanpa Henti

Keunggulan Bayar Tol Tanpa Henti
Keunggulan Bayar Tol Tanpa Henti

Setelah membahas banyak hal tentang MLFF, memangnya apa saja sih keunggulan yang diberikan? Berikut adalah pembahasan yang harus kalian baca sampai akhir, antara lain:

  • Mengurangi Antre Ketika Proses Pembayaran

Sistem ini menjadikan pengguna tidak perlu sentuh mesin pembaca kartu sehingga risiko kerusakan atau tidak terbaca semakin berkurang. Oleh karena itu, antrean pembayaran akan semakin lancar tanpa harus menunggu lama lagi.

Menggunakan sistem ini memungkinkan transaksi berjalan selama 0 detik, sedangkan penggunaan kartu membutuhkan sekitar 4 detik dan 10 detik untuk pembayaran tunai.

  • Waktu Tempuh Kendaraan Lebih Cepat

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya bahwa menggunakan sistem bayar tol tanpa henti akan mempercepat waktu tempuh kendaraan karena pengguna tidak perlu antre terlebih dahulu. 

Mungkin beberapa dari kalian masih bingung ketika membaca judul poin ini. Padahal penggunaan MLFF sangat memungkinkan untuk mengurangi konsumsi bahan bakar kendaraan yang kini harganya semakin mahal.

Apalagi sudah ada banyak sekali masalah lingkungan yang disebabkan oleh penggunaan bahan bakar kendaraan. 

Lantas, bagaimana MLFF menguranginya? Ketika menempelkan kartu pada mesin pembaca pasti kalian tetap menyalakan mesin selama beberapa saat. Itu cukup memakan banyak bahan bukan? Terlebih jika kartu mengalami error sehingga memerlukan lebih banyak waktu.

  • Memastikan Semua Orang Bayar Tol

Salah satu tujuan dibuatnya MLFF adalah untuk mencegah adanya pengendara nakal yang tidak mau membayar tarif. Oleh karena itu, guna memastikannya akan ada pengendalian khusus di seluruh jalan tol.

Seperti gantry berupa portal tinggi yang dilengkapi dengan kamera dan software pengidentifikasi data kendaraan. Cara kerjanya berupa gantry mengirimkan data ke sistem pusat MLFF dan secara otomatis memeriksa apakah mereka sudah membayar tarif tol atau belum.

Baca juga : Syarat Naik Kereta Api Lokal dan Jarak Jauh Terbaru

Penerapan sistem MLFF memberikan banyak manfaat bagi pengguna, pihak jalan tol, hingga lingkungan. Sistem ini dikabarkan mulai bisa dipakai di akhir tahun 2022. Jadi, apakah kalian juga sudah tidak sabar ingin menggunakan sistem bayar tol tanpa henti?

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts