3 Cara Cek BPJS Kesehatan Paling Mudah, Yuk Pelajari!

thumbnail cara cek bpjs - cek bpjs kesehatan

Cek BPJS kesehatan adalah salah satu hal penting dan sering dilakukan oleh penggunanya. BPJS atau Badan Penyelenggara Jaminan Sosial saat ini memang menjadi sandaran bagi beberapa masyarakat.

Dengan mengusung moto “gotong royong” tentu saja membantu beberapa orang untuk bisa mendapatkan fasilitas kesehatan tanpa harus terbebani biaya. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial termasuk salah satu badan hukum yang telah dibentuk.

Badan ini dibentuk untuk membantu menyelenggarakan jaminan kesehatan. Semenjak dibuka pada tanggal 1 Januari 2014 sampai detik ini banyak sekali masyarakat merasa terbantu dengan adanya BPJS.

Sebenarnya hampir semua penduduk Indonesia wajib hidup sebagai jaminan kesehatan dikelola oleh negara. Orang asing dimana sudah bekerja di Indonesia selama minimal 6 bulan saja dapat bergabung untuk menjadi salah satu peserta BPJS.

Untuk iuran setiap bulannya terbilang cukup terjangkau. Anda juga dapat melakukan cek BPJS untuk mengetahui mengenai status dan juga tagihan yang harus dibayar setiap bulan. Bagaimana cara untuk ceknya? Kami berikan ulasannya berikut.

Cek BPJS Kesehatan dan Ketahui Visi Misinya

Sebelum mengetahui bagaimana cara untuk cek BPJS Anda bisa memahami visi dan misinya lebih dulu. Dengan memahami visi dan misi mungkin masyarakat akan merasa nyaman menggunakan BPJS.

Baca Juga : Cara Cek Tagihan BPJS Ternyata Tidak Sulit, Yuk Pelajari!

Visi dari penyedia jasa sosial kesehatan Adalah mewujudkan jaminan kesehatan dengan kualitas terbaik tanpa diskriminasi. Untuk dapat mencapai visi tersebut tentu saja ada beberapa misi yang harus dilakukan sebagai berikut ini.

  1. Berupaya untuk memberikan layanan terbaik kepada peserta
  2. Dapat memperluas ke pasar takkan program jaminan kesehatan yang telah mencakup seluruh Indonesia
  3. Akan bersama menjaga kesinambungan finansial program jaminan kesehatan.

Visi dan misi tersebut tentu akan berbeda bagi peserta Badan Penyedia Jasa Sosial Ketenagakerjaan. Mereka memiliki visi dan misi yang berbeda, salah satunya adalah melindungi dan mensejahterakan seluruh pekerja dan keluarga.

Dalam hal ini juga termasuk untuk kesehatan dimana akan ditanggung oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Lantas bagaimana cara mempermudah untuk mendapatkan informasi dan melakukan cek status peserta?

Cara Mudah Cek BPJS Kesehatan

Pertanyaannya mungkin masih sama, bagaimana cara cek berbagai macam informasi di BPJS? Sebenarnya sangat sederhana, ada berbagai macam cara yang bisa dilakukan oleh para peserta. Masing-masing akan memudahkan, seperti berikut ini.

1. Menggunakan Website

Cara cek BPJS Kesehatan dapat dilakukan oleh para peserta adalah menggunakan website. Sebenarnya cara satu ini cukup mudah, Anda bisa mengikuti langkah berikut

  • Membuka website di https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking.
  • Silahkan isi kolom yang telah tersedia pada alamat tersebut dengan nomor kartu BPJS, tanggal lahir Anda, dan angka validasi yang ada di layar.
  • Setelah mengisi kolom Anda bisa Klik cek
  • Selanjutnya Anda akan melihat semua informasi tentang kepesertaan dan juga status. Anda juga bisa melihat jenis anggota dan berapa tanggungan anggota keluarga.
  • Nanti di bagian bawah website bisa ditampilkan daftar tagihan dan juga tanggal maksimal pembayaran iuran untuk setiap bulan.

2. Dengan Aplikasi BPJS

Cek bpjs kesehatan selanjutnya juga bisa mengandalkan aplikasi BPJS Kesehatan mobile dimana sekarang ini juga banyak digunakan. Bagaimana cara untuk menggunakan aplikasi tersebut? silahkan ikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Download aplikasi BPJS Kesehatan terlebih dahulu di Google Play Store Apple App Store.
  • Anda bisa membuka aplikasi dan login menggunakan nomor kartu BPJS. Jika belum memiliki akun maka bisa melakukan proses register terlebih dahulu.
  • Isi formulir pendaftaran secara lengkap dan benar
  • Kemudian klik register
  • Nanti Anda akan diminta untuk memasukkan kode yang akan dikirim melalui email
  • Halaman selanjutnya akan menampilkan menu utama untuk berbagai macam fitur JKN atau KIS.
  • Untuk melakukan cek BPJS kesehatanmaka pilih “peserta” agar bisa mengetahui informasi yang dibutuhkan.

3. Langsung ke Kantor BPJS

Langkah selanjutnya bisa dilakukan oleh peserta adalah langsung datang ke kantor BPJS. Nanti Anda akan dibantu oleh petugas BPJS yang akan memberikan berbagai macam informasi dan melayani pengaduan. Dengan begitu semua kebutuhan Anda di Badan Penyedia Jasa Sosial bisa dilakukan dengan mudah dan cepat dengan cek di kantor.

Sebelum Cek BPJS Kesehatan Silahkan Ketahui Jenisnya

Apabila Anda sebelumnya belum pernah melakukan proses pendaftaran BPJS. Maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu berbagai macam jenisnya. Dengan mengetahui jenis tersebut.

Hal itu akan membantu Anda untuk bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Ada beberapa jenis kepesertaan JKN atau KIS bisa digunakan sebagai berikut.

  1. Peserta Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI-JK) adalah program yang digunakan untuk fakir miskin dan orang tidak mampu. Iuran akan dibayar oleh pemerintah pusat melalui APBN dan pemerintah daerah melalui APBD.
  2. Selanjutnya ada pekerja penerima upah atau PBPU ditunjukkan pada peserta yang bekerja atau berusaha atas risiko sendiri atau pekerja Mandiri bisa membayar iuran.
  3. Jenis selanjutnya ada Pekerja Penerima Upah (PPU) ditujukan oleh setiap pekerja dan menerima gaji atau upah.
  4. Ada Bukan Pekerja (BP) dimana setiap orang bisa menjadi bagiannya. Jenis yang satu ini bukan termasuk masyarakat telah didaftarkan dan iuran dibayar oleh pemerintah pusat maupun daerah. Hal ini juga termasuk untuk BP penyelenggara negara dan BP non penyelenggara negara.

Keempat jenis tersebut tentu sangat penting diketahui. Jika Anda ingin mengurus BPJS maka silahkan pilih mana sekiranya cocok sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk informasi lebih jelas soal pendaftaran juga bisa langsung tanya kepada pegawai BPJS.

Manfaat Gabung BPJS Kesehatan bagi Peserta

Anda bisa melakukan cek BPJS kesehatan dan mengetahui berbagai macam informasi lainnya maka Anda harus daftar dulu. Mendaftarkan diri ke BPJS memang memiliki banyak manfaat seperti berikut ini.

1. Semua Penyakit Ditanggung BPJS Kesehatan

Manfaat pertama bisa dirasakan oleh peserta BPJS ternyata dapat digunakan untuk semua pelayanan kesehatan yang sifatnya pengobatan. Jadi semua penyakit yang telah masuk pada indikasi medis bisa ditanggung oleh JKN dengan prosedur tepat.

2. Menjamin Penyakit yang Dikecualikan

Manfaat selanjutnya bisa dirasakan oleh para peserta adalah menjamin penyakit yang dikecualikan. Jadi, BPJS kesehatan ini masih tergolong baru untuk kategori asuransi kesehatan. Hal tersebut tentu saja membuat beberapa peserta masih merasa kebingungan.

Baca Juga : Cara Cek Resi JNT Ternyata Sangat Mudah Ketika Dicoba

Sekalipun begitu, pihak Badan Penyedia Jasa Sosial kesehatan termasuk salah satu Prime termurah dan bisa menanggung penyakit yang dikecualikan oleh banyak asuransi secara umum.

Apa saja penyakit yang biasanya ditolak oleh asuransi secara umum? Beberapa penyakit seperti kanker, kongenital, hemodialisis, penyakit jiwa, dan penyakit hormonal.

3. Manfaat menanggung tanpa lihat kondisi sebelumnya

Selanjutnya manfaat dari cek bpjs kesehatan yang bisa dirasakan adalah penerapan sistem gotong royong. Jadi BPJS Kesehatan ini ini memiliki fokus sistem gotong-royong, di mana yang sehat bisa membantu yang lemah.

Asuransi kesehatan yang satu ini merupakan jaminan yang akan membantu peserta yang sedang sakit tanpa harus melihat kondisi sebelumnya, bahkan tanpa ada batasan penyakit.

BPJS juga berupaya untuk membantu beberapa peserta yang mengalami sakit seumur hidup atau memiliki penyakit besar, seperti gagal ginjal kronis, kanker, penyakit jantung, dan beberapa jenis penyakit lainnya.

4. Pembayaran Premi Murah

Selain mendapatkan fasilitas cek BPJS kesehatan mudah, ternyata pembayaran juga terbilang murah. Iuran untuk BPJS yang terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan asuransi kesehatan lainnya.

Namun jangan khawatir sebab sekalipun harga murah tetapi keuntungannya tetap memasukan bagi peserta. Anda bisa memilih kelas 1, kelas 2, maupun kelas 3. Masing-masing memiliki fasilitas dan harga yang berbeda.

5. Memberikan Jaminan Seumur Hidup

BPJS juga berani memberikan jaminan seumur hidup kepada peserta yang telah bergabung. Keuntungan tersebut untuk menjadi salah satu hak bagi setiap peserta dan semua bisa mendapatkan hak tersebut apabila memenuhi kewajibannya.

6. Proses Pembayaran Mudah

Manfaat selanjutnya bisa dirasakan oleh para peserta adalah proses pembayaran bisa dilakukan dengan mudah. Anda tidak hanya bisa melakukan proses pendaftaran melalui ATM tetapi juga bisa melakukannya pada beberapa fitur seperti Gopay, Shopee, Dana, Ovo, dan lainnya.

Untuk melakukan cek status bagi para peserta Badan Penyedia Jasa Sosial kesehatan memang mudah. Anda bisa menggunakan beberapa cara di atas yang dianggap sederhana.

Tidak hanya melihat status dari kepesertaan, tetapi Anda juga bisa mengetahui berapa anggota, fasilitas kesehatan, dan beberapa fitur menarik lainnya yang sangat membantu. Jadi cek BPJS kesehatan ini dinilai cukup penting bagi peserta.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts