Cara Cek Resi JNT Ternyata Sangat Mudah Ketika Dicoba

thumb cek jnt - cek resi jnt

Cara cek resi jnt banyak dicari. Ini sebenarnya merupakan hal wajar mengingat pengiriman barang menggunakan ekspedisi sendiri sudah menjadi semakin populer.

Ini didukung oleh semakin maraknya pembelian barang menggunakan market place. Biasanya pengiriman barang menggunakan market place membutuhkan ekspedisi seperti j&t sebagai media pengiriman.

Namun yang jadi masalah, beberapa orang sering kali merasa tidak sabar ketika melakukan pengiriman semacam ini. Kondisi tersebut terjadi karena muncul ketakutan dalam diri jika barang tersebut tidak akan sampai tujuan.

Kondisi ini jelas tidak boleh dibiarkan. Cara termudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan cek resi. Dengan melakukan cek resi, lokasi terbaru dari barang akan bisa diketahui.

Baca Juga : Cara Cek Tagihan BPJS Ternyata Tidak Sulit, Yuk Pelajari!

Pengecekannya sendiri bisa dibilang mudah. Konsumen tidak perlu datang langsung ke kantor j&t. Itu karena, pengecekan sudah bisa dilakukan secara online.

Berikut Cara Cek Resi J&T

Terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui ketika akan melakukan pengecekan. Apabila tahapan ini tidak dilewati, hasilnya bisa tidak sesuai harapan. Itu karena, bisa saja pengecekan gagal dilakukan. Oleh sebab itu, berikut beberapa tahapan yang perlu dilalui.

1. Cari Nomor

Tahapan pertama dalam cek resi j&t adalah mengetahui nomornya terlebih dahulu. Mengetahui nomor sendiri bisa dilakukan dengan beberapa cara. Cara pertama bisa dilakukan apabila Anda bertindak sebagai pihak pengirim.

Jika ini terjadi, coba lihat lembar bukti pengiriman yang diberikan pihak j&t. Pada kertas tersebut, akan terlihat nomor pengirimannya. Nomor itulah yang bisa digunakan untuk melakukan cek resi.

Cara selanjutnya bisa dilakukan jika Anda bertindak sebagai penerima barang dan melakukan pembelian di toko online. Biasanya toko online menyediakan kolom khusus yang memperlihatkan nomor resi pengiriman.

Carilah nomor tersebut di bagian deskripsi pengiriman barang. Cara terakhir adalah dengan menanyakan langsung ke pihak pengirim. Ini bisa dilakukan jika Anda bertindak sebagai penerima dan merasa kesulitan jika harus melakukan pengecekan di aplikasi.

2. Masukkan ke Kotak Pelacak

Jika nomor resi sudah ditemukan, mari berlanjut ke tahapan selanjutnya dalam cek resi j&t. Pada tahapan selanjutnya, nomor tersebut perlu dimasukkan ke kotak pelacak. Namun perlu diketahui terlebih dahulu lokasi kotak pelacak tersebut.

Terdapat dua cara untuk menemukan kotak pelacak. Pertama adalah dengan menggunakan aplikasi. Jika Anda adalah pengguna android, carilah di playstore aplikasi untuk melakukan cek resi.

Nantinya akan ditemukan banyak aplikasi yang bisa digunakan. Namun jika mendownload dirasa terlalu sulit, datang saja langsung ke situs resminya.

Salah satu situs yang bisa digunakan untuk cek resi adalah cekresi.com. Masuklah ke situs tersebut dan lihat kotak pelacak di bagian berAnda. Disitulah nomor resi yang sebelumnya sudah didapat harus dimasukkan.

3. Cek Resi

Di bagian bawah kotak pelacak, akan terdapat kolom bertuliskan “cek resi”. Namun tergantung tempat pengecekan dilakukan, lokasi kolom itu bisa saja berubah.

Biasanya jika tidak berada pada bagian bawah, kolom tersebut sering berada di sebelah kanan kotak pelacak. Langsung saja klik kolom tersebut dan lanjutkan ke tahap selanjutnya.

4. Pilih Ekspedisi

Inilah salah satu poin vital yang akan menentukan apakah pengecekan sukses dilakukan atau tidak. Ketika kolom bertuliskan “cek resi” sudah diklik, terdapat beberapa pilihan ekspedisi yang bisa dipilih.

J&t sendiri memiliki beberapa pilihan ekspedisi. Beberapa pilihan tersebut antara lain j&t ekspress dan j&t reguler. Dalam cek resi j&t, perlu dipastikan terlebih dahulu ekspedisi apa yang digunakan.

Walaupun sesama produk dari j&t, keduanya tidak boleh tertukar. Jika merasa sudah yakin dengan ekspedisi yang digunakan, langsung saja klik pilihan ekspedisi tersebut.

5. Lihat Status

Inilah cara cek resi j&t terakhir dalam pengecekan resi. Tahapan terakhir ini akan memperlihatkan status pengecekan yang dilakukan. Biasanya status kiriman barang akan terlihat di bawah kolom pencarian. Nantinya akan terlihat lokasi terbaru barang yang dikirim.

Kolom tersebut juga akan memperlihatkan waktu barang sampai di lokasi tersebut. mengingat gangguan yang sering kali terjadi, bukan tidak mungkin pengecekan gagal dilakukan.

Bisa saja status pengiriman tidak keluar padahal tahapan yang dilalui sudah benar. Pada kondisi ini, cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan berpindah ke situs lain.

Dengan berpindah ke situs lain, cek resi dari j&t bisa tetap dilakukan dengan mudah. Selain cekresi.com, Anda bisa juga memilih jet.co.id. Sebenarnya masih banyak situs lain yang bisa dipilih. Namun biasanya, kedua situs di atas sangat jarang mengalami gangguan secara serentak.

Berbagai Keunggulan yang Ditawarkan dari J&T

Melakukan cek resi j&t bisa dikatakan sangat mudah. Ini jelas menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki j&t. Namun jika berbicara tentang keunggulan, ekspedisi ini memiliki banyak hal lain yang juga bisa ditonjolkan. Berikut beberapa hal tersebut.

1. Layanan Jemput Paket

Ketika hendak melakukan pengiriman barang, beberapa orang sering kesulitan untuk datang ke kantor cabang. Terdapat beberapa alasan yang mungkin menyadari hal ini. Salah satunya adalah waktu yang mungkin tidak seluang itu.

Oleh sebab itu, j&t memiliki layanan yang bisa mempermudah konsumen. Layanan tersebut membuat j&t akan langsung menjemput paket ke rumah. Tidak perlu risau untuk urusan biaya.

Layanan ini tidak memakan biaya sama sekali alias gratis. Ini jelas membuat konsumen akan sangat dimudahkan. Tidak ada berat minimal untuk penggunaan layanan ini.

Selain itu, jumlah minimal paket juga tidak dipatok. Sekecil apapun beratnya dan walaupun paket tersebut hanya satu, j&t akan tetap menjemputnya.

2. Buka Setiap Hari

Ketika melakukan cek resi j&t, konsumen seharusnya sadar bahwa fitur cek resi tersebut melakukan update setiap hari. Hari libur tidak membuat fitur cek resi tersebut tidak melakukan update.

Ini sebenarnya bisa terjadi karena kantor cabang j&t buka setiap hari. Namun untuk kantor cabangnya sendiri, tentu keberadaannya tidak buka selama 24 jam. Keberadaannya hanya bisa diakses pada jam operasional yaitu pukul 8 pagi hingga pukul 8 malam.

Keberadaan kantor cabang juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan komplain. Anda nantinya bisa menyampaikan masalah terkait pengiriman paket yang dirasakan.

3. Terpercaya

Seseorang tidak perlu ragu ketika menggunakan j&t sebagai ekspedisi. Itu karena, j&t adalah ekspedisi yang sangat terpercaya. Eksistensinya di bidang ini sudah sangat lama.

Hal tersebut membuat banyak orang sudah membuktikan sendiri nyamannya menggunakan j&t. Di atas sudah dijelaskan bahwa cek resi j&t sangatlah mudah.

Patut disadari bahwa tidak semua ekspedisi memiliki kemampuan untuk memudahkan hal tersebut. Dengan adanya kemampuan untuk melakukan ini, hal tersebut membuktikan jika jnt adalah ekspedisi yang sangat terpercaya.

Lama Paket untuk Sampai Ketujuan

 

Ketika melakukan pengiriman paket, waktu untuk sampai ke tujuan bisa dikatakan sangat cepat. Itu karena, tidak ada satupun paket yang sampai lebih dari satu minggu. Untuk pengiriman di provinsi sama, waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 1 hingga 2 hari.

Tentu waktu tersebut akan meningkat jika pengiriman dilakukan ke luar provinsi. Waktunya adalah sekitar 3 sampai 4 hari. Waktu yang lebih mungkin akan dibutuhkan ketika pengiriman dilakukan ke luar negeri.

Cara Menyampaikan Keluhan Kepada Pihak J&T

Untuk menyampaikan keluhan dalam cek resi j&t, cara termudah adalah dengan langsung datang ke kantor. Namun untuk Anda yang sibuk, komunikasi juga bisa dilakukan dengan jarak jauh.

Cara termudahnya adalah dengan menghubungi call center j&t. Call centernya sendiri bisa dihubungi pada nomor 0800 100 1188. Nomor tersebut tidak bisa diakses selama 24 jam. Anda hanya bisa menghubunginya pada jam operasional.

Jika ingin cara lain, menyampaikan keluhan juga bisa dilakukan memakai email. Langsung saja hubungi email resmi dari j&t pada alamat [email protected]

Mungkin dibandingkan telepon, email akan lebih lambat dibalas. Namun tenang saja, email tersebut nantinya akan tetap terbalas.

Berbagai Sosial Media yang Disediakan

Jika ingin mendapatkan info terbaru dari j&t, ikuti saja sosial media resminya. Sosial media j&t sendiri bisa ditemui pada banyak platform. Platform utamanya sendiri adalah 4 yaitu facebook, twitter, instagram, dan Youtube.

Pastikan untuk mengikuti sosial media resmi dari j&t. Itu karena, ada bayak sosial media palsu yang bermunculan di luar sana. Ini jelas membuat kemungkinan terjadinya penipuan bisa saja terjadi.

Jika sampai dialami, Anda sendirilah yang tentu akan dirugikan. Dengan penjelasan tentang cek resi dari j&t di atas, sudah terlihat bahwa pengecekan resi menggunakan j&t adalah perkara mudah.

Baca Juga : Ini Dia Cara Daftar Token Gratis Subsidi Listrik dari PLN

Oleh sebab itu, dapat dipastikan bahwa Anda tidak akan kesulitan dalam pengecekannya. Hanya saja, pastikan setiap tahapan dilalui dengan baik. jika ada tahap yang terlewat, cek resi j&t tidak akan bisa dilakukan.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts