Cara Cek Tagihan BPJS Ternyata Tidak Sulit, Yuk Pelajari!

cara cek tagihan bpjs

Cara cek tagihan BPJS sangat mudah. Pengetahuan ini sangat penting. Itu karena, BPJS sendiri adalah hal yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. BPJS adalah singkatan dari Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial.

Ini adalah program yang berguna untuk memberikan jaminan kesehatan untuk masyarakat. Dengan mengikuti program ini, masyarakat tidak perlu melakukan pembayaran secara penuh ketika melakukan pengobatan.

Cukup dengan melakukan iuran setiap bulan, kesehatan masyarakat sudah ditanggung. BPJS sendiri memiliki dua program utama. Kedua program tersebut antara lain BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan.

Ketika mengikuti program tersebut, masyarakat bisa memilih jenis program mana yang akan diikuti. Itu karena, BPJS terbagi menjadi tiga kelas yaitu kelas 1, 2, dan 3.

Baca Juga : Ini Dia Cara Daftar Token Gratis Subsidi Listrik dari PLN

Masing-masing kelas tersebut memiliki layanan yang berbeda-beda. Namun semakin tinggi kelasnya maka semakin besar juga iuran per bulan yang perlu dibayarkan.

Berikut Cara Cek Tagihan BPJS

Ketika iuran tersebut tidak dibayar secara rutin, seseorang tidak bisa menggunakan manfaat dari BPJS. Untuk mengikuti program tersebut, tagihan yang sebelumnya perlu dilunasi terlebih dahulu.

Namun sebagai poin paling utama, perlu diketahui terlebih dahulu jumlah tagihan yang dimiliki. Dengan mengetahui jumlah tagihan, barulah pembayaran bisa dilakukan. Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melakukan cek tagihan. Berikut beberapa cara tersebut.

1. Website Resmi

Cara cek tagihan BPJS pertama untuk melakukan pengecekan adalah dengan menggunakan website resmi. Website resmi BPJS sendiri bisa ditemui di daftar.BPJS-kesehatan.go.id.

Nantinya pada website tersebut, pilihlah fitur BPJS checking. Disinilah cek tagihan dari BPJS bisa dilakukan. Ketika masuk ke dalam BPJS checking, terdapat beberapa data yang bisa dimasukkan terlebih dahulu.

Data yang bisa dimasukkan antara lain nomor kartu BPJS dan tanggal lahir peserta. Setelah kedua data tersebut dimasukkan, akan terdapat verifikasi yang perlu diselesaikan pada bagian bawah. Isilah nomor verifikasi tersebut dan tunggu hingga pengecekan selesai dilakukan.

Nantinya akan muncul beberapa informasi terkait data kepesertaan anggota BPJS. Jika terdapat tagihan yang perlu dibayarkan, tunggakan tersebut akan diperlihatkan di kolom tersebut.

2. Aplikasi

Jika website resmi dirasa terlalu sulit, cek tagihan BPJS juga bisa dilakukan melalui aplikasi. Aplikasi yang bisa digunakan adalah BPJS Mobile. Aplikasinya sendiri sudah tersebar secara gratis.

Pengguna android bisa menemukannya di playstore sedangkan pengguna IOS bisa menemukannya di appstore. Jika aplikasinya sudah diunduh, hal pertama yang bisa dilakukan adalah melakukan pendaftaran.

Pendaftaran bisa dilakukan dengan memasukkan beberapa data seperti nomor kartu BPJS, email, dan password. Jika ketiga data tersebut sudah dimasukkan, Anda bisa melakukan log in dengan data yang sebelumnya sudah dimasukkan.

Sebenarnya dalam pendaftaran, ada banyak data yang perlu dimasukkan. Datanya sendiri seperti nomor KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, dan lain sebagainya.

Namun tahapan ini cukup mudah dilewati karena pengguna tinggal mengikuti setiap tahapannya. Jika log in sudah sukses dilakukan, data pribadi akan terlihat pada beranda. Tentu pada data tersebut, jumlah tagihan yang menjadi tunggakan juga akan terlihat.

3. Chat

Jika disebutkan tentang cara cek tagihan BPJS termudah, menggunakan chat assistant adalah teknik termudah. Chat assistant sendiri bisa ditemui pada beberapa platform. Dua platform yang bisa digunakan adalah whatsapp dan telegram.

Untuk menghubungi chat assistant BPJS di kedua platform tersebut, nomor yang bisa dihubungi adalah 0811 8750 400. Pengguna yang lebih sering menggunakan facebook messanger juga bisa memanfaatkannya.

Itu karena, chat assistant juga tersedia pada facebook messanger. Namun ingat, pastikan menghubungi akun facebook resmi dari BPJS kesehatan. Itu karena, ada banyak akun BPJS lain yang memiliki motif penipuan.

4. Petugas

Untuk Anda yang merasa kesulitan ketika melakukan cek tagihan BPJS secara online, pengecekan sendiri tetap bisa dilakukan secara offline. Caranya cukup mudah yaitu dengan datang langsung ke kantor BPJS.

Nantinya, cukup beritahukan tujuan Anda datang ke kantor BPJS yaitu untuk melakukan cek tagihan. Jangan lupa untuk membawa beberapa data diri seperti kartu BPJS dan KTP.

Nantinya, Anda akan diminta untuk memperlihatkan kartu tersebut. Ini berfungsi sebagai verifikasi dan pembuktian bahwa yang datang ke kantor memang Anda.

Keuntungan untuk Diri Saat Menggunakan BPJS

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa dirasakan ketika mengikuti program BPJS. Tentu pada penjelasan di atas, sudah dijelaskan bahwa cek tagihan BPJS bisa dilakukan dengan mudah.

Hal tersebut sebenarnya hanya satu di antara banyaknya keuntungan yang akan dirasakan. Berikut beberapa keuntungan tersebut.

1. Penyakit

Keuntungan pertama ketika mengikuti program BPJS terletak pada adanya jaminan kesehatan untuk berbagai penyakit. Hampir setiap penyakit akan ditanggung oleh BPJS. Oleh sebab itu, tidak perlu takut dengan jenis penyakit yang sedang dialami.

Seberat apapun penyakitnya, pendaftaran BPJS tetap bisa dilakukan. Terdapat Permenkes no 28 tahun 2014 yang menjelaskan hal ini. Pada permenkes tersebut, dijelaskan bahwa semua penyakit memang akan ditanggung.

2. Iuran

Keuntungan lain yang akan dirasakan selain mudahnya cek tagihan BPJS berhubungan dengan iuran yang bisa dilakukan. peserta BPJS berasal dari semua kalangan. Baik kalangan menengah ke atas maupun kalangan menengah ke bawah bisa mengikutinya.

Tentu iuran yang perlu dilakukan tidak akan sama. Seseorang bisa membayarkan iuran sesuai dengan kemampuannya. Dengan itu, seseorang tidak akan merasa diberatkan ketika mengikuti program BPJS.

Namun sebagai catatan, terdapat sedikit perbedaan layanan yang akan diberikan. Tentu pihak yang mengikuti iuran kelas 1 akan mendapatkan pelayanan yang sedikit lebih baik dari mereka yang mengikuti iuran kelas 3.

3. Seumur Hidup

Sekali seseorang mengikuti program BPJS, jaminan akan didapat seumur hidup. Ini jelas sangat menguntungkan. Penyakit adalah hal yang bisa datang kapan saja. Oleh sebab itu, sangat mungkin penyakit datang pada kondisi yang tidak diperkirakan.

Karena terus mengikuti program BPJS, biaya untuk perawatan dan penyembuhan akan tetap didapat. Ini membuat beban yang dirasakan ketika mengalami penyakit tertentu akan menurun.

Pembayaran BPJS

Jangan lupakan kemudahan melakukan pembayaran yang akan dirasakan. Di atas telah dijelaskan bahwa cek tagihan BPJS adalah hal yang sangat mudah.

Tentu setelah mengecek jumlah tagihan, seseorang akan melakukan pembayaran. Pembayaran ini juga tidak akan menyulitkan. Ketika akan melakukan pembayaran, terdapat beberapa media yang bisa dilakukan. berikut beberapa media tersebut.

1. Kantor BPJS

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS. Nantinya di kantor BPJS, akan terdapat loket khusus untuk pembayaran. Cukup dengan membawa uang sesuai tagihan. Nantinya tidak akan ada biaya tambahan yang dibebankan.

2. ATM

Cara cek tagihan BPJS selanjutnya melakukan pembayaran adalah dengan menggunakan ATM. Hampir setiap ATM bisa digunakan mulai dari Mandiri, BCA, BNI, dll.

Salah satu keunggulan ketika menggunakan ATM adalah tidak perlunya pengguna mengantre. Ini berbeda dengan pembayaran ke loket BPJS dimana antre adalah hal wajib.

3. Kantor POS

Pembayaran juga bisa dilakukan ke kantor POS. Untuk melakukan pembayaran ke kantor POS, pengguna cukup mengantre seperti biasa.

Nantinya akan terdapat loket khusus untuk pembayaran BPJS. Biasanya di beberapa daerah, loket ini juga sering dipenuhi pengguna yang juga akan melakukan pembayaran.

4. Indomaret & Alfamart

Pembayaran menggunakan indomaret & alfamart juga bisa dilakukan. Ketika hendak datang ke indomaret atau alfamart, pengguna cukup datang dengan membawa jumlah iuran yang dibutuhkan.

Jangan lupa juga untuk membawa kartu BPJS. Itu karena, nomor BPJS yang akan dibayarkan pasti diminta.

5. JKN

JKN adalah aplikasi dari BPJS yang memang diperuntukkan sebagai media pembayaran. Aplikasi ini bisa ditemukan baik di appstore maupun di playstore. Sebenarnya JKN sendiri hanya bertindak sebagai media. Nantinya pembayaran tetap perlu dilakukan menggunakan ATM.

6. E-Commerce

Ada banyak e-commerce yang sekarang bermunculan. Jumlahnya sendiri terus mengalami peningkatan. Sekarang, BPJS sendiri sudah bekerja sama dengan banyak e-commerce. Namun untuk sekarang, e-commerce yang bekerja sama hanya e-commerce populer.

Contoh e-commerce nya seperti bukalapak, Tokopedia, dan Shopee. Caranya sendiri sangat mudah. Install aplikasi tersebut lalu lakukan pendaftaran seperti biasa. Jika sudah melakukan pendaftaran.

Tahapan terakhir yang bisa dilakukan adalah menyelesaikan pembayaran. Setelah itu, Anda bisa menyimpan aplikasinya untuk digunakan sebagai media pembayaran pada bulan depan. Ketika hendak melakukan pengecekan tagihan BPJS, pastikan untuk tidak asal.

Baca Juga : Mengenal Jenis Asuransi Untuk Mobil Serta Manfaatnya

Itu karena, setiap tahapan perlu dilalui dengan baik. Jika tahapannya tidak dilalui dengan baik, pengecekan tidak akan bisa dilakukan. Oleh sebab itu, pastikan memahami setiap tahapan dalam cek tagihan BPJS dengan baik.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts