Ini Dia Cara Daftar Token Gratis Subsidi Listrik dari PLN

cara daftar token gratis

Banyak orang belum paham betul bagaimana cara daftar token gratis. Pemberian token listrik gratis ini adalah bentuk subsidi pemerintah bagi orang-orang yang kurang mampu. Sehingga biaya hidup sehari-hari dapat berkurang karena Anda tidak perlu membeli token listrik.

Akan tetapi, tidak semua orang mendapatkan bantuan berupa subsidi token listrik gratis dari pemerintah. Ada mekanisme pendaftaran yang harus Anda ajukan kepada badan terkait, yakni PLN untuk mendapatkan bantuan tersebut.

Tanpa melalui mekanisme pendaftaran ke badan terkait, maka Anda tidak berhak mendapatkan bantuan token gratis dari pemerintah. Selain melewati mekanisme pendaftaran, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi.

Jadi, hanya orang-orang berpenghasilan rendah saja yang berhak mendapatkan subsidi pembelian token listrik gratis. Apabila Anda merasa telah memenuhi syarat, maka silahkan mendaftarkan diri melalui cara-cara yang telah disosialisasikan kepada masyarakat.

Syarat-syarat untuk Mendapatkan Token Listrik Gratis dari Pemerintah

cara daftar token gratis - syarat-syarat token gratis

Sebelum membahas tentang tata cara daftar token gratis, Anda wajib tahu apa saja persyaratan untuk mendapatkan bantuan subsidi listrik dari pemerintah. Memang, tidak semua masyarakat mendapatkan bantuan subsidi listrik dari pemerintah. 

Hanya beberapa masyarakat yang memenuhi persyaratan dan kualifikasi penerima bantuan subsidi listrik. Syarat pertama, hanya masyarakat yang menggunakan meteran listrik dengan daya 450 volt ampere (VA) yang mendapatkan token gratis dari pemerintah melalui program PLN.

Sebab, bantuan token gratis untuk meteran listrik berdaya 450 VA ini telah sesuai dengan Peraturan Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2020. Dan syarat selanjutnya, memiliki surat keterangan tidak mampu yang dikeluarkan dari instansi terkait.

Pemerintah juga memberikan subsidi token listrik bagi pengguna meteran dengan daya 900 VA. Hanya saja, nilai subsidinya berbeda. Untuk pengguna token listrik dengan daya 900 VA, Anda akan mendapatkan subsidi sebesar 50% dari pemerintah. Syaratnya juga tidak jauh berbeda.

Anda diharapkan untuk melampirkan surat keterangan tidak mampu dari instansi terkait. Maka dari itu, Anda disarankan untuk segera mengurus surat keterangan tidak mampu agar mendapatkan subsidi token listrik sebesar 50% dari pemerintah melalui PLN.

(Baca Juga: Cara Daftar Pajak Online Beserta Syarat yang Harus Dipenuhi)

Cara Daftar Token Gratis Subsidi Listrik dari Pemerintah

cara daftar token gratis - daftar token gratis

Semenjak pandemi virus corona mewabah di Indonesia, pemerintah melalui lembaga-lembaga resmi telah menyalurkan berbagai bantuan dalam bentuk uang tunai hingga non-tunai. Mulai dari program bantuan langsung hingga subsidi untuk kebutuhan sehari-hari.

Salah satu bentuk subsidi yang banyak diberikan kepada masyarakat adalah token listrik gratis. Pemerintah melalui PLN memberikan bantuan token listrik gratis kepada masyarakat tidak mampu. Ada 3 cara daftar token gratis. Di antaranya adalah sebagai berikut ini :

Melalui Situs Resmi PLN 

  • Akses Situs Resmi PLN
  • Langkah pertama, silakan masuk ke situs resmi PLN di www.pln.co.id
  • Pilih Menu Stimulus Covid-19
  • Langkah kedua, pilih menu stimulus covid-19 yang terdapat pada tab menu situs website PLN.
  • Masukkan ID Pelanggan
  • Langkah ketiga, masukkan ID pelanggan untuk mendapatkan token gratis dari PLN.
  • Masukkan Token Gratis yang Diberikan oleh PLN
  • Langkah keempat, Masukkan token gratis ke meteran listrik yang telah diberikan oleh PLN. Token tersebut akan muncul jika semua persyaratan telah dipenuhi.

Via Chat Whatsapp 

 

  • Menghubungi Nomor Whatsapp 
  • Cara daftar token gratis pertama via cara alternatif adalah membuka whatsapp dan silahkan simpan nomor 0812-2123-123. Setelah itu, chat ke nomor tersebut.
  • Ikuti Petunjuk yang Diberikan
  • Langkah kedua, Anda akan mendapatkan balasan chat berupa instruksi lebih lanjut untuk memperoleh token gratis bantuan dari pemerintah. Kemudian, masukkan ID pelanggan Anda.
  • Masukkan Token Gratis ke Meteran Listrik
  • Langkah ketiga, masukkan token gratis ke meteran listrik Anda. Apabila Anda dinyatakan tidak layak menerima bantuan, maka Anda tidak memperoleh kode token dari admin.

Melapor ke Perangkat Desa Setempat

Apabila daerah Anda masih terjamah koneksi internet, maka disarankan untuk segera melapor ke perangkat desa setempat. Dari laporan perangkat desa, maka PLN akan mendapatkan data rekomendasi penerima subsidi bantuan token listrik. 

Hal ini menjadi cara daftar token gratis alternatif jika daerah Anda tidak memungkinkan untuk mendapatkan koneksi internet untuk mengakses situs website maupun whatsapp PLN.

Durasi Pemberian Subsidi Token Gratis dari Pemerintah

Sesuai dengan aturan pemerintah, PLN akan memberikan subsidi listrik gratis sebagai bentuk bantuan di tengah wabah virus corona atau covid-19. Bantuan subsidi listrik ini juga bermacam-macam. Mulai dari pembebasan biaya pemakaian hingga diskon 50%.

Khusus untuk listrik rumah tangga 450 VA, Anda akan mendapatkan bantuan berupa gratis biaya penggunaan. Sedangkan untuk listrik rumah berdaya 900 VA, maka Anda akan mendapat bantuan berupa diskon penggunaan listrik sebesar 50%

Pemerintah juga mengatur pemberian subsidi token gratis dan diskon 50%. Anda berhak menikmati subsidi listrik yang diberikan pemerintah selama 3 bulan berturut-turut sejak mendaftarkan diri. 

Setelah 3 bulan, Anda dapat mendaftar kembali. Maka dari itu, ketahui cara daftar token gratis agar mendapatkan bantuan dari pemerintah. 

Tercatat ada 3 cara untuk daftar bantuan subsidi listrik. Anda bisa memilih salah satu cara yang telah disediakan oleh PLN selaku instansi terkait.

Gagal Dapat Token Meski Melalui Cara Daftar Token Gratis Sesuai Arahan? Begini Cara Mengatasinya

cara daftar token gratis - Tips token gratis

Memang, masih banyak masyarakat yang tidak mendapatkan token gratis sebagai bentuk subsidi pemerintah di tengah wabah corona atau virus covid-19. 

Padahal, mereka telah mendaftar sesuai dengan arahan yang disosialisasikan oleh PLN selaku instansi perwakilan pemerintah.

Oleh sebab itu, masyarakat tentu kecewa apabila tidak mendapatkan subsidi tersebut padahal telah melengkapi persyaratan dan sesuai dengan kualifikasi penerimanya. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir.

Sebab, PLN telah menyediakan jalur-jalur khusus untuk menanggapi keluhan para masyarakat terkait gagal mendapatkan token. Padahal, mereka telah mencoba 3 cara daftar token gratis sesuai arahan dari pemerintah pusat.

Cara pertama, Anda bisa mencoba menghubungi layanan aduan PLN melalui situs website di www.pln.co.id. Silakan sampaikan keluhan Anda melalui live chat dari situs tersebut. Selain itu, Anda juga dapat melakukan komplain terkait token gratis melalui aplikasi PLN.

Aplikasi mobile PLN ini dapat Anda download melalui Google Play Store (Android Phone) atau App Store (iOs Phone). 

Cara kedua, hubungi layanan aduan ke kantor layanan PLN terdekat. Setelah melaporkan kendala tersebut, coba kembali cara daftar token gratis dari pemerintah.

Apakah Hanya Pengguna Listrik Prabayar Saja yang Mendapatkan Subsidi Listrik dari Pemerintah?

Pengguna listrik pascabayar pun juga mendapatkan subsidi dari pemerintah. Memang, pengguna meteran listrik jenis pascabayar di Indonesia masih cukup banyak. 

Sehingga, pemerintah melalui Perppu juga memberikan subsidi kepada pengguna meteran pascabayar.

Besaran subsidinya juga beragam, mulai dari 25%, 50% hingga gratis biaya listrik selama satu bulan penuh. Hanya saja, tidak semua mendapatkan subsidi listrik dari pemerintah. 

(Baca Juga: Ramai Diburu, Ini Dia Keistimewaan BTS Meals yang Baru Kemarin Diluncurkan)

Hanya keluarga tidak mampu dan menjadi “korban” dari wabah virus corona yang diutamakan oleh pemerintah.

Selain itu, cara mendapatkan subsidi juga berbeda dengan cara daftar token gratis yang telah diatur oleh PLN. Khusus untuk pengguna meteran listrik pascabayar, Anda tidak perlu mendaftarkan diri melalui situs website maupun aplikasi mobile dari PLN. 

Sebab, PLN telah bekerja sama dengan dinas terkait untuk memilah data-data pengguna listrik pascabayar yang masuk dalam kategori keluarga tidak mampu. 

Secara tidak langsung, PLN akan memberikan diskon sebesar 25%, 50%, hingga gratis bagi pengguna meteran listrik pascabayar.

Yang perlu Anda catat, PLN akan memberikan diskon gratis biaya listrik 1 bulan penuh bagi keluarga tidak mampu yang menggunakan daya sebesar 450 VA. 

Bagi Anda pengguna listrik pascabayar dengan daya 900 VA, maka Anda akan mendapatkan potongan tagihan listrik sebesar 25% hingga 50%.

Sama halnya dengan aturan subsidi listrik prabayar, pengguna hanya mendapatkan subsidi selama 3 bulan. Anda akan mendapatkan potongan biaya listrik kembali jika program subsidi dari pemerintah kembali dilanjutkan. 

Setiap 3 bulan sekali, pengguna listrik prabayar selalu melalui cara daftar token gratis untuk mendapatkan subsidi. Sedangkan, pengguna listrik pascabayar akan mendapatkan potongan biaya secara otomatis tanpa proses pendaftaran.

Dimasa pandemi virus corona, pemerintah memberikan beragam bantuan kepada masyarakat. Salah satunya adalah bantuan subsidi listrik.  

Akan tetapi, tidak semua orang mendapatkan subsidi tersebut. Untuk mendapatkan subsidi listrik, Anda wajib tahu cara daftar token gratis untuk meteran prabayar dan cara mengajukan subsidi untuk meteran pascabayar.

Total
5
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts