Ini 7 Cara Membuat Filter Air dengan Mudah Tanpa Harus Repot

Cara membuat filter air dengan mudah

Penting untuk mengetahui cara membuat filter air dengan mudah agar lebih bersih. Keberadaannya sebagai sumber kehidupan sangat penting bagi semua organisme hidup, namun sayangnya, tidak semua yang kita temui setiap hari aman untuk dikonsumsi.

Baca Juga : Cara Membuat Aquascape Termudah dengan Biaya Terjangkau

Banyak orang saat ini telah terkontaminasi oleh berbagai zat berbahaya sehingga tidak layak untuk kalian konsumsi secara berlebihan. Kandungannya terbilang luas, mulai dari bakteri hingga logam berat, dan juga terdapat pada air minum masyarakat, yang jelas bukan hal yang baik.

Berbagai zat kimia dapat berbahaya bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu, cara membuat filter air dengan mudah adalah jawaban yang bagus untuk masalah ini, kita akan membahas teknik untuk meningkatkan kualitas apa yang kalian konsumsi secara lebih rinci.

Telah melalui serangkaian proses untuk menyaring kotoran dan kontaminan berbahaya. Ini beroperasi berdasarkan prinsip dasar seperti penyaringan fisik, dan hasilnya bisa membuat kalian mendapatkan air bersih dan layak konsumsi.

Berikut 7 Cara Membuat Filter Air dengan Mudah untuk Pemula

Cara membuat filter air dengan mudah

Membuat filter adalah salah satu langkah bijak untuk memastikan akses air bersih aman. Bahan-bahan yang digunakan memegang peran penting dalam proses penyaringan dan penghilangan kotoran serta zat berbahaya. 

Memanfaatkan Tawas

Cara membuat filter air dengan mudah yang pertama adalah dengan menggunakan tawas atau aluminium sulfat. Teknik ini dapat kalian gunakan untuk menyaring air sumur atau air sungai. Air sumur biasanya berubah menjadi keruh karena kontaminasi tanah, dan tawas berfungsi untuk mengikat partikel di dalam air.

Molekul tawas seringkali berbentuk kristal. Biasanya proses ini membutuhkan 3-5 sendok teh tawas untuk menyaring 1000 liter air agar tidak terlalu keruh. Setelah itu, kalian bisa menambahkan 5-8 sendok makan tawas jika air terlalu keruh hingga menguning. Berikut cara membuat filter air dengan mudah memanfaatkan tawas:

  • Campurkan tawas dengan 5 liter air bersih
  • Aduk rata lalu tuang ke dalam wadah
  •  Biarkan semalaman hingga kotoran mengendap

Mencari tawas tidaklah sulit karena tersedia dengan harga terjangkau, mulai dari Rp. 2.500 hingga Rp. 5.000/kg, di berbagai toko bangunan dan situs internet. Dengan kemudahan ini tentunya kalian bisa mendapatkan air yang bersih untuk dikonsumsi.

Menggunakan Drum Daur Ulang

Cara membuat filter air dengan mudah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan drum bekas dan mengisinya dengan benda-benda seperti yang akan kita cantumkan berikut ini. Untuk kalian yang ingin mendapatkan air bersih bisa mencobanya dengan memanfaatkan peralatan sederhana ini.

  • Kerikil
  • Arang
  • Tempurung kelapa
  • Batu zeolit
  • Pasir halus
  • Serabut kelapa

Kalian dapat menyaring air dalam skala yang lebih besar sekaligus menjaganya tetap sederhana dengan menggunakan drum bekas. Pasalnya, zat-zat di atas dapat mengikat kotoran di dalam air sehingga tampak lebih jernih.

Arang mengandung karbon aktif yang dapat kalian gunakan untuk mengalirkan air yang kotor, berwarna kekuningan, dan berbau. Tindakan berikut harus dilakukan untuk menggunakan drum bekas sebagai filter air:

  • Tempatkan drum bekas yang sudah kalian bersihkan di dekat tangki penyimpanan
  • Masukkan kerikil setinggi 10 cm
  • Tambahkan arang tempurung kelapa hingga mencapai 15 cm
  • Menambahkan pasir halus setinggi 20 cm
  • Memasukkan ijuk hingga 15 cm
  • Dan terakhir adalah dengan menutup drum dengan kain tipis untuk menyaring sumber air yang tercemar.

Dengan alat sederhana ini, kalian dapat menggunakan prosedur ini dengan menggunakan peralatan improvisasi dan drum bekas untuk membersihkan air yang terkontaminasi sehingga kalian dapat menggunakannya kembali. Namun air ini tidak dapat kalian konsumsi, karena air ini hanya dapat digunakan untuk menyaring air di kolam ikan atau air mancur.

Memanfaatkan Filter UV

Cara membuat filter air dengan mudah yang ketiga adalah dengan mensterilkan air minum dengan radiasi UV. Sinar ultraviolet atau sinar UV alat sterilisasi air yang memancarkan sinar UV ini juga menjadi salah satu jenis alat sterilisasi yang paling mudah kalian gunakan.

Kuman dan bakteri akan terbunuh oleh tegangan dan arus yang mengalir sepanjang pancaran sinar UV. Gelombang UV yang dipancarkan mampu membunuh 99% kuman dan mikroorganisme yang mati akibat paparan gelombang tersebut, seperti spora, virus, dan bakteri.

Hasilnya, air yang telah diproses tabung UV menjadi bersih bahkan aman untuk kalian minum. Dengan teknik ini pengguna bisa membeli Ultraviolet Water Steriliser dengan harga kurang lebih Rp. 1 juta hingga Rp. 1,5 juta di berbagai toko online. Terlebih lagi, alat ini memiliki umur hingga 2-3 tahun.

Memanfaatkan Filter Keramik

Filter keramik merupakan salah satu cara membuat filter air dengan mudah untuk menjadikan air yang bebas kuman dan higienis. Jika metode penyaring sebelumnya membatasi penggunaan air untuk mandi atau mencuci, penyaring keramik dapat menjamin bahwa air tersebut bebas kuman dan dapat diminum.

Filter keramik dapat membersihkan air keruh. Filter keramik juga dapat menyediakan air dengan wadah penyimpanan yang tepat. Dengan memanfaatkan filter dengan pori-pori yang sangat kecil serta karbon aktif dan nano silver yang mampu menghancurkan mikroorganisme.

Filter ini dapat mencegah masuknya kotoran dan bakteri sehingga memastikan air yang keluar dari filter keramik bebas kuman dan aman untuk kalian minum. Selain mudah digunakan, penggunaan filter keramik mengurangi biaya pengolahan air minum jika dibandingkan dengan metode lainnya.

Filter keramik juga bisa pengguna gunakan untuk membersihkan sayur dan buah. Ya, filter keramik menggunakan teknologi ilmiah yang dapat digunakan untuk berbagai aplikasi yang lebih sehat, lebih murah, dan sederhana.

Pemanfaatan Bahan Kimia

Cara membuat filter air dengan mudah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan bahan kimia untuk membuat filter air. Faktanya, banyak obat pemurni air yang sering pengguna gunakan untuk menyaring air dengan cepat.

Namun, tidak semua bahan kimia cocok untuk digunakan. Jenis senyawa yang aman untuk kalian gunakan sebagai penjernih air adalah sebagai berikut:

  • Unsur Klorin

Klorin merupakan komponen kimia yang biasa digunakan untuk mendesinfeksi air. Untuk menghilangkan infeksi berbahaya, klorin memiliki komponen yang cukup stabil. Klorin biasanya digunakan untuk menghancurkan mikroorganisme dalam air dan membersihkannya.

  • HCL

HCL atau hidrogen klorida, adalah senyawa kimia mirip dengan klorin yang biasa digunakan di kolam renang. Bedanya, HCL tidak bisa dicerna dan hanya diperlukan untuk menjaga kestabilan ph.

  • Trussi

Trussi merupakan bahan kimia yang banyak pengguna gunakan untuk mencegah tumbuhnya lumut dan alga. Selain itu, bahan ini juga berfungsi untuk menjernihkan air.

Memanfaatkan Biji Kelor

Biji kelor merupakan salah satu komponen tanaman kelor yang mengandung vitamin A, C, E, dan mineral. Biji kelor juga dapat kalian gunakan untuk cara membuat filter air dengan mudah karena mengandung protein yang berfungsi sebagai polielektrolit kationik bermuatan positif dan dapat digunakan untuk menjernihkan air.

Cara memanfaatkan biji kelor untuk menjernihkan air cukup mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Berikut cara membuat penyaring air dari biji kelor:

  • Kupas biji kelor dari bagian dalamnya buahnya.
  • Kupas biji kelor dari kulit arinya.
  • Kemudian biji kelor dapat kalian tumbuk hingga halus.
  • Lalu campurkan 1 sendok makan air lalu aduk hingga larut.
  • Masukkan ke dalam air keruh lalu aduk selama 30 menit dengan kecepatan 55 putaran per menit.
  • Setelah berbusa sedikit, aduk kembali selama 5 menit dengan kecepatan putaran 15-20 putaran per menit, setelah itu diamkan selama 2 jam.

Cara membuat filter air dengan mudah ini sangat sederhana untuk kalian lakukan. Jadi sekarang kalian tidak perlu takut terhadap air keruh karena proses ini bisa menjadikan air kotor berubah menjadi jernih dan dapat dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Memanfaatkan Kulit Pisang

Molekul dalam kulit pisang antara lain molekul organik hidrogen, nitrogen, sulfur, dan asam karboksilat. Bahan kimia ini dapat digunakan untuk menyerap unsur bermuatan positif yang ditemukan dalam air yang terkontaminasi logam berat.

Senyawa ini dapat digunakan sebagai karbon aktif untuk menetralkan logam dalam air sehingga menjadikannya sebagai cara membuat filter air dengan mudah dan penyaring air alami. Selain biaya produksinya yang rendah, kulit pisang dapat kalian gunakan hingga 11 kali untuk menyaring air, menjernihkannya, dan menghilangkan polutan.

Penggunaan kulit pisang akan membuat air yang disaring tidak terlalu keruh, menghilangkan bau tak sedap, dan menurunkan kadar mikroba. Dengan memanfaatkan bahan sederhana ini, kalian bisa membuat air bebas kuman dengan mudah dan cepat.

Baca Juga : Cara Membuat Peredam Suara Ruangan yang Bisa Kalian Coba

Dengan mengikuti tips-tips di atas, dapat menjaga filter dalam kondisi terbaik dan merasakan manfaatnya dalam menjaga kualitas yang kalian konsumsi. Cara membuat filter air dengan mudah, akan menjadi alat dapat diandalkan menjaga kesehatan diberikan aman bagi keluarga.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts