Cara Mengecek NIK Online dan Pilihan Aksesnya

thumbnail cek nik online - cara mengecek nik

Cara mengecek NIK Online penting untuk Anda ketahui sebagai salah satu upaya apabila terjadi hal yang dibutuhkan. Pengecekan secara online memungkinkan orang untuk mengetahui secara utuh data kependudukan yang valid dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Saat ini perkembangan teknologi digital memang begitu marak dilakukan oleh semua kalangan maupun instansi. Bahkan perkembangan untuk tetap menjalankan suatu prosedur tentu seringkali membutuhkan digitalisasi sebab hamper semua prosedur yang sedang berjalan telah berubah melalui system secara online.

Selain itu Cara mengecek NIK Online merupakan langkah strategis yang bisa dilakukan agar semua data yang dibutuhkan telah aman dan tentu terjaga keasliannya. Sejala dengan hal itu, pemanfaatan teknologi informasi diyakini mampu memberikan dampak cukup signifikan pada beberapa aspek, khususnya untuk menghindari penyalahgunaan data.

Selanjutnya untuk memenuhi kebutuhan tersebut, beberapa layanan terpadu selanjutnya diberikan secara baik dalam melayani segala kebutuhan pengecekan secara online. Bahkan beberapa lembaga terkait telah memberikan website khusus terkait pengecekan Nik dengan fasilitas cukup memadai.

Beberapa website diberikan secara jelas dan sesuai dengan procedural terbaik. Sehingga mampu melayani dan menjangkau semua kemudahan dalam akses. Sebelum masuk pada Cara mengecek NIK Online, maka penting untuk Anda ketahui terlebih dahulu apa saja manfaat yang bisa Anda dapatkan dalam penggunaannya.

Manfaat dari Fungsi Pengecekan Secara Online

Melihat fungsi dari penggunaan website, maka secara otomatis semua hal terkait prosedur dalam pengecekan telah berubah secara online. Apa saja fungsi yang akan Anda dapatkan melalui perubahan tersebut, berikut ini adalah penjelasannya.

  1. Melalui system digital maka semua data yang tersedia dapat dimasukkan dan tersusun secara sistematis. Berbeda dengan pengecekan secara manual yang cenderung masih terbatas.
  2. Kelebihan selanjutnya adalah proses perubahan yang dilakukan sangatlah cepat. Hal ini berkaitan dengan perubahan yang akan terjadi, seperti kehilangan, salah tulisan, hingga perubahan kependudukan, semua akses tersebut dapat dilakukan secara online dengan proses yang cepat.
  3. Fungsi selanjutnya adalah dengan kemudahan akses melalui website secara terpadu. Dengan keberadaan website tersebut maka kemungkinan besar akan mempengaruhi kecepatan dan kemudahan dalam pencarian data. Berbeda dengan sistem secara manual, yang masih berbentuk berkas dan cenderung mudah untuk rusak dan hilang.
  4. Kelebihan terakhir yang bisa Anda dapatkan dari Cara mengecek NIK Online adalah semua prosedur yang tersedia cukup mudah untuk dipelajari. Sehingga lebih memudahkan kepada Anda untuk melakukan pengecekan.

Baca Juga : Cara Cek Tagihan BPJS Ternyata Tidak Sulit, Yuk Pelajari!

Beberapa fungsi dari kelebihan diatas secara tidak langsung membuktikan bahwa semua pelayanan yang diberikan telah mementingkan kemudahan dalam semua akses. Selanjutnya berikut ini adalah tahapan untuk melakukan pengecekan dengan baik dan benar.

Cara Mengecek NIK dengan Cara Online

Beberapa hal terkait Cara mengecek NIK Online bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pilihan tersebut bahkan diberikan secara banyak dan detail sesuai dengan prosedur dan kemudahan akses dari berbagai aplikasi maupun website.

1. Melalui Situs Resmi Dukcapil

Cara pengecekan yang pertama tentu telah disediakan secara langsung oleh pemerintah sebagai pengelola utama. Untuk melakukan pengecekan kementrian dalam negeri telah meluncurkan website khusus untuk memberikan segala kemudahan dalam pencarian nomer induk kependudukan tersebut.

Akses yang diberikan adalah melalui alamat website berikut “https://www.dukcapil.kemendagri.go.id/“. Laman tersebut memang dikhususkan untuk melakukan pengecekan semua aspek administrasi penduduk, khususnya KTP.

Cara mengecek NIK Online melalui laman tersebut Anda tinggal memilih menu e-KTP, setelah itu para pengguna kana diminta untuk memasukkan nomer NIK. Apabila data tersebut memang benar valid, maka secara langsung Anda akan diarahkan dalam tampilan data lengkap sesuai dengan isi KTP itu sendiri.

Tentunya dengan cara ini maka penting untuk Anda pahami semua prosedur melalui website dapat memudahkan Anda untuk mengecek kebenaran maupun validitas dari data diri tersebut.

2. Melalui Aplikasi WA dan SMS

Proses untuk Cara mengecek NIK Online selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi yang sudah tentu semua orang menggunakannya, yaitu Whatsapp dan SMS. Dua model ini bisa menjadi salah satu alternative yang bisa Anda gunakan untuk mengecek nomer induk kependudukan.

Untuk pengecekan melalui SMS, maka penting untuk Anda ketahui kode penting dalam mengirimkan SMS tersebut. Adapun format yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara Cek#KTP#NIK lalu mengirimkannya kepada nomer Disdukcapil Kemendagri di kontak 0815-3636-9999.

Selanjutnya untuk cara pengecekan melalui WA juga hampir sama dengan SMS. Adapun akses melalui WA bisa Anda gunakan dengan prosedur pengiriman melalui format data : nama lengkap yang menyesuaikan dengan data KTP, NIK, kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota lalu mengirimkannya pada kontak WhatsApp DUKCAPIL di 0813-2691-2479.

Meskipun cara ini cenderung lebih manual. Akan tetapi cara tersebut terbukti bisa memberikan akses kepada Anda dalam melakukan pengecekan, penggunaan SMS dan WA sebagai salah satu aplikasi yang sering kali digunakan oleh masyarakat memang penting untuk menjadi akses yang penting untuk digunakan.

3. Melalui Media Sosial DUKCAPIL

Langkah berikutnya dalam Cara mengecek NIK Online secara online adalah dengan memanfaatkan media social. Seperti yang telah diketahui bersama bahwa penggunaan media social merupakan salah satu hal penting dalam konteks komunikasi saat ini.

Tidak terkecuali dalam pelayanan dan pengecekan NIK pada DUKCAPIL. Sebagai salah satu lembaga yang menaungi dan mengurusi semua prosedur administrasi setempat maka DUKCAPIL juga telah meluncurkan berbagai media social.

Sampai saat ini lembaga tersebut telah memiliki dua social media resmi. Social media tersebut adalah facebook dengan nama akun “Halo Dukcapil” dan Twitter dengan nama akun resminya yakni “@ccdukcapil”.

Dengan adanya media social tersebut maka besar kemungkinan media komunikasi dari pihak Dukcapil dan semua element masyarakat sepertinya akan lebih mudah dan transparan. Khususnya dalam pengecekan nomer induk kependudukan.

Akses untuk mengetahui nomer kependudukan melalui social media resmi dukcapil bisa Anda lakukan dengan cara mengirikan format : #NIK#NAMA_LENGKAP#NOKK#NOTELPON#KELUHAN lalu selanjutnya dikirimkan melalui DM di media social tersebut baik dalam facebook maupun twitter.

Baca Juga : Cara Cek Resi JNT Ternyata Sangat Mudah Ketika Dicoba

Akan tetapi penting untuk Anda ketahui bahwa Cara mengecek NIK Online melalui semua media social tersebut tentunya harus melakukan verifikasi terlebih dahulu untuk memastikan bahwa data yang diminta memang merupakan data valid. Sehingga penting bagi Anda untuk menunggu konfirmasi lebih lanjut.

4. Melalui Email Dan Call Center

Cara terakhir untuk melakukan pengecekan data kependudukan tersebut bisa Anda lakukan dengan cara memanfaatkan media call center dan email. Penggunaan call center tentu bis Anda maksimalkan secara menyeluruh sebab tergolong proses cukup cepat dan tanggap.

Hal tersebut juga berlaku pada Cara mengecek NIK Online melalui media email. Penggunaan email sebagai salah satu akses utama sudah tentu menjadi cara dan akses cukup mudah untuk melakukan penggunaan pengecekan, oleh sebab itulah maka penting juga bagi Anda untuk mengetahui hal tersebut.

Cara untuk akses pengecekan melalui call center bisa Anda lakukan dengan menghubungi kontak langsung melalui nomer 1500-537 Dirjen Dukcapil Kemendagri. Melalui sambungan telfon tersebut maka kemungkinan besar proses yang aka Anda dapatkan akan dilakukan dengan cepat.

Sarana pengecekan secara online melalui call center tersebut tentu difasilitasi dengan para customer service yang mempuni. Semua petugas yang menjadi customer service tentunya telah dilengkapi dengan pemahaman yang baik untuk mengatasi semua kendala dari keluhan administrasi kependudukan.

Opsi Cara mengecek NIK Online bisa menggunakan media email. Hampir sama dengan beberapa prosedur pengecekan sebelumnya, maka cara untuk mengecek data kependudukan melalui email tentunya memiliki format khusus, yaitu mengirimkan NIK, Nama Lengkap, Nomer KK, Nomer telpon aktif, lalu keluhan.

Semua prosedur format tersebut kemudian dikirimkan melalui email [email protected]. Setelah mengirimkan email maka Anda tinggal menunggu konfirmasi terlebih dahulu untuk selanjutnya mendapatkan informasi terkait NIK tersebut.

Semua prosedur diatas baik menggunakan website, email, aplikasi WA dan SMS, hingga penggunaan call center dan email membuktikan bahwa pelayanan untuk menfasilitasi pencetakan data menang benar-benar dilakukan secara detail dan cukup mudah untuk aksesnya.

Semua hal tersebut tidak lain untuk menjaga privasi serta kemudahan dalam semua kebutuhan data setiap penduduk. Oleh sebab itulah maka Cara mengecek NIK Online penting untuk Anda ketahui secara maksimal agar lebih mudah digunakan nantinya.

Total
1
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts