Ingin Daftar Kartu Prakerja? Ini Panduan dan Syaratnya!

daftar kartu prakerja

Daftar kartu prakerja mungkin telah menjadi keinginan banyak orang di Indonesia. Namun sayangnya, meskipun sudah dipublikasikan dan digaungkan pemerintah sejak lama, belum banyak yang tahu apa itu kartu prakerja dan bagaimana cara untuk mendaftarnya.

Berbubung saat ini dunia masih sulit untuk membangun ekonominya, Indonesia punya cara sendiri untuk menangani permasalahan ini untuk warganya. Memang, pandemi Covid-19 ini membuat hampir seluruh sektor ekonomi menjadi terhambat dan cenderung susah bangkit.

Apalagi Indonesia termasuk salah satu negara yang mengalami resesi dalam beberapa kuartal semenjak masuknya virus Corona. Pengangguran meningkat dan banyak terjadi PHK massal. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo mensiasati musibah ini dengan program baru.

Program baru tersebut adalah Program Peluncuran kartu Prakerja sebagai inisiatif dari pemerintah Indonesia untuk membangun ekonomi dan membantu masyarakat yang terkena imbas dari pandemi. Namun, masih banyak yang belum tahu cara untuk daftar kartu prakerja.

Penjelasan Mengenai Kartu Prakerja Lebih Jauh

daftar kartu prakerja

Program ini masih tergolong baru, maka wajar jika masih ada yang belum mengetahui atau baru mendengar mengenai kartu prakerja. Jadi singkatnya, kartu prakerja ini merupakan inisiatif atau tindakan tangkas pemerintah untuk membantu perekonomian warga negaranya.

Inisiatif ini berbentuk seperti bantuan dana yang disalurkan kepada orang yang berhak dan lolos selesi. Dana ini nantinya akan digunakan oleh penerima dana untuk mengembangkan skill dan keterampilannya sebelum masuk ke dunia pekerjaan, baik swasta ataupun negeri.

Pemerintah percaya jika sebelum masuk ke dunia pekerjaan, ada baiknya jika sudah punya skill atau pengetahuan dasar guna tidak kesusahan pada awal kerja. Namun, masih ada masyarakat yang tidak punya modal sendiri untuk mengembangkan keterampilan tersebut.

Terlebih lagi ada sektor korban PHK yang juga menjadi salah satu fokus untuk daftar kartu prakerja. Dimana dana ini bisa dipakai oleh pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja karena kurang bersaing dengan pekerja lain yang disebabkan oleh skill yang dimiliki kurang.

Jadi secara keseluruhan, program ini dapat dikatakan sebagai bantuan untuk mengembangkan keterampilan. Bantuan yang diberikan ini ditujukan kepada orang yang belum mendapatkan pekerjaan atau korban PHK yang masih mencari pekerjaan untuknya.

Program ini nantinya akan melibatkan Balai Latihan Kerja (BLK) dan dipandu oleh BUMN dan perusahaan swasta lainnya. Jadi, orang yang melakukan pendaftaran kartu prakerja dan lolos, akan dipandu dan dilatih sesuai dengan bidang yang diminati melalui beberapa jenis latihan. 

Fungsi dari Daftar Kartu Prakerja

 Karena banyak yang antusias dengan program ini, banyak yang menjadi penasaran tentang apa saja yang bisa didapatkan dengan mengikuti program ini. Selain bantuan dalam bentuk dana, masih ada lagi yang bisa didapatkan melalui program ini. Fungsinya antara lain:

Mendapatkan Pelatihan Vokasi

Salah satu tujuan awal dari program yang telah direncanakan oleh Presiden Joko Widodo sejak lama ini adalah untuk membangun diri penduduk yang lebih berkualitas. Maka dari itu, diri dapat dikembangkan lagi seiring dengan meningkatnya skill.

Masyarakat yang berkualitas pastinya adalah tujuan dari setiap pemimpin negara. Ini juga menjadi program jangka panjang agar kedepannya penduduk Indonesia menjadi lebih berkualitas. Apalagi bagi yang belum berpengalaman, pelatihan sangat berguna.

Pelatihan ini nantinya disebut dengan skilling dan re-skilling. Dimana skilling adalah untuk fresh graduate yang belum ada pengalaman, sementara re-skilling untuk korban PHK agar baik. Ini nantinya akan meningkatkan produktivitas dan daya saing pekerja.

(Baca Juga: Inspiratif, Ini Dia Bisnis Rumahan yang Cocok untuk Ibu Rumah Tangga)

Dana untuk Membantu Pengembangan Keterampilan

Mungkin diluar sana ada yang ingin mengembangkan keterampilan, tetapi memiliki dana yang terbatas. Maka, dengan daftar kartu pra kerja, urusan tersebut tidak perlu dipikirkan lagi karena akan dikirimkan dana insentif setiap bulannya.

Ketika Anda sudah menyelesaikan pelatihan dalam program ini, maka Anda berhak menerima bantuan insentif setiap bulannya. Bahkan, total bantuan program ini mencapai lebih dari 3 juta rupiah.

Dana tersebut dibagi menjadi 1 juta untuk pelatihan, dua juta empar ratuse ribu per empat bulan untuk uang pasca pelatihan, dan insentif survey yang bernilai 150 ribu. Maka, dengan daftar kartu prakerja, dana untuk pengembangan diri akan didapatkan.

Mengurangi Pengangguran

Salah satu permasalahan di tanah air adalah masalah pengangguran. Kurangnya lapangan kerja dibarengi dengan krisis kemampuan membuat masalah ini semakin lama semakin larut. Tetapi, ini tidak boleh dibiarkan karena akan merusak potensi.

Maka dari itu, pemerintah merencanakan program pelatihan ini agar nantinya bisa menekan angka pengangguran. Jika sudah ada skill, maka perusahaan negeri maupun swasta pasti akan mempertimangkannya. Berbeda jika tidak memiliknya.

Apalagi program ini melibatkan perusahaan BUMN dan swasta. Jadi, prospek pekerjaan besar kemungkinan akan menjadi lebih banyak. Jadi, dengan daftar kartu prakerja dan mengikuti pelatihannya, kita bersama menekan angka pengangguran.

Mengembangkan Kewirausahawan

Skill adalah yang selalu dibutuhkan dalam semua hal. Dengan adanya pelatihan yang mampu mempertajam dan mengasah kemampuan, maka perlahan-lahan orang akan menemukan keterampilannya dibidang apa saja.

Oleh karena itu, dengan daftar kartu prakerja juga akan membantu keterampilan kita muncul, misalnya skill usaha. Jadi, bukan hanya skill untuk bekerja saja yang bisa didapatkan dari program ini, melainkan juga bisa mengembangkan kewirausahawan.

Apalagi dengan akibat dari pandemi ini yang membuat banyak pekerja dan buruh yang terkena PHK. Belum lagi usaha mikro yang mengalami penurunan dalam jual-belinya, program prakerja ini akan setidaknya memberikan bantuan untuk berkembang.

Cara untuk Daftar Kartu Prakerja

Ketika sudah tahu apa saja yang akan dan bisa didapatkan dari sebuah program, akan muncul minat yang kuat untuk ikut. Termasuk dalam program prakerja ini yang rasanya banyak yang tertarik. Jadi, untuk menjadi pemegang kartu prakerja, kamu harus mengikuti tahapan berikut

Log In atau Sign Up Akun Prakerja

Langkah paling utama yang harus dipenuhi adalah memiliki akun dan terdaftar di laman resmi prakerja yaitu prakerja.co.id. Untuk membuat akun itu, tahapannya antara lain:

  • Masuk ke website prakerja.co.id
  • Masukkan Nomor Telepon atau Email pribadi Anda
  • Pilih “DAFTAR”
  • Klik verifikasi dan cek pada email atau SMS Anda
  • Tunggu hingga muncul pemberitahuan “Pendaftaran Berhasil”
  • Setelah proses pendaftaran selesai, Anda juga harus log in lagi agar bisa daftar kartu prakerja. Pada halaman awal prakerja, ada berbagai pilihan yang tersedia. Karena tujuan Anda adalah mendaftar untuk program prakerja, ikuti langkah-langkah berikut.
  • Pilih Log In pada menu utama
  • Pilih program Prakerja
  • Pada menu ini, ada muncul formulir pendaftaran
  • Isi Formulir prakerja
  • Ikuti Tes Prakerja

Setelah proses pendaftaran akun dan daftar kartu prakerja selesai, maka tahapannya tidak sampai disitu. Masih ada yang harus dilalui lagi, yaitu proses seleksi. Dalam proses seleksi prakerja, Anda harus teliti dalam mengerjakannya.

Jadi pada seleksi ini, calon penerima kartu prakerja akan mengikuti tes kemampuan dasar. Hal ini ditujukan agar peserta yang nantinya menerima ini adalah orang yang tepat. Jadi, agar tidak salah sasaran, proses seleksi juga tetap harus dilakukan.

Apalagi yang berminat dengan program ini ada banyak. Sedangkan pemerintah tidak memberi jatah yang terlalu banyak. Hal ini juga karena resesi ekonomi yang sedang dirasakan oleh pemerintah saat ini.

Tes ini juga dilaksanakan langsung pada saat pendaftaran. Jadi sebelum mendaftar, peserta harus sudah benar-benar siap dan yakin. Terlebih lagi, untuk daftar kartu prakerja semua dilaksanakan secara online.

Jadi, tes kemampuan dasar ini juga akan digelar secara online tanpa tatap muka. Jadi pastikan koneksi internet dan ruangan yang dipilih kondusif agar dapat melewati tes program prakerja ini dengan lancar

Memang program ini dilaksanakan secara ketat. Maka dari itu, penerimanya harus berkualitas dan pengumuman yang mendapat kartu prakerja ini akan dilakukan per batch melalui laman resmi prakerja.

Setelah lolos, Anda juga harus mengikuti program ini dengan baik dan serius. Jangan sampai pilihan yang diberikan kepada Anda ini disia-siakan. Bahkan, keterampilan kamu tidak bertambah dan malah menghilangkan fungsi dari daftar kartu prakerja.

(Baca Juga: 8 Bisnis Online Untuk Pemula Tanpa Modal 2021)

Syarat untuk Ikut Program Prakerja

Perlu diingat bahwa program ini merupakan proyek jangka panjang pemerintah. Maka, seluruh ketentuan pendaftaran juga sudah dipikirkan baik demi mewujudkan proyeksi total 2 juta pemegang kartu prakerja. Syarat dan ketentuan untuk mengikuti program ini adalah:

  • Merupakan Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Berusia 18 tahun keatas
  • Memiliki Kartu TAnda Penduduk (KTP)
  • Memiliki HP atau Email aktif
  • NIK yang tervalidasi
  • Tidak sedang bekerja atau sekolah
  • Mempunyai akun prakerja
  • Mengikuti ketentuan pendaftaran kartu prakerja
  • Lolos tes kemampuan dasar.

Program prakerja ini mungkin merupakan salah satu janji kampanye untuk menjadi Presiden Republik Indonesia. Namun, karena pandemi ini, program ini sangat difokuskan untuk membangkitkan ekonomi. Berkat itu, banyak yang ingin daftar kartu prakerja.

Total
2
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts