Dashboard Prakerja untuk Login dan Juga Daftar

Dashboard Prakerja untuk Login dan Juga Daftar
Dashboard Prakerja untuk Login dan Juga Daftar

Dashboard prakerja adalah sebuah tempat di mana Anda dapat melakukan pendaftaran kartu prakerja. Gelombang terbaru pendaftaran kartu ini juga telah dibuka. Anda perlu melakukan persiapan sebaik mungkin agar peluang diterima semakin tinggi.

Baca juga : Memahami Asuransi untuk Karyawan Secara Lebih Lengkap

Agar dapat memperoleh banyak manfaat dari program prakerja, maka perlu melakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu. Proses seleksi juga bisa dilalui agar dapat diikutsertakan pada seleksi kartu prakerja gelombang yang berlaku.

Mengenal Kartu Prakerja Lebih Jelas

Mengenal Kartu Prakerja dan Dashboard Prakerja Lebih Jelas
Mengenal Kartu Prakerja Lebih Jelas

Sebelum melakukan pendaftaran pada dashboard prakerja, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu informasi seputar program tersebut. Kartu prakerja merupakan bantuan biaya berupa pelatihan yang diberikan kepada masyarakat Indonesia.

Pelatihan ini berguna untuk mendapatkan serta meningkatkan keterampilan Anda. Program ini dibuat agar bisa mengakomodasi kebutuhan masyarakat. Salah satunya adalah dengan berjualan secara digital melalui marketplace.

Sehingga para pengguna akan lebih mudah mencari program yang diinginkan, memilih, membandingkan serta memberikan evaluasi. Pelatihan digital pada kartu prakerja juga mengajak pelaku usaha swasta menciptakan SDM unggul demi Indonesia maju.

Beberapa solusi juga diberikan oleh program ini. Solusi tersebut seperti membantu meringankan biaya pelatihan yang biasanya dibebankan kepada pekerja atau perusahaan. Program ini juga membantu mengurangi biaya pencarian informasi terkait pelatihan.

Kartu prakerja juga dapat mendorong seseorang bekerja melalui pengurangan mismatch. Kartu ini juga dapat dijadikan pelengkap pendidikan formal. Prakerja membantu untuk meningkatkan daya beli masyarakat setelah dampak Covid-19.

Sasaran Program Kartu Prakerja

Lalu siapa sebenarnya sasaran dari program ini, pertanyaan seperti ini sering ditanyakan oleh beberapa orang. Sebenarnya kartu prakerja tidak hanya ditujukan bagi para pencari kerja saja. Masyarakat dari kalangan buruh, karyawan dan pegawai dapat memanfaatkan prakerja.

Selama pendaftar memiliki usia minimal 18 tahun keatas dan tidak sedang menempuh studi, mendapatkan izin untuk mendaftar. Namun memang prioritas utama dari program ini diberikan kepada para pencari kerja yang berusia muda.

Diharapkan melalui kartu prakerja, anak muda dapat lebih memberikan dampak di masa depan. Selain itu, terdapat kebijakan khusus terkait Covid-19 yang memprioritaskan kartu ini bagi pekerja atau pelaku usaha kecil terdampak pandemi. 

Cara Mendaftar Melalui Dashboard Prakerja

Pendaftaran kartu prakerja dapat dilakukan di dashboard prakerja. Anda hanya perlu melakukan pendaftaran dengan mengunjungi laman website https://dashboard.prakerja.go.id/daftar. Namun sebelum melakukan pendaftaran persiapkan dahulu syaratnya.

Pastikan bahwa Anda telah memenuhi persyaratan seperti warga negara Indonesia dengan usia minimal 18 tahun. Pendaftar juga tidak sedang menempuh studi pendidikan formal seperti sekolah atau kuliah .

Kemudian mengisi alamat email yang akan didaftarkan pada kartu pra kerja serta password ke dalam laman pendaftaran minimal enam karakter. Password ini berfungsi untuk login ke dashboard prakerja setelah Anda memiliki akun nantinya.

Setuju dengan memberikan checklist pada kotak kecil di samping kalimat “Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan serta Kebijakan Privasi yang berlaku”. Terakhir buka email Anda yang didaftarkan untuk melakukan aktivasi akun.

Cara Login Dashboard Prakerja

Setelah berhasil melakukan pendaftaran, tahap selanjutnya adalah untuk bisa melakukan login pada laman dashboard prakerja. Langkah pertama perlu Anda lakukan untuk login adalah dengan membuka alamat website https://dashboard.prakerja.go.id/login.

Lalu masukkan email dan password yang telah dibuat pada saat pendaftaran. Setelah itu klik “Login” dan Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi KTP dengan memasukkan nomor KTP serta tanggal lahir.

Lengkapi bagian data diri dengan mengubah foto KTP serta swafoto dengan membawa KTP. Posisikan wajah serta cara berfoto dengan baik agar verifikasi lebih mudah untuk dikonfirmasi. Masukkan juga nomor HP aktif.

Kemudian ikuti seleksi yang sedang dibuka. Pada laman dashboard prakerja login, Anda akan diminta mengikuti tes motivasi serta kemampuan dasar untuk mengenali kompetensi dan potensi Anda. 

Diperbolehkan juga menggunakan alat bantu dan alat tulis saat mengerjakan soal ujian. Selanjutnya pilih jenis pelatihan yang diinginkan serta pastikan bahwa Anda telah menyelesaikan pelatihan tersebut.

Kendala yang Sering Dialami Pendaftar dan Solusinya

Ketika melakukan pendaftaran serta login pada laman dashboard prakerja, Beberapa orang mengalami kendala atau masalah. Berikut Kami jelaskan beberapa masalah yang sering terjadi serta solusi yang perlu dilakukan. 

1. Tidak Bisa Mengisi Data KTP

Meski telah berhasil melakukan registrasi, kendala seperti tidak bisa mengisi data KTP serta tanggal lahir masih sering dialami oleh beberapa orang. Biasanya akan muncul pemberitahuan terdapat keterbatasan di Sistem dan dapat mencoba beberapa saat lagi.

Jika mengalami kendala seperti ini, Anda tidak perlu khawatir. Hubungi kontak seperti telepon, email atau media sosial yang tertera pada halaman dashboard prakerja tersebut. Pihak customer service nantinya akan bertanya apakah nomor KTP sudah terdaftar atau belum.

Jika belum, Anda perlu mendaftarkannya terlebih dahulu ke kantor Disdukcapil daerah tempat KTP dikeluarkan agar bisa meneruskan proses login kartu prakerja. Lakukan pengecekan data jika masalah login kembali terjadi. 

Coba untuk ganti alamat email pada saat melakukan pendaftaran. Buat email resmi khusus untuk program ini dan coba mengisi kembali data pada proses pendaftaran dari awal. Dengan begitu kendala tidak bisa mengisi data KTP dan tanggal lahir bisa diatasi.

2. Tidak Bisa Mengunggah Foto KTP dan Swafoto

Proses yang sering juga menjadi kendala dan masalah dari para pendaftar adalah tidak bisa mengunggah foto KTP serta swafoto saat membawa KTP. Solusi untuk kendala ini adalah gunakan pedoman berfoto yang telah diinfokan oleh program ini.

Pedoman berfoto yang telah diatur seperti memilih latar belakang foto yang polos, tidak menggunakan aksesoris, tidak memiringkan wajah serta tidak menggunakan kacamata. Ukuran foto yang diupload usahakan tidak melebihi batas ukuran yang telah diberikan.

Biasanya pada dashboard prakerja tertera syarat ukuran maksimal foto adalah 2 MB. Dengan begitu usahakan ukuran foto berada di bawah 2 MB. Bisa menggunakan converter atau pengubah ukuran gambar agar resolusinya lebih kecil. 

Jika tidak sempat menggunakan converter untuk mengubah resolusi gambar, Dapat menggunakan cara alternatif yaitu dengan memanfaatkan fitur screenshot pada ponsel. Namun pastikan hasil screenshot yang diambil terlihat jelas dan tidak buram.

Rapikan kembali hasil screenshot dengan menyesuaikan kondisi foto yang sebenarnya. Kemudian ubah nama file agar ketika diunggah pada website dashboard prakerja lebih mudah mengenali file tersebut. 

3. Tidak Bisa Masuk Gelombang Program

Setelah melalui semua proses pendaftaran hingga login dengan memasukkan nomor hp dan KTP, Anda akan diminta untuk menjalani tes. Sebelum mengerjakan tes yang diberikan, cek kembali koneksi internet dan operator seluler.

Waktu pengerjaan tes di halaman dashboard prakerja juga dibatasi, sehingga Anda perlu memastikan bahwa lokasi tempat ujian sudah mendukung. Persiapkan juga alat bantu serta alat tulis untuk membantu Anda mengerjakan soal-soal ujian. 

Setelah mengerjakan soal-soal tes pada website kartu prakerja, Anda akan diminta memilih gelombang yang sedang dibuka. Kendala yang sering terjadi adalah muncul tampilan “Gelombang tidak Ditemukan” pada website tersebut.

Tidak perlu khawatir jika mengalami kendala atau masalah seperti ini. Anda hanya perlu menunggu gelombang baru program kartu prakerja yang akan dibuka pada tahap berikutnya.

Pencairan Insentif Program

Pencairan Insentif Program
Pencairan Insentif Program

Jika proses pendaftaran, login, mengerjakan tes kompetensi hingga pemilihan gelombang program telah selesai dilakukan, maka para pendaftar akan mendapatkan insentif kartu prakerja. Pencairan insentif akan diberikan melalui e-wallet yang menjadi mitra prakerja.

E-wallet yang menjadi mitra seperti OVO, LinkAja, Gopay dan Dana. Selain melalui e-wallet, insentif juga dicairkan melalui rekening bank yang didaftarkan pada proses pendaftaran di akun pendaftar.

Seperti diketahui, insentif prakerja yang akan cair adalah insentif biaya mencari kerja sebesar 600 ribu rupiah per bulan selama 4 bulan. Ada pula insentif pengisian survei evaluasi sebesar 50 ribu rupiah per survei untuk tiga kali survei.

Cara untuk mengetahui status insentif pada halaman dashboard prakerja adalah dengan membuka website prakerja.go.id. Kemudian masukkan alamat email dan password lalu klik “Masuk”. Lalu sistem akan membawa Anda ke halaman dashboard.

Pada dashboard pilih fitur “History Incentive”. Setelah memilih fitur ini, maka akan muncul status insentif saat ini. Akan ada status menunggu diproses, dalam pengecekan, insentif dijadwalkan, sedang diproses dan berhasil di transfer.

Program kartu prakerja akan membantu Anda yang belum memiliki pekerjaan mengembangkan keterampilan serta kompetensi. Hal ini akan sangat membantu saat menemukan pekerjaan nantinya.

Baca juga : Citayam Fashion Week, Tren yang Viral di Semua Kalangan

Namun segala proses mulai dari pendaftaran, login, mengerjakan tes soal kompetensi dan pemilihan pelatihan harus dilakukan dengan benar pada halaman dashboard prakerja. Hal ini agar memudahkan Anda mengikuti segala proses yang telah ditentukan dalam program.

Total
20
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Posts